Pengertian Tentang Ekstensi File

Seperti yg telah saya janjikan, hari ini saya akan menjelaskan tentang ekstensi file. kalau dalam bahasa inggris disebut extensions file. ekstensi adalah nama pengenal untuk sebuah tipe file. misalnya musik. tanda pengenal tipe musik adalah mp1 sampai mp3. sedangkan untuk nama pengenal video sangat beragam. dimulai dari mp4, avi, flv dan sebagainya. dengan ekstensi file, maka kita bisa mengenal sebuah tipe file dengan mudah. sebagai contoh. kamu ingin mencari file dokumen milikmu sendiri, dan kamu tahu bahwa ekstensi file nya adalah ".doc", maka kamu tinggal ketik ".doc" di kotak pencari milikmu. maka seluruh file yg memiliki tipe ".doc" akan tampil di kotak pencari. itulah mudahnya sebuah ekstensi file. doc sendiri adalah kepanjangan dari document.

Hal yg harus diketahui untuk sebuah ekstensi file.
Pada system default windows, ekstensi file tidak akan terlihat oleh mata dan tidak akan bisa di ubah ke tipe lain. kecuali jika sudah di setting di menu "folder option". alasannya mudah, karena kita ingin menyimpan hasil kerja kita dengan cepat, sehingga mungkin akan lupa menambahkan tulisan ekstensi file di akhir nama, akhirnya file tersebut pun akan berubah putih atau menjadi tipe ".file" maka dari itu system default windows menyembunyikannya. agar nanti saat kita menamai sebuah file tidak merubah format tipe yg ada. untuk folder, tidak ada ekstensi file, karena tipe folder bukanlah file. jadi folder hanya bertugas untuk membantu kita mengumpulkan seluruh file yg terkait ke dalam 1 paket. tapi mungkin ada juga yg memiliki ekstensi file. contoh adalah folder system file.

Ekstensi file tidak hanya ada pada File, tapi juga pada kompresi paket file.
kalian semua pasti tahu tentang kompresi paket. atau bahasa sederhananya kumpulan file yg di paket menjadi 1 serta memiliki nama ekstensi file ".zip, .rar" dan sebagainya. yups, saya sendiri juga tidak tahu disebut apa sebenarnya tipe tersebut. jadi kita gunakan saja bahasa kompresi paket (bahasa saya sendiri). karena menurut saya seluruh file di jadikan 1 paket dan di kompresi sehingga menghemat kapasitas harddisk. dan ada juga tipe file lain selain dari yg telah saya sebutkan tadi. ada file tipe ".iso, .img, .7zip" dan sebagainya. jika ada kesalahan pada nama, maka tipe ini juga bisa berubah menjadi putih. kalau masalah virus, beberapa tipe file dan paket kompresi file akan terinfeksi. kecuali CD-R dan DVD-R. sedangkan untuk tipe ISO sebenarnya tidak akan kena virus, dan jika memang ada di dalam paket kompresi file tersebut, pasti tidak aktif. kecuali kamu pindahkan ke dalam komputer atau laptop. maka virus tersebut akan aktif. jadi berhati-hatilah dan scan dengan antivirus sebelum memindahkan file ke dalam harddisk.

Virus memiliki ijin pengguna yg akan aktif bila di ijinkan.
Mungkin masih ada yg belum tahu bahwa cd dan dvd itu memiliki 2 tipe. yaitu, "R dan RW". perbedaannya akan saya jelaskan nanti. sebagai tambahan ilmu pengetahuan dan wawasan buat kamu, virus itu tidak akan aktif jika tidak kita ijinkan. dan virus tersebut akan aktif jika kita sendiri yg mengijinkan. periksalah file yg kamu dapatkan dengan antivirus sebelum memindahkannya ke komputer atau laptop kamu. dengan begini kamu tidak akan mengijinkan file virus aktif di komputers dan laptops kita. saya ceritakan sedikit pengalaman saya. waktu itu antivirus saya bernama avast memberitahukan bahwa di dalam paket kompresi file yg telah saya dapatkan memiliki virus dan sudah di batalkan pemindahan filenya. tapi saya tetap bersikeras untuk memindahkan file tersebut dan memutuskan untuk mematikan antivirus sementara hingga komputer restart. akhirnya, komputer saya telah di infeksi oleh virus. begitulah ceritanya. he..

Comments