Monday, 2 February 2015

Cara Cek Error Bluescreen (BSOD) Di Komputer Dan Laptop

Advertisement
Kali ini saya akan memberikan sebuah cara agar kamu bisa mengetahui error tipe apa yang mengakibatkan komputer atau laptop kamu berubah menjadi layar biru. Kita sebut sebagai bluescreen atau BSOD. Ada beberapa langkah untuk mengetahui kerusakan tersebut. Pertama ialah dengan cara menunggu terjadinya error, tapi untuk masalah ini, kita hanya bisa melihatnya dalam waktu 5 – 10 detik saja yang memungkinkan kita tidak bisa melihat tulisan error yang ada karena terlalu panjang dan harus di cek berulang kali. Yang kedua adalah dengan cara membuka file minidump yang terletak pada sistem windows Drive C. Tapi pasti akan sedikit rumit untuk mencari maupun membaca datanya. dan hanya beberapa orang yang paham dengan kode tersebut.

namun kamu jangan bersedih, Ada solusi yang bagus dari saya. Caranya ialah menggunakan sebuah aplikasi yang mampu memberikan kemudahan buat kamu untuk bisa melihat error bluescreen tanpa harus menunggu error terjadi maupun membuka system minidump di komputer kita. Nama aplikasi tersebut ialah BlueScreenView. dan bahan ini memang digunakan untuk melakukan cek jika ada error pada komputer kamu yang biasa disebut sebagai layar biru BSOD (Blue screen). Kamu bisa dapatkan aplikasi ini melalui situs resminya di

http://www.nirsoft.net/ atau BlueScreenView

Berikut langkah cara menggunakan aplikasi tersebut.

Pertama : pindahkan seluruh file ke dalam folder baru lalu buka file BlueScreenView.exe.

Kedua : lihat pada kotak pertama, jika ada error maka akan terlihat beberapa info bergambar komputer beserta nama error blue screen pada komputer atau laptop kita. Klik info tersebut agar kita bisa melihat error tipe apa yang terjadi pada kotak kedua.  Apa yang terlihat saat kamu klik info tersebut  sama dengan apa yang kamu lihat saat layar biru yang asli muncul, jadi kamu tidak harus menunggu kerusakan terjadi atau harus membuka file minidump untuk melihat masalah yang ada di komputer windows kamu.

tampilan utama aplikasi BlueScreenView
tampilan utama aplikasi BlueScreenView

Catatan : pastikan kamu memilih menu file pada kotak pertama agar bisa melihat info kerusakan file, driver atau hardware  pada kotak kedua.  Apa yang kamu lihat di gambar yang saya tampilkan disini adalah info kosong milik komputer saya sendiri, yang artinya, komputer saya tidak mengalami error apapun. tapi, teman saya pernah mengalaminya dan saya sendiri yang menangani error tersebut.

untuk cara memperbaiki kerusakan info tcpipsys, silahkan baca cara memperbaiki error bluescreen (bsod). Sampai disini dulu tutorial cara cek kerusakan error Blue Screen atau BSOD pada komputer dan laptop.
Recent Posts

    No comments:

    Post a Comment

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih