Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Dulu kita sudah membahas tentang cara memperbaiki keyboard laptop tertekan sendiri. dimana waktu itu kita mencoba untuk mengatasi tombol pada laptop yg tidak di tekan malah tertekan sendiri. padahal keyboard tersebut tidak terkena air dan hanya bergerak sendiri. tapi saya juga telah membahas tentang keyboard laptop yg terkena air. jadi silahkan baca lagi tulisan saya yg dulu jika keyboard laptop kamu telah mengalami kerusakan tombol yg tertekan sendiri. untuk pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang cara memperbaiki keyboard laptop yg tidak berfungsi. permasalahannya, kita mencoba untuk menekan sebuah tombol pada keyboard laptop namun tidak ada respons apapun. saya akan jelaskan penyebab serta cara memperbaikinya.

Saat Tombol Keyboard Ditekan, layar tidak menampilkan respons apapun.
biasanya penyebab utama dari kerusakan ini adalah putusnya jalur yg menyambungkan tombol keyboard laptop agar berfungsi. saat coba ditekan, tidak ada huruf yg keluar di word atau di layar tidak ada respons apapun. tapi sebelum memastikan jalur yg putus, kita akan cek terlebih dahulu apakah ada tombol lain yg tidak berfungsi. masalah pertama adalah huruf pada tombol keyboard lain tertekan sendiri namun tidak diketahui oleh kita karena di layar atau word tidak ada tombol yg menampilkan huruf padahal keyboard laptop tersebut tertekan sendiri seperti biasa. jadi saran saya, bersihkan dulu di sekitar tombol yg tidak berfungsi tersebut. ada juga untuk mengetahuinya, kita tekan tombol huruf lain disekitar keyboard laptop rusak tersebut. biasanya tombol disekitar situ juga ikut tidak berfungsi. jadi cari sampai menemukan tombol keyboard yg berfungsi. lalu bersihkan keseluruhan tombol yg tidak berfungsi. untuk membersihkan, silahkan baca tulisan saya yg dulu tentang keyboard laptop tertekan sendiri.

jika masih belum berfungsi. gunakan pembersih debu atau maaf (ALKHL). menurut saya bahan tersebut belum dibahas pada tulisan saya yg dulu. bahan itu juga adalah pembersih yg bagus dan pasti kamu sudah tahu kepanjangannya. sedangkan apabila cara diatas tidak berhasil memperbaiki keyboard tidak berfungsi, cara kedua adalah menggunakan pensil 2B untuk menyambung kembali jalur yg telah putus di keyboard laptop kita. seperti menulis, ikuti jalur dimulai dari tombol yg tidak berfungsi hingga ke jalur keyboard yg berfungsi. cara ini pernah berhasil saya gunakan dan pada akhirnya tombol pada keyboard laptop telah berfungsi kembali. jika belum berhasil. kita gunakan timah cair, saya lupa namanya. tapi bahan tersebut memang khusus digunakan untuk membentuk jalur pada motherboard atau biasa disebut sebagai penyambung jalur yg putus. di toko laptop banyak yg jual biasanya.

jika semua cara di atas sudah dilakukan namun masih belum memperbaiki keyboard rusak. lepas semua tombol di keyboard laptop lalu bersihkan dengan pembersih debu atau karat dengan cara menyiram seluruh komponen hingga bersih kembali. jalan terakhir adalah mengganti komponen tersebut dengan keyboard laptop yg baru. begitulah cara memperbaiki keyboard laptop yg tidak berfungsi. semoga cara ini bermanfaat buat kamu.

Comments