Mengatasi Modem Tidak Terdeteksi Di Windows 8

Hari ini, saya menerima kerusakan modem tidak terdeteksi di windows 8. ada yg mengantar laptop dengan OS windows 8 ke saya untuk diperbaiki. saat ditanya tentang kerusakannya, pemilik laptop tersebut bilang bahwa modem miliknya tidak bisa digunakan. kemudian saya uji ke laptop si pemilik. dan apa yg saya lihat disitu memang benar modem tidak terdeteksi. jadi kesimpulan saya waktu itu saat di uji pada OS windows 7, modem baik dan tidak ada masalah sedikitpun. kemudian di uji lagi ke OS windows 8 untuk memastikan kerusakan. dan bisa kita lihat bahwa modem tidak terdeteksi. pasti pada penasaran dengan jawabannya kan? saya punya solusinya. he...

Penyebab Modem Tidak Terdeteksi di windows 8.
Perlu diketahui, windows 8 adalah OS terbaru yg di luncurkan oleh microsoft. sedangkan modem yg kita miliki hanya mendukung OS windows xp dan 7. maka dari itu laptop
tidak dapat mendeteksi modem. kadang saat dipasang, modem baik, tapi saat mencoba koneksi, modem tidak bisa connect. ada juga saat dipasang ke USB modem tidak ada respons sama sekali. 

catatan: apabila di uji pada windows 7 dan xp ternyata hasilnya sama. bisa dipastikan ada kerusakan pada modem. akan saya bahas nanti.

Solusi Mengatasinya.
Agar modem bisa terdeteksi pada laptop OS windows 8,  pertama  kita harus memastikan dulu apakah net35 sudah terpasang, jika belum silahkan pasang dahulu. net35 digunakan agar windows 8 bisa mendukung beberapa driver tipe lama dan bukan hanya untuk driver, tapi juga beberapa aplikasi tipe lama yg memerlukan net35. maka cara ini sudah berhasil untuk memasang driver modem agar terdeteksi dengan benar. apabila sudah di pasang modem tetap tidak terdeteksi. berarti kita tidak bisa menggunakan driver standar asli bawaan dari modem dan setahu saya hanya beberapa tipe modem yg bisa dipasang dan didukung oleh windows 8. jadi solusinya kita harus mencari driver modem yg kompatibel. jika kamu tidak tahu cara mencari driver yg pas. maka baca post saya tentang cara mencari driver yg pas untuk laptop dan komputer. (panduan lengkap dengan contoh gambar). dan sebagai saran, jika tipe xp dan wins 7 tidak berhasil, cari tipe vista. biasanya berhasil dan berfungsi pada windows 8 (pengalaman).

Cara lainnya adalah dengan format ulang komputer atau laptopmu dan kembalikan ke windows 7. tapi kamu juga bisa mencoba beberapa solusi yg telah saya tuliskan sebelumnya tentang cara memperbaiki modem tidak terdeteksi. jika sudah terdeteksi dengan benar maka kita telah berhasil memperbaikinya. saya harap cara ini bisa membantu kamu dalam memperbaiki modem tidak terdeteksi di laptop kamu sendiri. dan mohon maaf jika ada yg lupa saya tuliskan disini. 

Comments

  1. terima kasih ilmunya sgt bermanfaat

    beli toyota klik: www.toyotakuningan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 bang toyota, dan saya doakan semoga usahanya lancar. terima kasih sudah berkunjung ^_^

      Delete

Post a Comment

Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih