Wednesday, 25 February 2015

Cara Memperbaiki Error Bluescreen (BSOD) tcpipsys

Advertisement
Pada posting saya yang dulu, kita pernah membahas tentang beragam error tentang bluescreen atau yang biasa disebut BSOD beserta bahan yang digunakan untuk cek tipe error bluescreen.  nah, kali ini saya akan membahas tentang memperbaiki error tersebut. karena kita hanya akan fokus pada satu error saja. maka untuk permasalahan yang lain akan di bahas di posting yang lain secara satu per satu. dan kamu juga harus tahu terlebih dahulu dan memastikan jika error yang kamu miliki adalah error tcpip.sys. jika sudah bisa dipastikan. kita akan melanjutkan tutorial ini.

Catatan : Pastikan error bluescreen yang ada bertulisan tcpip.sys pada pembahasan kita yang sebelumnya. jika bukan error tcpip.sys, jangan lanjutkan tutorial ini. Tutorial ini hanya untuk error tcpip.sys penyebab dari bluescreen BSOD. untuk kerusakan yang lain mungkin akan saya tuliskan di artikel yang lain untuk tipe error yang lain.

BlueScreen atau BSOD Tcpip.sys adalah error yang di akibatkan oleh system komputer network kita, error yang terjadi bisa di akibatkan oleh driver network, aplikasi modem connect yang berasal dari modem itu sendiri, dan hardware network kita.  Ada beberapa tips cara mengatasinya dan akan kita bahas disini.

Driver network
Error tipe ini bisa diperbaiki dengan cara remove driver lalu kemudian install driver kembali. Biasanya sebuah modem mempunyai aplikasi standar yang sudah ada di dalam modem itu sendiri, jadi kita lepas dahulu driver lama kita atau aplikasi standar kita agar driver juga ikut di lepas lalu kemudian kita pasang kembali. Penyebab error ini dikarenakan listrik mati, mematikan komputer dengan cara tidak benar, atau terkena infeksi virus.

Software Network
Error tipe ini sama dengan error tipe di atas, perbedaannya hanya ada pada penggunaan, driver di gunakan untuk mendeteksi hardware network kita agar bekerja dengan baik , sedangkan aplikasi ini berguna untuk menghubungkan kita atau yang biasa kita sebut aplikasi modem standar bawaan modem tersebut. Solusinya ialah lepas aplikasi tersebut lalu pasang kembali.

Virus
Beberapa virus network yang di sebut trojan bisa mempengaruhi network kita sehingga membuat network yang kita gunakan kelebihan beban. Akibat kelebihan beban itulah network kita jadi error dan mengeluarkan pesan blue screen BSOD . Solusinya ialah menggunakan antivirus yang terbaik atau install ulang windows kita.

Hardware network
Error tipe ini bisa berakibat fatal pada hardware network kita jika tidak segera kita tangani, ada beberapa solusi untuk mengatasi masalah ini.

Catatan : untuk lebih detail apakah error tersebut di akibatkan driver atau hardware, silahkan gunakan aplikasi yang telah kita bahas pada posting saya sebelumnya.

1. jika menggunakan modem, lepas dahulu modem tersebut dari slot usb lama lalu pasang lagi modem tersebut ke slot usb yang lain.jika network kamu tipe internal, maka lepas dahulu driver yang telah terpasang lalu kemudian dipasang kembali. jika masih error, akan kita bahas di nomor 3 nanti, untuk modem Jika masih terjadi error kita lanjutkan ke nomor 2.

2. lepas  aplikasi standar modem tersebut lalu hidupkan ulang komputer atau laptop kamu, setelah menyala kembali, pasang kembali aplikasi modem tersebut.

3. gunakan aplikasi Tcp-Z untuk memperbaiki error yang terjadi. Tcp-Z bisa kamu dapatkan melalui situs resminya.

Untuk network internal jika sudah menggunakan aplikasi ini masih terjadi error juga, cobalah untuk melakukan format ulang windows, jika masih error, maka mau tidak mau kita harus membuka laptop atau komputer tersebut untuk analisa lebih lanjut. Untuk mendapatkan aplikasi ini, silahkan kunjungi situs resminya di

www.softpedia.com atau TCP-Z

Berikut ini panduan cara memasang aplikasi TCP-Z.
Pertama :  pindahkan seluruh isi dari bahan yang telah kita dapatkan sebelumnya ke dalam folder baru. Kemudian jalankan aplikasi "tcpz.exe" untuk memulai proses pemasangan. jika menggunakan windows 64 bit, maka jalankan tcpz64.exe. maka kamu sudah siap untuk memperbaiki.

Kedua :sebelum aplikasi tcpz dijalankan, kita diberi pilihan bahasa terlebih dahulu. pilih English lalu klik tombol ok.

pilih bahasa
pilih bahasa

Ketiga : setelah aplikasi terbuka,  buka pada bagian menu memory slider. Disitu ada 2 slider, slider pertama berguna untuk memperbaiki memori supaya network kita tidak kelebihan beban, slider ke dua berguna untuk memperbaiki file tcpip.sys yang di akibatkan oleh virus dan sebagainya, tcpip.sys adalah penyebab utama bluescreen. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menaikkan slider ke 2 hingga sampai ke atas. Lalu kemudian hidupkan ulang komputer, jika error masih terjadi,  kita geser lagi slider yang pertama sampai ke atas.

menu slider 1 dan slider 2
menu slider 1 dan slider 2

Jika masih error, turunkan slider sedikit demi sedikit untuk memperbaiki error tersebut. Jika tidak ada error lagi. Selamat, Maka kamu telah berhasil mengatasi bluescreen BSOD tcpip.sys. buat kamu yang ingin mengetahui beberapa contoh kerusakan lainnya, baca posting saya tentang cara cek kerusakan error bluescreen (BSOD).

Sampai disini pembahasan kita tentang error bluescreen tcpip pada komputer atau laptop. saya berharap tutorial ini bisa memperbaiki komputer kamu agar tidak terjadi error bluescreen lagi serta menambah ilmu pengetahuan kamu.
Recent Posts

    No comments:

    Post a Comment

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih