Mulai Membuat Database MySQL Untuk Website Artikel Php

Sebelumnya kita sudah menentukan tema, editor, dan webserver agar website artikel php kita berjalan dengan baik. kemudian kita sudah menyiapkan struktur website sebagai petunjuk serta pengingat dalam membuat website. pada hari ini. kita akan memulai untuk membuat database website artikel php kita. gunanya untuk menyimpan dan menampilkan data website kita seperti judul artikel, isi artikel, user dan pass kita sebagai admin. ada 3 cara yg saya ketahui untuk membuat database. yg pertama adalah dengan cara membuatnya melalui CMD (command Prompt) Mysql. kedua menggunakan PhpMyAdmin. mungkin akan sedikit lambat jika kita membuatnya disitu, karena harus secara 1 per satu. dan terakhir adalah dengan cara menuliskan seluruh kode database di notepad atau editor favorit kita. cara terakhir ini yg saya rasa paling cepat. karena setelah selesai, kita tinggal import ke PhpMyAdmin, dan bisa dilakukan berkali-kali. kita juga bisa menambahkan tabel dan database jika ada yg baru atau terlupa untuk ditambahkan. pastikan juga kamu sudah paham dengan perintah kode Mysql. jika belum mengerti, tenang saja. kode yg saya tulis akan dijelaskan nanti beserta arti dari kode tersebut. mari kita mulai.

Sebelum Membuat Database Website, Ini yg harus kita Pikirkan.
Bagi pemula mungkin akan sedikit bingung untuk mulai membuat database website artikel php kita ini. jadi saya akan pandu kamu untuk berpikir dimana kita harus memulainya. contohnya seperti ini. "saya ingin membuat website artikel php, hal pertama yg harus saya lakukan adalah membuat nama database, mungkin akan lebih baik jika nama database mirip dengan nama domain saya. misalnya contoh.com". jadi saya tuliskan seperti ini. "CREATE DATABASE contoh". karena kita di webserver offline. jadi kita bisa tambahkan seperti ini. "DROP DATABASE IF EXISTS contoh". gunanya untuk menghapus database bernama contoh jika sudah ada di dalam PhpMyAdmin. jika online, kita harus menghapus manual apabila ingin mengganti database yg ada dan sama. kemudian saya ingin membuat tabel dengan nama "artikelku". di dalam situ, ada isi bernama id_artikel, jdl_artikel dan sebagainya. sekarang mari kita tulis di editor atau notepad favorit untuk kode yg saya tulis di bawah ini. dan saya sarankan kamu ketik kode ini, jangan di tempel.

Kode SQL Database untuk membuat website php artikel.

DROP DATABASE IF EXISTS webartikel;

CREATE DATABASE webartikel;

USE webartikel;

CREATE TABLE admin (
username VARCHAR (16) NOT NULL,
password VARCHAR (16) NOT NULL,
PRIMARY KEY (username)) TYPE='MyISAM';

CREATE TABLE artikel (
id_artikel INT(4) NOT NULL auto_increment,
jdl_artikel VARCHAR (75) NOT NULL,
isi_artikel TEXT NOT NULL,
tgl_artikel VARCHAR(12) NOT NULL,
PRIMARY KEY(id_artikel)) TYPE='MyISAM';

CREATE TABLE kategori (
id_kategori INT(4) NOT NULL auto_increment,
isi_kategori VARCHAR (30) NOT NULL,
PRIMARY KEY (id_kategori)) TYPE='MyISAM';

INSERT INTO admin VALUES('admin', 'admin');

setelah selesai, simpan dengan nama yg kamu inginkan, contohnya webartikeldb.sql. kemudian import ke PhpMyAdmin agar kita siap dalam membuat website php. lihat hasil yg telah saya buat di bawah ini.

contoh kode Mysql yg saya buat
Contoh kode MySQL yg saya buat

ada beberapa alasan kenapa saya meminta kamu untuk mengetik kode tersebut. pertama, agar kamu semakin paham dengan kode yg ada sehingga di ibaratkan sebuah rumah, kamu tahu dan paham jalan pulang. kedua, untuk menghindari kesalahan dalam penulisan kode yg telah kita buat. dalam editor notepad plus. kode biasanya memiliki warna. sehingga jika ada warna berbeda, kemungkinan ada kesalahan dalam penulisan kode. ketiga, melatih tangan kita untuk mengetik, karena kode yg akan kita tulis nanti sangat banyak. jadi sangat bagus untuk melatih tangan dalam mengetik huruf. itulah alasannya. dan berikutnya saya akan jelaskan arti dari kode yg kita buat sebelumnya.

Penjelasan Kode Di atas.
1. kita memberikan perintah DROP DATABASE IF EXISTS untuk menghapus database jika nama db kita sama atau sudah ada. artinya "jika nama database ini sudah ada, hapus.

2. membuat database baru dengan nama "webartikel" dengan perintah CREATE DATABASE. kamu bisa ganti nama tersebut dengan yg kamu inginkan.

3. mulai membuat tabel bernama "admin". kita akan gunakan ini untuk login di website buatan kita nanti. kemudian kita memberi nama agar bisa dipanggil di php nanti. yaitu, username dan password. VARCHAR adalah tipe text dan nomor. dan disitu kita membatasi karakter yg ada hanya sampai 16 huruf. jika kita isi huruf lebih dari 16, maka akan terjadi error. dan kita akan mengatasi error tersebut melalui php. karena jika tidak, isi akan menjadi kosong. setelah itu ada kode NOT NULL yg berarti isi dari user dan pass tidak boleh kosong. ada juga PRIMARY KEY yg kita isi dengan username, artinya data yg ada di user tidak boleh sama atau harus unik. semoga kamu paham dengan penjelasan saya. dan dibawah kode kita sama dengan penjelasan ini. ada kode INT yg berarti integer, artinya hanya boleh berisi nomor. dan panjangnya hanya sampai 4. 1 dan 2 tetap akan dihitung sebagai 1. karena seperti yg telah saya jelaskan sebelumnya di kode VARCHAR, panjang huruf. bukan hitungan.

4. kemudian kita isi tabel admin dengan user dan pass "admin" dengan perintah INSERT INTO "tabel" VALUES ("user tadi", "pass") yg ada di dalam tabel admin. jadi ketika kita login, kita isi username dan password dengan nama admin. kamu bisa ubah valuenya sesuai dengan yg kamu inginkan. alasannya jika tidak kita isi, maka bagaimana nanti kita akan login ke website buatan kita nanti. he...

itulah penjelasan kode MySQL yg telah kita buat sebelumnya. pastikan saat kamu import ke PhpMyAdmin tidak mengalami error. untuk melihat hasil yg saya miliki, lihat contoh gambar di bawah ini.

Proses import ke PhpMyAdmin sukses
Proses Import ke PhpMyAdmin sukses

Demikian tutorial dari saya dalam membuat database untuk website artikel php kita. selanjutnya kita akan membuat Mesin CMS Untuk Website Artikel Php Kita.
jika ada yg terlupa, akan kita tambahkan nanti. sampai bertemu lagi di tulisan saya yg lain. salam hangat dari saya (Uya Sur).

Comments