Memperbaiki Catridge Canon Bergerak Cepat Ke Kiri Dan Kanan

Ketika kita mencoba untuk melakukan print dan menyalakan mesin pencetak yang kita sayangi, tiba-tiba saja, printer tersebut bergerak cepat dari kiri ke kanan sebanyak 1 kali dengan keras, seperti menghempas. lalu setelah itu berhenti dengan error. kadang saat hal itu terjadi, printer tidak menampilkan error apapun. namun, biasanya lampu led alarm laptop akan menyala. jika dibiarkan terus seperti ini, maka akan menyebabkan kerusakan yang fatal. lalu apakah penyebab printer tersebut mengalami error yang apabila dinyalakan, printer tersebut menghempas ke kiri dan kanan?

Penyebab Printer Error Seperti Terhempas ke kiri dan kanan.
indikasi error kadang bisa kita lihat di dalam komputer atau laptop. namun, ada juga yang tidak bisa diketahui kerusakannya. nah, hanya 1 penyebab utamanya. yaitu komponen, sayang sekali saya belum bisa memberikan
gambar untuk contoh komponen tersebut dikarenakan belum punya kamera. kalau dari handphone mungkin tidak akan jelas dan pastinya di gambar tersebut tidak akan kelihatan komponen printernya. pada akhirnya malah akan membuat kita bertanya-tanya. hehehe

jadi, kalau sudah ada gambarnya, pasti akan saya update lagi artikel saya. dan beberapa artikel yang lain. ok, kita kembali ke topik. penyebab utama dari kerusakan printer adalah sensor horizontal yang terletak di belakang katridge (rumah katridge). sensor printer tersebut berbentuk panjang dan seperti kertas yang terang. dan bisa kamu lihat dari kiri dan kanan printer tersebut (seperti sebuah tali yang membentang). saya kira kamu sudah cukup mengerti. kalau belum silahkan bertanya. nah, biasanya kerusakan yang di alami printer tersebut dikarenakan tinta yang melekat di kertas tersebut. terkadang ada juga sensor tersebut memang sudah tidak bisa diperbaiki. jadi pastikan sensor yang ada di printer kamu bersih. jika ada tinta yang melekat. bersihkan dengan tisu, berhati-hatilah. di sebelah kanan ada kode sensor printer yang tidak boleh terhapus. jika terhapus. maka akan mengakibatkan rusak fatal.

Solusi Memperbaiki Printer rusak sensor deteksi.
biasanya untuk sensor yang sudah terkena tinta, setelah dibersihkan dengan tisu, maka printer akan normal kembali. di dekat kode sensor ada juga sebuah tanda yang berbentuk bulat berwarna hitam. jadi jangan sampai kamu salah mengira bahwa itu adalah tinta. nah, apabila printer masih error. cobalah untuk membersihkan dengan beberapa pembersih seperti "head cleaner" yang memang khusus untuk melancarkan tinta agar bisa digunakan kembali. biasanya di jual di toko khusus printer. apabila error masih terjadi, maka, kita harus mengganti sensor tersebut dengan yang baru. bagi yg mengalami kerusakan pendeteksi di sebelah kiri berbentuk bulat, silahkan baca tentang printer berputar terus dan berhenti dengan error.

nah, demikianlah pembahasan kita kali ini tentang cara memperbaiki catridge atau bahasa indonesianya katridge ketrid canon yang bergerak cepat seperti menghempas ke kiri dan kanan ujung masing-masing printer. sampai bertemu lagi di artikel lainnya, dan salam hangat dari Uya Sur.

Comments

  1. Min... tisu di basahin air untuk bersihin sensor katridge boleh apa tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh bang pras. tapi pastikan kering saat memasangnya di printer. semoga membantu ^_^

      Delete

Post a Comment

Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih