Sunday, 24 May 2015

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Bisa Di Format Ke Tipe NTFS.

Advertisement
Kamu pasti pernah mengalami masalah saat mencoba untuk format flashdisk ke NTFS. saya juga pernah mendapatkan pengalaman seperti itu. ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut dan akan kita bahas pada artikel saya kali ini. nah, cara tersebut ada yang mudah dan ada juga yang susah. untuk itu, kita mulai saja dari cara yang paling mudah dalam mengatasi flashdisk yang tidak bisa diformat ke NTFS. untuk flashdisk tidak terdeteksi, akan saya bahas nanti.

1. Gunakan USB FORMAT.
cara ini saya rasa paling mudah. karena kita menggunakan sebuah aplikasi untuk memformat flashdisk. kalau  menggunakan windows ternyata tidak berhasil, maka cara ini menjadi solusi buat kamu. saya sendiri sudah mencobanya dan telah berhasil memperbaiki flashdisk
saya sehingga menjadi format NTFS. untuk tutorial serta mendapatkan bahan yang dibutuhkan, silahkan baca posting lama saya tentang cara format flashdisk ke fat32. ada NTFS juga.

2. Memperbaiki flashdisk melalui CMD windows (DISK PART).
caranya terbilang sedikit sulit karena kita harus tahu dengan beberapa perintah kode untuk memformat flashdisk. pertama, masuk ke dalam cmd windows. kemudian ketik "diskpart". setelah itu cek dengan cara mengetikkan "list disk". kemudian kamu akan melihat beberapa list disk yang kamu miliki termasuk harddisk milikmu. jadi berhati-hatilah dalam menggunakan mode yang satu ini. jika salah, maka bukannya flashdisk yang di format. tapi, harddisk kamu yang di format. pastikan kapasitas dan letak harddisk sebelum menggunakan cara ini. biasanya terlihat seperti di bawah ini.

diskpart cmd untuk memperbaiki flashdisk
CMD Diskpart untuk memperbaiki flashdisk

sebagai tambahan catatan, jika kamu bingung perintah apa yang harus di ketik. maka kamu ketik saja tanda "?" lalu enter. maka info seluruh perintah akan tampil beserta penjelasannya. untuk harddisk, prioritas utama biasanya pada urutan 0. jadi DISK 1 adalah flashdisk kamu. apabila kamu mempunyai 2 harddisk, maka biasanya akan terlihat list disk sampai 3 yang berarti nomor 3 adalah flashdiskmu. dan perlu kamu ingat, cara ini hanya digunakan pada flashdisk yang masih terdeteksi (flashdisk masih normal), sedangkan tidak akan berfungsi pada flashdisk yang tidak terdeteksi. bisa dikatakan sebagai kerusakan komponen atau kerusakan IC EEPROM. atau permasalahan virus. tentang diskpart, akan kita bahas lebih lanjut pada artikel saya yang lain.

3. Menggunakan Komputer Atau Laptop Lain Untuk Memastikan Kerusakan.
masalah ini pernah terjadi pada komputer milik saya sendiri, dan penyebabnya karena virus dan kerusakan system di komputer dan laptop. beberapa kali saya coba memperbaikinya namun tidak berhasil. lalu saya teringat untuk mencobanya di komputer dan laptop yang lain. dan hasilnya saya telah berhasil memperbaikinya. semoga saja flashdiskmu bisa diperbaiki dengan cara seperti itu.

saya harap ilmu ini bermanfaat buat kamu serta bisa menjadi solusi yang baik agar kamu bisa memperbaiki flashdisk dan menggunakannya lagi seperti biasa.
Recent Posts

    2 comments:

    1. waaah jadi gtu ya gan caranya mengatasi flasdisk yang tidak bisa di forrmat NTFS, okelah tipsnya gan, trimakasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. sebenarnya ada lagi cara lainnya gan. tapi belum sempat saya tulis artikelnya. tapi nanti saya akan coba tuliskan cara lainnya nanti pada tulisan baru. semoga saja cara yg ada sudah bisa menyelesaikan permasalahan flashdisk. jika tidak, kita coba cara lainnya yg blm sempat saya tuliskan. ^_^

        Delete

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih