Saturday, 11 July 2015

Cara Membuat Mesin CMS Website Artikel Php

Advertisement
Sepertinya ada yg terlupa oleh saya. sebelum kita membuat halaman login admin. hal yg harus kita buat terlebih dahulu, yaitu mesin CMS dan konfigurasi website kita. selain berguna sebagai manajemen template. juga berguna untuk menampilkan jumlah artikel kita nanti. jadi kita dengan mudah mengganti template dengan mesin CMS ini serta membatasi jumlah artikel yg ditampilkan di website kita. kemudian kita juga tidak akan susah untuk mengganti struktur template website kita seperti yg kita inginkan nanti. dan tentu saja website artikel php kita nanti bisa memiliki template dengan CSS seperti biasa dan dalam tipe HTML. kecuali URL. namun kita bisa ubah URL tersebut menjadi html menggunakan metode php mod_rewrite yg berada pada .htaccess. disini tidak akan saya bahas. alasannya kita membuat website ini hanya secara sederhana saja.

Pada tulisan saya yg dulu. kita sudah membuat struktur website di word serta membuat direktori website kita lalu kemudian diberi nama contoh. Jika kamu ketinggalan tutorial ini, silahkan mulai dari awal di Cara membuat website php. kalau di komputer saya, diberi nama artikelweb. jadi sekarang tambahkan nama file php baru di struktur website data yg telah kita buat sebelumnya sebagai pengingat saat kita membuat file php lainnya. kemudian kita akan mulai membuat mesin CMS di direktori baru dengan nama mesin (bisa juga dengan nama yg kamu inginkan). dan folder tersebut akan saya letakkan di dalam direktori artikelweb. jadi buatlah folder baru di dalam direktori tempat kamu menyimpan seluruh file website buatan kamu sendiri dan beri nama sesuai dengan yg kamu inginkan. disini saya beri nama folder mesin. lihat contoh gambar di bawah ini.

Membuat Folder baru untuk mesin CMS
Membuat Folder Baru untuk mesin CMS

Menambahkan struktur website sebagai pengingat
Menambahkan struktur website sebagai pengingat

Sekarang mari kita mulai dan ketiklah kode di bawah ini di dokumen baru.

<?php

/*
Author : Muhammad Surya Darmawan
*/

class template
{
var $tag = array();
var $file_template;
var $halaman;

//metode untuk menentukan tag yg akan di ubah
function ubah_tag($namatag, $pengganti) {
$this->tag[$namatag] = $pengganti;
}

//metode untuk menentukan letak file template yg digunakan
function ubah_template($namafile) {
$this->file_template = $namafile;
}

//metode ubah tampilan template
function ubah_tampilan() {
$this->halaman = file($this->file_template);
$this->halaman = implode("", $this->halaman);
foreach($this->tag as $dicari => $baru) {
$this->halaman = ereg_replace($dicari, $baru, $this->halaman);
}
echo $this->halaman;
}
}
?>

Penjelasan Kode Diatas : 
Pertama : kita membuat sebuah class atau kumpulan fungsi bernama template yg nantinya dipanggil dan digunakan untuk mengubah tag yg ada pada template kita nanti. lalu kemudian kita mendeklarasikan variabel utama yg akan diproses dalam fungsi dengan nama $tag sebagai array, $file_template sebagai file halaman template kita, dan variabel $halaman sebagai akhir untuk menampilkan seluruh data yg sudah diganti.

Kedua : kita membuat fungsi dengan php yg disebut function dengan nama yg sesuai dengan fungsinya dan akan dipanggil melalui file php utama kita nanti. dan seperti yg kamu lihat serta ketahui. fungsi ubah tag memiliki variabel $namatag dan $pengganti, template dan pada akhirnya ubah tampilan dari tag template yg semula berisi tulisan UTAMA menjadi data seperti artikel. misalnya tag HTML kita adalah Sidebar, maka huruf sidebar akan di ubah menjadi kategori dan sebagainya. kamu akan lebih paham nanti setelah kita membuat template php.

Ketiga : kita akan mengubah setiap tag yg sudah di tentukan melalui fungsi ubah tag di awal menggunakan perintah foreach, lalu kemudian menampilkannya dengan perintah echo $this->halaman digunakan untuk menampilkan seluruh data yg sudah di ubah oleh mesin php ini menjadi data seperti artikel dan sebagainya.

Contoh lengkap seluruh kode php
Contoh lengkap seluruh kode php

sampai di tahap ini kita sudah selesai membuat mesin php kita. selanjutnya kita akan membuat template php kita berupa HTML. dan nantinya pasti kamu akan paham maksud dari kode yg telah saya buat diatas setelah kita membuat template php nya.
Recent Posts

    2 comments:

    1. Wew blognya keren & simpel
      Btw mau tanya, kalo framework yang bagus untuk php menurut agan apa ya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalau dulu, yg bagus itu adalah codeigniter. mungkin ada framework php lain yg baru. tapi yg mudah digunakan itu adalah codeigniter dan smarty. semoga membantu ^_^ dan maaf saya baru membalas komennya karena belum bisa OL

        Delete

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih