Tuesday, 2 June 2015

Cara Mencari Driver Dengan Benar Dan Pas

Advertisement
Mencari Driver yg benar dan pas memang sedikit susah, namun jika kita tahu caranya, pasti akan lebih mudah mencarinya. namun sebelum itu, saya akan jelaskan kepada kamu tentang driver serta manfaatnya untuk komputer dan laptop kita. Driver adalah sebuah system yg digunakan agar komponen disebut hardware bisa berjalan dengan baik. biasanya untuk beberapa tipe hardware memiliki driver asli standar bawaan dan mendukung beberapa OS seperti windows, linux, dan beberapa tipe OS lainnya. tapi, ada juga kerusakan yg membuat kita para pengguna kehilangan beberapa driver sehingga mengakibatkan hardware di komputer dan laptop menjadi rusak atau tidak terdeteksi. contoh sederhana adalah modem. saya rasa hardware ini paling sering kehilangan driver. ada modem yg kena virus, melepas usb dengan tidak benar, listrik mati dan sebagainya.

Hardware adalah komponen yg nyata. contohnya seperti harddisk, prosesor dan sebagainya dan memiliki bentuk. itulah hardware. jadi, jika driver pada hardware hilang, maka beberapa komponen bisa saja tidak berjalan dengan normal. ada yg tidak terdeteksi oleh windows hingga komputer tidak stabil. dan perlu kita perhatikan, jika salah dalam memasang driver, maka akan mengakibatkan komputer restart. jadi pastikan kamu tidak salah dalam memilih dan memasang driver. sekarang saya akan memandu kamu cara mencari driver dengan benar dan pas. dan tutorial ini hanya untuk kamu yg kehilangan driver asli standar bawaan hardware.

Sebelum Mencari Driver Haruslah Mengetahui Id Hardware kita.
untuk mendapatkan driver yg pas, kamu harus mengetahui ID hardware milikmu terlebih dahulu, sebagai contoh, saya akan mencari ID hardware modem saya untuk menemukan driver yg pas buat saya. mari kita mulai. pertama, buka menu control panel di komputer atau laptop, caranya klik kanan icon "my computer". setelah itu, pilih properties. lalu pilih menu"device manager". atau kamu juga bisa membuka "device manager" dengan cara memilih icon start menu di kiri bawah layar berbentuk bulat. kemudian pilih control panel. lihat contoh gambar berikut.

Memilih start menu
Memilih start menu

Menu control panel
Menu Control Panel

setelah menu "control panel" komputer terbuka, pilih menu "system and security", lalu kemudian pilih system lagi.

Memilih menu system and security
Memilih menu system and security

Pilih system komputer atau laptop
Pilih system Komputer atau laptop

setelah itu, di menu bagian sebelah kiri, pilih "device manager".

Memilih menu device manager
Memilih menu device manager

sekarang kamu sudah melihat beberapa hardware milikmu. karena tadi saya ingin mencari driver modem saya. maka lihat gambar yg telah saya buat di bawah ini. untuk modem tidak terdeteksi biasanya akan bertulisan "unknown device". tanda tanya yg ada pada hardware berwarna kuning tersebut memberikan arti bahwa hardware kita sudah terpasang tapi belum ada driver yg pas. maka dari itu kita akan mencari driver yg benar dan pas agar komponen hardware komputer atau laptop kita kembali normal.


Tampilan menu device manager
Tampilan menu Device Manager

Setelah menemukan hardware modem, klik kanan kemudian pilih properties. maka info tentang hardware akan terbuka. setelah itu, pilih tab details. di bagian details, pilih hardware ids untuk menemukan kode hardware kita. lihat contoh gambar di bawah ini.

mencari driver yg belum terpasang dengan benar
Mencari driver yg belum terpasang

Mendapatkan id hardware untuk mencari driver yg pas
Mendapatkan id hardware untuk mencari driver yg pas

setelah itu, silahkan copy kode hardware tersebut untuk mencari driver yg pas. kemudian kunjungi situs resmi driver di

devid.info

lalu isi atau paste kode yg telah kamu dapatkan sebelumnya untuk mencari driver hardware milikmu. klik tombol search untuk melanjutkan proses. maka driver yg kamu cari akan ada di dalam list.

Mencari driver dengan id hardware sendiri
Mencari driver dengan id hardware sendiri

Kamu tinggal pilih salah satunya, jika driver yg didapat sudah pas dan hardware sudah bekerja dengan normal kembali, maka kamu telah berhasil mendapatkan driver yg pas untuk hardware milikmu. dan saya ucapkan selamat. he...

Driver yg dicari
Driver yg dicari

jika kode yg kamu isikan belum bisa menemukan driver yg pas atau tidak menemukan hasilnya. isi dengan kode yg kedua. biasanya untuk beberapa tipe hardware akan memiliki kode lebih dari 5. jadi pilih salah satunya sampai kamu menemukan driver yg pas. memang sedikit susah, tapi pasti ada yg pas. demikian pembahasan kita tentang cara mencari driver yg benar dan pas. dan saya harap apa yg saya tulis disini bermanfaat bagi kamu yg merasa bingung karena telah kehilangan driver asli standar bawaan hardware kamu. sampai bertemu lagi dengan saya (Uya Sur). sebagai tambahan info, jika xp 2 dan 7 tidak berfungsi. cobalah untuk menggunakan driver windows vista. saya rasa kamu pasti paham dengan yg satu ini. 
Recent Posts

    No comments:

    Post a Comment

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih