Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tertekan Sendiri

Beberapa waktu lalu, saya memperbaiki keyboard laptop yg tertekan sendiri. sebenarnya dulu sudah pernah saya bahas. namun setelah saya analisa lebih lanjut. ada beberapa hal yg ditemukan oleh saya dan menurut saya apa yg sering di bahas kemungkinan ada sedikit kesalahan. sebagai contoh, menggunakan pemotong untuk menggores lapisan keyboard pada laptop yg bisa mengakibatkan kerusakan fatal. pada hari ini, saya akan coba jelaskan kenapa komponen keyboard kita dan apa yg harus kita lakukan untuk memperbaikinya.

Berdasarkan analisa yg telah saya kumpulkan untuk memperbaiki keyboard laptop.
Menggunakan pemotong untuk memperbaiki keyboard sebenarnya boleh, namun jika mengenai jalur utama pelat besi pada keyboard laptop,
maka bukannya baik tapi malah akan mengakibatkan keyboard tidak berfungsi sama sekali. alasannya mudah, kemungkinan saat kita menggores komponen tersebut, jalur pelat besi yg menyambung ke tombol keyboard terputus. maka dari itu kita harus berhati-hati dalam memperbaiki keyboard. dari hasil analisa saya, keyboard laptop itu memiliki 3 lapisan kertas yg bisa kamu angkat dengan pinset. jadi tidak perlu menggores, cukup di angkat dengan pinset lalu bersihkan debu yg melekat di dalam lapisan keyboard tersebut.

Lapisan pertama yg terletak di atas memiliki 1 pelat besi tidak tersambung seperti titik dan apabila ditekan maka titik tersebut akan mengenai titik pada lapisan ketiga dan akhirnya memunculkan atau menampilkan respons tombol pada layar sesuai dengan yg ditekan. pada lapisan yg kedua adalah sebagai penghalang agar lapisan pertama dan ketiga tidak tersambung langsung yg pada akhirnya menyebabkan tombol keyboard laptop tertekan sendiri. sedangkan pada lapisan ketiga adalah komponen utama yg tersambung dengan beberapa jalur pelat besi sampai kepada laptop. sekarang kamu sudah tahu komponen keyboard tersebut. berikutnya kita akan mencoba beberapa cara untuk memperbaikinya.

Memperbaiki keyboard laptop yg tertekan terus.
Hal pertama yg harus kita lakukan adalah cek virus, jika saat di desktop windows keyboard tertekan sendiri. maka kita harus cek apakah sebelumnya mendapatkan file dari internet atau tidak. jika ya maka hapus dahulu file tersebut atau lepas. kemudian uji kembali laptopmu. yg kedua, adalah dengan mematikan laptop lalu kemudian hidupkan lagi. dengarkan suara laptop sebelum logo windows tampil. apakah laptop jadi hang (layar blank gelap), atau ada suara seperti alarm yg berbunyi terus. jika ya bisa dipastikan memang kerusakan keyboard pada laptop yg bisa di akibatkan oleh debu atau hal lainnya. tapi jika tidak ada suara ataupun error sebelum logo windows, dan pada akhirnya ternyata hanya bermasalah saat di desktop saja. maka bisa dipastikan ada infeksi virus yg mengakibatkan keyboard laptop tertekan terus.

Untuk laptop yg di infeksi oleh virus, kita uji lagi dengan cara menekan tombol F8 setelah logo pertama muncul. lalu kemudian kita mencoba ke menu safe mode windows, untuk tombol lainnya ada F12 dan sebagainya, jadi silahkan di coba sendiri. setelah berhasil memasuki menu safe mode windows, kita akan melihat bahwa keyboard laptop berhenti tertekan sendiri. maka setelah itu bersihkan virus dengan antivirus favorit kita. jika kamu bertanya kenapa kita harus scan dengan antivirus melalui safe mode windows, alasannya mudah. jika di mode normal, maka akan sedikit susah untuk menggunakan antivirus dan sebagainya karena tombol pada keyboard selalu tertekan sendiri, sedangkan di safe mode windows, dan jika memang virus yg bekerja, maka keyboard pasti akan berhenti tertekan sendiri. sudah paham sekarang kan.

untuk kerusakan karena debu atau hal lainnya, maka kita lihat dulu tombol bagian mana pada keyboard yg tertekan sendiri. sebagai contoh. huruf A. maka angkat tombol tersebut hingga terlepas dari komponen keyboard. kemudian gunakan 2 buah pinset untuk mengangkat dan mendorong debu hingga keluar dari komponen. jadi 1 pinset untuk mengangkat, dan 1 nya lagi untuk mendorong. jika memang benar terkena debu, maka laptop akan kembali normal. sedangkan jika masih mengalami masalah keyboard tertekan sendiri, maka coba dengan analisa tombol lainnya, apakah tombol yg lain juga ikut terpengaruh sehingga menyebabkan tombol utama rusak. bersihkan juga tombol lainnya. menurut saya, lepaskan keyboard dari laptop lalu bersihkan dengan cara menepukkan keyboard ke tangan agar seluruh debu keluar.

Jika sudah namun masih bermasalah, bisa juga karena ada karat akibat air yg mengenai keyboard laptop atau keringat tangan dan sebagainya. untuk masalah ini saya belum menemukan solusi yg tepat. tapi kamu bisa mencoba dengan pembersih karat untuk mengatasi masalah ini. jangan gunakan air biasa karena hanya akan menambah kerusakan pada keyboard laptop. air akan menyebabkan kertas menjadi berbekas dan akhirnya besi pun menjadi bertambah karat. sedangkan jika menggunakan bahan lainnya seperti bensin dan sebagainya mungkin akan menyebabkan lapisan kertas menjadi rusak. mungkin akan saya tuliskan lagi kelanjutannya jika sudah berhasil menemukan solusi yg tepat untuk karat yg ada pada keyboard laptop.

Untuk keyboard laptop yg tidak berfungsi, baca tentang cara memperbaiki keyboard laptop yg tidak berfungsi. demikian pembahasan kita tentang cara memperbaiki keyboard laptop tertekan sendiri.

Comments

  1. Replies
    1. semoga bertambah pengetahuan kita gan. hahaha ^_^

      Delete
  2. Kalau berhasil, bisa nih buka usaha service komputer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin bang, saya doakan semoga berhasil ^_^

      Delete
  3. mas, laptop saya lenovo, keyboard masi normal, tapi terkadang tombol ctrl shift dan ZCX seperti mencet sendiri terus bIkin seluruh tombol mati, habis itu normal lagi, terus kambuh lagi, berlulang kali, sangat mengganggu aktivitas. mohon solusinya mas dan apa penyebabnya , terimakasih.... nice post btw

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama bang muchamad pastikan bahwa tidak ada virus, sebagai pengalaman, laptop saya pernah kena virus sehingga membuat keyboard laptop saya tertekan sendiri. cara memastikannya adalah masuk ke safe mode windows. jika disitu ternyata normal, maka benar bahwa laptop yg abang miliki hanya kena virus. tapi jika sama saja, maka kita bisa lanjutkan dengan cara membuka tombol keyboard tersebut. caranya, tarik tombol tersebut mulai dari bawah/atas lalu tarik. keyboard tersebut hanya menggunakan pengunci jepit sehingga tidak akan patah saat ditarik (kecuali salah arah). lalu bersihkan dengan kuas cat atau blower, penghisap debu juga bisa. lalu coba lagi. kalau masih juga, cobalah untuk menggunakan penjepit, tarik lapisan bagian atas kemudian gunakan lempeng besi tipis (obeng) untuk mendorong debu yg ada di dalam lapisan keyboard tersebut. mohon maaf saya blm memiliki gambar untuk contohnya. tapi semoga dipahami.

      masalah lainnya adalah konslet (short listrik). jadi agak susah ditemukan. salah satu tombol yg konslet akan menyebabkan jalur tujuan tombol lain menjadi tertekan sendiri. lihat jalur plat besi yg ada di keyboard. bersihkan secara menyeluruh bisa menghemat waktu.

      Delete
  4. Cukup membantj, thanks atas saranya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 bang, mari kita belajar bersama2 ^_^

      Delete
  5. laptop saya axioo kanan nya srering menekan sendiri dan pada saat laptop di nyalakan sering berbuny

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi begini bang iyan, laptop berbunyi ketika dinyalakan itu wajar, itu akibat keyboard yg tertekan sendiri. dan kadang hal tersebut membuat kita tidak bisa masuk ke windows atau pas logo mau tampil. sebelum memperbaikinya, kita pastikan dulu bahwa keyboard tersebut tidak kena air dan sebagainya. jika pernah kena air atau yg lain. maka kita harus membuka keseluruhan keyboard tersebut.
      bagi yg tidak kena air. maka cara pertama untuk mengatasinya adalah membuka tombol kanan di keyboard tersebut menggunakan kuku lalu angkat keatas. kemudian gunakan jari (geser dengan jari pada karet tombol keyboard) dan berharap debu yg menempel keluar.

      cara kedua adalah menekan tombol kanan tersebut dengan cepat agar udara di dalam lapisan keyboard (karet) menjadi kuat sehingga debu bisa keluar. ketiga adalah menggunakan blower (uap angin) untuk mendorong debu tersebut.

      cara terakhir (mungkin ada cara yg lain namun saya lupa) adalah membuka keseluruhan keyboard. biasanya ada 3 lapis komponen plastik dan di tengah adalah pembatas agar tombol tidak kontak satu sama lainnya. buka ketiga lapisan tersebut lalu bersihkan dengan tisu atau penghapus pensil secara perlahan. tutup kembali 3 lapisan tersebut dan uji kembali. cara ini juga bisa digunakan untuk membersihkan sisa air yg telah menjadi tanda seperti berkarat pada komponen keyboard tersebut. semoga membantu.

      Delete
  6. untuk solusi ringan keyboard dijemur pada terik matahari (di atas seng) coba 1 hari atau 2 hari. maka air atau lembabnya keybord bisa normal kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah tidak meninggalkan bekas bang? jika tidak maka saya akan setuju dengan abang. dan apakah bekas tersebut tidak memberikan masalah nantinya. saya berterima kasih sekali kepada bang deni den yg telah memberikan solusi bagi kita semua. cara tersebut sendiri belum pernah saya coba dan bagi yg membaca komentar bang deni. bisa mencobanya. kalau nanti ada keyboard yg rusak lagi. akan saya coba lagi dan akan saya update tulisan saya beserta nama orang yg telah memberikan solusi ini kepada saya dan para pembaca lainnya. terima kasih bang deni. dan semoga blognya tambah maju ^_^

      Delete
  7. Mas gimana kali semua tombolnya suka mencet terus dan gak bisa berhenti kecuali dimatiin? Terus waktu saya service, sama tukang service nya malah di tambahin apa gitu (tembaga, atau apalah), tapi tetep aja. Dan sekarang malah layarnya yang eror cerah sama lemotlemot. Gmana ya menurut mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama maaf saya baru balas reply agan, kedua,keyboard tertekan sendiri kemungkinan memiliki 3 permasalahan (seperti yg telah saya jelaskan di atas).

      1. kena air (korslet / short)
      2. kena debu (biasanya di dalam tombol karet)
      3. ada kontak antara keyboard dan laptop (jika laptop) dan sebagainya.

      cara mengatasinya, buka tombol yg tertekan sendiri (akan terlihat karet tombol), kemudian tekan berulang kali agar debu keluar dari karet. kita juga bisa gunakan cara yg sedikit susah, yaitu membuka seluruh tombol keyboard dan mulai bersihkan seluruh lapisan keyboard dengan blower (jgn terlalu panas) atau gunakan kain yg bersih untuk membersihkannya.

      jika keyboard terkena air, segera lepas dari laptop agar tidak terjadi short , kemudian gunakan cara yg sama untuk membersihkannya.

      ada juga pengalaman saya keyboard tersebut kontak dengan laptop, jadi di bagian bawah keyboard saya kasih 1 lembar kertas yg di lipat 2. hasilnya, keyboard kembali normal. yg paling susah diperbaiki adalah jika keyboard sudah short atau berkarat.

      untuk masalah layar cerah, cek di power option biasanya ada setting untuk mencerahkan dan meredupkan layar, jika tidak ada, biasanya driver VGA blm terpasang. kalau lemot, kadang pengaruhnya ada pada keyboard, coba lepas dlu sambungan keyboard dari laptop. dan cek kembali apakah masih lambat laptopnya atau tidak. semoga membantu. dan jgn sungkan untuk kembali bertanya bang ^_^ .

      Delete
  8. laptop saya axioo gan keyboard saya itu mencet nya harus di tekan pada saat di tekan bunyi "tek tek tek" dan kalo di pencet huruf "l" itu langsung ke lock screen ,, itu kira" mengalami kerusakan pada keyboard atau terkena debu ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan tombol FN tertekan sendiri gan, coba dibersihkan dulu. jika hanya kena debu maka error pasti akan hilang. tapi ada juga debu yg melekat terlalu kuat sehingga jika dibersihkan tidak akan mampu menghilangkan error tersebut. jadi coba gunakan obeng dan sebagainya seperti cara diatas. semoga membantu ^_^

      Delete
  9. Bang gimana ya cara baikin keyboard yg ketekan terus tpi tombol lain ikut terpengaruhi contohny a saya pencet i jadi ia pencet m jadi ma huruf d dan b juga kena pengaruh trus yg keteken tu cuma tombol a doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada listrik atau short pada keyboard mbak arita. saran saya jika kena air, jemur di atas seng selama 1 sampai 2 hari. saya dapat saran ini dari bang deni. kadang walaupun tidak kena air biasa, keringat di tangan kita bisa menyebabkan hal tersebut. tapi ada juga short akibat charger kelebihan beban listrik. jadi ada baiknya juga kita test dengan charger yg lain. semoga cara ini bisa mengatasi masalah mbak arita.

      Delete
  10. thanks gan. sangat membantu sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 bang ma'ariful khaq. semoga masalahnya terselesaikan saat memperbaiki keyboard laptop yg bermasalah.

      Delete
  11. awalnya laptop saya yang error itu tombol Delete tapi kalau udah di refresh berulang kali udah jadi bagus. Tapi sekarang jadi semua tombol , di refresh nggak bisa-bisa.gmn tuh gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. uji dulu keyboard tersebut di dalam safe mode windows bang, jika normal maka kemungkinan hanya terinfeksi virus, tapi jika bermasalah juga, coba bersihkan dengan kuas atau blower. saya dapat saran dari bg deni, jemur keyboard di atas seng agar lembab air di dalam keyboard hilang. keringkan selama 1 sampai 2 hari. semoga membantu

      Delete
  12. gan tombol F2 ane macet gan. jadi waktu mau booting itu masuk boot gak mau masuk windows. solusinya gimana gan..?? klo pakek keyboard usb bisa gak gan..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai keyboard usb bisa kok gan, saya juga pernah mengalami kerusakan tombol keyboard, jadi pernah coba juga menggunakan keyboard usb.

      untuk memperbaikinya, coba saja cara yg telah saya jelaskan melalui tulisan saya di atas. semoga terjawab pertanyaannya ^_^

      Delete
  13. Saya memakai laptop lenovo ideapad 100,tombol shiftnya tertekan terus ketika sudah agak lama di hidupkan laptopnya,padahal saya sudah mengecek membuka keyboardnya tapi tetap saja begitu,solusi please thanks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, coba bang aghil nugraha lepas sambungan keyboard dari laptop. cek apakah laptopnya msh lama dihidupkan, biasanya jika lama prosesnya, keyboard yg mengganggu kinerja laptop. oya, sebagai pengalaman, coba angkat dlu keboardnya (jgn ada kontak dengan laptop / jangan kena kasing laptop), trus cek lgi apakah msh tertekan sendiri atau tidak. jika masih, kita lanjut ke tahap berikutnya.

      kita coba lepas tombol shift yg tertekan sendiri, kemudian tekan berulang kali, jika tidak ada kemajuan juga, kita angkat karetnya(supaya lapisan kertas terangkat juga). kemudian tiup atau gunakan blower agar debu bisa keluar dari lapisan keyboard. jalan terakhir adalah melepas semua tombol keyboard, kemudian angkat lapisan dari kasing keyboard laptop. bersihkan dengan tisu, jangan lupa pakai sarung tangan juga, agar tidak ada bekas tangan di kertas lapisan keyboard. semoga membantu ^_^

      Delete
  14. mas laptop saya asus x450c kok tombol "e" sama tombol "r" kalo di pencet keluarnya huruf "er" padahal saya mencetnya salah satu aja. trus tombol "0" kadang2 mencet sendiri, trus tombol enter kalo d pencet keluar tanda "-" dlu bru enter. sama tombol "fn" klo d pencet kluar tanda "'". gmana nih solusinya ? mohon bantunanya mas ? saya instal ulang tetep aja ga berhasil mengatasi masalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas anonymous masuk ke dalam safe mode windows, jika disitu keyboard laptop / komputer normal, berarti ada infeksi dari virus, tapi jika sama masalahnya, maka masalahnya di salah satu tombol, gunakan cara di atas untuk membuka tombol keyboard (untuk laptop), trus coba bersihkan, tekan tombol 0 berulang kali untuk memastikan debu tidak ada dalam karet tombol keyboard. bersihkan dengan tisu dan tekan juga karet tombol dengan obeng minus, biasanya ada short (konslet) di tombol, bisa juga jalurnya yg kena air (kadang air yg di tangan kita mengalir ke keyboard). jika ada kemajuan atau tidak, kabari saya lagi ok.

      Delete
  15. bang tmbol enter saya kalo pas di klik ko malah ke ujung kanan . pencerahannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu terjadinya pada word kah bang fajar? kalau abang tekan tombol end di keyboard maka memang benar kursor teks akan langsung ke ujung kanan tulisan atau akhir dari tulisan, jadi silahkan di cek dulu tombol tersebut barangkali menjadi penyebab tombol enter error. abang juga bisa test dengan aplikasi standar windows yaitu on-screen keyboard. ada di start menu, all program, accessoris, ease of access, on-screen keyboard. semoga membantu ^_^

      Delete
  16. Mas Mau Tanya NIH..netbook Samsung Saya tiap awal d hidupkan trus Buka aplikasi misal word kok sering bbrapa tombol mencet sendiri Dan ITU pun suka bergantian..kdg bbrpa tuts juga tdk berfungsi.terlebih jika netbuk tsb ada getaran dlm mesin nya, kursor akan brpindah sndiri ke bawah..spti ITU gmn solusinya ya mas..mohon pncerahanya..Trimksh
    Oh ya kadang klo laptop dh idupin lama smua tuts brfungsi normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, masuk ke safe mode windows, jika keyboard normal, berarti hanya terinfeksi virus mas taufiq. jika masih bermasalah, maka kita lanjutkan ke komponen keyboard. coba angkat keyboard tersebut dengan soket yg masih terpasang. jika keyboard normal maka masalahnya short pada keyboard. letakkan kertas print yg sudah di lipat di bawah keyboard tersebut (pengalaman dengan beberapa tipe notebook). pasang kembali. jika masih bermasalah. maka kita bisa lanjutkan dengan cara membersihkan keyboard tersebut dengan blower dan kuas. ada saran dari mas deni bahwa untuk memperbaikinya, jemur keyboard tersebut di atas seng selama 1 sampai 2 hari. kemudian coba kembali. semoga membantu

      Delete
  17. Sangat membantu gan!!! Mas biasanya pake anti virus apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya biasanya pake antivirus avast, saya registrasi akun. dapat 1 tahun. saya tambahkan dengan smadav. jadi seperti komandan dan kopral antivirus nya. jika dirasa berat. gunakan smadav saja, yg baru ini sudah mulai bagus dibanding yg dulu. silahkan di coba sendiri

      Delete
  18. Mas, tanya ya. Saya punya lenovo ideapad 100 layarnya suka tiba-tiba gelap tetapi lampu indikatornya menyala. Tetapi tetap tidak dapat dinyalakan dan digunakan. Bagaimana cara memperbaikinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalah pertama bisa juga ada pada baterai, solusinya, cabut baterai kemudian pasang kembali, pastikan pengunci baterai di tutup kembali. kedua, masalah ada pada Ram, uji dengan Ram yg lain untuk memastikan masalahnya. ketiga, test dengan layar komputer, jika menggunakan kabel HDMI, maka kita bisa test ke tv LCD yg support kabel HDMI, kemudian kita bisa cek dengan layar laptop yg lain jika memiliki layar yg lain bisa di test. atau jika ada milik teman walaupun tidak sama laptop tapi kabel dan layar sama. maka kita bisa uji. kemungkinan masalah hanya pada kabel layar laptop. keempat, cek VGA, gunakan blower dan panaskan kembali vga dengan suhu yg tepat. cara ini digunakan agar timah vga kembali melekat. penyebab masalah ini biasanya karena laptop terlalu panas. kelima, cek layar dengan senter. apakah di layar terlihat tampilannya namun gelap atau tidak ada sama sekali. jika ada namun gelap. maka lampu atau led neon yg ada pada layar laptop rusak. ada juga inverter laptop yg rusak sehingga layar tidak bisa tampil. inverter rusak juga pernah saya tangani dan saya cari alat tersebut di toko laptop. terakhir ganti layar laptop.

      pastikan dulu beberapa cara yg telah saya jelaskan di atas untuk memastikan kerusakannya. terkadang masalahnya sering banyak terjadi pada RAM dan baterai. untuk kabel sendiri kadang layar laptop bergaris merah atau malah blank putih. dan memungkinkan juga jika seluruh kabel putus mengakibatkan layar laptop mati total. sering terjadi di tengah2 tempat engsel laptop. dan yg agak susah adalah VGA laptop, kadang jika sudah di blower masih bermasalah. kita coba benarkan timah yg berbentuk bola yg menyambungkan mesin dengan VGA dan timah tersebut juga tidak bisa dilihat dari sisi manapun kecuali chip VGA dilepas. tergantung keberuntungan kalau saya bilang tapi 90% berhasil (cheer up) ^_^

      Delete
  19. Mas sya mau nanya ?? Klo karet keyboard nya sya lepas trus sya psang lagi apakah tidak akan bermasalah ?? Penjelasan nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu tidak bermasalah mas rudy, pengalaman saya sendiri sudah pernah mengganti keyboard yg habis terkikis dengan karet keyboard baru dari laptop lama saya yg saya simpan di lemari. jadi saya sendiri juga sering mengganti karet keyboard milik orang lain yg terlepas dan habis terkikis karena umur. dan saran, sebaiknya jangan di lem, cukup diletakkan saja dan biarkan kasing tombol keyboard menahan karet tersebut. semoga ini menjawab pertanyaan mas rudy.

      Delete
  20. Kalo keyboard bisa berjalan normal, apabila tombol ctrl ditekan. Jadi kalo mau ngetik ya mesti mencet tombol ctrl, kalo nggak, si keyboard nggak bisa buat ngetik. Mohon solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya tuan unknown pastikan dulu dengan mengetik semua tombol satu demi satu ditekan. jika tombol lain juga memicu keyboard berfungsi kembali, maka bisa jadi penyebabnya adalah tombol tersebut. tertekan sendiri sehingga mengakibatkan tombol lain tidak memiliki kesempatan untuk menampilkan tombol yg ditekan. jika setelah tombol lain dan hanya tombol ctrl yg bermasalah, cabut kasing tombol tersebut. bersihkan dengan kuas cat. gunakan juga obeng minus seperti mengukir dan berharap debu bisa keluar.

      blower juga bisa digunakan. kepastiannya, bisa saja tombol tersebut berkarat. kalau hanya debu maka kita bisa dengan mudah memperbaikinya. semoga membantu

      Delete
  21. sama2 bang anonim, semoga berhasil atau jika ada saran yg bisa membantu, bisa beritahukan saya.

    ReplyDelete
  22. Permisi saya memiliki masalah keyboard f12 dan delet tertekan sendiri pada saat laptop baru dihidupin f12 tertekan sendiri setelah itu saya pencet tombol esc otomatis f12 yang tertekan sendiri itu berhenti dan delet juga demikian, saya udah coba beberapa tips diatas dengan safe mode masih saja masalahnya dan juga saat menghidupkan laptop tidak ada bunyi alarmnya. Mohon solusinya Mas?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 2 kemungkinan yg rusak, pertama keyboard memang error dan yg kedua, IC yg di dekat keyboard short. tapi yg kedua sangat jarang terjadi. saya mendapat saran dari bang deni bahwa keyboard tersebut jemur ke matahari di atas seng agar air dan lembab hilang. cara ini belum saya coba sendiri dan belum bisa saya pastikan apakah kedepannya ada masalah atau tidak. tapi patut untuk dicoba jika bang aldi mau. ^_^

      Delete
    2. oke saya coba jemur moga bisa dan gak ganti keyboard lagi soalnya udah 3x ini ganti keyboard :D , Makasih masukannya bang

      Delete
    3. sama2 bang, semoga saja berhasil bang. jadi kita bisa berterima kasih juga kepada bang deni. oh ya, dijemur sekitar 1 sampai 2 hari katanya. semoga tambah membantu. ^_^

      Delete
  23. Bang ini laptop saya asus masalahnya di angka keyboard saya
    Kalau tekan tombol angka yang muncul itu simbolnya contohnya
    angka 2 jadi @ 3 jadi # dan seterusnya mohon solusinya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya tombol shift yg tertekan sendiri mbak tino. coba dibersihkan dulu dengan cara di tiup atau gunakan blower. jika bisa dibuka, gunakan kuas untuk membersihkannya.

      Delete
  24. bang mau tanya laptop saya acer dulu sempet semua keyboard tertekan gitu jadi ngetik i jadi iiiiiiiiii gamau berhenti, dlu sempet udh ga ada kendala tapi skrng kumat lagi bang kenapa ya itu?apa harus ganti keyboardnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah cara diatas sudah dicoba bang anonymous? jika sudah tapi masih bermasalah. pastikan lagi dengan cara masuk ke safe mode windows. jika normal. maka keyboard tersebut hanya terinfeksi virus. apabila masih error. lepas keyboard dari laptop. letakkan kertas di bawah keyboard (dirapikan sebelah kanan). kalau short keyboard, kadang saat diletakkan kertas atau keyboard tersebut di angkat maka error akan hilang.

      apabila masih bermasalah, buka semua tombol dan bersihkan dengan blower dan kuas. kemudian uji lagi pada laptop bg anonymous. ada saran yg dijelaskan oleh bg deni yaitu dengan cara dijemur di atas seng agar air hilang. waktu yg diperlukan adalah 1 sampai 2 hari. cara tersebut boleh di coba jika mau. semoga membantu ^_^

      Delete
    2. kalau ini laptop acer e5 411 cara buka keyboardnya harus di bongkar gan? apa karena banyak kotoran ya gan?

      Delete
    3. tipe nya mirip dengan laptop asus x45c , jadi harus buka kasing. sebelum membukanya, ada baiknya bang anonymous cek terlebih dulu charger laptop tersebut. jika tegangan listriknya tinggi juga bisa menyebabkan keyboard dan mouse laptop error. setelah itu cek melalui safe mode windows juga untuk memastikan laptop tersebut tidak terinfeksi virus. nah hal terakhir yg bisa kita lakukan adalah membuka kasing laptop tersebut. kemungkinan memang benar ada debu. dan saya juga berharap tidak ada komponen yg rusak sehingga menyebabkan laptop tersebut error.

      Delete
  25. gan nanya gan, jadi gini gan punya sodara ane kalo tombol keyboardnya di tekan pasti bakalan jalan terus misalkan Q nati jadi QQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQ
    dan itu terjadi di semua tombol kira2 apanya yg salah gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya berdebu gan. coba dibersihkan dulu. gunakan blower. kalau saya kemarin. ada debu yg menumpuk. jadi saya dorong pake obeng minus. semoga membantu

      Delete
  26. gan,laptop ane tombol deletenya nekan pas pertama kali aja(harus klik shotcut) baru bisa tombol fnnys berfungsi,ini kira2 masalahnya apa gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klik shorcut maksudnya harus di klik dulu seperti my computer dan sebagainya barulah tombol Fn nya berfungsi ya bang? atau aplikasi yg ada di windows terhapus sendiri. kalau masalah itu kemungkinan virus, tapi kalau masalahnya harus tekan tombol yg lain dulu baru berfungsi maka kemungkinan ada short di keyboard laptopnya bang.

      saya ada saran dari bang deni, dia bilang kita coba jemur dulu keyboardnya di atas seng selama 1 sampai 2 hari. jika memang short akibat kena air dan sebagainya. maka cara ini akan mengatasi masalah tersebut. silahkan di coba dulu bang rizal. dan semoga membantu ya.

      Delete
  27. Mas, keyboard notebook asus x200ma sy tertekan sendiri lalu tdk berfungsi, misalnya tmbol "." Saat dihidupkan tertekan sendiri di pencarian lalu tdk berfungsi, mslahnya apa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya masalahnya hanya terkena debu atau short pada keyboard. tapi kadang masalahnya karena charger kelebihan beban. ada baiknya kita uji dulu dimulai dari charger. test dengan yg lain. jika normal maka bisa dipastikan charger rusak.

      jika masalah masih sama. maka coba dibuka dulu kasing laptopnya, baru kita bersihkan debunya. kemarin saya coba bersihkan laptop asus x45c setelah itu keyboard normal (kondisi laptop saat itu juga sudah saya test dengan charger yg lain dan masih bermasalah).

      jika tipe keyboard laptop tidak menyatu dengan kasing. maka coba jemur dulu keyboardnya di atas seng selama 1 sampai 2 hari (saran dari bang deni). semoga membantu ^_^

      Delete
  28. Kalo keyboard ane klo ditekan lama tombolnya tertekan terus tpi klo dibiarin lama2 berhenti sendiri.itu ngatasinya gimana yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan dulu di safe mode windows bang vin. kalau keyboardnya normal. berarti hanya kena virus. tapi kalau sama, tekan berulang kali bang sampai tombol yg tertekan berhenti. kemungkinan hanya berdebu. dicoba juga bersihkan dengan blower. kecuali keyboard bg vin nando kena air. semoga membantu ^_^

      Delete
  29. Mau tanya.. tombol ctrl saya aktif terus itu gimana ya cara benerinnya hhe. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba di safe mode windows dlu bang anonymous, kalau normal, berarti hanya kena virus. tapi kalau sama saja. di buka dulu tombol CTRL nya, bersihkan dengan kuas atau blower. dorong juga dengan obeng minus. kalau hanya debu pasti akan kembali normal keyboard laptopnya. tapi kalau masih. coba di jemur di atas seng selama 1 sampai 2 hari (saran dari bang deni). semoga membantu ^_^

      Delete
  30. Laptop saya "enter" nya kalau ditekan tidak berfungsi saat bs berfungsi didiemin jalan sendiri (ms.word) mas Itu kenapa ya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, pastikan tidak ada virus di laptop tersebut. caranya masuk ke safe mode windows dan lihat apakah keyoard masih tertekan sendiri atau tidak.

      kedua, lihat di ms word huruf apakah yg tertekan terus. jika memang hanya tombol enter yg bermasalah. cobalah untuk membersihkannya dengan kuas atau blower (alternatif, alat pengering rambut). dorong juga dengan obeng minus untuk mengeluarkan debu yg melekat di keyboard. jika memang hanya terkena debu, maka keyboard akan normal kembali. tapi jika masih bermasalah, maka bisa kemungkinan lainnya keyboard laptop tersebut short arus listrik. tapi ada juga karena besi plat jalur sambungan keyboard berkarat. semoga membantu ^_^

      Delete
  31. mas, kenapa ya, tombol laptop ane selalu ketahan dan berpindah- tombol setiap kali di hidupkan, kadang tombol space, kadang back space, dan kadang tombol yang lain. itu membuat ane kerepotan untuk mengetik paswordnya...
    mohon bantuanya mas, makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, coba masuk ke safe mode windows pak denyden. jika keyboard normal saja. maka kemungkinannya hanya virus, tp jika bermasalah juga, maka keyboardnya short (konslet). penyebabnya bisa saja terkena air, uap udara dan debu.

      hal pertama yg bisa kita lakukan adalah menggunakan hair dryer atau blower. alternatif lain adalah menggunakan pinset dan obeng minus. lepas tombol dari keyboard. kemudian angkat lapisan menggunakan pinset. lalu kemudian dorong dengan obeng minus. setelah itu uji kembali keyboard tersebut.

      selanjutnya jika masih bermasalah. gunakan cara berikut ini. lepas keyboard dari laptop. jemur di atas seng sekitar 1 sampai 2 hari. kemudian coba kembali. semoga membantu ^_^

      Delete
  32. Mas gue mau tanya laptop gue lenovo trus tombol enter saya kepencet trus harus teken tombol lain agar berhenti itu virus apa kerusakan pada keyboardnya yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk memastikannya, pak unknown masuk ke dalam safe mode windows. tekan tombol F8 sebelum logo windows muncul atau setelah tampilan pertama proses boot muncul. jika disitu normal maka masalahnya hanya virus. tpi jika sama. maka permasalahan yg sering ditemui oleh saya adalah short keyboard. biasanya karena debu, charger yg mulai rusak sehingga tegangan listrik meningkat, kena embun pagi sehingga laptop kena air embun. dan sebagainya.

      hal pertama yg bisa kita lakukan adalah mencoba dengan charger lain atau uji tanpa charger. jika normal maka kemungkinan hanya charger yg bermasalah. yg kedua, kita harus membuka kasing laptop tersebut dan bersihkan laptop dengan kuas cat atau blower.

      alternatif lainnya adalah menguji laptop tersebut dengan keyboard lain yg sama. jika normal maka permasalahan utama ada pada keyboard laptop. tapi jika sama. maka IC Keyboard bermasalah. semoga membantu ^_^

      Delete
  33. Bang saya mau tanya laptop saya lenovo trus tombol enter saya kepencet trus sendiri harus teken tombol lain agar berhenti itu virus atau kerusakan pada keyboarnya yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hal pertama yg bisa kita lakukan untuk memastikan apakah laptop kena virus atau tidak adalah dengan cara memasuki safe mode windows. jika disitu normal. maka bisa dipastikan laptop terinfeksi virus.

      umumnya yg paling sering saya temukan tentang permasalahan mbak adalah keyboard yg kena debu atau short arus listrik. silahkan dicoba dlu dan semoga membantu ^_^

      Delete
  34. terimkasih mas sangat membantu , kebetulan sedang ada masalah sama keyboard laptop,, semoga eksekusi berjalan lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin mbak wike. semoga keyboard laptop mbak wike kembali normal lagi.

      Delete
  35. Bang laptop saya, Ketika dihidupkan awalnya keyboard lancar nggak tertekan sendiri. Pas udah kelamaan dan menjalankan aplikasi yang berat tiba tiba keyboard nekan sendiri (menekan tombol ' ; ' ini terus)
    Awal elor saya pakai laptop saya edit video. Jadi seperti ini mencet sendiri. Mohon solusinya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dilepas dlu aplikasi yg awal bang agis sebutkan tadi. kita lihat apakah masih tertekan sendiri atau tidak keyboard laptopnya. alternatif lain adalah masuk ke safe mode windows. jika keyboard normal hingga beberapa jam kemudian. maka bisa dipastikan laptop bang agis terinfeksi virus. gunakan antivirus smadav atau avast. disk defragmenter jg baik untuk menghentikan system kerja virus. kemudian coba jg registry defragmenter atau fix. untuk membersihkan virus hingga ke system registry. semoga membantu ^_^ dan silahkan bertanya lagi jika masalah belum teratasi.

      Delete
  36. saya punya 2 laptop asus eepc dan acer aspire 2"nya punya masalah yg sama keyboardnya autotype kalo yg Asus up&down berjalan sendiri + backspace juga mencet sendiri, kalo yang Acer tanda (/ slash) tertekan sendiri + backspace yg hidup mati kadang bisa kadang ngga. indikasi kena virus yg ngerusak registry nya. apa ada solusi untuk antivirusnya dan apa harus instal ulang juga? kalo cuma bongkar keyboard dan bersihin debunya udah dilakukan, dan ga ada yg ngeshort juga. tolong bantu gan bisa pusing masalah satu ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika memang sudah dipastikan kena virus. maka bang arie bisa gunakan antivirus smadav dan avast. kemudian gunakan system standar windows yaitu disk defragmenter untuk menyusun kembali file serta membersihkan system kerja virus. untuk registry kalau mas arie ada tune up utilities bisa digunakan. untuk yg biasa gunakan Ccleaner, registry fix. ada juga registry defragmenter. semua yg saya jelaskan sangat aman dan tidak akan menghilangkan data kita, kecuali smadav dan avast. kita perlu lihat detailnya. jika file kita sudah terinfeksi virus, maka hasilnya bisa hilang. semoga membantu ^_^

      Delete
  37. Mas Laptop saya Lenovo. tombol g,h,esc, tidak bisa di gunakan, terus tombol Ctrl dan 5 kalau di pencet, keluar angka 6 terus sampai banyak dak berenti. mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. akar permasalahannya agak sulit untuk ditemukan untuk masalah keyboard yg satu ini. bisa jg karena keyboard laptop short atau hanya karena debu yg mengakibatkan salah satu tombol tertekan sendiri hingga menyebabkan tombol lain tidak berfungsi.

      saran dari saya. angkat keyboard dari kasing laptop klo normal, maka solusinya letakkan 1 lembar kertas yg dilipat agar shotr arus listrik keyboard hilang. letakkan di bawah keyboard. kalau tidak bisa mengatasi jg. kita harus temukan tombol mana yg tertekan sendiri. kita bisa gunakan aplikasi untuk cek tombol keyboard. saya lupa namanya. silahkan di cari di penelusuran.

      nah dengan begitu kita bisa menemukan keyboard mana yg tertekan sendiri hingga mengakibatkan tombol lain tidak berfungsi. tapi ada juga jalur pada keyboard terputus. kondisi yg saya ketahui biasanya keyboard tidak akan tertekan sendiri melainkan hanya tidak berfungsi. disini saya menggunakan pensil 2b untuk menyambungkan jalur yg terputus. alternatif lain adalah menggunakan timah cair.

      kalau dari masalah yg mas agung sebutkan. maka menurut saya hanya salah satu tombol tertekan sendiri dan mengakibatkan tombol lain tidak berfungsi. dan mungkin saja tombol tersebut adalah angka 6. silahkan ditelusuri satu per 1 dlu ya. semoga membantu ^_^

      Delete
  38. Bang cara masuk ke save mode windows gimana yah? Keyboad saya kalau mencet enter atau tombol lain,jadinya kepencet mulu. Terus kalau saya matiin pake shut down nyalanya normal aja 😢😢😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya saat kita pertama kali menyalakan laptop. ketika logo pertama laptop muncul dan mau berakhir. kita tekan tombol F8 terus menerus sampai muncul tulisan hitam putih bertuliskan safe mode windows.

      kalau keyboardnya pernah kena air. maka bisa dipastikan kalau keyboard laptop mas rezky short arus listrik. saran saya. bersihkan dulu. bisa menggunakan blower atau alat pengering rambut dan sebagainya. bisa juga kita bersihkan dengan manual. penyebab lainnya keyboard laptop terkena matahari. menyebabkan kertas keyboard menguap dan lengket.

      Delete
  39. gan, saya ganti keyboard baru 3 kali kok tetep mencet ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan2 ada virus gan. coba masuk ke safe mode windows di komputer atau laptopnya. lihat apakah masih tertekan keyboardnya atau tidak. kalau dulu sih keyboard saya di laptop kena virus. keyboardnya jadi tertekan terus.

      Delete

Post a Comment

Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih