Penjelasan Tentang RAM Dan Tipe

RAM atau dikenal dengan Random Access Memory adalah sebuah komponen yg digunakan untuk memproses sebuah data. misalnya, memindahkan data dari drive harddisk, membuka sebuah aplikasi, memutar musik, dan sebagainya. RAM adalah komponen yg paling penting dan tidak hanya komputer, laptop juga memerlukan RAM. ada beberapa tipe yg harus diketahui agar nantinya kita tidak salah dalam membeli atau menggunakan RAM. jika salah, maka komputer atau laptop akan menjadi blank gelap. biasanya juga akan ada alarm yg berbunyi terus untuk memberitahukan kepada kita bahwa RAM yg digunakan rusak, gagal, atau tidak pas.

RAM memiliki beberapa tipe yg disesuaikan untuk komputer dan laptop kita. Tipe DDR digunakan untuk komputer, sedangkan Tipe SODIM untuk laptop. tidak hanya itu, DDR dan SODIM mempunyai beberapa tipe slot yg ditandai dengan nomor. sebagai contoh, Notebook seperti Acer dan Axioo mendukung RAM tipe SODIM 2 dan 3. Komputer ASUS Dan AMI mendukung tipe DDR 2 Dan 3. pasti kalian bertanya dimana nomor 1. jawabannya mudah. DDR dan SODIM 1 adalah tipe lama. jadi sangat jarang ditemukan dan digunakan pada komputer atau laptop terbaru. jadi bisa dibilang RAM tersebut sangat langka ditemukan.

Kapasitas RAM adalah sebuah ruang kosong yg digunakan untuk menyimpan sebuah data sementara. misalnya kamu memindahkan sebuah data dari Drive C ke D. maka selama proses perpindahan data tersebut menggunakan kapasitas RAM. semakin tinggi kapasitas RAM, semakin cepat pula proses perpindahan. tapi harus di ingat, RAM harus sesuai dengan tipe prosesor dan Motherboard (mesin) komputer atau laptop yg kamu miliki. jika tidak, kemungkinan akan blank atau proses perpindahan data menjadi lambat. bahkan bisa membuat komputer dan laptop menjadi lambat. itulah RAM.

Untuk mengetahui tipe RAM komputer dan laptop yg kamu miliki, lihat pada label RAM, disitu lengkap dengan informasi tipe RAM serta kapasitasnya. dan jika rusak. maka kamu cukup menggantinya dengan yg baru dan memiliki tipe sama.

Demikian pembahasan kita tentang RAM dan tipenya. mungkin saat saya menulis ini, akan ada tipe RAM yg baru dirilis oleh para pembuat RAM komputer dan laptop yg memiliki tipe baru serta kapasitas tinggi. setahu saya kapasitas RAM saat ini yg paling tinggi adalah 8 GB. dan kalau saya dengar ada juga kapasitas 16 GB. pasti komputer dan laptop akan sangat cepat jika menggunakan RAM tersebut.

Comments