Komputer Tidak Respons Saat Menekan Tombol Power

Ketika kita menekan tombol power untuk menyalakan komputer kesayangan kita, tiba-tiba saja komputer tersebut tidak merespons (mati total) seperti biasanya. menurut pengalaman saya (uya sur), ada beberapa penyebab kerusakan yang mengakibatkan komputer kita menjadi tidak respons atau mati total. padahal kita sudah bermimpi menggunakan komputer kesayangan kita untuk bekerja dan sebagainya. jadi apa sajakah penyebab komputer tersebut mati total, akan saya jelaskan kepada kamu. mari kita mulai saja ya.

Penjelasan dan Pengertian Komputer yang mati total.
Komputer yang tidak respons atau tidak mau menyala (Mati Total) saat menekan tombol power, biasanya disebabkan oleh kerusakan yang ada
di Power Supply, Baterai Cmos (baterai komputer), dan prosesor. tapi, berdasarkan pengalaman dari saya, paling banyak kerusakannya adalah Power Supply. kadang, jika kita tekan dan tahan tombol power tersebut, biasanya komputer akan respons dan akhirnya menyala seperti semula. namun tidak menjamin komputer selalu respons seperti itu. 

untuk Baterai Cmos, sebelumnya cobalah menggunakan baterai yang lain agar kamu yakin bahwa baterai inilah penyebab kerusakan tersebut. apabila masih belum bisa menyelesaikan masalah, cobalah cek prosesor, lepas komponen tersebut dari komputer, kemudian bersihkan dan pasang kembali komponen tersebut. kalau "pasta pendingin" prosesor habis akibat panas, ganti dengan yg baru,  kadang hal itu bisa mengakibatkan kerusakan juga sehingga suhu prosesor lebih panas. untuk Power Supply, saya akan coba bantu kamu mengatasinya sebelum kamu memastikan bahwa Power Supply benar-benar rusak dan menggantinya dengan yang baru.

Cara Mengatasi Power Supply yang rusak sehingga menyebabkan komputer mati total.
cara ini tidak akan bisa dilakukan jika kamu tidak memiliki Power Supply cadangan, jadi untuk bisa menggunakan cara ini, saya pastikan kamu sudah ada Power Supply cadangan. entah itu dari teman atau milik sendiri. kita akan menyebutnya sebagai teknik memancing power supply agar daya arus listrik kembali normal. he...

ok, pertama, pastikan listrik ke komputer sudah mati. lepas Power Supply dari komputer, kemudian ganti dengan Power Supply cadangan yg kita miliki. setelah selesai, uji kembali komputer kamu, apabila masih belum menyala, berarti bukan Power Supply yang rusak. tapi pastikan lagi, mungkin Power Supply cadangan kamu juga rusak. tapi berdasarkan pengetahuan saya, biasanya Power Supply tersebut tidak kompatibel (tidak cocok). pastikan watt listrik yang tertera di label Power Supply sama.

jika sudah berhasil dinyalakan, maka kita lanjutkan tahap berikutnya. yaitu dengan cara mematikan komputer tersebut. setelah itu, ganti dengan Power Supply yang lama (komponen pertama yg kita lepaskan). uji kembali komputer kamu, jika dengan Power Supply lama sudah mau menyala kembali, maka saya ucapkan selamat. kamu telah berhasil memperbaiki komputer mati total atau tidak respons sama sekali tanpa harus mengganti komponen yang dianggap rusak.

itulah cara memperbaiki komputer yang mati total dengan cara yang saya sebut sebagai teknik memancing arus listrik Power Supply. hal ini dilakukan supaya arus listrik yang terhalang atau tidak stabil dikarenakan Power Supply sudah lama menjadi normal kembali.

semoga cara ini bisa membantu kamu, dan juga bermanfaat buat kamu. saya ucapkan terima kasih sudah mengunjungi blog saya yang sederhana ini dan sampai bertemu lagi pada posting saya yang lain. salam hangat dari admin blog Uya Sur.

Comments

  1. terima kasih pak bilawal, semoga usahanya semakin sukses ya ^_^

    ReplyDelete

Post a Comment

Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih