Komputer Gelap Setelah Mengganti RAM

Baiklah, hari ini kita akan membahas tentang Random Access Memory (RAM) yang sudah diganti dengan komponen baru, namun masih membuat komputer kita menjadi gelap atau blank. sebelumnya kita sudah memastikan bahwa komponen lain seperti Power Supply, Processor, Kipas, harddisk, CD/DVD dan layar komputer itu sendiri tidak rusak. dan saat menggunakan RAM cadangan ternyata komputer telah normal kembali. tapi, saat kita mencoba dengan yang baru kita beli, komputer masih gelap. nah, perlu kamu ketahui. sebelum membeli, pastikan bahwa tipe Random Access Memory kamu itu mempunyai tipe yang sama. di bawah ini beberapa tips akan saya tuliskan agar tidak ada kesalahan saat menggunakan RAM baru.

Beberapa Penyebab dan Solusinya.
1. Random Access Memory (RAM) harus sesuai dengan tipe processor.
kapasitas dan tipe ram harus sesuai dengan processor. jika berbeda, maka akan menyebabkan komputer kamu gelap. diperlukan sebuah support agar kedua komponen tersebut bekerja dengan baik. untuk processor tipe Intel Pentium sampai Duo Core, ram yang digunakan adalah DDR 1 dan DDR 2 serta kapasitas 256 MB sampai 1 GB. ada juga DDR 3. untuk RAM berkapasitas 2 GB juga bisa. tapi, pilihlah beberapa merk yang sudah di uji.

2. Uji RAM sebelum membeli.
beberapa pengalaman yang saya dapatkan saat membeli RAM adalah kerusakan yang sudah terjadi terlebih dahulu pada Random Access Memory sebelum digunakan. namun bisa juga merk dari ram tersebut hanya khusus untuk beberapa tipe komputer. jika tidak sesuai maka akan menyebabkan komputermu menjadi gelap. kalau bisa, gunakan merk ram sama yang tertera di komputermu. atau kamu bisa meminta penjual untuk menguji ram tersebut sebelum dibeli.

3. mesin komputer dan processor tidak mendukung jenis ram yang kamu pasang.
ketika itu saya mencoba ram pada komputer bertipe Intel. namun sepertinya mesin tidak mendukung jenis ram ini. kemudian saya uji menggunakan komputer bertipe Asus. ada juga saya uji ram tersebut pada processor komputer bertipe intel "pentium 4", namun hasilnya gelap. kemudian saya uji pada processor komputer bertipe "intel Core 2 Duo" dan ternyata komputer mau menyala dengan normal. jadi berdasarkan apa yang saya alami, maka saya pastikan permasalahan ini juga pantas untuk dituliskan. beberapa processor dan mesin utama komputer (Mainboard) tidak mendukung jenis tipe ram tertentu.

4. cobalah membersihkan ram baru tersebut sebelum digunakan.
ketika membeli, ada baiknya kita bersihkan dulu ram menggunakan pensil penghapus. mungkin saja karena sudah terlalu lama diletakkan di dalam toko membuat ram terkena sedikit debu. jadi apabila komputermu masih gelap saat di uji, cobalah untuk membersihkannya terlebih dahulu. apabila komputer masih gelap. uji dengan ram yang lain. jika menyala normal. silahkan tukar yang baru saja kamu beli. kalau mau saran dari saya, lempar ke lautan biru yang sangat luas. hahaha

nah, itulah beberapa solusi serta penyebab jika komputermu masih gelap saat mengganti ram. maaf jika ada yang lupa saya tuliskan. sampai bertemu lagi dan salam hangat dari admin uya sur.

Comments