Cara Menggunakan Emulator ePSXe Di Komputer Dan Laptop

Baiklah, hari ini kita akan membahas tentang cara menggunakan "Emulator ePSXe" di komputer dan laptopmu. sebelum memulai tutorials ini, saya pastikan bahwa kamu sudah menyiapkan seluruh bahan yang telah saya jelaskan sebelumnya. agar lebih mudah dalam bermain, kamu harus mempunyai joystick(stik Kontroller USB komputers). alat tersebut khusus untuk komputer dan laptop yang biasa kamu sebut sebagai kontroller PS. tapi, jika kamu tidak mempunyai alat tersebut, tidak apa-apa. karena kamu juga bisa menggunakan keyboard yang ada pada komputer atau laptop menjadi stik kontroller agar kamu bisa bermain game playstation 1 di laptop dan komputermu. jika ada yang kurang di pahami atau dimengerti, silahkan bertanya kepada saya.

bagi kamu yang belum menyiapkan bahan, cara memasang dan mendapatkan "Emulator ePSXe", silahkan baca posting saya tentang cara main PS 1 (Playstation 1) melalui laptop dan komputermu. sedangkan, untuk bahan gamenya, mungkin akan saya tambahkan nanti, sementara ini, silahkan baca games harvest moon BTN (Back To Nature) bahasa indonesia. nah, jika sudah siap semua, mari kita mulai caranya. tapi, cara ini akan saya bagi menjadi 2 bagian, pertama menggunakan kaset ke CD/DVD komputer, yang kedua menggunakan ISO game.

icon emulator epsxe
icon emulator ePSXe

Cara menggunakan "Emulator ePSXe" melalui CD/DVD komputer dan laptop:
pertama, letakkan kaset game playstation 1 milikmu ke dalam CD/DVD komputer atau laptopmu. kemudian buka "Emulator ePSXe". setelah itu, pilih menu file > Run CD atau DVD untuk memulai game. lihat contoh gambar di bawah ini.

memilih menu File run CD/DVD
Memilih menu File Run CD/DVD

pastikan semua setting di emulatormu sudah disiapkan terlebih dahulu seperti setting kontrol keyboard atau joystick (stik Kontroller USB Komputer). maka kamu sudah bisa bermain games yang kamu sukai.

Cara menggunakan "Emulator ePSXe" melalui file ISO komputer dan laptop:
saya pastikan kamu sudah mempersiapkan game berjenis iso untuk digunakan dan sudah kamu letakkan ke dalam folder ePSXe atau diletakkan di dalam folder lainnya. jika sudah, buka Emulator ePSXe yang kamu miliki, lalu kemudian pilih menu file > Run Iso.

Memilih menu file run ISO
Memilih Menu File Run ISO

lalu cari direktori tempat kamu meletakkan file iso sebelumnya. kemudian pilihlah file iso tersebut. jika ada file iso berjenis .img atau .ccd dan sebagainya, maka kamu juga bisa memilih jenis file tersebut. jadi kamu tidak perlu bingung karena semua tipe file tersebut bekerja dengan baik asalkan masih di dalam folder yang sama.

Pilihan game yang bisa kamu mainkan di komputer atau laptop
Pilihan Game Yang bisa kamu mainkan di komputer maupun laptop

nah, banyak game yang bisa kamu mainkan, tapi karena kuota internet saya tidak banyak, jadi sementara saya tidak bisa menuliskan game-game Playstation 1 (PS1) yang lainnya. setelah game dipilih, sekarang kamu sudah siap untuk bermain game playstation 1 di komputer atau di laptop yang kamu sukai. selamat bersenang-senang. sampai disini pembahasan kita tentang cara menggunakan Emulator ePSXe Di Komputer Dan Laptop. sampai bertemu lagi di posting saya yang lain. dan salam hangat dari admin uya sur.

Comments