Wednesday, 1 April 2015

Cara Setting Dns Domain Di Freenom (Blogger)

Advertisement
hari ini saya akan pandu kamu cara melakukan setting Dns Domain yang telah kamu beli untuk digunakan sebagai URL pihak ke tiga di akun blogger kamu. setelah kita membeli dan mendaftar di website penyedia domain gratis freenom, kita diharuskan melakukan pengaturan setting dns agar domain yang telah kita beli tersebut terarah dengan benar. berikut cara mengatur setting dns domain tersebut, panduan ini berlaku untuk semua domain yang ingin menggunakan URL pihak ketiga atau custom domain milik blogger.

Langkah Pertama.
pastikan kamu sudah membeli domain atau mendaftar domain gratis di freenom dan sudah mempunyai nama domain yang siap untuk di arahkan. kemudian masuk ke akun freenom kamu. di halaman awal
akun, klik menu domain > manage my domain.

Halaman my domain
Halaman my domain
kemudian setelah berada di halaman my domain, klik tombol manage domain untuk masuk ke halaman informasi domain kita dan melakukan pengaturan Dns dan nameserver.

Halaman informasi domain
Halaman informasi domain
setelah itu klik tombol menu Management Tools > Nameservers, pilih default Nameservers dari freenom agar kita bisa melakukan setting langsung di dalam akun freenom kita. kemudian klik save atau change Nameservers.

Setting default Nameservers freenom
Setting default Nameservers freenom
disini langkah pertama sudah selesai. selanjutnya langkah kedua.

Langkah Kedua.
masih di halaman informasi domain, klik menu Manage Freenom Dns. kemudian masukkan setting seperti berikut.

A 216.239.32.21
A 216.239.34.21
A 216.239.36.21
A 216.239.38.21

Catatan: untuk bagian pertama biarkan saja kosong, masukkan IP di atas di bagian target pada halaman setting dns kita. setelah itu tambahkan record baru bertipe CNAME. di bagian pertama, isi dengan WWW. lalu di bagian target isi dengan ghs.google.com. lihat contoh berikut ini.

WWW  CNAME  ghs.google.com

setelah itu klik tombol save untuk menyimpan pengaturan baru yang telah kita buat. sampai disini kita selesai dengan langkah kedua. selanjutnya langkah ketiga.

Langkah Ketiga.
setelah kita selesai mengisi Dns yang sebelumnya telah kita buat. kali ini kita akan masuk ke dalam akun blogger untuk melakukan pengaturan domain pihak ketiga. caranya klik menu setelan > Dasar.
di bagian Penerbitan, klik custom Domain pihak ketiga atau siapkan URL pihak ketiga.

mempersiapkan URL pihak ketiga blogger
mempersiapkan URL pihak ketiga blogger
kemudian masukkan nama domain kamu dengan tambahan www di belakangnya. sebagai contoh www.uyasur.cf.

memasukkan URL baru untuk blog
memasukkan URL baru untuk blog
di bagian ini sangat penting buat kamu. setelah kamu klik tombol simpan. maka akan muncul error yang mengatakan bahwa domain belum di setting dengan benar. kamu akan di beri setting dns domain yang sebelumnya telah kita masukkan. di bagian kedua kamu di beri token khusus untuk verifikasi yang menyatakan kamu sebagai pemilik domain tersebut. copy token tersebut. lalu kembali ke halaman management domain kita di freenom. masukkan records baru di bagian manage freenom dns dengan type CNAME. dan paste kan kedua token tersebut di bagian pertama dan target. setelah itu klik tombol save changes.

catatan : token tersebut hanya muncul sekali di dalam blog kamu. jika kamu kehilangan token tersebut, maka, akan sedikit susah untuk mendapatkannya kembali. saya akan bahas caranya di posting saya yang lain.

setelah kamu menyimpan perubahan setting di manage dns freenom kamu sebelumnya, tunggu hingga 1 menit sampai 1 jam agar perubahan setting sukses sepenuhnya. setelah itu kembali ke halaman blogger kita. kemudian klik simpan. jika tidak ada pesan error lagi, maka kamu telah berhasil menambahkan URL pihak ketiga untuk blog kamu. sebagai tambahan info, agar kamu tidak mengalami error saat mengetikkan URL contoh.com. klik edit di bagian nama domain yang baru kita tadi, lalu centang Alihkan contoh.com ke www.contoh.com. dari sini kita sudah menyelesaikan langkah ketiga.

biarkan proses perubahan domain berjalan dengan sendirinya. seperti yang saya ketahui, biasanya butuh 1 bulan untuk perubahan maksimal serta mengembalikan para pengunjung yang hanya hilang sementara karena proses perubahan domain.
Recent Posts

    37 comments:

    1. nice posting gan, salam kenal dan happy blogging :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. sama-sama gan, ente juga, semoga selalu sehat :) semoga ilmu ini bermanfaat buat kamu.

        Delete
    2. Hahaha... ini toh blognya...
      ane suka sih. simpel dan cerah

      ReplyDelete
      Replies
      1. nah datang juga kamu bang. hahahaha. ya nih. blog yang lama yang 5 tahun ane simpan :D terima kasih bang dah berkunjung. semoga ilmu dan tutorial yang saya tuliskan disini bermanfaat buat semuanya. hehehe

        Delete
    3. English please and size of screenshots is so small

      ReplyDelete
      Replies
      1. ok, i'll tell you in english on this comment, and make the picture large.
        but first, let me make the picture large first. i'll be back :)

        Delete
      2. ok, its done, you can see the picture, its large now :)
        i'll tell you an important step via english :) and sorry if my english language bad.

        the title say "how to set domain dns on freenom".

        step 1.
        on my account(first page), choose menu domain > manage my domain. after that, choose domain you want to setting, and then click manage domain button on domain you choose. after domain setting opened, choose managament tools > nameservers on the menu, and choose option "use default nameservers". you done on step 1.

        step 2.
        still on setting domain page, choose Manage Freenom Dns. and then set new record, 4 IP in the list with A record in target. let the first form empty for our domain. (freenom tell me it will automically set for our domain, so let it empty)

        after that, set new CNAME records, first, fill WWW, and then on the target fill ghs.google.com.

        after its done. you will see the token for verification on your blogger. copy these token, and then create new CNAME.

        save changes. and then finish ^_^

        i hope you understand now. thanks for visiting my simple blog.

        Delete
    4. makasih gan info sangat membantu

      ReplyDelete
      Replies
      1. sama-sama bang, sebagai tambahan info, bagi yang mengalami error dns timeout dan sebagainya. biarkan saja dulu selama beberapa hari atau minggu. kalau saya hitung sih sekitar 1 minggu lebih. soalnya karena domain masih baru, jadi butuh waktu untuk normal. dan pastikan semua setting sudah benar. mungkin akan saya bahas nanti. semoga membantu.

        Delete
    5. Replies
      1. sama-sama bang. saya ucapkan selamat karena telah berhasil.

        Delete
      2. maaf bang yang dimsukan di bagian manage freenom dns dengan type CNAME kode ini bkan (tndai bulat)? gmbarnya di link ini http://goo.gl/YlqZhR

        Delete
      3. iya bang. benar, itu token verifikasi yg harus kita isikan di cname. ada 2 cara, yg pertama bisa menggunakan cara ini, kedua menggunakan TXT untuk verifikasi. nanti akan saya tuliskan untuk TXT serta membahas tentang mengembalikan kode verifikasi jika hilang.

        Delete
      4. oh iya bang udh bisa skarang mh, udh berhasil. hatur nuhun bang informasinya

        Delete
      5. sama-sama bang, apabila mas ropi mendapatkan pesan DNS Timeout dan sebagainya. tunggu saja sekitar 1 minggu lebih (pengalaman saya waktu baru ganti domain). paling lama 1 bulan. asalkan setting sudah pas dan tidak ada yg dirubah. maka error akan hilang dengan sendirinya. server butuh waktu beberapa hari untuk normal karena masih baru. itu saja infonya. ^_^

        Delete
      6. ok bang, makasih bnget informasinya
        sukses trus buat blognya

        Delete
      7. amin bang. saya doakan juga agar blog abang sukses. hehehe

        Delete
    6. Salam kenal kang Surya. Mau tanya aja, kenapa blog mas ini tidak di daftarin domain dari freenom? Sukses selalu kang..

      ReplyDelete
      Replies
      1. sebenarnya sudah pernah saya daftarin kang. tapi saya lebih suka ini jadi blog saja, kecuali nanti kalau saya ada domain com bang. untuk melihat contoh, ada blog lama saya yg telah di upgrade ke domain di freenom. silahkan ketik ilmu komputer terbaru. jika ujungnya ada nama domain cf. maka itu website saya. jika masih ragu silahkan lihat halaman about me. membahas tentang komputer juga tapi sudah lama sekitar 5 tahun yg lalu saya buat. semoga kang agus sekarang sudah paham. hehehe.. ^_^

        Delete
    7. Gan, terima kasih banyak,,ini langsung berhasil, makasih Gan.

      ReplyDelete
      Replies
      1. sama2 gan, semoga semua urusannya lancar tanpa hambatan. ^_^

        Delete
    8. Wah, alhamdulillah sudh berhasil k2, tpi ada sdikit msalah wktu saya login ke frenoom di hri berikutnya. ko` manage DNS-nya menghilang di menu my domain y? kira2 apa yg salah, mhon bntuanya.
      Terima kasih.. :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. ada 2 kemungkinan yg terjadi pak. pertama masalah koneksi sehingga untuk meload gambar dan menampilkan menu manage domain telah hilang. solusinya, coba hapus cookie dan cache. bisa dibilang hapus history di browser bpk. yg kedua, kemungkinan server freenom lagi error. jadi mungkin dlm bbrapa hari baru baik kembali. bisa juga karena dns koneksi kita menolak sebagian request seperti menu halaman domain. solusi lainnya adalah dengan mencoba login menggunakan browser lain untuk melihat hasilnya. semoga membantu.

        Delete
    9. Sudah sukses mendaftar, tinggal manage DNS. Tapi didashboard tertulis Zone is not active yet. Kenapa gan y?

      ReplyDelete
      Replies
      1. 2 hal yg terjadi. 1. bpk belum setting DNS. jika sudah maka memerlukan beberapa jam atau hari agar bisa aktif. 2. kesalahan dalam setting bisa membuatnya blm berfungsi dengan benar. jika masih bermasalah biasanya kita harus menghubungi tim support freenom agar bisa diperbaiki. 1 minggu baru pesannya di reply. he...

        Delete
    10. kalo cara melihat kembali token dari google itu gimana mas?

      ReplyDelete
      Replies
      1. cara melihat kembali token yg hilang. mas gts tinggal masuk ke akun webmaster. terus buka nama situs yg tokennya hilang td. kemudian buka menu detail verifikasi. terus lihat di meta tag verifikasi. semoga dipahami ^_^.

        Delete
    11. mas gan mau tanya ne, napa ya punya ane dah 2x24 jam ngikutin seperti yang mas gan terangkan diatas blog ane ga bisa di akses ya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. bisa saya lihat site mas walc hd?

        untuk blog biasanya sih langsung normal sekitar 1 sampai 2 jam. tapi untuk tempat lain, settingnya juga sedikit berbeda. kemungkinan dns yg mas miliki di blok. kalau saya kunjungi dan mendapatkan masalah yg sama. maka kita akan lihat apakah dns timeout atau sebagainya. nanti kita analisa lagi permasalahannya.

        Delete
    12. maaf gan, kalau untuk token yang hilang bagaimana cara mendapatkannya kembali ?

      ReplyDelete
      Replies
      1. caranya buka alat webmaster kita, pilih domain yg ingin kita kembalikan tokennya. kemudian pilih ikon roda gigi, detail verifikasi. disitu ada tulisan rekam CNAME DNS, atau kita bisa pilih verifikasi menggunakan metode yg berbeda. setelah itu kita bisa pilih lainnya pada penyedia domain, akan muncul token kita. ada verifikasi txt, ada juga rekam CNAME DNS (inilah token kita). terlihat data token yg sama seperti sebelumnya. semoga membantu

        Delete
    13. mantap ilmunya mas, mampir juga ke blog saya yaa mas www.sigege.tk

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalau tidak ada kesibukan, termasuk koneksi saya tidak macet, saya akan berkunjung ke blog mas galeri ^_^ . terima kasih atas komentarnya.

        Delete
    14. gan dpt email dr freenom belum menyelesaikan registrasi, caranya gmna gan..

      ReplyDelete
      Replies
      1. biasanya di dalam email tersebut dituliskan URL nya, jadi kita tinggal pilih url tersebut untuk melanjutkan registrasi. jika tidak ada atau bermasalah, kita coba daftarkan ulang. silahkan di coba terlebih dahulu

        Delete
    15. thx kawan akhirnya bisa juga :) hhhe

      ReplyDelete
      Replies
      1. sama2 kawan ricky. semoga web yg di buat panjang umur dan maju selalu. ^_^

        Delete

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih