Wednesday, 25 February 2015

Cara Menangkap Gambar Dari video sendiri menjadi sebuah foto

Advertisement
hari ini saya akan membahas sebuah cara untuk menangkap gambar dari video sendiri menjadi sebuah foto. Pasti kamu ingin mengabadikan sebuah momen tertentu dari sebuah video yang kamu suka, baik itu dari gerakan maupun gaya yang kamu suka, namun kamu bingung bagaimana caranya agar kita bisa membuat foto dari video sendiri dan di abadikan menjadi sebuah foto yang sangat bagus. nah, Kali ini saya akan membahasnya. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuatnya menjadi kenyataan. Nama aplikasi ini ialah ImageGrab, aplikasi ini berguna menangkap setiap detik dari video dan kemudian di jadikan sebuah foto, kamu juga bisa mengatur bagian mana saja yang ingin kamu abadikan menjadi sebuah foto.

Catatan : Tutorial di bawah ini saya bagi menjadi 2 bagian untuk kemudahan belajar. Ada 2 file, satu untuk pemasangan desktop dan satu lagi tipe portable. Jika kamu pilih yang portable maka lewati panduan di bawah ini sampai ke cara menggunakannya.

Sebelum kita mulai tutorial ini, silahkan dapatkan bahan yang dibutuhkan melalui website resminya di :

http://paul.glagla.free.fr atau ImageGrab

Baiklah, mari kita mulai cara memasang dan cara menggunakannya agar kamu bisa membuat foto dari video sendiri.

Cara memasang :
Buka file yang telah kita dapatkan sebelumnya dan jalankan aplikasi "image_grab_50en_setup.exe". Klik tombol Next sampai muncul tombol Finish, dan pastikan "launch ImageGrab" sudah di centang. Selesai sudah proses pemasangan kita. di bawah ini adalah contoh gambar tampilan utama ImageGrab.

tampilan utama imageGrab
tampilan utama imageGrab

Cara Menggunakan :
1. Pilih tombol pertama di bagian atas kiri bergambar folder terbuka untuk direktori letak file kita yang akan di edit, lalu silahkan pilih video milik sendiri yang akan kamu jadikan foto.

membuka file video kita yang akan di Grab
membuka file video kita yang akan di Grab

2. Sebelum menangkap gambar,  silahkan atur dahulu settingnya dengan cara memilih setting tujuan dan atur beberapa setting yang diperlukan seperti kualitas gambar dan sebagainya. Untuk setting tujuan dan letak folder gambar, akan di jelaskan di nomor 4. Kamu juga bisa langsung menangkap gambarnya tanpa harus setting dahulu dengan cara klik kanan atau tekan tombol (F5) di keyboard untuk menangkap gambar dari video kamu sendiri. Lihat contoh gambar di bawah ini.

tampilan klik kanan untuk Grab
tampilan klik kanan untuk Grab

3. Silahkan putar dulu video tersebut dengan cara memilih tombol play sampai kamu menemukan gerakan atau gaya yang menurut kamu bagus dan ingin kamu jadikan foto. klik tombol stop Setelah pas, tekan tombol (F5) untuk memotret gerakan tersebut. di tahap ini kamu sudah membuat sebuah foto. dan bisa kamu lihat di folder "my pictures".

tampilan slider time
tampilan slider time

Catatan : di bagian samping kanan dan kiri tombol play adalah tombol untuk skip ke time selanjutnya atau kembali ke time sebelumnya. Silahkan di coba agar lebih paham.

4. Gambar yang sudah kamu buat biasanya akan di letakkan di folder "my pictures". Jika kamu tidak menemukan gambarnya, klik tombol setting lalu lihat di tujuan folder seperti contoh gambar di bawah ini .

setting kualitas gambar dan tujuan penyimpanan folder
setting kualitas gambar dan tujuan penyimpanan folder

Catatan : Jika ingin keluar dari aplikasi, biasanya akan ada 3 pilihan. Pilih saja none untuk tidak menyimpan video sendiri yang kita edit tadi.

itulah cara menangkap gambar dari video sendiri menjadi foto. semoga penjelasan saya dipahami.
Recent Posts

    No comments:

    Post a Comment

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih