Wednesday, 27 May 2015

File Berubah Icon Shortcut Saat Dipindahkan Ke Flashdisk

Advertisement
Baru ini, sebenarnya sudah lama sekitar beberapa tahun lalu. saya menemui kerusakan terbaru, yaitu File data dari Komputer dan Laptop Berubah menjadi icon Shortcut ketika dipindahkan ke dalam Flashdisk. sebelum mengatasinya, 2 hal yang harus kamu ketahui penyebab dari permasalahan ini. dan akan saya jelaskan melalui tulisan saya ini. untuk mengetahui apakah file tersebut tipe shortcut atau bukan, lihat pada icon, apabila ada tanda panah lengkung seperti berbalik arah. berarti itu tipe file shortcut. cara lain bisa kamu buka pada properti file tersebut.

Masalah pertama, kesalahan pengguna saat memindahkan data. bisasanya kita langsung klik dan tahan untuk menarik data ke flashdisk, saya sebut kerusakan ringan. saat kita memindahkan data, ada setting dari komputer dan laptop yg memerintahkan untuk membuat shortcut apabila dipindahkan, jadi saat kita memindahkan data ke flashdisk,
maka terbentuklah sebuah icon shortcut, sehingga data yg asli masih ada di dalam komputer atau laptop. untuk mengetahuinya, kita coba klik kanan data tersebut dan gunakan perintah "cut" atau "Copy" untuk memindahkan data. apabila belum berhasil, coba dengan data yg lain atau menggunakan Aplikasi memindahkan data.

Kedua, flashdisk terinfeksi virus. saya lupa nama virus tersebut, kita sebut saja namanya "virus Recycler". kerusakan ini dianggap sebagai kerusakan berat. flashdisk terkena virus sehingga membentuk 4 buah file shortcut dan 1 folder Recycler. bagi yg tidak mengetahuinya, mungkin hanya menganggap sebagai file biasa. jika kamu melihat ke empat file shortcut dengan nama yg tidak biasa (aneh) namun tidak melihat folder recycler, coba kamu ubah setting "hidden file" yg ada di "folder option" untuk melihat data yg disembunyikan oleh virus. caranya, kamu baca post saya yg dulu tentang cara memunculkan data.

untuk flashdisk sebenarnya tidak ada folder tersebut, karena saat kita menghapus data flashdisk, maka data yg dihapus tidak akan di simpan dalam Recycle bin, melainkan langsung dihapus permanen. jadi sungguh aneh jika ada folder Recycler di dalam flashdisk. ada icon berbentuk tong untuk memastikan keaslian system recycle bin. dan folder system tersebut hanya ada pada komputer dan laptop, bukan pada flashdisk. apabila kamu menemukan folder tersebut di dalam flashdisk. maka bisa dipastikan flashdisk kamu terkena virus. lalu bagaimana cara mengatasinya?

Silahkan baca post saya tentang cara Mengatasi Virus Recycler Flashdisk.

jika sudah berhasil di perbaiki dan saat memindahkan data sudah normal. berarti kita tidak perlu melanjutkan ke tahap berikutnya. tapi apabila sudah diatasi tapi masih error. kemungkinan komputer dan laptop juga terkena virus. gunakan cara yg sama untuk melihat folder Recycler di dalam Drive Harddisk. apabila kamu melihat 2 folder recycler dengan icon yg menandakan asli dan palsu. berarti laptop dan komputermu telah terinfeksi virus. akan kita bahas di lain waktu.
Recent Posts

    No comments:

    Post a Comment

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih