Roller Printer Berputar Terus Lalu Berhenti Dengan Error

Pada posting saya yang dulu, kita pernah membahas tentang printer canon yang bergerak cepat seperti menghempas ke arah kiri dan kanan. maka hari ini pembahasan kita hampir sama. namun kerusakannya sedikit berbeda, dulu katridge bergerak ke kiri dan kanan, sekarang roller pada printer berputar terus sampai kemudian berhenti dengan error ketika dihidupkan. apabila kita lihat pada komputer atau laptop kita, maka biasanya akan ada error yang tidak memberikan penjelasan yang spesifik. jadi, berdasarkan pada pengalaman saya selama memperbaiki masalah tersebut. maka bisa dipastikan bahwa printer kamu mengalami rusak pada sensor katridge atau biasa di sebut sebagai Timing Disk.

Penyebab Kerusakan Printer Berputar Terus.
nah, kali ini kerusakan Timing Disk atau sensor sedikit berbeda dengan yang dulu. kalau katridge bergerak cepat seperti menghempas, maka kerusakannya ada pada sensor di belakang katridge printer. sedangkan untuk printer berputar terus, maka kerusakannya ada pada sensor sebelah kiri berbentuk bulat yang menempel di roda gigi printer sebelah kiri. dan biasanya terjadi karena tinta pada katridge mengenai sensor tersebut. nah, masalah utamanya pasti tinta katridge printer itu sendiri. terkadang ada juga karena debu yang menempel pada sensor. jadi saran saya, cobalah membersihkan menggunakan tisu biasa. lalu kemudian uji kembali printermu.

Cara Memperbaikinya Printer Yang mengalami Kerusakan Sensor Pendeteksi.
kita bisa menggunakan cara yang sama dengan posting saya yang dulu. bagi yg penasaran, silahkan baca tentang cara Memperbaiki printer yang bergerak cepat ke kiri dan kanan. selain itu, saya mencoba untuk membersihkan sensor deteksi tersebut menggunakan pembersih kaca, namun hasilnya gagal. jadi sepertinya hanya bisa diperbaiki menggunakan Pembersih "Head Cleaner" untuk yang lain mungkin akan saya coba lagi nanti. buat kamu, jangan coba ini dirumah, kecuali printer tersebut adalah milikmu sendiri. jangan sampai printer milik orang lain rusak gara-gara di uji coba oleh kamu. he...

masalah lainnya adalah mainboard pada printer telah rusak. namun ini sangat jarang terjadi. jadi, kamu tidak perlu khawatir. hampir 90% penyebab kerusakan tersebut adalah Timing Disk atau sensor katridge bagian kiri. jadi kamu dengarkan saja suara printer tersebut. apabila suara roda gigi yang memutar printer tersebut bersuara tanpa henti, maka pastilah itu penyebabnya. dan kamu tahu sendiri apabila printer tersebut normal, suara roda gigi pasti akan berhenti sejenak lalu berputar lagi. itu cara mengetahui kerusakan pada sensor katridge bagian kiri tersebut.

ok. mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan. apabila ada yang kurang pada tulisan serta terlupa oleh saya untuk menuliskannya, maka silahkan beritahu saya melalui komentar atau kontak saya secara langsung di fitur menu contact. mohon maaf jika saya terlambat membalas atau tidak membalas pesan kamu melalui kontak. apabila tidak melanggar hak privasi saya, pasti akan saya balas saat OL nanti. sampai bertemu lagi, dan salam hangat dari saya (Uya Sur).

Comments

  1. ceritanya saya sudah mengganti encodernya yang berbentuk bulat itu
    tapi setelah beberapa minggu, tiba"terjadi seperti kejadian yang ada di atas yaitu roller berputar kencang ketika pertama kali dinyalakan dan langsung error
    apakah saya harus mengganti sensornya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya lihat dulu error nya apa di komputer mas fauzi, mungkin saja ada error lain misalnya tinta katridge habis dan sebagainya. kemudian jika dirasa sudah semua. kita lihat kembali encoder mas fauzi sebelum menggantinya. apakah ada debu atau mungkin perekatnya terlepas. kadang perekat terlepas atau secara tidak sengaja tangan kita menyentuh encoder tersebut sehingga menyisakan sebuah sidik jari yg menutup hingga membuat encoder tidak terbaca oleh printer. kadang juga terkena tinta. mungkin saat memindahkan posisi printer tidak sejajar. dan cek juga encoder bagian belakang yg berbentuk horizontal.

      kalau berputar keras biasanya memang encoder berbentuk bundar yg rusak. tapi tidak ada salahnya kita cek juga bagian belakang. dan lihat apakah ada kena tinta. disitu paling sering kena tinta. dan satu hal lagi. pastikan errornya di komputer. jika displaynya menunjukkan paper jam dan sebagainya saja. maka masalah bukan ada pada encodernya. lihat error P0 berapa. untuk paper jam. mas bisa baca tulisan terbaru saya disini

      http://gamesur.co.nf/detail/printer-error-paper-jam-kertas-tersangkut.html

      sebaiknya dilihat dulu penyebabnya ya mas fauzi. karena paper jam juga membuat printer berputar lama lalu berhenti. baru nanti kita cek sampai ke encoder printer tersebut. semoga membantu.

      Delete

Post a Comment

Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih