Printer tidak bisa mencetak dengan error kertas tersangkut (Paper Jam)

Saat kita membutuhkan sebuah printer untuk mencetak hasil kerja yang telah dibuat seperti dokumen dan foto. tiba-tiba saja ada masalah pada printer tersebut. saat melakukan print, kertas selalu miring dan selalu saja ada tulisan error yang terlihat di layar komputer dan laptop kita. error tersebut berupa kertas tersangkut. padahal kita sangat membutuhkan alat tersebut untuk menyelesaikan pekerjaan kita. nah pada posting saya kali ini, saya akan bantu kamu memperbaiki masalah tersebut. tapi, sebelumnya saya akan menjelaskan kepada kamu tentang apa yang menyebabkan semua itu.

Kertas Miring.
penyebab masalah ini dikarenakan ada benda asing yang masuk ke dalam printer. seperti koin dan sebagainya. tapi, bukan hanya benda asing yang masuk ke dalam alat pencetak kita dan menyebabkan masalah ini, kadang ada juga komponen yang sering digunakan untuk menarik kertas telah patah. biasanya disebut alat penarik kertas.
biasanya masalah ini tidak hanya menyebabkan kertas miring saat mencetak, tapi juga membuat printer menarik banyak kertas. semula kita hanya ingin mencetak 1 buah kertas, malah 4 sampai 5 kertas yang ditarik. nah itu pasti penarik kertas yang patah. sudah paham sekarang?

sekarang kita lanjutkan ke bagian cara memperbaikinya.
1. untuk kertas yang miring dan tersangkut (Paper Jam) lepaskan katridge dari printer, kemudian balikkan printer tersebut agar benda asing yang mengganjal bisa keluar melalui tempat kita meletakkan kertas. jika belum menyelesaikan masalah, gunakan tangan untuk mengambil benda asing tersebut. apabila kita tidak bisa meraihnya, maka mau tidak mau kita harus membuka Casing printer tersebut (butuh keahlian khusus) dan mengambil benda asing tersebut.

2. untuk permasalahan yang menarik banyak kertas, miring tapi masih bisa melakukan print biasanya komponen di dalam printer kita ada yang patah. namanya kalau tidak salah, penarik kertas AS. nah, agar printer kamu bisa kembali dengan normal, maka ganti alat tersebut. sebenarnya kamu juga bisa memperbaikinya, dengan cara memasang baut menggunakan obeng untuk menggantikan benda yang patah tersebut. tapi butuh keahlian khusus, dan hanya ada 1x kesempatan. jika gagal, maka alat tersebut sudah tidak bisa diperbaiki.

demikian pembahasan kita tentang printer yang tidak bisa mencetak dengan error kertas tersangkut. mohon maaf jika saya belum bisa menggunakan gambar sebagai contoh agar kamu lebih paham. mungkin akan saya tuliskan di posting yang lain beserta cara memperbaikinya menggunakan baut. sampai bertemu lagi di posting saya yang lain.

Comments

  1. saya doakan semoga usahanya tambah sukses dan maju. terima kasih sudah berkunjung bang zom. dan semoga harinya menyenangkan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih