Cara Perbaiki Komputer Layar Blank Gelap

suatu ketika kita bangun di pagi hari, sebelum pergi mandi kita sudah tersenyum dengan indah dan duduk di depan komputer kita. namun saat menyalakan komputer, senyuman indah tersebut berubah menjadi suram. ternyata penyebabnya Komputer. ya, layar gelap dan tidak ada respons apapun dari komputer saat kita mencoba untuk menyalakan. dan hal itu membuat hati kita menjadi resah dan gelisah. hahaha.

tenang saja, hari ini saya akan membantu kamu memperbaiki hal tersebut. sebelumnya saya akan jelaskan terlebih dahulu penyebab dari layar gelap di komputer kita. mari ikuti penjelasan saya di bawah ini.

Penyebab Layar Blank saat komputer dinyalakan.
sebenarnya penyebab kerusakan tersebut cukup sederhana, Ram, Power Supply, kipas Processor. kerusakan yang lain juga bisa jadi penyebabnya. tapi yang paling sering saya temui adalah 3 hal yang sebutkan sebelumnya.

RAM (Random Access Memory).
Random Access Memory atau Ram yang telah rusak menyebabkan komputer tidak bisa menyala dengan benar dan akhirnya membuat layar kita tidak menampilkan apa-apa atau biasa di sebut layar blank. bahasa indonesia : layar gelap.
lampu led komputer biasanya akan menyala normal, kipas processor normal, dan sebagainya. namun di layar tidak menunjukkan respons apapun.

Power Supply Komputer.
kerusakan pada Power Supply juga bisa jadi penyebabnya. walaupun komputer menyala dengan normal, Power Supply belum tentu mempunyai cukup daya untuk memberikan tenaga pada VGA komputer. itu karena ada kerusakan komponen pada Power Supply atau mulai melemahnya kekuatan komponen sehingga arus listrik tidak normal.

Kipas Processor.
kipas processor yang biasanya kita lihat normal ternyata juga bisa jadi penyebabnya. kurangnya daya kekuatan kipas menyebabkan processor kepanasan dan akhirnya membuat komputer melakukan restart atau layar menjadi gelap. untuk kipas, silahkan cek di dalam bios komputer kamu. berikut ini cara memperbaiki kerusakan komputer tersebut.

Memperbaiki Ram (Random Access Memory).
sebenarnya saya sudah pernah posting tentang cara memperbaiki ram, namun karena itu di artikel saya yang lain, maka saya akan tuliskan kembali disini. untuk bisa memperbaiki ram, kamu harus melepasnya dari komputer kamu terlebih dahulu (pastikan kontak ke listrik komputer sudah terputus). kemudian gunakan penghapus pensil untuk memperbaiki flat berwarna kuning yang menghubungkan ram ke komputer. setelah itu, silahkan pasang kembali dan uji kembali komputer kamu.

Memperbaiki Power Supply.
butuh keahlian khusus untuk bisa memperbaiki Power Supply. sebagai saran dari saya, cobalah menggunakan Power Supply yang lain sebagai sebuah pancing agar Power Supply lama bisa normal kembali. hal ini dilakukan agar komponen yang ada di dalam komputer bersih dari jalur listrik yang kacau akibat kurang daya dari Power Supply yang sebelumnya. setelah menggunakan Power Supply yang lain dan komputer telah menyala dengan normal, maka matikan kembali komputer kita, lalu pasang kembali Power Supply yang lama. kemudian uji kembali komputer tersebut. sebagai peringatan buat kamu, matikan komputer dan lepaskan kontak komputer ke listrik sebelum mengganti Power Supply. ini agar kamu tidak terkena sengatan listrik.

Memperbaiki Kipas Processor.
biasanya kipas processor penuh dengan debu karena sudah terlalu lama (usang). bersihkan dengan sikat atau kuas yang lembut agar debu yang melekat hilang. tapi kerusakan pada kipas processor sering terjadi akibat pengaruh dari Power Supply, jadi saran saya, ganti kipas processor tersebut dengan yang baru.

nah itulah cara memperbaiki serta penjelasan penyebab kerusakan komputer. sampai disini posting dari saya, dan semoga ilmu ini bermanfaat bagi kamu karena ilmu ini juga sangat bermanfaat bagi saya sendiri. apa yang saya tulis disini adalah hasil dari pengalaman saya sendiri selama bertahun-tahun dalam memperbaiki komputer, laptop, printer, dan beberapa hardware lainnya. sampai bertemu lagi di posting saya yang lain dan salam hangat dari saya.

Comments