Suara Atau Sound Di Dalam Komputer Hilang

Setelah komputer di format ulang menggunakan windows Xp, suara di dalam komputer yang biasa kita dengarkan melalui speaker maupun headset komputer tidak ada atau hilang. tapi ada juga tanpa format ulang dan sebagainya suara dalam komputer hilang begitu saja. nah, saya akan coba jelaskan beberapa penyebab suara hilang di dalam komputer.

1. Suara hilang setelah format ulang.
biasanya untuk windows 7 atau keatas, suara di pasang secara otomatis, sehingga kamu tidak perlu melakukan setting manual lagi. sedangkan
untuk windows xp kita harus melakukan setting manual. biasa disebut sebagai memasang ulang driver suara yang hilang. tentu saja kamu membutuhkan cd/dvd driver dari masing-masing vendor komputermu. hal ini juga berlaku pada laptopmu yang memasang windows xp. jadi silahkan pasang kembali driver yang telah hilang karena disebabkan oleh format ulang.

2. Sound internal pada motherboard telah rusak.
ada juga kerusakan pada motherboard sehingga komponen sound internal telah rusak. untuk mengatasinya, kamu coba lihat pada kaki komponen tersebut, gunakan solder untuk memperbaikinya, kemungkinan kerusakan karena ada retak pada timah di komponen sound tersebut. jika sudah tidak bisa diperbaiki, gunakan sound card (external) untuk mengganti komponen yang rusak.

3. Kabel sound tidak terpasang.
saya rasa hal seperti ini paling banyak di alami oleh pengguna komputer. saat membuka bagian komputer dan memasangnya kembali, kita lupa untuk memasang kabel yang menyambungkan antara motherboard dan suara. tapi, karena sound internal. saya rasa suara alarm komputer saja yang mempunyai kabel. he...

4. System dalam komputer rusak.
kerusakan di dalam system komputer mengakibatkan driver suara hilang. dan saat kita mencoba untuk memasangnya kembali, hasilnya tidak bisa. jalan satu-satunya adalah dengan cara manual atau memformat ulang komputer kita.

nah itulah beberapa penyebab dan solusi memperbaikinya agar suara atau bahasa inggris nya sound komputer bisa diperbaiki.

Comments