Thursday, 14 May 2015

Penjelasan Start Windows Normally Ketika Komputer Dinyalakan

Advertisement
Saat menghidupkan komputer, kita melihat beberapa tulisan seperti start windows normally, "let windows set best configuration", dan sebagainya. hal ini terjadi biasanya apabila komputer kita tiba-tiba mati, shutdown dengan tidak benar, kena virus, atau kita telah menekan tombol di keyboard komputer. dan permasalahan ini sebenarnya juga ada pada laptop. jadi tidak hanya ada pada komputers.

penjelasan tentang pesan windows tersebut.
untuk pesan "let windows set best configuration" atau tulisan di atas "start windows normally", kita memilih sebuah opsi dimana windows akan melakukan konfigurasi otomatis apabila opsi start windows normally tidak berhasil dilakukan
. misalnya saat kita memilih menjalankan windows secara normal namun ternyata windows melakukan restart pada komputer. maka opsi tersebutlah yang di pilih. apabila kedua opsi tersebut sama-sama tidak berhasil. maka bisa dipastikan ada virus atau kerusakan komponen lainnya pada komputer atau laptopmu. tapi terkadang system windows yang ada di dalam harddisk telah hilang. jadi komputer kita tidak bisa menjalankan program windows. sedangkan jika opsi start windows normally tidak mengalami masalah apapun. maka kamu tidak perlu memperbaiki apapun.

Tips Memperbaiki komputer dan laptop mengalami restart akibat harddisk dan virus.
saat kita memilih opsi start windows normally, komputer dan laptop ternyata mengalami restart. nah, untuk memperbaikinya sendiri ada beberapa cara. yang pertama adalah mencoba memilih "set best configuration" yg saya sebutkan sebelumnya. biasanya cara ini sudah berhasil untuk memperbaiki windows restart. cara kedua adalah setting bios. biasanya harddisk yg telah di set ke AHCI kembali ke setting compatible sehingga menyebabkan windows restart. untuk laptop biasanya begitu. jadi solusinya, uji komputer atau laptop menggunakan setting AHCI atau compatible, jika masih belum berhasil, cobalah untuk melakukan boot menggunakan windows external. atau menggunakan komputer dan laptop lain untuk memperbaiki harddisk tersebut. kamu juga bisa memperbaikinya dengan cara insert CD windows milikmu dan melakukan repair untuk system yang hilang. tapi pastinya agak sedikit susah karena harus menggunakan beberapa perintah kode memindahkan file system windows yang hilang ke dalam harddisk untuk memperbaikinya. jadi coba gunakan HBCD untuk memperbaikinya. jalan terakhir adalah melakukan format ulang pada komputer dan laptop. jika permasalahannya adalah virus atau harddisk yang kehilangan system windows. sedangkan untuk kerusakan komponen, maka hal ini tidak perlu dilakukan dan kita harus memperbaiki komponen tersebut.

jika power supply kamu yang rusak, maka kamu bisa baca tentang cara mengetahui power supply yang rusak. sedangkan jika Ram dan processor kamu yang mengalami masalah, kamu bisa baca tentang cara perbaiki ram yang rusak.

ada cara lain yang ada di blog ini bisa kamu gunakan. tapi semoga saja kedua cara diatas bisa mengatasi permasalahanmu tentang kerusakan komponen pada komputermu. dan semoga ilmu ini bermanfaat untukmu. sampai bertemu lagi dan salam hangat dari saya (Uya Sur).
Recent Posts

    2 comments:

    1. kk. laptop aku di windows normaly mancet aapi safe mode nya masih bisa kk
      mohon solusinya

      ReplyDelete
      Replies
      1. bisa jelaskan lebih detail tentang kerusakannya bang Fakhrun? dari penjelasannya, sepertinya macet saat windows normally ya, coba bang fakhrun pilih "best configuration", kalau hasilnya masih gagal, karena bang fakhrun bisa masuk ke windows Safe Mode, cobalah cek apakah ada virus atau tidak. terus coba lepas drivernya satu persatu, dimulai dari driver VGA.

        tolong detailnya, apakah macet tidak ada respons dan cuma diam di logo windows, ataukah restart saat logo windows?. biasanya kalau sering restart saat logo windows ada virus. coba saja gunakan antivirus avast yg lama yg cocok dengan windowsnya, terus scan lewat boot mode (scan sebelum masuk ke windows). ada pilihan settingnya di avast lama, kalau yg baru malah Hang laptopnya nanti, soalnya hanya kompatibel dengan windows 8. (pengalaman pernah coba). langsung saja ke situs resminya, tidak bayar kok. ^_^

        Delete

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih