Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

Hari ini, saat saya sedang duduk santai karena sedang libur, tiba-tiba saja teman saya datang. semula saya kira mereka datang karena rindu kepada saya. ternyata bukan. kemudian Beberapa dari teman saya bertanya tentang permasalahan laptopnya, pertanyaannya adalah "kenapa baterai laptop saya cepat habis?". kemudian, bukannya dijawab oleh saya, tapi malah kebalikannya. saya pun bertanya kembali dengan mereka untuk memastikan secara detail agar saya bisa menjawab pertanyaan yang mereka ajukan. nah, mungkin ada yang penasaran tentang masalah ini. jadi saya akan tuliskan disini.

1. Baterai laptop cepat habis karena bermain games.
game adalah salah satu yang bisa menghabiskan baterai laptop dengan cepat. karena proses kerja ram, processor, dan beberapa komponen lain seperti VGA (Video Graphic Array) bekerja dengan keras. semula baterai laptop berdurasi 2 jam menjadi 1 setengah jam. itu karena kita bermain game. dan kamu pasti tahu, dengan bermain games pasti akan membuat kita lupa waktu. jadi, saya ingatkan kepada kamu para gamer untuk jangan melupakan waktu ketika bermain games. gunakan alarm laptops, ini agar ketika nanti sudah tiba waktunya untuk makan dan minum, maka alarm laptopmu akan berbunyi.

2. Kesalahan melepas charger laptop akan mengakibatkan kerusakan baterai.
permasalahan yang satu ini jarang terjadi, tapi bisa juga mengakibatkan baterai laptop rusak. itu karena listrik yang terhubung dengan laptopmu tidak dilepas dengan benar. nah, saran dari saya, ketika memasang charger laptop, harus dimulai dari laptop itu sendiri. lalu kemudian menghubungkannya ke listrik. untuk melepasnya, harus dimulai dari listrik dulu, barulah dilepas dari laptop. cara ini digunakan agar tidak terjadi lonjakan listrik yang bisa mengakibatkan baterai kelebihan muatan dan pada akhirnya rusak. kamu pasti tahu dengan alat elektronik yang disebut elco(Kondensator) yang menyimpan muatan listrik di dalam charger. mungkin kamu akan lebih paham dengan kalimat "percikan listrik". jika itu terjadi, baterai bocor, dan akhirnya akan selalu cepat habis ketika digunakan.

3. Terlalu lama mengisi baterai laptop sehingga menyebabkan kebocoran baterai.
menurut saya, ini yang paling sering terjadi pada laptopmu. ketika kita mengerjakan sebuah tugas atau sedang bermain game di laptop kesayangan kita, terkadang kita sering lupa untuk melepaskan charger laptop. padahal baterai sudah penuh. akhirnya, baterai laptop tidak bisa menahan arus listrik lagi. dan pada akhirnya terjadilah kebocoran baterai. nah, ini juga pernah terjadi pada laptopku dulu. solusinya, kita hanya bisa mengganti baterai rusak tersebut dengan baterai laptop yang baru. jadi, jangan sampai terjadi kerusakan lagi pada baterai laptop kita yang baru.

sebagai tips dan trik untuk menghemat baterai, gunakan baterai pada mode "Screen Saver", jadi ketika kita sedang tidak memainkan laptop tersebut, maka "screen saver" akan menghemat daya pada baterai laptop kita. saran kedua, kurangi cahaya laptop, selain bisa menghemat baterai, pengurangan cahaya juga akan membuat mata kita tidak rusak. pengalaman saya sendiri ketika bermain laptop dengan cahaya yang terlalu terang membuat mata saya sakit. jadi kurangi saja cahaya laptop. jika tidak, mungkin akan mengakibatkan mata menjadi rabun. nah, sekarang kamu sudah paham kan?

4. saya rasa tulisan ini sudah terlalu panjang.
nah, yang satu ini kamu pasti suka. karena saya rasa tulisan ini sudah terlalu panjang. maka saya putuskan untuk menuliskannya di posting yang lain. he...

jadi, itulah beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan baterai laptop cepat habis. mungkin ada beberapa penyebab lainnya yang saya lupa untuk menuliskannya. semoga cara ini bisa menghemat daya pada laptopmu dan membuat baterai laptop kita menjadi tahan lama. selesai sudah pembahasan kita tentang beberapa penyebab baterai laptop cepat habis.

Comments