Monday, 20 April 2015

Memperbaiki Printer Canon MP 280 atau 287 Error B500 P07

Advertisement
Hari ini saya akan membahas tentang kerusakan printer Canon mp 280 287 yang mengalami error P07. jika kamu melihat di layar komputer dan laptop, kamu akan melihat error B500. tapi, sebelumnya saya akan jelaskan terlebih dahulu penyebab dari kerusakan ini. lalu kemudian kita akan memperbaiki error tersebut.

Penyebab Printer Canon MP 280/287 Mengalami Error P07 atau B500.
Kerusakan ini terjadi karena deteksi tinta pembuangan pada printer telah mencapai batas maksimal. jika dibiarkan maka akan mengakibatkan tinta di dalam printer menjadi meluap (ibarat air yang sudah penuh kemudian di isi lagi hingga tumpah). ada juga penyebab lainnya adalah sensor
pada Catridge mengalami konslet. kerusakannya bermula dari tinta yang penuh hingga mengenai sensor pada katridge. sekarang kamu sudah tahu penyebab kerusakan tersebut. mari kita lanjutkan ke bagian perbaikan.

Cara Memperbaiki Masalah Error P07 atau B500 pada Printer Canon MP 280/287.
Berdasarkan dari pengalaman saya selama 5 tahun ini dalam memperbaiki masalah tersebut. sebenarnya cukup mudah. hal pertama yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut:

1. Lepas katridge dari printer lalu pasang lagi.
cara pertama yang kita lakukan adalah melepaskan katridge dari printer lalu matikan. kemudian hidupkan lagi dan pasang katridge kembali. jika tidak berhasil, matikan lagi lalu pasang katridge dalam keadaan printer sudah mati. setelah itu hidupkan dan uji kembali printer kamu.

2. melakukan reset pada printer.
cara kedua yang kita lakukan adalah melakukan reset di printer, caranya :

Matikan printer terlebih dahulu (jika dalam keadaan menyala). Tekan lalu tahan tombol power di printer milikmu. kemudian tekan tombol stop/reset sebanyak 6 kali, lihat pada lampu alarm printer, jika kamu melakukannya dengan benar, maka lampu alarm tersebut akan berkedip setiap kamu tekan 2x. jadi total lampu yang harus menyala adalah 3 kali. setelah itu lepaskan kedua tombol dan biarkan printer melakukan proses cleaning hingga di layar printer menunjukkan angka 0 atau 1. kemudian tekan tombol print hitam putih. setelah selesai tekan lagi tombol cetak warna-warni. sesudah kedua proses selesai. matikan printer lalu hidupkan kembali. jika tidak menyala, cabut kabel printer, tunggu beberapa menit, lalu pasang kembali.

3.masuk ke mode service lalu reset printer.
cara yang ketiga ini membutuhkan bahan yang digunakan untuk melakukan reset pada printer. agar bisa masuk ke dalam service mode, gunakan cara yang sama dengan langkah di nomor 2. jadi setelah kamu berhasil masuk ke dalam mode service, gunakan bahan tersebut untuk melakukan reset printer Canon milikmu. akan saya tuliskan di posting yang lain beserta cara menggunakannya.

update: seperti yang saya janjikan, baca posting saya tentang cara mereset printer canon MP 280/287 melalui komputermu atau laptop.

nah, itulah ketiga cara yang ampuh untuk memperbaiki printer Canon MP 280/287 dengan error P07 atau B500. semoga cara ini bisa mengatasi kerusakan printer kamu. sampai bertemu lagi dengan saya (Uya Sur).
Recent Posts

    14 comments:

    1. masalanya z yg terjadi saat meriset.. lampu alrm menyala terus dan tidak ada merespon..

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalau lampu alarm menyala saat kita mencoba reset. berarti ada masalah lain. bisa pada katridge yg rusak mas erwin. jadi solusinya coba dengan katridge yg lain dulu baru kita coba riset lagi. semoga membantu ^_^

        Delete
    2. jika selesai mengikuti tutor diatas,print canon saya ngeprit sendiri kosong,kira" normal gak?

      ReplyDelete
      Replies
      1. tutorial diatas tentang cara memperbaiki printer canon yg memiliki error P07 atau B5200. jika sudah bisa ngeprint saat dinyalakan secara biasa, berarti printer sudah normal. tapi jika isinya kosong saat di cetak, maka permasalahannya adalah katridge. dan hal tersebut tidak berlaku untuk tutorial diatas. memang kerusakan utama yg sering di alami oleh B5200 atau p07 itu ada pada katridge. nah, cobalah untuk menggunakan air hangat agar macet pada katridge bisa terlepas. solusi yg paling jitu adalah mengganti katridge tersebut dengan yg baru. mas IDOSKCM juga bisa menggunakan head cleaner yg di jual di toko resmi printer. semoga membantu. ^_^

        Delete
    3. kode masalah kita b800 apa maksudnya ya gan

      ReplyDelete
      Replies
      1. gambar error yg terlihat disitu apa bg, sangat jarang ada error b800. tapi saran yg bisa saya berikan adalah, matikan printer, lepaskan kabel dari power supply printer. kemudian pasang kembali dan nyalakan printer seperti biasa. printer mengalami error yg mungkin saja kerusakan ada pada mainboard printer.

        Delete
    4. Replies
      1. rumah katridgenya bergerak atau tidak bang? rusaknya sedikit parah bang dan harus di bongkar. pertama kita pastikan bahwa kabel yg menyambungkan antar mainboard dan rumah katridge tidak putus. kita bisa gunakan cara sederhana yaitu dengan melepas seluruh sambungan dari mainboard, tunggu beberapa menit lalu pasang kembali, kemudian uji kembali printer tersebut.

        kedua, rumah katridge rusak.tapi blm bisa dipastikan, kita mulai dari yg sederhana sebelum memastikan hal tersebut. error b200 muncul karena komponen overheat, tapi bisa saja kabel putus dan mainboard yg rusak atau hanya katridge yg rusak. untuk mengetahuinya, kita bisa buka kasing printer, lalu nyalakan printer, jika tidak bergerak, kita mulai lepas katridge . lalu coba lagi, jika mau bergerak maka bisa dipastikan hanya katridgenya yg overheat, bisa kita ganti dengan katridge baru. tapi jika masih belum bergerak, kita lanjutkan dengan power supply, test dengan power supply yg lain. bisa saja power supply kekurangan daya listrik sehingga printer tidak bisa bergerak. lalu kemudian kita uji mainboardnya dengan yg lain. kabelnya juga bisa kita ganti dengan yg lain untuk memastikan kabel tidak putus. terakhir kita ganti rumah katridge jika semua komponen sudah di test namun masih tidak bergerak. di belakang rumah katridge biasanya ada komponen kecil, hanya itu yg harus diganti. semoga membantu bang dodi.

        Delete
    5. terima kasih kak setelah mengikuti cara yang kedua printer saya bisa lagi :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. sama2 dek della, semoga printernya tidak bermasalah lagi sampai tua. hehehe ^_^

        Delete
    6. Kalo port kabel penghubung ke laptop nya patah harus gimana? Ganti sama mainboard nya kah?

      ReplyDelete
      Replies
      1. sepertinya sudah saya jelaskan di bawah ini mbak. saya harap printernya sudah baik kembali.

        Delete
    7. Kalo port usb nya patah,harus di ganti sama mainboard nya ? Atau gimana?

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalau ada alternatif lain misalnya komponen atau slot usb tersebut di jual maka kita bisa ganti komponen tersebut saja, kalau ada slot usb lain yg sudah lama tidak dipakai atau komputer lama, bisa juga kita gunakan untuk memperbaiki laptop atau komputer kita. tipe sama biasanya untuk komponen slot USB. untuk melepas komponennya sedikit susah karena timah nya terlalu kuat. saran saya gunakan losfet atau apapun namanya (saya lupa). agar panas pada solder lebih kuat dan mampu untuk melepas komponen di mainboard. terakhir, jika tidak ingin repot, maka kita ganti saja mesinnya langsung. semoga membantu ^_^

        Delete

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih