Monday, 27 April 2015

Memperbaiki Harddisk Smart Error Di Laptop

Advertisement
Harddisk (singkatan dari HDD) pada laptop mengalami kerusakan parah sehingga menyebabkan kita tidak bisa masuk ke windows lagi. saat menghidupkan laptop, kita melihat sebuah pesan yang memberitahukan kepada kita bahwa Harddisk atau HDD Smart mengalami Error Imminent. dan setelah itu, tidak ada respons apapun. hang dan bahkan kita sendiri tidak tahu kapan bisa logo windows selesai. ada juga baru di post pertama sudah hang. nah, ada beberapa cara untuk memperbaikinya agar laptop kita bisa digunakan kembali, tapi apabila memang sudah tidak bisa diperbaiki. maka, cara terakhir harus mengganti harddisk rusak tersebut dengan harddisk laptop baru.

Penyebab HDD Smart Error di Laptop.
Masalah ini terjadi karena IC atau yang biasa di sebut EEPROM komponen harddisk telah rusak. 90% jarang terjadi. saya sendiri belum tahu pasti penyebab IC tersebut bisa rusak. namun dari beberapa informasi yang saya dapatkan. hal ini karena lonjakan listrik dari charger laptop. tapi menurut saya, penyebab kerusakan tersebut karena suhu laptop yang terlalu panas pun juga bisa menjadi penyebab.

Cara Mengatasinya.
1. masuk ke BIOS Laptop, dan ubah konfigurasi SATA dari "AHCI" ke "Compatible". untuk laptop tertentu biasanya ada konfigurasi tersebut. apabila sudah, silahkan uji kembali laptopmu. apabila kamu telah berhasil, berarti sudah bisa masuk ke start windows. tapi kalau dari pengalaman saya, kecepatan dari harddisk masih belum normal. jadi, backup seluruh data jika memungkinkan untuk melakukan analisa lebih lanjut dan menghindari data yang penting hilang. apabila belum berhasil, uji harddisk tersebut ke dalam laptop atau komputer lain dengan cara menyambung harddisk menggunakan kabel USB. apabila telah berhasil, dan bisa login ke windows, maka lanjutkan tahap berikutnya. jika mendapatkan error yang sama, maka bisa dipastikan harddisk tersebut rusak.

2. Gunakan aplikasi program LLF (Low Level Format) untuk membersihkan seluruh data yang ada di harddisk laptop. resiko dari cara ini akan membuat harddisk laptop bersih dari data dan tidak memungkinkan untuk bisa di recovery. artinya tidak akan ada data yangg bisa diselamatkan atau dikembalikan. karena program LLF (Low Level Format) bekerja membersihkan harddisk menjadi seperti baru kembali. tapi tidak menjamin bahwa cara ini bisa menyelesaikan masalah HDD Smart yang error.

3. seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, ganti komponen yang terletak di bawah harddisk (Motherboard HDD) Laptop. inilah penyebab sebenarnya dari kerusakan Smart Harddisk kita. komponen ini disebut motherboard harddisk dan terletak di bawah. komponen EEPROM (IC) telah rusak sehingga saat laptop melakukan boot pertama kali. smart system memberikan pesan kesalahan yaitu harddisk error. padahal harddisk baik-baik saja. dengan mengganti komponen tersebut, akan menyelesaikan masalah. tapi untuk komponen ini, sangat susah untuk didapatkan. coba cari di toko resmi laptop terdekat. atau kamu bisa gunakan harddisk lain yang memiliki tipe yang sama (Motherboard). lihat dengan teliti, merk harddisk sama tapi berbeda komponen. jadi lihat tipe motherboard, bukan merk. cara terakhir adalah mengganti Harddisk dengan yang baru.

itulah tips dan trik cara memperbaiki HDD Smart Error di laptop sejauh yang saya ketahui dan semoga ini menjadi solusi bagi kamu yang ingin memperbaiki laptopmu. ada cara yang lain dan mungkin akan saya bahas nanti.
Recent Posts

    4 comments:

    1. Terimakasiih om uyasur
      jazakallah khairan

      ReplyDelete
      Replies
      1. sama2 bang delly, semoga ilmu ini bermanfaat, dan mohon maaf jika ada informasi yg terlupa dituliskan oleh saya.

        Delete
    2. Bro kalo Smart hardrive detects imminent failure di pc itu gimana???

      ReplyDelete
      Replies
      1. smart hard drive detects imminent failure biasanya memberitahukan kepada kita bahwa harddisk akan segera rusak. jadi backup data sebelum itu terjadi. akan tetapi, smart hard drive bisa saja salah dalam deteksinya. jika bang andre lihat saat kita di desktop. apakah agak macet atau masih lancar2 saja. jika lancar saja maka smart salah dalam mendeteksinya dan kerusakan utamanya biasanya ada pada mainboard hard drive. jadi jika hard disk bang andre lancar2 saja. maka tidak perlu khawatir. untuk solusinya bang andre bisa cari mainboard harddisk lain yg bentuknya sama (sama merek belum tentu sama mainboard, kadang berbeda). kalau beli yg baru menurut saya belum ada di jual. saat saya cari mainboard tersebut, saya tidak menemukannya disini kecuali di negara asing. jadi kadang kita hanya bisa cari harddisk yg memiliki mesin yg sama dan baik. lalu kemudian menggantinya ke harddisk kita. hasilnya akan normal kembali. untuk solusi lainnya msh belum ditemukan dan kadang saat kita tanya pasti solusi akhirnya adalah mengganti harddisk tersebut dengan yg baru. semoga membantu bang andre ^_^

        Delete

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih