Wednesday, 29 April 2015

Penyebab Laptop Mati Total Serta Solusinya

Advertisement
Ada beberapa Penyebab yang bisa mengakibatkan laptop mati total, dimulai dari processor, Ram, Baterai, kabel Jack (rumah soket charger laptop) dan IC Power. sebenarnya untuk solusinya sudah saya jelaskan sebelumnya. tapi, mungkin lebih baik saya bagi saja menjadi 2 bagian agar bisa dipahami dengan mudah. baiklah, kita mulai saja ok.

1. Melakukan analisa terlebih dahulu.
sebelum mendefinisikan kerusakan pada komponen laptop. ada baiknya kita menguji laptop terlebih dahulu dengan cara melepas komponen secara satu per satu. dimulai dari ram,
kemudian harddisk, CD/DVD (Jika Ada), "wireless Card", dan beberapa komponen lainnya. setelah dilepas, uji laptop tersebut dengan cara menghidupkannya. jika masih belum berhasil, pasang kembali komponen tersebut, lalu lepas komponen yang lain.

2. RAM
permasalahan yang sering terjadi pada ram adalah layar pada laptop menjadi gelap. namun jika terlalu parah, maka akan mengakibatkan laptop mati total. tapi sangat jarang terjadi. namun ada baiknya kita melakukan uji pada ram dengan cara menggunakan ram cadangan.

3. Baterai.
Kegagalan baterai berdampak pada laptop sehingga menyebabkan laptop mati total, untuk mengetahuinya, coba pasang charger di laptop. apabila lampu pada laptop tidak menyala, cobalah untuk melepaskan baterai. lalu pasang kembali charger tersebut. jika lampu pada laptop berhasil menyala, maka bisa dipastikan baterai penyebab utama laptop mati total. tapi jika masih belum menyala, kita lanjutkan pengujian pada charger laptop.

4. Charger laptop.
kerusakan charger bisa pada kabel yang di pasang untuk menghubungkan listrik ke charger. saran saya, gunakan kabel yang lain untuk mengetahui apakah kabel tersebut rusak atau tidak. setelah itu pasang charger tersebut ke laptop. apabila laptop sudah mau menyala, maka kita telah berhasil, namun jika masih belum menyala. kita test charger tersebut menggunakan laptop lain. apabila laptop yang lain normal. maka berarti charger tersebut tidak rusak.

5. Kabel soket Jack (DC rumah soket charger laptop).
permasalahan yang satu ini paling sering saya temui saat memperbaiki laptop. DC Jack atau tempat kita memasang charger mengalami keretakan di bagian kaki pin DC Jack tersebut. dan agar bisa memperbaikinya, kita harus membuka Casing laptop tersebut agar bisa melakukan solder dan memperbaiki timah pada kaki DC Jack yang mengalami keretakan tersebut. jika kurang dipahami. kita sebut sebagai tempat colokan charger laptop yang biasanya sudah lemah akibat suhu panas laptop.

6. IC Power Laptop Rusak.
Laptop mati total karena IC Power rusak, gunanya ini adalah untuk menghubungkan antara charger, baterai dan tombol On/OFF laptop. jadi jika ini rusak, otomatis akan mengakibatkan mati total, tombol yang tidak respons saat ditekan dan sebagainya. jadi silahkan ganti komponen ini dengan yang baru. kamu bisa dapatkan komponen ini di toko laptop terdekat. dan sesuaikan dengan nomor seri komponen tersebut.

beberapa solusi juga telah saya tuliskan pada posting saya yang dulu. silahkan baca tentang solusi memperbaiki laptop mati total.

demikian pembahasan kita tentang beberapa penyebab laptop mati total beserta solusinya. sampai bertemu lagi pada posting saya yang lain. dan salam hangat dari saya (Uya Sur).
Recent Posts

    2 comments:

    1. pembahasannya lengkap bang, saran dikit akan lebih baik kalau ada gambarnya... jadi orang awam juga bisa belajar yah minimal tahu seperti apa bentuknya bagian yang rusak meski tidak berani memperbaiki sendiri

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sementara ini saya belum bisa membuatkan gambarnya bang. nanti kalau dah ada gambarnya, pasti akan saya update konten ini bang. yang lain juga akan saya isi. jadi tenang saja. pasti nanti ada gambarnya. slow tapi pasti ^_^ hehehe

        Delete

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih