Membuat File ISO Dari CD DVD Di Komputer Dan Laptop

Dulu kita pernah membahas tentang cara membuat file ISO dari file dan folder. hari ini saya akan melanjutkan tulisan saya karena mungkin masih ada yang belum tahu cara membuat file ISO menggunakan cd/dvd. dan kali ini kita akan membuat sebuah ISO dari CD DVD di komputer atau laptop. keduanya mempunyai cara yang sama baik itu di komputer maupun laptop. hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan bahan yg dibutuhkan untuk melanjutkan tutorial ini. dan bagi kamu yang ingin membuat file iso dari file dan folder, silahkan baca posting saya yang dulu tentang cara membuat file iso dari file dan folder. disitu saya sudah jelaskan secara lengkap langkah tutorial membuatnya. sekarang mari kita lanjutkan bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat sebuah file ISO.

1. Siapkan kaset CD/DVD yg ingin dijadikan file ISO.

2. selanjutnya persiapkan aplikasi membuat file ISO bernama ImgBurn. jika sudah ada, langsung saja dilanjutkan. kalau belum ada, kamu bisa dapatkan langsung dari situs resminya atau baca tulisan saya yg dulu. kalau bingung lihat keatas. tapi saya rasa kamu pasti malas kesana kemari. he...

3. Jika semua bahan sudah siap, mari kita mulai panduan Cara Membuat file ISO dari cd/dvd.

Pertama: Insert CD DVD yg kamu miliki ke dalam Komputer atau Laptop.

Kedua: buka aplikasi ImgBurn yg telah kamu dapatkan sebelumnya.

Ketiga: Pilih menu "Create Image File From Disc" untuk membuat file Image ISO. lihat contoh gambar di bawah ini.

Memilih menu "Create Image File From Disc" untuk membuat ISO
Memilih Menu "Create Image File From Disc"

Keempat: Tentukan tujuan tempat penyimpanan file ISO yang telah kamu buat, kemudian klik tombol "mulai proses" untuk membuat file image ISO.

Tentukan Tujuan Penyimpanan Dan Mulai Proses Pembuatan ISO
Tentukan Tujuan Penyimpanan Dan Mulai Proses Pembuatan ISO

Kelima: Tunggu hingga proses pembuatan selesai. biasanya waktu membuat file image ISO tidak akan lama. setelah ada pemberitahuan bahwa proses telah selesai, Maka  kamu telah berhasil membuat file ISO dari CD DVD melalui komputer dan laptop. sekarang lihat direktori tempat tujuan penyimpanan untuk melihat hasil dari file ISO yang telah kamu buat.

Proses Pembuatan File ISO dimulai
Proses Pembuatan File ISO dimulai

Pemberitahuan bahwa proses telah selesai
Pemberitahuan Bahwa Proses Telah Selesai

Contoh hasil file ISO yang telah dibuat
Contoh hasil File ISO yang telah dibuat

Begitulah Cara Membuat File ISO dari CD DVD di komputer dan laptop. semoga bermanfaat bagi kamu yang belum tahu cara membuat ISO. dan saya berharap tutorial ini jelas dan mudah pelajari.

Comments