Wednesday, 1 April 2015

Solusi Perbaiki Missing Author Dan Updated Di Halaman Statis (Blog)

Advertisement
Setelah saya melakukan penelitian lebih lanjut tentang error struktur data  di alat webmaster tentang hilang author dan updated di halaman statis blog. Akhirnya saya temukan solusinya. Nah semoga artikel yang saya tuliskan ini bisa mengakhiri mimpi buruk kita sebagai pemilik blog yang mengalami error data structure di alat webmaster. hal ini dikarenakan oleh nama author dan jam di dalam statis page blog  kita yang hilang. padahal kita sudah meletakkan nama author dan jam di halaman atas atau bawah posting blog kita.

Bagi kamu yang ingin melihat hasil penelitian pertama saya. Baca artikel saya tentang memperbaiki error data structure di alat webmaster (blog). Dan jika kamu ingin melihat hasil penelitian perbaikan kedua saya menggunakan author google+ dengan gambar profil milik saya sendiri di halaman statis. Baca artikel saya tentang Memperbaiki halaman statis yang hilang author (blog). Setelah melakukan beberapa penelitian tentang hilang author dan updated, dan sambil menunggu hasil yang dikeluarkan oleh structure data yang ada di alat webmaster saya.

Sebenarnya masih tersisa 1 error, dan itu di bagian daftar isi. error tersebut mengatakan bahwa data yang tampil saat ini mungkin berbeda dengan data yang sedang tayang. itu berarti data error yang ditunjukkan di halaman sitemap kemungkinan tidak bisa hilang. sebab, data di sitemap saya memang selalu berubah karena update postingan. atau mungkin karena terhalang oleh script javascript dari sitemap yang saya buat. biasanya kita sebut sebagai halaman daftar isi blog ini. jadi, saya anggap tidak masalah, karena data-data yang lain sudah beres atau solved dan bahkan error tersebut tidak pernah kembali lagi sampai hari ini. kemungkinan saya akan coba teliti lagi dan coba untuk meletakkan nama author dan jam di bagian atas untuk melihat hasil yang berikutnya.

Hasil yang ditunjukkan structure data
Hasil yang ditunjukkan structure data

update baru : hasil penelitian akhir saya menunjukkan bahwa memang benar script javascript saya terhalang sehingga menyebabkan perayap tidak bisa membaca struktur data saya yang sudah menampilkan nama author dan jam. setelah saya ganti kode javascript tersebut, maka hasil terakhir menunjukkan bahwa semua masalah hilang author dan updated telah hilang dan bisa kamu lihat melalui gambar di bawah ini. untuk kode, akan coba saya perjelas lagi agar kamu bisa lebih mengerti dengan menghilangkan beberapa kode yang sama. dan memberi warna pada kode agar kamu paham dan mengerti. selamat membaca.

Masalah Missing Author Dan Updated Telah Solve
Masalah Missing Author Dan Updated Telah Solve

Selama ini di bagian post dan halaman statis yang kita miliki telah teratasi dengan baik. bukan hanya itu, bagian posting dan seluruh halaman saya kini telah solved menggunakan kode yang telah saya tuliskan di bawah ini. jadi buat kamu yang masih mengalami error seperti yang saya alami sebelumnya, Mari kita mulai cara memperbaiki hilang author dan hilang updated di halaman statis blog kita.

Tutorial ini akan saya bagi menjadi 2 langkah. alasan saya supaya kamu benar-benar paham dengan apa yang coba kita perbaiki disini. untuk langkah pertama memang sangat mudah diterapkan, dan langkah pertama ini akan menyelesaikan seluruh masalah yang ada setiap posting dan statis page. kekurangannya jika kamu edit blog posting di menu tata letak dan menghilangkan checklist author dan jam kamu, maka nama author dan jam kamu tetap akan tampil. itu karena kode untuk melakukan cek pada author dan jam telah kita hapus. jadi sebagai saran dari saya. jika kamu memang paham tentang template, akan lebih baik jika kita menggunakan cara yang ada di langkah kedua dan ketiga. dan untuk bagian posting, jika kamu gunakan cara yang ada di langkah kedua . untuk template mobile friendly opsional, namun kamu bisa juga memperbaikinya.

catatan : sebelum membaca siapkan kopi atau teh. karena mungkin akan sangat panjang. dan jangan lupa untuk melakukan backup sebelum mencoba panduan dari saya untuk menghindari kesalahan dalam pengeditan kode.

catatan ke 2 : apabila kode yang ditulis terpotong, pastikan ujung dari kode yang kamu paste berakhiran > sebelum menuju ke baris baru. hal ini untuk menghindari kesalahan kode yang kamu copy.

Langkah pertama untuk template standar dan non standar.
Buka menu template > edit Html di akun blog kamu. kemudian cari kode <b:widget id='Blog1' locked='true' title='Posting Blog' type='Blog'>. buka semat kode tersebut. Maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

memperbaiki data hilang author dan updated
memperbaiki data hilang author dan updated

Setelah itu cari kode <b:includable id='post' var='post'>...</includable>. Jika semat sudah dibuka biasanya akan terlihat seperti ini <b:includable id='post' var='post'>.

Mencari kode untuk memperbaiki error
Mencari kode untuk memperbaiki error

jika nama author kamu taruh di atas posting (atau sebelum judul) cari kode seperti ini.

<div class='post-header-line-1'/>

Sedangkan, jika nama author dan jam kamu diletakkan di bawah posting, maka cari kode di bawah ini. <b:if cond='data:top.showAuthor'>. biasanya kode tersebut ada di bawah kode footer posting, diantara 3 kode yang saya sebutkan di bawah ini, pasti ada kode <b:if cond='data:top.showAuthor'>.

<div class='post-footer-line post-footer-line-1'>
<div class='post-footer-line post-footer-line-2'>
<div class='post-footer-line post-footer-line-3'>

setelah kamu menemukan kode yang saya sebutkan diatas, maka, hapus kedua kode yang saya tuliskan di bawah ini dan beserta tag penutupnya, tapi jangan hapus isi kodenya. mencarinya satu per satu saja ya.

<b:if cond='data:top.showAuthor'>
isi kode
</b:if>


<b:if cond='data:top.showTimestamp'>
isi kode
</b:if>

saya ingatkan lagi, hapus kedua kode tersebut beserta tag penutupnya </b:if>, tapi jangan hapus isi kode yang ada di dalam tag tersebut. baca dan cari dengan teliti ya. jangan sampai salah. kalau kamu tidak sengaja telah menghapus isi di dalam kode tersebut. ikuti langkah kedua lanjutan untuk mengembalikan kode yang terhapus. karena langkah kedua mempunyai kode yang asli. untuk langkah kedua, butuh sedikit pemahaman tentang template. soalnya kodenya panjang. hehehe

Mobile Friendly khusus template standar bawaan dari blogger.
perbaikan di mobile friendly sebenarnya opsional, karena sepertinya error yang terjadi hanya pada template utama kita. jadi, bagi kamu yang ingin memperbaiki mobile friendly, silahkan ikuti langkah di bawah ini, jika tidak, juga tidak apa-apa, silahkan langsung ke langkah nomor 2 lanjutan.  mari kita mulai.

kita semua tahu bahwa blog kita yang memakai template standar bawaan blogger pasti ada fitur mobile friendly nya. kalau kamu belum tahu apa itu mobile friendly, jawabannya ialah blog khusus untuk pengguna seluler. artinya jika pengguna seluler mengunjungi blog kamu. maka tampilan mobile friendly yang akan mereka lihat. nah karena mobile friendly berbeda dengan jenis desktop, pasti akan ada 2 kode yang sama di dalam template standar kita. maka dari itu ikuti langkah saya di bawah ini untuk memperbaiki statis page mobile friendly kita. saya harap kode ini juga berlaku pada template non standar.

catatan : sebelum kamu mencoba memperbaiki nama author dan updated di mobile friendly. kamu harus cek terlebih dahulu blog mobile friendly kamu, jika kamu melihat nama author dan updated di halaman statis mobile kamu, maka kamu tidak perlu mengubah apapun atau mengedit kode seperti langkah yang akan saya bahas di bawah ini. 

jika kamu menggunakan template yang lain, cobalah cari kode yang sama. jika tidak ada. maka saya tidak dapat membantu kamu. biasanya untuk template non standar sudah di integrasikan oleh para pembuat template. jadi coba saja cek data structure mu di alat webmaster. jika hatom tidak menampilkan masalah. maka biasanya tidak ada error.

mari kita lanjutkan langkah-langkahnya.
pertama, pastikan bahwa setting mobile friendly blogger kamu aktif. jika sudah aktif, ubah template seluler dari "default" menjadi "khusus" , ini agar kode yang kita ubah atau tambahkan bekerja dengan baik.

Setting mobile friendly khusus
Setting mobile friendly khusus

jika kamu masih menggunakan template "default" . maka, apapun kode yang kamu ubah di template mobile friendly kamu, tidak akan ada yang berubah. saya sendiri sudah mencobanya.
jadikan pengalaman buat kamu ok.  sekarang mari kita lanjutkan panduannya.

lakukan seperti langkah pertama yang kita bahas sebelumnya sampai kamu menemukan widget blog1. kemudian cari kode yang ada di blog1 seperti di bawah ini.

<b:includable id='mobile-post' var='post'>...</b:includable>

buka semat kode tersebut, lalu cari kode header atau footer kamu seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya. kemudian hapus kedua kode seperti yang ada.

<b:if cond='data:top.showAuthor'>
isi kode
</b:if>


<b:if cond='data:top.showTimestamp'>
isi kode


</b:if>

Catatan :  jika kamu ingin tetap bisa melakukan setting di blog posting. maka ikuti langkah di bawah ini. dari sini sebenarnya sudah selesai perbaikannya. tapi kekurangannya, kita tidak bisa melakukan setting di menu tata letak (setting checklist pada nama author dan jam). silahkan lanjutkan panduan di bawah ini jika kamu masih ingin bisa melakukan setting di menu tata letak.

Memperbaiki hilang author dan updated di Mobile Friendly Tingkat Lanjut.
masih di bagian mobile-post .cara yang sama di langkah pertama, copy kode yang saya tuliskan di bawah ini, dan pastekan tepat di bawah kode header atau footer kamu. (tergantung dimana kamu meletakkan nama author dan jam (waktu publish atau updated).

<!-- copy dari sini -->
<b:if cond='data:blog.isMobile == &quot;true&quot;'>
 <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>

   <span class='post-author vcard'>
    <b:if cond='data:post.authorProfileUrl'>
      <span class='fn' itemprop='author' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/Person'>
        <a expr:href='data:post.authorProfileUrl' rel='author' title='author profile'>
        <span itemprop='name'>
          <data:post.author/>
        </a>
        </span>
      </span>
    </b:if>
   </span>

   <span class='post-timestamp'>
     <data:top.timestampLabel/>
      <b:if cond='data:post.url'>
       <meta expr:content='data:post.canonicalUrl' itemprop='url'/>
        <a class='timestamp-link' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'>
         <abbr class='published updated' expr:title='data:post.timestampISO8601' itemprop='datePublished'>
         <data:post.timestamp/>
         </abbr>
        </a>
      </b:if>
   </span>

<b:else/>
<!-- sampai disini -->

dibawah ini adalah kode  lengkap beserta kode asli standar template mobile kita, agar kamu paham dimana harus meletakkannya. jadi, kode yang diatas yang kamu copy diletakkan tepat di bawah kode header atau footer. di bawah ini ada kode yang saya beri warna merah juga agar kamu tahu tag pembuka dan tag untuk menutup <b:if>

<!-- kode yang di paste -->
<b:if cond='data:blog.isMobile == &quot;true&quot;'>
 <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>

   <span class='post-author vcard'>
    <b:if cond='data:post.authorProfileUrl'>
      <span class='fn' itemprop='author' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/Person'>
        <a expr:href='data:post.authorProfileUrl' rel='author' title='author profile'>
        <span itemprop='name'>
          <data:post.author/>
        </a>
        </span>
      </span>
    </b:if>
   </span>

   <span class='post-timestamp'>
     <data:top.timestampLabel/>
      <b:if cond='data:post.url'>
       <meta expr:content='data:post.canonicalUrl' itemprop='url'/>
        <a class='timestamp-link' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'>
         <abbr class='published updated' expr:title='data:post.timestampISO8601' itemprop='datePublished'>
         <data:post.timestamp/>
         </abbr>
        </a>
      </b:if>
   </span>

<b:else/>
<!-- sampai disini -->
<!-- dibawah ini kode asli standar -->
   <span class='post-author vcard'>
     <b:if cond='data:top.showAuthor'>
       <b:if cond='data:post.authorProfileUrl'>
         <span class='fn' itemprop='author' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/Person'>
          <a expr:href='data:post.authorProfileUrl' rel='author' title='author profile'>
           <span itemprop='name'>
             <data:post.author/>
           </span>
          </a>
         </span>
       </b:if>
      </b:if>
    </span>
    
    <span class='post-timestamp'>
      <b:if cond='data:top.showTimestamp'>
        <data:top.timestampLabel/>
          <b:if cond='data:post.url'>
            <meta expr:content='data:post.canonicalUrl' itemprop='url'/>
             <a class='timestamp-link' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'>
              <abbr class='published updated' expr:title='data:post.timestampISO8601' itemprop='datePublished'>
                 <data:post.timestamp/>
              </abbr>
             </a>
           </b:if>
       </b:if>
     </span>

  </b:if>
</b:if>

pastikan pada kode abbr class adalah published updated. jika hanya bertulisan published di kode asli, maka tambahkan updated.  kode itulah yang menyebabkan structure data menjadi hilang updated. sudah paham bukan, sekarang kita lanjut ke langkah kedua.

Langkah kedua untuk template standar dan non standar Tingkat lanjut.
di langkah kedua ini, khusus untuk template posting kita yang bukan mobile friendly, tahap yang dilakukan sama dengan langkah pertama, kita akan menambahkan kode yang lengkap agar kita masih bisa melakukan setting di menu tata letak > blog posting. tanpa harus menghapus kode yang membuat kita tidak bisa melakukan setting di tata letak (Langkah pertama). tapi untuk hal ini, kamu harus paham tentang template, karena ini adalah tingkat lanjut. jadi bagi kamu yang paham, ikuti langkah pertama sampai kamu menemukan kode header atau footer 1 di dalam templatemu seperti yang saya sebutkan sebelumnya di panduan atas.

Setelah kamu menemukan kode,  copy kode di bawah ini, lalu pastekan kode tersebut tepat di bawah tag header atau footer kamu. saya beri warna biar mudah.

<!-- copy kode ini -->
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>

 <span class='post-author vcard'>
  <data:top.authorLabel/>
   <b:if cond='data:post.authorProfileUrl'>
    <span class='fn' itemprop='author' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/Person'>
     <meta expr:content='data:post.authorProfileUrl' itemprop='url'/>
       <a class='g-profile' expr:href='data:post.authorProfileUrl' rel='author' title='author profile'>
         <span itemprop='name'>
           <data:post.author/>
         </span>
        </a>
     </span>
   <b:else/>

    <span class='fn' itemprop='author' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/Person'>
      <span itemprop='name'>
        <data:post.author/>
       </span>
    </span>
   </b:if>
</span>

<span class='post-timestamp'>
 <data:top.timestampLabel/>
  <b:if cond='data:post.url'>
   <meta expr:content='data:post.canonicalUrl' itemprop='url'/>
    <a class='timestamp-link' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'>
     <abbr class='published updated' expr:title='data:post.timestampISO8601' itemprop='datePublished'>
      <data:post.timestamp/>
     </abbr>
    </a>
  </b:if>
</span>
<b:else/>
<!-- jika selain statis page, maka tampilkan di bawah ini -->
<!-- sampai disini -->

kemudian simpan hasil template kamu. setelah itu, lihat halaman statis blog kamu. jika nama author dan jam sudah muncul, maka kamu telah berhasil memperbaiki data struktur yang ada di halaman statis blog kamu.  sebagai tambahan, cek data strukturmu di alat webmaster bagian structure data dan pastikan hasil hatom yang ditampilkan tidak error. dan kamu melihat fn nama author termasuk tanggal updated beserta published di data hatom atau blog posting. Lalu tunggu beberapa hari untuk menghilangkan missing author dan missing updated yang terlihat di alat webmaster.

ini adalah kode lengkap agar kamu bisa paham. disini kamu akan melihat 2 kode yang sama, tapi kalau di artikan, maka akan seperti ini. jika tipe halaman sama dengan halaman statis, maka gunakan kode ini. sedangkan ( <b:else/>) jika bukan halaman statis, maka tampilkan kode di bawah ini. begitulah artinya. sudah paham? mari kita lihat kode lengkapnya. (nama author dan jam saya letakkan di bagian pertama di bawah posting, jadi, footer line 1).

<div class='post-footer-line post-footer-line-1'>
 <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
<!-- jika tipe halaman sama dengan halaman statis, maka tampilkan di bawah ini -->

  <span class='post-author vcard'>
   <data:top.authorLabel/>
    <b:if cond='data:post.authorProfileUrl'>
     <span class='fn' itemprop='author' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/Person'>
       <span itemprop='name'>
         <data:post.author/>
       </span>
      </span>
    </b:if>
   </span>

   <span class='post-timestamp'>
     <data:top.timestampLabel/>
       <b:if cond='data:post.url'>
         <meta expr:content='data:post.canonicalUrl' itemprop='url'/>
           <abbr class='published updated' expr:title='data:post.timestampISO8601' itemprop='datePublished'>
             <data:post.timestamp/>
            </abbr>
        </b:if>
    </span>
<b:else/>
<!-- jika selain statis page, maka tampilkan di bawah ini -->
<!-- kode asli -->
   <span class='post-author vcard'>
     <b:if cond='data:top.showAuthor'>
       <data:top.authorLabel/>
         <b:if cond='data:post.authorProfileUrl'>
           <span class='fn' itemprop='author' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/Person'>
             <span itemprop='name'>
               <data:post.author/>
             </span>
            </span>
          </b:if>
      </b:if>
    </span>

<!-- jam -->
    <span class='post-timestamp'>
      <b:if cond='data:top.showTimestamp'>
       <data:top.timestampLabel/>
        <b:if cond='data:post.url'>
         <meta expr:content='data:post.canonicalUrl' itemprop='url'/>
      <abbr class='published updated' expr:title='data:post.timestampISO8601' itemprop='datePublished'>
        <data:post.timestamp/>
      </abbr>
     </b:if>
    </b:if>
   </span>
</b:if>


Catatan : kode yang saya warnai tersebut adalah tag pembuka dan penutup, supaya kamu lebih paham dan mengerti. saran dari saya, copy saja semua kode diatas, lalu hapus terlebih dahulu kode yang asal. lalu pastekan kode yang saya tuliskan secara lengkap diatas. agar tidak error.

agar error cepat hilang di structure data, gunakan tools “ambil sebagai google” di alat webmaster kamu. kemudian pilih "ambil" atau "ambil dan render".  Pada kotak isian, biarkan kosong untuk mengambil URL beranda(home) blog kamu. setelah proses selesai,  pilih “kirim ke index”. kemudian akan Ada 2 opsi pilihan yang ditampilkan.
pilih “rayapi URL ini dan tautannya langsung” untuk merayapi semua URL yang ada. kecuali akses URL yang dicekal oleh robot txt kamu.

 tools ini digunakan agar supaya URL kita di rayapi(crawl) ulang oleh bot(spider).  Dengan tools “ambil sebagai google”, kita memerintahkan bot/perayap untuk merayapi ulang URL yang kita minta beserta link tautan yang ada di dalam URL tersebut. dan hal ini ada jika kita memilih opsi "rayapi URL ini dan tautannya langsung". pilihan tersebut berarti URL post kamu juga akan ikut di rayapi oleh googlebot kecuali akses ke URL yang dicekal melalui robot txt mu.Cara ini paling mudah tanpa harus memasukkan URL satu per satu dan cocok bagi kita yang mempunyai banyak artikel. Tapi perlu kamu ingat, opsi ini sangat terbatas. Hanya 10x dalam 1 bulan dan tidak menjamin bahwa apa yang kamu kirim disini bisa sepenuhnya di rayapi. Jadi gunakan sebaik-baiknya dan jangan terlalu banyak mengirim URL. dan sebagai tambahan, cara ini kadang bisa langsung menuntaskan missing author dan updated mu. jika tidak, maka silahkan tunggu hingga beberapa hari atau minggu untuk mengetahui hasil yang dikeluarkan oleh structure data.

jika tujuanmu hanya untuk memperbaiki salah satu URL posting yang hilang author dan updated, maka masukkan URL tersebut. Kemudian pilih opsi pertama yaitu “rayapi URL ini saja”. Maka hanya URL tersebut yang akan di rayapi.

contoh kode lengkap memperbaiki error template standar
contoh kode lengkap memperbaiki error template standar
setelah itu, simpan templatemu dan lihat halaman statis kamu. kemudian uji URL kamu di alat webmaster. jika error sudah hilang, maka kamu telah berhasil memperbaiki error hilang author dan updated. cara ini sudah saya coba sendiri karena saya sendiri pernah mengalami error structure data. untuk melihat hasil yang telah saya perbaiki, bisa kamu lihat di bagian menu halaman statis saya. semoga dengan cara ini bisa membantu kamu memperbaiki masalah error di struktur data seperti yang telah saya alami dan itu juga merupakan mimpi buruk saya karena mendapat error. hehehe...

Demikian pembahasan kita tentang solusi hilang author dan updated di halaman statis (blog). semoga dengan apa yang kamu baca disini bermanfaat dan menyelesaikan masalah missing:author dan missing:updated yang selama ini merupakan mimpi buruk bagi kita para pemilik blog. dan saya mohon maaf jika ada yang kurang di mengerti, saya akan coba jelaskan secara sederhana jika memungkinkan melalui pertanyaan yang kamu ajukan.
Recent Posts

    43 comments:

    1. artikel yang bagus ! kayaknya boleh nie di coba trik yang mas muhammad berikan.

      ReplyDelete
      Replies
      1. semoga bisa membantu permasalahan yang sering kita alami sebagai pengguna blogger wahai bapak abdi. dan saya berharap semua yang membaca artikel ini bisa paham dan mengerti dan langsung bisa menerapkannya untuk menyelesaikan masalah yang sering terjadi. terima kasih atas kunjungan pak abdi. ^_^

        Delete
    2. Ini update dari artikel sebelumnya kan, apakah bisa langsung menggunakan cara ini atau harus gunakan cara sebelumnya terlebih dahulu lalu lanjutkan pakai cara ini. Jadi bingung sendiri liat banyak banget yang hilang author di webmaster

      ReplyDelete
      Replies
      1. bisa langsung gunakan cara ini bang. dengan ini bisa langsung menuntaskan permasalahan di posting dan halaman statis. serta juga bisa menuntaskan halaman mobile friendly kita. biasanya ada 2 kode yang ada pada template. satunya untuk halaman utama. dan yang satunya untuk halaman tampilan handphone, template blogger biasanya 2. tapi permasalahan utama hanya pada template yang utama. jadi mobile friendly opsional. saya kasih warna juga pada kodenya biar mudah dipahami. sama kok bang. saya sendiri juga hampir 400 lebih kena error kemarin. yang hilang halaman posting dan halaman statis. ternyata yang buat error di blog kita itu adalah kode untuk cek nama author dan jam.

        Delete
    3. alhamdulillah berhasil,, makasih mas,, bermanfaat sekali dan jelas,, :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. alhamdulillah bang, sama-sama. saya bersyukur dan memberi ucapan selamat kepada bang zain karena telah berhasil memperbaiki blognya. ^_^

        Delete
    4. Thanks dah broh tipsnya, akan saya coba nanti dan semoga berhasil :)
      http://goo.gl/GstzPi

      ReplyDelete
      Replies
      1. sip. semoga cara ini berhasil buat dewi yo. ^_^

        Delete
    5. makasih banyak infonya gan, sangat membantu dan berguna ilmunya dalam menambah pengetahuan dunia blog,

      ReplyDelete
      Replies
      1. saya harap bukan hanya menambah wawasan ilmu pengetahuan kita. tapi juga bisa memperbaiki masalah di webmaster yg hilang author dan update bang.

        Delete
    6. Saya masih belum bisa memperbaiki hilang update dan hilang author pada halaman statis Pak. Saya menggunakan template responsive.

      ReplyDelete
      Replies
      1. saya sudah analisa website bpk. pertama pastikan dulu jika nama author dan jam sudah di centang di menu tata letak edit blog posting. kalau bapak bisa mengedit html di blogger, kopi kode terakhir di atas dimulai dari div footer sampai b if. kemudian letakkan atau paste di bawah kode /article . diatas juga kode tersebut juga bisa. lalu pindahkan kode b if cond ... pageType static page ke atas kode footer. lalu tambahkan kode tag penutup /div di atas tag penutup b if. simpan. lihat di halaman statis. apabila nama author dan jam sudah muncul. berarti bapak sudah berhasil. tinggal menunggu beberapa hari hingga webmaster update. apabila belum tampil. bapak pastikan dulu di menu tata letak. dan pastikan nama author dan jam sudah di centang. jika ada error saat menyimpan. bpk kasih tahu saya errornya. biar saya bantu perbaikannya.

        Delete
      2. Iyya nih Bang Surya.. sy jg demikian.. blum bisa. sesuai dg petunjuk pada langkah kedua.. semua sdh diganti dan juga sdh mencentang.. tp masih trjadi error.. kira2 kendalanya di mana y.. ada solusi nda Bang..:)

        Delete
      3. maksudnya.. nama author dan jam blom keliatan pd laman statis, padahal penjelasan bang Surya mudah dimengerti. sekian makasi sebelumnya..:)

        Delete
      4. bang aldino bisa tunjukan URL nya? saya akan coba bantu analisa blog atau websitenya, jika menggunakan template yg bukan standar biasanya ada kode yg hilang atau berubah. nanti saya lihat ok. ^_^

        Delete
    7. Terima kasih banyak, kesalahan struktur data saya akhirnya tuntas :) Saya kasi bonus +1 G+ :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. sama2. dan saya ucapkan selamat karena telah berhasil serta terimakasih kepada dwi atas bonusnya ^_^.

        Delete
    8. saya berhasil untuk tahap pertama sudah tuntas, jadi saya tidak melanjutkan yang tahap dua, tapi jam tidak muncul di halaman abut saya, tapi saya cek di structured data sudah beres itu mas. apakah itu tidak menjadi sebuah masalah di kemudian hari mas

      ReplyDelete
      Replies
      1. intinya ada pada structured data, jika masalah sudah hilang. maka tidak akan menjadi masalah. walaupun tidak terlihat di blog atau website kita, namun kode tersebut masih bisa di baca oleh perayap. untuk memastikannya, mas juga bisa lihat sumber kode yg ada pada blog mas. jika kodenya ada. berarti sudah berhasil. bisa juga warna tulisan membuatnya hanya menjadi samar dengan background sehingga tidak nampak oleh kita. kita tunggu sekitar 1 minggu. jika struktur data di webmaster tidak ada masalah hilang updated, maka mas sudah berhasil. jika memang tampilan jam benar2 hilang. maka biasanya yg error adalah ini : Missing Updated. semoga membantu.

        Delete
      2. ya ada warna garis biru di atas, mungkin memang itu. Ok mas terima kasih artikel ini sangat membantu sekali

        Delete
      3. sama2 mas. dan semoga tidak ada masalah lagi pada websitenya.

        Delete
    9. mohopn bantuannya mas, untuk saya gagal

      ReplyDelete
      Replies
      1. bisa dijelaskan gagalnya pada proses apa mas irwin?. saya perlu detailnya agar bisa di teliti. apakah tulisan nama author dan tgl yg hilang, ataukah kodenya tidak muncul?

        Delete
    10. Artikel yang bagus dan bermanfaat Mas Surya, sudah sejak tadi malam saya coba masih saja belum bisa2, maklum baru belajar bikin web sejak 10 hari yang lalu Mas hehe..

      ohya Mas setelah saya ikuti cara di atas kok masih muncul missing update dan missing author y? kira2 knp ya Mas.....
      untuk lebih jelasnya ini : http://s1042.photobucket.com/user/indrasfl/media/missing1_zpsgnq6nf9j.png.html
      dan
      http://s1042.photobucket.com/user/indrasfl/media/missing2_zpsrvqkk4wi.png.html

      kalau berkenan mohon bantuannya Mas, terima kasih sebelum dn sesudahnya. ^_^

      ReplyDelete
      Replies
      1. dari error yg saya lihat, mas irwin memiliki error yg ada pada posting. dan setelah saya cek di blog mas irwin, ada kode yg blm berubah, di source kode yg saya lihat, kode abbr nya masih published. ada 2 kode seperti yg tertulis di atas, yg pertama untuk halaman statis , dan terakhir untuk halaman umum seperti beranda dan posting. dibatasi oleh kode b:else. mungkin ada yg lupa di ubah. dan pastikan juga di setting blogpost telah dicentang.

        sedangkan untuk missing author. kemungkinan masih ada kode yg belum dihapus. kodenya seperti ini . untuk baris kode pertama, dihapus. yg terakhir setelah b:else itu tetap dibiarkan. tapi jika masih error. sebaiknya dihapus saja. tunggu sekitar beberapa hari dulu hingga webmaster update. biasanya 3 hari. paling lama 1 minggu. semoga membantu. ^_^

        oh iya, ini kode yg saya lihat di halaman beranda milik mas irwin

        < abbr class="published" itemprop="datePublished" title="2015-09-28T23:21:00+07:00">23:21 < / abbr>

        Delete
      2. oh maaf, sepertinya di filter oleh system blog, seperti ini kode author yg dihapus. < / b:if cond='data:top.showAuthor' /> tanpa garis miring

        Delete
    11. oke Mas Surya ... trims info dn bantuannya...

      ReplyDelete
      Replies
      1. sama2 mas indra dan terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana ini. kalau ada waktu mungkin kita bisa berbicara di google plus atau fb ^_^

        Delete
    12. Artikelnya pas seperti apa yg terjadi error pada template saya mas, dan tutorialnya sudah saya praktekan semua mungkin tinggal tunggu beberapa hari untuk melihat hasilnya. makasih mas...

      ReplyDelete
      Replies
      1. biasanya 3 - 7 hari bang, dan hilangnya juga tidak langsung, hanya turun sedikit2 saja. saya doakan semoga errornya hilang semua, kalau ternyata tidak hilang, saya akan coba bantu untuk melihat web atau blognya mas zaputra.

        Delete
    13. Replies
      1. sama2 gan java, semoga masalahnya bisa teratasi dan blog atau websitenya maju.

        Delete
    14. Halo Mas Surya,
      Bisa bantu cek blog saya mas apa yang salah. Errornya 349 items dan sudah saya coba perbaiki dari 3 bulan yang lalu tapi tetap saja error yang satu beres muncul lagi error yang lain.

      ReplyDelete
      Replies
      1. halo juga mbak Cecilia, memang beberapa bulan yg lalu ada perubahan baru pada struktur pada blog dan website, sehingga cara diatas hanya akan membantu sedikit dalam memperbaiki error struktur, sejak beberapa bulan yg lalu hingga sekarang belum sempat saya lakukan test, jadi belum ada solusi untuk error yg baru. tolong beritahukan error apa saja yg ada pada blog mbak cecil, saya harap urusan saya segera selesai sehingga saya bisa melakukan test kembali pada blog. jujur saja, milik saya sendiri juga masih error dan blm bisa saya cek hingga saat ini. ^_^

        Delete
      2. oh iya mbak cecilia, saya hampir lupa bahwa error yg beberapa bulan yg lalu telah saya perbaiki. tapi tidak tahu untuk bulan yg ini. silahkan di cek

        https://uyasur.blogspot.co.id/2016/07/mengatasi-error-structured-data-baru.html

        ini untuk error2 yg baru sekitar bbrapa bulan lalu. semoga membantu.

        Delete
    15. Mas Surya tolong saya. Blog saya pada struktur data nya banyyak missing up date missing homelocation. kira-kira masalahnya dimana. template saya bkan bawaan blogger.

      ReplyDelete
      Replies
      1. coba cara baru yg saya tuliskan bang, silahkan di cek disini http://uyasur.blogspot.com/2016/07/mengatasi-error-structured-data-baru.html

        semoga cara tersebut bisa membantu walaupun tidak memakai template standar dari blogger.

        Delete
    16. makasih banget bang.. tapi kalau untuk cara memperbaiki hilang homeLocation Gimana?

      Beritahu kalau udah ada triknya: saipulmuiz87@gmail.com

      ReplyDelete
      Replies
      1. pertama saya mohon maaf baru bisa reply sekarang, kedua, Saya sangat ingin menjelaskannya bang, tpi saya sedang mengalami masalah koneksi dan tidak memungkinkan untuk membantu cek website atau blog yg error. homelocation error dikarenakan informasi yg ada dalam kategori person hilang. selain homelocation, ada nama kita.

        semua termasuk dalam kategori person. untuk solusi, saya blm bisa beritahukan karena saya sendiri blm bisa cek error apa saja yg ada di blog saya. jadi saya blm bisa berikan informasi yg detail untuk memperbaikinya (saya juga tidak mau sok tahu cara memperbaikinya dan malah akhirnya merugikan orang lain, saya harus benar2 bisa mengatasi masalah tersebut dulu). doakan saja koneksi saya kembali normal sehingga saya bisa akses lagi data struktur di alat webmaster. dan saya bisa beritahukan kepada bang saipul jika saya sdh bisa mengatasi masalah tersebut ^_^

        Delete
    17. Gokiieelll... udah lama saya cari cara penyelesaian masalah missing author dan update pada laman/page. Dan akhirnya menemukan atrtikel ini dan alhamdulillah! Done!! hilang tuh masalah...
      Tapi ada tips gak untuk Meta description yang hilang di page/lamannya?? punya saya gada soalnya.

      terima kasih ya infonya..

      ReplyDelete
      Replies
      1. ada bang web. cek di setiap tulisan bang web disebelah kanan, disitu ada menu tulisan deskripsi. tinggal di tulis saja agar meta deskripsi ada. kalau tidak ada fitur tersebut di edit atau tulisan baru bang web. cek pengaturan preferensi penelusuran di menu deskripsi di blog, pastikan diaktifkan. barulah muncul fitur deskripsi di tiap blog. kalau ingin yg manual. maka tulis kode ini didalam tag head.

        < meta name='description' content='tulis apapun disini' />

        tapi perlu di ingat. jika itu ditulis, maka akan muncul di semua halaman baik yg utama maupun setiap tulisan. akan lebih baik gunakan deskripsi di edit tulisan saja agar semua deskripsi tidak sama di setiap tulisan. jika belum mengatasi masalah, silahkan tanyakan kepada saya lagi ^_^ semoga membantu.

        Delete
      2. oh iya sekarang deskripsinya sudah muncul...
        tambahan info min, ternyata hanya dengan menghapus kode dan penutupnya saja, sudah bisa menampilkan author dan updatenya... ini kasus pada template saya yang lain. terima kasih.

        Delete
      3. sama2 pak dan saya juga berterima kasih atas info yg diberikan bpk web outbond. saya akan coba jika ada waktu dalam mengedit template lg nanti. dan semoga tidak ada masalah lagi di kemudian hari. tetap semangat dan sukses selalu buat bpk web outbond ^_^

        Delete

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih