Sunday, 19 April 2015

Penyebab Sitemap Lama Terindex (Webmaster)

Advertisement
Setelah saya melakukan analisa dan mencari informasi permasalahan yang saya miliki termasuk rajin membaca di halaman bantuan google, saya menemukan wawasan baru. dan karena sitemap saya yang biasanya bertambah index setiap 1 sampai 2 hari sekarang menjadi agak sedikit lama untuk bertambah indeks. mungkin kamu juga pernah mengalami hal seperti yang saya alami, dan setahu saya, ada juga yang menunggu hingga 1 bulan lebih namun sitemap tetap tidak berubah sedikitpun. ada beberapa penyebab sitemap menjadi lama untuk di index atau bahkan tidak di indeks sama sekali. apa sajakah penyebabnya? mari kita belajar bersama.

1. masalah kecepatan Blog atau website lambat.
Penyebab pertama yang mengakibatkan sitemap menjadi lama untuk di index adalah kecepatan blog atau website yang sangat lambat. sehingga waktu berkunjung perayap habis sebelum sempat menyelesaikan indeks di setiap posting kita. biasanya permasalahan ini terjadi karena terlalu banyak script javascript, eksternal css dan sebagainya. namun bisa juga hal lainnya yang bisa mengakibatkan permasalahan tersebut terjadi. untuk blogger, saran dari saya gunakan widget yang paling penting dan tidak memberatkan loading blog kita. dan kamu boleh menambahkan sitemap lagi menggunakan atom xml untuk proses index sitemap. bagi kamu yang punya pengunjung banyak, maka biasanya proses index akan lebih cepat karena permintaan pengguna di halaman pencari juga banyak sehingga perayap akan datang untuk mengambil URL yang diminta.

2. masalah pada Duplikasi konten internal.
URL berbeda, namun mempunyai isi konten yang sama.hal tersebut dianggap sebagai duplikasi konten internal. kamu pasti tahu tentang internal, jika belum tahu, internal artinya masalah di dalam blog sendiri. konten dengan URL yang lama terdeteksi sama dengan konten yang mempunyai URL baru. ketika perayap melihat isi yang sama dengan konten yang sebelumnya telah di index. maka perayap tidak akan melakukan index lagi pada URL baru tersebut. dan akhirnya ,indeks sitemap tidak akan bertambah namun URL yang kita miliki tetap ada dan tampil di halaman pencari (tetap terindex namun tidak bertambah di sitemap).

nah, karena inilah penyebab sitemap tidak terindex atau tidak berubah sedikitpun walaupun kamu tunggu hingga 1 bulan atau lebih. jadi pastikan kamu tidak mempunyai masalah duplikasi konten internal. lalu bagaimanakah cara kita mengetahui jika memang ada duplikasi konten internal di blog atau website kita?

untuk mengetahui duplikasi konten internal,  buka akun webmaster kamu, lalu buka menu "penyempurnaan HTML" yang berada di dalam menu "tampilan penelusuran". disitu kamu bisa melihat beragam error yang ada di blog atau website kamu sendiri. dalam 1 atau 2 hari mungkin masalah tersebut belum muncul jika URL masih baru. tapi biasanya 3 hari sampai 1 minggu akan terlihat masalah tersebut. dan pastikan kamu tidak memblokir URL tersebut melalui robots.txt agar error bisa ditampilkan di fitur penyempurnaan HTML (jika memang ada error). kalau pengalaman saya  waktu itu ada error duplikasi meta content. kemudian saya cari informasi tersebut di halaman bantuan google tentang masalah sitemap dan akhirnya menemukan informasi tersebut. semoga panduan ini menjadi ilmu yang paling bermanfaat buat kamu agar kita lebih teliti lagi dalam melakukan perubahan pada blog atau website kita.

di dalam fitur penyempurnaan HTML, ada tulisan "terakhir diperbarui tanggal". kalau saya hitung, sekitar 3 hari atau lebih untuk melihat update baru. nah dalam jangka waktu tersebut, akan ada pemberitahuan jika memang ada masalah pada konten blog sendiri, atau permasalahan pada judul blog dan sebagainya. jadi, lihat tanggal yang ada di fitur tersebut. setelah kamu membereskan masalah yang ada, tunggu hingga tanggal update berikutnya. kadang butuh waktu 1 minggu atau lebih untuk perubahan yang maksimal. jadi jangan tergesa-gesa untuk melakukan perubahan jika error belum hilang. untuk mengatasi masalah duplikasi konten internal, akan saya tuliskan di posting saya yang lain. ok kita lanjutkan ke bagian 3.

3. perubahan struktur pada blog atau website.
saat kita mengganti template atau mengubah struktur blog dan website, maka perayap akan melakukan index ulang pada struktur blog dan website kita. sehingga menyebabkan index pada sitemap dan konten menjadi tertunda. ibaratnya, ketika kita sedang analisa sebuah kotak hari ini, pas besoknya kita kembali, kotak tersebut berubah menjadi segitiga. nah maka kita akan melakukan analisa lagi. jadi apa yg ada di dalam kotak tersebut belum sempat kita analisa. begitulah ibaratnya. nah seperti itu juga saat perayap melakukan index, ketika kita mengganti template atau merubah struktur kode yang ada di blog. maka perayap akan melakukan index ulang pada struktur blog dan website yg baru serta memastikan tidak ada yg error dan hilang. kalau ada, pasti halaman 404 kamu yang dipilih dari URL lama. he...

saran dari saya, jika kamu sudah perubahan template atau struktur blog dan website. maka kamu harus menunggu sekitar beberapa hari, minggu atau bulan untuk index ulang. itu cuma saran, saya sendiri juga tidak tahu kapan perayap datang dan melakukan index halaman kita.

4. jangan terlalu banyak mengirim atau menerbitkan posting sebelum sitemap sepenuhnya di index.
nah, hal ini sering di alami para pemula seperti kita ini. sitemap yang belum sepenuhnya terindex sudah di isi dengan tambahan posting baru. jika terus seperti ini, bukannya bagus tapi kamu malah bisa di anggap sebagai seorang spam dan akhirnya seluruh URL yang ada sitemap tidak akan di index lagi. jadi hindari posting yang terlalu banyak dalam 1 hari. maksimal yg saya ketahui adalah 1 post per hari. kalau saran yg saya baca di halaman bantuan google, setidaknya dalam 1 minggu, update 1 artikel saja. alasannya mudah, demi kebaikan blog kita juga, jika ada konten yg bermasalah, maka perayap akan memberitahu kita. dan kita akan bisa memperbaikinya. kamu tahu sendiri kan, kalau perayap mesin pencari itu hanya ada 1. jika kamu menerbitkan artikel yg banyak,  jika ada masalah di webmaster kamu, maka belum tentu perayap sempat memberitahukan error tersebut. seseorang pernah berkata, perayap suka dengan konten yg baru. bagaimana dengan konten lama, sempat di index belum? he...

sederhana bukan, sebaiknya perbaiki dulu semuanya, setelah normal kembali, kamu bisa menerbitkan tulisan baru lagi. sebagai contoh, sitemap terindex 20/10 mungkin masih bisa di anggap normal, tapi jika 20/1 terlalu banyak bukan. yang dihitung bukan jumlah posting, tapi berapa banyak posting yang dirayapi dalam 1 hari. kalau misal jumlah sebelumnya 20/1 walaupun kamu menerbitkan dalam jangka waktu tertentu. itu sama saja hitungannya kamu posting 19 artikel dalam 1 hari. penyebab lainnya seperti yang telah saya sebutkan di nomor 1 dan 2. sehingga perayap(spider) menunggu perayapan ulang hingga index pada struktur blog dan website selesai. jadi pastikan semua masalah dibereskan sebelum melanjutkan posting. itulah tugas seorang webmaster yang baik dan professional termasuk seseorang yang bertanggung jawab dalam menangani blog atau website yang dia miliki.

5. jangan berkomentar sembarangan.
yang satu ini pasti kamu tahu, blogger pemula seperti kita tahu dengan yang namanya backlink. tapi apakah kamu tahu kalau backlink itu mempunyai kualitas atau tidak dan bahkan tidak sesuai dengan kriteria yang dimiliki oleh blog kamu? dari informasi yang saya ketahui, terlalu banyak backlink dalam satu hari akan dianggap sebagai spam komentar. kalau sudah terjadi, biasanya halaman yang sudah di index menjadi berkurang dan akan ada pemberitahuan di menu "tindakan manual". jadi berhati-hatilah jika kamu tidak ingin mendapatkan masalah seperti itu. tulisan berkualitas pasti akan mendapatkan backlink yg sehat dan berkualitas juga. dan jangan lupa berkomentar lah dengan bijak dan benar. itulah blogger sejati.

nah sekarang kamu sudah paham semua permasalahan yang ada. mungkin beberapa dari tulisan saya ini , ada yang terlupa untuk menuliskannya disini. tapi, semoga ini cukup membantu kamu dalam mengatasi permasalahan sitemap. dan agar sitemap kamu lebih cepat di index dalam webmaster. baca posting saya tentang cara agar konten artikel cepat di index.

demikian pembahasan kita tentang penyebab sitemap menjadi lama terindex di webmaster. jangan lupa berkomentar jika ada panduan yang kurang dipahami. dan semoga ilmu pengetahuan ini bisa memperluas wawasan dan menjadi solusi buat kamu agar bisa mengurangi kesalahan kita sebagai pemilik blog lama maupun baru, dan juga sebagai pemilik website. mohon maaf jika ada salah kata. kita semua disini bersama-sama belajar termasuk saya sendiri yang juga sedang belajar.
Recent Posts

    92 comments:

    1. Terimakasih informasinya, yang ingin saya tanyakan mengenai index gambar, kenapa sangat berbeda jauh dengan index laman?

      Index laman situs saya selalu penuh, namun index gambar berjarak sangat jauh dari terindex. Mungkin dapat dijelaskan penyebab dan cara mengatasi permasalahan tersebut. Terimakasih.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Pertama, bpk lexi pastikan dulu di robots.txt atau apapun yg ada. pastikan bahwa nama perayap Googlebot-Image tidak di blokir. karena setahu saya, pengguna wp biasanya memiliki blok pada hal tersebut. ada juga kita telah salah setting di blog. jadi pastikan semuanya tidak di blok. bisa juga karena gambar terlalu besar sehingga proses index pada gambar sangat lambat. rata2 gambar yg saya miliki sudah saya kompres ukurannya menjadi kecil. untuk masalah lainnya. pastikan juga url gambar yg bpk miliki tidak memiliki atribut no follow karena jika diletakkan di tempat lain. perayap tidak akan mengindex nya karena perintah no follow.

        untuk penjelasan no follow sendiri secara sederhana adalah seperti ini. jangan ikuti Url ini. perbedaannya jika di tempat sendiri. maka perayap akan tetap melakukan index. sedangkan jika diluar dari tempat kita. maka perayap tidak akan melakukan index. semoga bpk paham dengan penjelasan saya. dan mohon maaf jika ada yg terlupa saya tuliskan.

        hal lainnya adalah masalah pada sitemap gambar kita. (pengalaman saat pakai wp). koneksi membuat gambar sangat lambat dimuat. akhirnya sesi perayap pun habis untuk merayap.

        Delete
      2. kepada bpk lexi, saya telah analisa website bpk. saran saya, ganti plugin sitemap yg di pakai dengan yg sederhana, saya lupa nama pluginnya. memang bermasalah sitemap itu pak. mungkin karena tidak kompatibel dengan wp bpk. saya kemarin juga mengalami hal yg sama. akhirnya saya pakai sitemap yg sederhana dan sekarang berjalan lancar.

        Delete
    2. Sangat membantu sekali mas artikelnya terimakasih telah mengupdate dan share tips dan triknya.kalau tempat saya gimana ya mas sejak saya buat blog langsung saya ganti dengan domain tetapi malah proses indexs nya sekarang menjadi lebih lama.
      kira kira apakah saya harus menunggu dulu untuk terindexs semua artikel saya baru saya buat postingan yang baru ?
      terimakasih jangan lupa berkunjung balik di blog saya yang sederhana ini :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Dari Halaman bantuan webmaster yg saya baca, untuk perpindahan domain lama ke baru, sitemap biasanya memang sedikit lama untuk di index. hal tersebut karena perayap 2x kerja, yaitu mengambil sitemap lama dan dipindahkan ke baru. dan proses tersebut biasanya berlangsung hingga 1 sampai 3 bulan. dan pastikan domain lama memberikan informasi kode 503 (pindah) dengan benar. bisa di cek di "Ambil Sebagai Google".

        mbak juga bisa menambahkan sitemap baru. saya ada buat 4 sitemap yg setidaknya membantu mempercepat index. bisa di baca di tulisan saya yg dulu tentang Cara agar konten artikel cepat terindex. disitu mbak bisa lihat 4 kode sitemap yg telah saya buat.

        untuk menulis, selama proses perpindahan domain, kita memang diharuskan untuk selalu update artikel, dan setidaknya dalam 1 minggu ada satu artikel baru. begitu informasinya. untuk blognya, saya akan berkunjung ^_^ . semoga info ini membantu mbak. dan mohon maaf jika ada yg terlupa saya tuliskan.

        Delete
      2. oh maaf, ada sedikit edit buat mbak annisa, server memberikan kode 301 yg menandakan bahwa domain tersebut pindah ke baru. bukan 503.

        Delete
    3. terimakasih sebelumnya, saya tertarik dengan poin no 2, karena di data webmaster saya memang banyak duplikat konten internal, ada cara untuk menangani nya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. menurut apa yg saya alami beberapa waktu lalu, butuh waktu 1 bulan agar bisa duplikat konten tersebut bisa hilang. yaitu dengan mengubah judul serta deskripsi blog kita. mungkin bisa kita tambahkan beberapa kata agar tidak sama dengan judul dan deskripsi lama blog kita bang. dan jangan lupa juga untuk menambahkan beberapa tulisan yg ada pada konten lama kita agar menjadi baru. semoga membantu.

        Delete
    4. saya belum juga terindeks gan... :(

      ReplyDelete
      Replies
      1. ada cara lain yg bisa digunakan mbak anekaria, yaitu dengan menghapus yg lama namun isi tetap disimpan, lalu kemudian tunggu hingga beberapa hari atau minggu. lalu kemudian terbitkan kembali dengan judul dan isi yg sedikit bertambah atau berbeda, semoga membantu. dan pastikan tidak ada error pada sitemap kita. bisa kita cek dengan memilih sitemap tersebut. kita juga bisa test dengan cara akses ke sitemap untuk memastika load sitemap cepat.

        Delete
    5. Tolong di lihat apa yang kurang mas....
      bukudanskripsi.blogspot.com

      ReplyDelete
      Replies
      1. hmm. apakah umur blog mbak erika sudah lewat 6 bulan. menurutku, tidak ada yg kurang. cuma usahakan dalam 1 tema saja. misalnya jika tentang komputer. maka yg dibahas adalah kategori digital elektronik. yaitu, laptop, komputer. untuk masalah kecepatan. bagus. untuk gambar sepertinya hilang di saya. biasa, provider saya seluler. he... ^_^

        Delete
    6. mas index saya kok lama
      cuman 40 itu...habis itu udah ga nambah2
      padahal artikel selalu nambah

      udah sumbit sitemap
      udah verifikasi googlewebmaster

      cmn belum d fetch

      ReplyDelete
      Replies
      1. paling lama adalah 3 bulan. jika belum bertambah, sebaiknya mas alex gunakan fetch ke url sitemap milik mas alex untuk memastikan tidak ada error 404 dan masalah lainnya. kadang ada juga masalah DNS timeout dan error yg menyebabkan crawler tidak bisa melakukan akses ke sitemap kita. pastikan juga robots.txt milik mas alex tidak memblokir akses ke sitemap. semoga membantu.

        Delete
    7. terimah kasih infonya, yang saya gak berubah2 tampilan blog di webmaster, memang saya tamplatenya, terus gimana solusinya agar tampilannya terindeks gitu maklum nih baru bloger pemula.

      ReplyDelete
      Replies
      1. untuk mas riko, bisa dijelaskan lebih detail. misalnya apa yg mas riko inginkan lalu permasalahannya. apakah mas riko ingin menggunakan template lain yg standar atau dari tempat lain lalu kemudian tampilan tidak berubah?

        jika iya, mas riko bisa gunakan costum yg ada di menu template blogger. untuk masalah indeks, apakah mas riko sudah submit situs yg mas miliki ke google webmaster? dan apakah sudah submit sitemap? jika sudah semua. berarti hanya tinggal menunggu. paling lama 3 bulan. tapi untuk memastikan semuanya, mas riko bisa ketik ini di google search.

        site:yourdomain[dot]com

        itu untuk memastikan apakah situs yg mas miliki sudah terindeks atau belum. semoga membantu.

        Delete
    8. Mas saya telah membaca artikel mas tentang penyebab sitemap lama terindex dan saya juga sudah baca commentnya,ilmu yang cukup menarik mas...
      kalau boleh saya mau ajukan sedikit keluhan mas tentang artikel terkait di atas, belum lama ini blog saya juga mengalami penurunan index yang derastis mas bisa diblang 20/1,yang jadi pertanyaan kenapa setiap saya pos artikel dan ambil sebagai google saya cek sitemap di webmaster jadi tertunda padahal sitemap sudah terkirim sebelum nya,saya tunggu sampai 15 atau 30 menit baru terkirim lagi dengan indek yang masih belum bertambah juga,mohon solusinya mas terimakasih...
      sukses slalu buat mas...

      ReplyDelete
      Replies
      1. pertama, saat sitemap di cek menggunakan tool ambil sebagai google di webmaster namun mengalami masalah seperti dns timeout, connection error. atau masalah lainnya, bisa dipastikan index pada sitemap akan mengalami penurunan, ini karena saat crawler (robot) tidak bisa membaca sitemap kita, maka dia akan menganggap isi tersebut sebagai kosong atau konten sudah tidak ada. tapi saat di cek ternyata sitemap tidak mengalami error, maka akan membutuhkan waktu beberapa hari atau minggu untuk index kembali.

        untuk memastikannya, coba bang modi lihat di fitur sitemap webmaster, apakah ada tanda seru seperti tanda darurat ( ! ). jika tidak ada, coba di klik detailnya, misalnya pilih sitemap.xml, setelah itu lihat di bawah, ada info detail kesalahan. jika normal saja, berarti tidak ada masalah, maka bang modi tinggal menunggu sekitar 3 bulan. biarkan saja, jgn lakukan submit sitemap.

        kedua, bang modi cek menggunakan search engine google. dengan cara mengetik site:http://situskamu.com. cek satu persatu. jika semuanya sesuai dengan judul konten kita. maka bisa dipastikan normal.

        ketiga, cek bagian robots.txt abang bisa gunakan fitur pengujian robots.txt, pastikan url yg menuju ke sitemap bang modi tidak di blokir.

        ini contoh sitemap saya.

        User-agent: Mediapartners-Google
        Disallow:

        User-agent: *
        Disallow: /search
        Allow: /

        Sitemap: http://blogsaya.com/sitemap.xml

        user agent adalah semua crawler/robot. jadi kita memberitahukan kepada semua robot bahwa inilah sitemap kita dengan kode sitemap :.

        semoga membantu. dan silahkan bertanya lagi. jangan sungkan bang ^_^

        Delete
      2. oh iya, terkadang sebuah template juga bisa membuat error. jadi silahkan cek juga URL salah satu konten kita bang. kalau saya cek situs bang modi, saya hitung ada 40 konten yg terindeks termasuk halaman utama, kalau saya lihat URL kontennya, kebanyakan Tag yg di indeks, mungkin sitemapnya berbeda, abang bisa tambahkan sitemap lainnya dan pastikan arahnya langsung ke konten, bukan ke tag. termasuk kategori berarti. ^_^

        Delete
    9. ane ada domain terus tak hapus . dan domain lamanya yang masih terindex google . ya jelas not found lah . harus berapa lama nunggu agar google kembali index sub domain saya ?

      ReplyDelete
      Replies
      1. apabila ada sub domain, supaya di index, mas adam muiz harus arahkan domainnya ke subdomain dengan pesan 503. atau kalau mau lebih simple, daftarkan kembali di bagian alat webmaster, caranya pilih tambahkan properti di beranda webmaster, terus isi subdomainnya (sama seperti menambahkan domain). terus submit sitemap (optional kalau ada robots.txt), contohnya uyasur[dot]blogspot[dot]com, blog ini juga pakai subdomain, domainnya adalah blogspot[dot]com. kecuali di domain abang ada arah menuju ke subdomain, barulah terindex namun tetap dengan domain asal.

        jadi jika mas adam mau cek apakah sudah di index atau belum, bisa dilihat dari properti yg sudah di tambahkan tadi serta bisa cek sitemapnya juga. terakhir cek di google pencarian dengan kata site:yourdomain[dot]com. semoga membantu mas adam.

        Delete
      2. maksud "daftarkan kembali di bagian alat webmaster" submit url ke google ya mas ? masih tetep yang terindex domain .xyz saya ,bukan .blogspot[dot]com yang dulu .

        kalau cara "arahkan domainnya ke subdomain dengan pesan 503" gimana lebih jelasnya ?

        mohon pencerahannya :D

        Delete
      3. saya tanya dulu sama bang adam, apakah bang adam memiliki akun google webmaster? jika ya, bang muiz pasti tahu kan cara tambahkan blog atau domain baru kan?

        nah subdomain itu ada 2, yg standar adalah www. sedangkan yg lain juga bisa. dan bisa juga dibelakang atau di depan seperti contoh ini . subdomain[dot]com/subdomain.

        tapi kalau menurut saya, pasti yg wwww, bener gak?
        nah, jika mas adam muiz bisa, tambahkan subdomain bang muiz tadi. jika domain bang muiz masih tergabung dengan subdomain, bang muis harus setting di akun webmaster, caranya . masuk ke akun beranda google webmaster bang adam, terus pilih domain mas yg ada subdomainnya td (sudah di tambahkan sebelumnya).

        biar lebih paham saya berikan contoh. ^_^
        sebagai contoh, di beranda akun webmaster saya ada 2 site yg tampil yaitu domainsaya[dot]com, lalu dibawahnya ada sub[dot]domainsaya[dot]com (kedua site ini sama kan yaitu domain dan subnya). kemudian saya pilih salah satu domain yg saya miliki yaitu domainsaya[dot]com, trus saya pilih ikon roda gigi di bagian atas sebelah kanan. lalu pilih setelan situs, kemudian saya pilih subdomain sebagai yg di inginkan. jadi nantinya yg di indeks adalah subdomain saya. bagaimana mas adam? semoga bisa dimengerti. tapi kalau masih gagal juga, silahkan bertanya lagi dan tuliskan nama domain serta subdomainnya sebagai detail agar bisa saya analisa ^_^.

        untuk pesan 503, mas ada harus bisa mengakses template HTML atau PHP dan javascript dari website mas. terus bikin kode seperti ini

        kode PHP :
        header("subdomainmu.com")

        kode HTML :
        meta http-equiv="refresh" content="0; url=httpcontoh.com/"

        kode javascript :
        window.location = "subdomainkamu.com";


        kalau saya tuliskan kodenya mungkin ada saja yg di filter.
        untuk HTML harus ada tanda < dan /> di awal dan akhir. biar berfungsi. itu untuk redirect ke halaman baru, set saja subdomain mas. pesannya pasti 503 kalau tidak salah. cek di alat ambil sebagai google.
        semoga membantu. dan semoga dipahami juga. hehehe ^_^

        Delete
      4. akun GWT punya , tapi belum faham

        Sub Domain www.aziuzui.blogspot.com
        Domain www.aziuzui.xyz

        Tolong pencerahanya

        Delete
      5. baiklah, saya sudah cek domainnya, berarti yg aktif adalah xyz ya? dan aslinya dari blogger kan? saya test sub domainnya langsung di arahkan ke domain. itu sudah termasuk 301, kemarin salah, perasaan saya 503. hehehe

        lanjut, dan yg aktif adalah domainnya, jadi wajar kalau yg di index adalah domainnya.

        sebenarnya kita tidak perlu melakukan apa-apa untuk perpindahan dari subdomain ke domain baru, walaupun kita ganti domain. membutuhkan sekitar 3 bulan paling cepat. biarkan proses perpindahan ditangani oleh para ahli GWT. tapi kalau mau manual juga bisa, tapi tidak menjamin berapa lama. kemarin domain saya sekitar 1 bulan, tapi index sitemapnya juga blm selesai sampai penuh. sekarang sudah penuh. untuk caranya bisa abang lihat di bawah nanti. lanjutkan baca komentar panjang saya.

        jadi maksud bang adam begini, bang adam memiliki 2 domain, yaitu domain lama dan baru, bener kan? sebelum ada 2 domain tersebut, bang adam memiliki subdomain dari blogger. terus bang adam dpt 1 domain, yaitu domain lama, dan kemudian subnya di arahkan ke domain lama tersebut. lalu kemudian bang adam memiliki 1 domain lagi yaitu domain baru. begitu kan ceritanya? nah bang adam sudah menghapus domain yg lama dan ternyata masih tetap di index.

        jadi begini bang. abang masuk ke akun GWT nya, terus cek di beranda, lihat apakah domain lama masih ada dalam list. nanti kabari saya lagi.

        untuk domain baru agar di index, abang harus beritahu pihak GWT bahwa subdomain abang pindah ke domain baru. jadi caranya pilih subdomain blog abang yaitu aziuzui blogspot, lalu pilih ikon roda gigi, terus pilih perubahan alamat. disitu kita ada 4 syarat yg harus dipenuhi.

        1. pilih situs baru dari daftar, wajib harus sudah menambahkan daftar domain baru yaitu xyz(jika memang dipindah ke xyz) di beranda WGT abang (sudah masuk dalam List).

        2. pastikan kode 301 berfungsi dengan benar, caranya pilih tombol periksa

        3. konfirmasi kepemilikan situs, apakah masih ada atau tidak. (maksudnya domain baru yg dimiliki sudah diverifikasi).

        4. pilih tombol kirim untuk memberitahu pihak GWT bahwa domain sudah dipindahkan.

        perlu di ingat pesan ini : jangan menggunakan Alat ini kecuali domain memang dipindahkan. karena untuk masa perpindahan domain nanti para pengunjung akan menurun. dan nantinya akan naik kembali seperti biasa. selama masa perpindahan, rajin saja update post. ok

        semoga bang adam paham maksud saya. ^_^

        Delete
      6. Gak jadi pindah deh :'v btw setelah di pikir-pikir, pergantian index url dari google nya juga agak lama. budget mau beli Domain+Hosting baru juga lagi bokek . sebenarnya pengen ganti karena Brand saya sulit di eja sama orang aziuzui <== Pasti orang2 sering keliru kalau suruh ngetikin . sebenarnya saya mau beli Domain dengan nama mendekati Keyword misal fullapkz.com nah gitu kan enak .
        1.tapi apakan Domain selain .com bakalan sebagus .com?
        2.apakah Domain .xyz berisi konten link Download dapat di terima Adsense?
        Makasih mas atas pencerahannya , seneng bisa kenal sama mas Sur :D Nambah-nambah ilmu dan wawasan.

        kalau ada waktu juga bisa kunjung balik di azizui[.]xyz
        Nilai Blog saya, biar bisa tau kekurangannya :)

        Delete
      7. sip bang, kapan2 saya pasti akan berkunjung. sebenarnya masalah domain tidak masalah kok. malah saya dulu diterima dengan domain cf , panjang juga kok namanya. buktinya masih ada. silahkan lihat blog lama saya yg telah berubah nama menjadi ilmukomputerterbaru.cf, itu awal saya diterima, dulu namanya blogspot ^_^. diterima atau tidak sebenarnya ditentukan oleh para pengiklan, banyak pengunjung, maka akan ada harapan untuk diterima. tergantung mereka melihatnya. apakah tertarik atau tidak. jadi template sederhana pun tapi menarik akan ada harapan. warna dan tulisan pastikan mudah di baca. menurut saya ada transparan kurang bagus untuk mata. yg simple saja tapi pasti. dan gambar yg mas pasang atau miliki pastikan bukan gambar yg di ambil. milik sendiri saja yg tidak ada atau sama di google pencarian.

        kalau masalah donlod, sebaiknya diperhatikan. jgn ada yg seperti (SRL, BJK) dan sebagainya yg melanggar peraturan. silahkan baca halaman bantuan google adsense.

        sebagai catatan, blog bang adam setidaknya harus berumur lebih dari 6 bulan. itu sudah peraturan untuk Asia.

        untuk URL sebaiknya minta ijin sama pemiliknya, kadang ada orang yg tidak bisa menerima sumber dari kita lalu melaporkannya. jadi ada baiknya minta ijin atau tidak ada URL (hanya tulisan saja). contoh seperti yg saya ketik diatas. tidak mengarah ke apapun kecuali di salin.

        alternatif lain, bang adam bisa daftar lewat youtube selagi menunggu blognya ramai. karena setahu saya disitu pasti diterima, nanti klo dah ramai baru tambahkan untuk blog. sekalian verifikasi kan. semoga membantu bang. dan semoga saya tidak ditegur. kalau kena ^_^ mau tidak mau harus saya hapus. jadi mohon maaf ya kalau ada yg terhapus komen ini atau anda. demikian informasi yg saya kumpulkan dan baca sewaktu saya berusaha dulu. dan semoga membantu bang adam.

        Delete
      8. wah, blog saya yang aziuzui memang tidak ada harapan untuk Adsense. itu Blog untuk Download, dan sumbernya juga kadang kutip sebagian :3 tau sendiri lah ...

        mungkin blog itu saya buat penghasilan dari Download link.
        btw penyedia iklan adakah yang mau nerima blog mengandung SRL (adf*ly) ? kalau ada minta rekomendasinya kalau tau :D

        Delete
      9. coba saja bidver2tiser bang, hilangkan tanda 2 nya. awal sih itu. tapi bisa saja cari di google bang.

        Delete
      10. Oke makasih rekomendasinya , di coba dulu :D

        Delete
      11. sama2 bang. saya doakan agar bang Muiz sukses. sebagai tips tambahan. jgn pasang lebih dari 3 tempat. kalau lebih hanya akan mengurangi pendapatan kita, dan juga memperlambat blog kita. kemarin pengalaman. saya pasang 3 di blog saya kotaknya. terus tambahin yg biasa, yg sering muncul kalau datang. jadinya kan totalnya 4. eh lama nunggunya. ternyata setelah dikurangi. malah mulai meningkat bagus.

        jadi sarannya, sering2 baca panduan dan peraturan biar manthap. sukses selalu mas adam dan semoga membantu ^_^

        Delete
    10. cie cie yang sudah di acc :'v ngiri bener saya
      Bidver2tier sudah tak coba 380 klik gk di hitung sama sekali . kan ah sudahlah .
      padahal natural :'(

      ReplyDelete
      Replies
      1. waduh, yg bener bang natural? hehehe

        kalau begitu ke rev2enuehi2ts ja bang (Hilangkan tanda 2 nya), itu adalah alternatif jika tidak berhasil di terima bang. kalau mau sekalian bantu juga bisa lewat saya. hehehe.

        via payoneer. saya kemarin sempat daftar, tp karena diterima. saya pindahkan ke tempat lain.

        Delete
    11. Om muhammad surya darmawan,saya newbie nh,bisa di cek utk website saya www.pgc.web.id minta masukannya om. Mksh

      ReplyDelete
      Replies
      1. buat bang adi, sebenarnya sudah bagus kok. tapi sebaiknya untuk website jualan menggunakan warna yg sedikit terang, seperti biru, merah dan sebagainya. karena warna hitam (walaupun jarang) hampir termasuk dalam kategori sebagai website underground (maaf). dan hal tersebut kadang mempengaruhi posisi rank kita. hal lainnya adalah pastikan websitenya (tulisannya) usahakan di tengah. klo saya lihat, bpk adi menggunakan CMS Wp ya?

        ada beberapa template WP yg khusus digunakan untuk tipe jualan. jadi bapak bisa gunakan template tersebut. untuk letak tulisan, itu sudah pas. hanya sedikit revisi biar meningkat. ^_^ semoga opini saya membantu.

        Delete
      2. oh pastikan juga tulisannya memiliki 3 - 5 judul dalam 1 page (kecuali halaman yg ingin di baca) saya sebut sebagai page statis setelah judul pilihan di klik, kalau hanya 1 masih dianggap sedikit walaupun ada prev dan next nya.

        Delete
    12. selamat malam mas muhamad surya darmawan perkenalkan nama saya riswanto, terimakasih sebelumnya atas sharing ilmu yang sudah di bagikan di atas dan artikel tersebut sangat membantu sebagai pemula/newbie di blogger, kasus saya juga sama seperti rekan-rekan di atas yang terindeks turun drastis banget kalau ngga salah sebelumnya yang terindeks sudah mencapai 190 turun jadi 64 dan yang terkirim sudah 214, kira-kira kesalahannya di mana ya mas dan jika berkenan coba di intip blog untuk jualan saya mas di http://pusatbajumuslim-modern.blogspot.co.id

      Terimakasih ya mas

      ReplyDelete
      Replies
      1. saya lihat baik2 saja bang. kecepatan juga bagus. kita telusuri dulu penyebabnya ok.

        1. apakah sebelumnya indeks tersebut ada di nama blog lama dan telah pindah?
        2. ada pergantian template baru2 ini?
        3. ataukah error 404 di google webmaster?
        4. apakah ada masalah DNS timeout dan sebagainya (tanda seru) di submit sitemap (list sitemap) ?

        menurut saya, biasanya indeks turun disebabkan adanya 4 masalah yg sudah saya tanyakan di atas serta yg saya jelaskan di post. ada juga yg lain, yaitu robots.txt memblokir perayap. tapi saya cek default, jadi tidak ada masalah.

        saya juga cek sitemap blog mas riswanto, apakah abang submit sitemap seperti URL di bawah ini?

        http://contohdomain.com/sitemap.xml atau hanya sitemap.xml

        jika ya. maka sebaiknya tambahkan sitemap yg lain. karena jika mas kunjungi URL tersebut, jumlahnya kurang. kemungkinan terpotong. jadi mas bisa tambahkan sitemap yg lain yaitu :

        contohdomain[dot]com/atom.xml?redirect=false atau atom.xml?redirect=false

        jadi pas submit berarti atom.xml?redirect=false. pastikan juga setting blognya di menu setelan - lainnya - umpan situs atau feed di blognya adalah singkat dan URLnya seperti yg diatas, biar perayap juga bisa akses lebih cepat. semoga membantu.

        Delete
      2. Terimakasih mas muhamad surya darmawan atas jawaban yang sangat membantu dan menjelaskan secara detail.
        1. apakah sebelumnya indeks tersebut ada di nama blog lama dan telah pindah? (Untuk nama blognya baru mas)
        2. ada pergantian template baru2 ini?(iya kalau template akhir-akhir ini baru di ganti ya sekitar 3 minggu yang lalu)
        3. ataukah error 404 di google webmaster?(kalau eror 404 di webmaster tool sih ngga muncul mas)
        4. apakah ada masalah DNS timeout dan sebagainya (tanda seru) di submit sitemap (list sitemap) ?(kalau ini juga ngga muncul sih tanda seru)

        dan akhir-akhir ini juga saya ada ganti mas di robot.txt tadinya pakai default dan saya ada baca-baca di blogger yang banyak membahas masalah pengaturan di robot.txt dan saya ganti seperti yang di terangkan blogger tersebut dan hasilnya indeks palahan menurun, tetapi setelah saya baca yang pengaturan robot.txt yang mas jelaskan di atas dan saya terapkan alhamdulillah naik lagi mas, dan kalau boleh minta pendapat untuk tambahkan sitemap sampai berapa ya mas soalnya saya sudah pakai 7?

        Termakasih mas

        Delete
      3. maaf saya baru membalas mas, untuk sitemap sebenarnya cukup 2 atau 4 saja, semakin banyak malah akan memperlambat indeks sitemap. karena perayap sendiri memiliki waktu timeout (habis) saat berkunjung ke situs kita. jadi sebenarnya cukup 1 saja, kecuali blog, untuk itu perlu 2 karena setahu saya sitemap default blog ada yg kurang. perayap standar akan berkunjung setiap 3 - 7 hari, sedangkan yg asli akan datang setiap 1 - 2 bulan. jadi bila ada perubahan baru, maka hanya kesabaran kita dalam menunggu perubahan tersebut di isi ke webmaster, berlaku untuk blog maupun website. kecuali pengunjung kita banyak dan dipercaya baik. maka aturan yg ada berubah menjadi lebih cepat. semoga mengerti ^_^

        Delete
    13. saya juga mengalami duplicat deskripsi sama judul gmn mas memperbaikinya ??? makasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. untuk duplikat deskripsi, pertama kita harus tarik kembali konten tersebut ke draft lalu ubah, atau mas bisa langsung ubah/edit konten yg ada di tulisan mas (hanya ditambahkan beberapa tulisan baru di tag meta deskripsi dan judul serta tulisan yg dimiliki sehingga tidak sama lagi dengan konten lama) lalu tunggu beberapa hari atau minggu dan bulan untuk melihat hasilnya. semoga membantu. kalau saya dulu, langsung di tarik ke draft lalu tunggu error hilang sambil edit tag deskripsi, judul dan tulisan. lalu setelah hilang, saya publish kembali tulisan baru saya tersebut.

        Delete
    14. Mau tanya ya mas saya nge index statusnya pending itu gimana ya

      ReplyDelete
      Replies
      1. itu masalah sitemap ya bang jatmiko? apakah sudah lama atau baru saja submit sitemapnya. bisa lebih detail mas? kalau memang benar masalah sitemap, sebaiknya kita cek dulu robots.txt, pastikan ada kode ini :

        sitemap : www[dot]exampledomain[dot]com/sitemap.html atau sitemap.xml

        dan pastikan juga bahwa kode template dan robots.txt tidak memblokir sitemap kita. kemudian kita cek juga apakah sitemapnya terpotong atau tidak, jika ya, maka kita bisa gunakan sitemap yg lain. untuk blog seperti ini juga bisa :

        sitemap : www[dot]exampledomain[dot]com/atom.xml?redirect=false

        untuk domain juga bisa, tapi kita harus tahu dimana letak sitemap kita.
        sepengalaman saya, butuh waktu 1 bulan agar sitemap berhasil, ada juga yg hanya 1 minggu dan beberapa hari. tergantung jumlah konten yg harus di indeks. ada juga kode template dan robots.txt yg kita gunakan telah memblokir jalan untuk ke sitemap.

        Delete
    15. Selamat siang Mas Surya, sangat membantu sekali artikelnya mas buat saya, terimakasih telah mengupdate dan share tips dan triknya. Dan yang sangat saya sukai, kesedian dari mas membantu permasalahan teman2 dalam menjawab komentar. Semoga Allah memberikan balasan dan pahala yang banyak buat mas. Sebenarnya permasalah yang saya miliki juga sama dengan uraian artikelnya mas yaitu indeks yang sedikit dari bos Google. Dikarenakan masih newbie dan awam dalam hal Seo Blog, jadi saya sendiri bingung blog saya nyangkut di permasalahan poin yang keberapa dari 1-5 poin yang mas utarakan diatas.
      Saya memiliki 2 blog yang saat ini memiliki permasalahan tersebut yaitu http://www.driverhino.com/ dan www.us4phone.blogspot.com Mohon bantuan mas untuk membantu cek blog saya tersebut. Terimakasih sebelumnya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. saya cek blognya sudah bagus bang jamil. namun saat saya cek robots.txt, ternyata URL sitemapnya di ubah. ada baiknya robots.txt dibiarkan default yaitu namadomain[dot]com/sitemap.xml. silahkan di edit. setelah itu kita tunggu apakah ada perubahan atau tidak pada indeksnya. jika indeks naik berarti itulah permasalahan utama bang jamil.

        untuk web driverhino, saya lihat robots.txt, dan ternyata URL nya salah, masih menggunakan blogspot sedangkan yg ada itu sudah com. silahkan diperbaiki dan semoga membantu ^_^

        Delete
      2. sama2 bang jamil ^_^
        semoga webnya semakin maju dan sejahtera.

        Delete
    16. selamat pagi sob.

      saya ingin bertanya terkait artikel diata.
      Blog saya tiba-tiba hilang dari persaingan serp. padahal banyak sekali artikel no.1 di google pencarian.

      dan bisa dipastikan semua artikel hilang di serp, sekalipun keyword dengn jumlah pesaing kecil dan ini saya buktikan dengan mengetikan keyword populer blog saya dengan "keyword+domansaya,com" ternyata nihil di 10 halaman pertama... entah kenapa ini terjadi, yang pasti sudah 3 hari ini visitor turun drastis.

      bila di cek melalui site:domain,com semua aman-aman aja. kecurigaan saia pagi ini setelah mengecek di webmaster sitemap saya semuanya menjadi tertunda. lagi-lagi entah kenapa itu terjadi, dan bila itu yang menajdi menyebabnya bagaimana untuk mengatasinya. Segala cara sudah saya lakukan, termasuk apa yang anda paparkan diatas.

      Nb.
      1. Saya tidak melakukan pergantian template
      2. Di webmaster tidak ada error sama sekali, baik itu "penyempurnaan HTML" ataupun "Kesalahan perayapan"

      sangat mengharapkan masukan dan solusi dari sob +MSuryaDarmawan91
      oh ya, pertanyaan ini juga saya ajukan di komunitas kita di IAPD


      ReplyDelete
      Replies
      1. buat om rudi. seperti yg sudah saya jelaskan di atas yaitu saya juga bukan ahli seo. namun saya akan coba bantu analisa dari apa yg saya ketahui. pertama, apakah situs om rudi sudah mobile friendly? karena update baru dari google mengharuskan situs kita mobile friendly, untuk cek, kita bisa gunakan tools dari google.

        https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/

        jika tidak maka akan menyebabkan kita turun dari halaman utama. kedua, apakah ada pesan error saat kita cek di halaman webmaster menu sitemap. biasanya disitu ada pemberitahuan (tanda seru), biasanya ada error DNS, Timeout dan sebagainya. ketiga, cobalah untuk akses ke URL sitemap kita, apakah normal2 saja atau tidak. dan silahkan cek robots.txt untuk memastikan sitemap tidak diblokir.

        keempat. jika situsnya pernah Down atau timeout dalam waktu sebentar, maka hal ini juga bisa menyebabkan sitemap jadi error. dan untuk hal seperti itu, kita hanya perlu menunggu sampai perayap berkunjung kembali. dan 1 - 3 bulan baru akan terlihat perubahannya. semoga membantu dan saya juga akan ke komunitas untuk melihat yg lebih detail serta mengumpulkan beberapa info tambahan yg mungkin bisa membantu mas rudi ^_^

        Delete
    17. Salam. min, kenapa ya sitemap yang saya submit masih saja pending statusnya. kalau untuk pemula dengan post masih di bawah 50, brp kali kita bisa submit sitemap?
      Terimakasih banyak.

      ReplyDelete
      Replies
      1. sebenarnya untuk sitemap cukup 1 kali saja bang momo. jika bang momo update tulisan atau baru. maka tidak perlu di submit lagi. karena perayap akan berkunjung ke sitemap untuk cek update terbaru.
        untuk pending biasanya hasilnya baru akan ada setelah 1 minggu saat baru di submit. tapi kalau di submit terus. maka prosesnya akan terganggu dan menyebabkan sitemap jadi lebih lama pending.

        jadi begini saja. setelah membuat blog atau web baru, submit sitemap 1 kali. kalau ada sitemap yg kedua, maka sitemap tersebut di submit juga. artinya 1 sitemap sama dengan 1 kali submit. (jadi sedikit rumit) hehehe

        Delete
    18. Terimakasih artiklnya mas sangat membantu karena web saya juga sedang bermasalah di sitemap yang tdk mau terindeks google

      ReplyDelete
      Replies
      1. sama2 bang, oh ya, ada info baru juga dari hasil analisa saya tentang indeks sitemap yg turun. namun blm sempat saya tuliskan. ada penyebab lain kenapa indeks sitemap bisa turun di webmaster. dan hal tersebut jg membuat pengunjung kita menurun. semoga saja saya sempat menulisnya.

        Delete
    19. Terima kasih, saya jadi mengerti kenapa belum ada index status pada webmaster ku di karenakan kesalahan saya sendiri yang baru ganti template dan berhenti menggunakan https gratis.
      kedua, saya selalu posting setiap hari karena saya pikir akan membuat blog saya menjadi lebih baik ternyata salah malah membuat pengindekan jadi lambat dan yang palling ngeri kalau sampai di bilang spam ama om google.

      sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak. salam sukses

      ReplyDelete
      Replies
      1. ada 1 hal lagi mbak Rauhun Isnaini, perubahan http menjadi https sangat berpengaruh juga pada alat webmaster, karena dari apa yg saya baca dan alami, kedua hal tersebut berbeda, jadi kita harus mengisinya di alat webmaster, begitu juga dengan www, ada atau tidak juga berbeda, berpengaruh besar, jadi saat kita lihat ada penurunan atau perubahan, sebaiknya kita tambahkan situs baru di alat webmaster dengan https dan www, jadi bisa kelihatan apakah di blog atau website itukah indeks jadi naik (pengalaman sendiri). semoga membantu ^_^

        Delete
    20. Terima kasih informasinya mas..

      ReplyDelete
      Replies
      1. sama2 bang sasuke. saya harap tulisan ini membantu dalam mengatasi yg sering terjadi pada index webmaster.

        Delete
    21. Gan numpang tanya.. saya sebelumnya memakai tumblr dengan domain custom. Trus selang 1 bulan domainnya aku pindah ke blogger... Masalahnya sampai 1 bulan kok error 404 dr url tumblr masih terus muncul ya sampai 500 ksalahan.trus dari blogger yang keindeks cuma 40%. Mohon pencerahannya

      ReplyDelete
      Replies
      1. bisa saya lihat url nya, pastikan bahwa semua post ada dan tidak ada page yg hilang. 404 memberitahukan bahwa page tersebut tidak ditemukan. dan pastikan bahwa domain sudah redirect dengan sukses bang. error 500 disebut juga sebagai internal server error, kemungkinan redirect url blm sukses. jadi masih mengarah pada tumblr. beda hal jika website menggunakan hosting. maka masalah ada pada file dan htaccess. untuk cek apakah url sukses di redirect atau tidak, maka kita bisa gunakan alat webmaster. caranya pilih url yg ingin kita cek di halaman utama webmaster, kemudian buka pengaturan bergambar roda gigi , kemudian pilih menu perubahan alamat. disitu kita bisa cek apakah url telah sukses redirect atau belum. semoga membantu ^_^

        Delete
    22. Thanks gan artikelnya sangat membantu pemula seperti saya.
      nitip y http://evadisatu.blogspot.com kunbal

      ReplyDelete
      Replies
      1. tidak perlu di titip gan, silahkan saja selama tidak melanggar, terima kasih ya sudah berkunjung ke tempat sederhana saya ini ^_^

        Delete
    23. Wah yang dulu belum pasang adsense sekarang sudah bisa'
      Masih ingat saya kah ? :3

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalau pakai nama maka kemungkinan saya ingat bang, tapi kalau pake blog saya rasa blog abang masih baru nih. hehehe

        kalau memang saya lupa tolong di ingatkan bang. karena kadang saya memang pelupa. menulis dan berkomentar juga kadang lupa.

        Delete
    24. Oh begitu. Saya baru ganti domain dan template. Jadi lama keindexnya, padahal sebelum ini cepat. Terima kasih infonya. Harus sabar nunggu ya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya mbak. setidaknya 1 minggu. tergantung kecepatan blog, proses perayapan dan sebagainya. jika tidak bergerak sedikitpun. coba di akses sitemapnya. kemudian submit ulang. saat ada perubahan nama domain, kadang kita lupa untuk mengubah url sitemap. sehingga di setiap post di dalam sitemap masih menggunakan url lama.

        ada juga karena kita tidak menggunakan fitur perubahan alamat di alat webmaster. jadi prosesnya bisa lebih lama lagi. semoga jelas dan membantu.

        Delete
      2. sekarang tanda indexed di sitemap saya bukan "pending" lagi, tapi jadi strip "-". kenapa ya? saya resubmit lagi. terus saya juga add rss.xml dan atom.xml juga selain sitemap.xml. tapi kenapa yg disubmit 8 padahal posting baru 7? maaf banyak tanya. hehe.

        Delete
      3. tidak apa2 mbak sinta. jika ingin saran dari saya, sebaiknya rss dan atom.xml di hapus saja. beberapa hari yg lalu, saya sempat menguji salah satu blog saya yg lain dengan hanya menggunakan satu sitemap saja. dan hasil yg saya dapatkan adalah proses indeks nya menjadi agak cepat. mungkin ada perubahan terbaru. atau bisa saja dengan banyak sitemap, perayap malah bingung karena harus memproses url yg sama. mungkin hanya itu saran dari saya.

        sedangkan untuk post yg semula 7 tapi di sitemap ada 8 itu wajar. halaman utama kita ikut dihitung karena data tersebut ada di dalam sitemap. lihat kode < loc > jika ingin membaca kode tersebut. saya rasa hal tersebut diperlukan juga karena dengan begitu, halaman utama kita ikut tampil dalam pencarian. untuk melakukan cek apakah situs kita muncul di hasil penelusuran, silahkan ketik site:urlkita.com di kotak pencarian. maka seluruh websit atau blog kita yg telah masuk dalam indeks akan tampil.

        di alat webmaster untuk update data sebenarnya kadang belum selesai saat proses data. tapi di indeks sebenarnya sudah ada dan juga sudah tampil. jadi jika kita ingin melihat proses index yg sebenarnya selain dari sitemap. gunakan cara yg telah saya sebutkan sebelumnya. jangan khawatir walaupun sitemap tidak terlihat hasil indeks nya atau tidak bergerak. terkadang juga turun, tapi selama tidak melanggar aturan, maka situs kita akan tetap di indeks. jadi sitemap hanya membantu kita untuk melihat apakah situs kita sudah di indeks atau belum dan kadang update data yg di proses terlambat selama beberapa hari atau bisa saja kadang error yg mungkin menurut saya akibat terlalu banyak sitemap yg hanya mengarah pada url yg sama. (pengalaman sendiri dengan beberapa kali percobaan). semoga membantu mbak sinta ya ^_^

        Delete
      4. oh iya, setelah submit sitemap, saya rasa tidak perlu di submit ulang lagi kecuali ada error. karena kalau kita submit ulang. hal tersebut sama saja dengan memulai dari awal lagi. biasanya saya sendiri kalau ada error seperti dns timeout dan sebagainya, baru saya submit ulang lagi. tapi kadang saya biarkan saja berjalan apa adanya, yg penting di penelusuran sudah tampil. caranya sudah saya sebutkan sebelumnya. kalau saya cerita sedikit, blog saya sendiri yg lainnya kalau di cek di alat webmaster menu sitemap, yg di indeks baru 4 dari 8 post. tapi di penelusuran sudah muncul 7 post (tidak termasuk post yg ke 8 karena saya baru saja menerbitkannya). untuk prosesnya sendiri saya lihat sekitar 2 - 3 hari. semoga tambah membantu.

        Delete
    25. jadi atom sama rss mending dihapus ya. ok.terima kasih ya sudah berbagi ilmu dan pengalamannya. ^_^

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya mbak, dulu saya pernah coba gunakan kedua sitemap tersebut, tapi hasilnya kadang error. sempat juga coba atom.xml?redirect=false . tapi sekarang untuk blog ini malah error. saya lihat di blog saya ini semua indeksnya 0 untuk ketiga sitemap saya. tapi saat di cek di penelusuran masih ada. dan hasilnya juga mbak bisa menemukan tulisan saya ini. hehehe

        untuk blog saya yg satunya saya lihat normal. dan prosesnya juga lumayan cepat. jadi saya harap blog yg mbak sinta miliki juga sukses. masalah pengunjung itu sebenarnya hanya menunggu waktu. walaupun sudah di index di penelusuran, tetap saja masih ada proses untuk kata kunci. jadi tidak langsung bisa ditemukan ketika kita mengetik kata kunci untuk tulisan kita di penelusuran. prosesnya kadang 1 sampai 3 bulan. untuk mengetahuinya, mbak bisa lihat di alat webmaster menu google index, status index. dulu sih saya bisa lihat kata2 apa saja yg sudah ditemukan. sekarang sepertinya berubah. jadi hanya ada jumlah berbentuk nomor saja. yah, mungkin saja ada. belum sempat saya cek. ^_^ semoga membantu

        Delete
    26. Bang, cara mengatasi Error 404 itu gmn ya ? apakah cukup dengan mark as fixed aja ? klo menghapus satu per satu capek bang.. buanyak yg not found. Bisa ratusan..

      ReplyDelete
      Replies
      1. sepengalaman saya jika hanya dengan mark as fixed di alat webmaster, dan tidak ditangani, maka beberapa hari atau minggu kemudian pasti error akan kembali lagi. untuk menanganinya, abang bisa arahkan url tersebut ke url baru jika tulisan memang dipindahkan. jika tidak dipindahkan, gunakan robots txt untuk memblokir halaman 404. cara lainnya adalah dengan menggunakan parameter url di alat webmaster. tapi harus sangat hati2 bang edo. kesalahan menggunakan parameter url akan menyebabkan situs atau blog bang edo tidak muncul di penelusuran lagi. disitu kita meminta perayap untuk tidak menelusuri halaman yg kita minta di dalam konfigurasinya. dan saya rasa disitu paling mudah digunakan karena jika kita tahu kode2 nya, maka hanya dengan 1 url saja seluruh halaman 404 tidak akan di rayapi. semoga membantu bang edo ^_^

        Delete
      2. Bisa diajarin Bang, caranya agar robot.txt bisa memblokir halaman 404. Agar tidak muncul lagi dan tidak dirayap google..

        Delete
      3. pertama abang masuk ke blogger, terus buka menu setelan, pilih preferensi penelusuran, disitu ada pilihan edit robots.txt khusus. berhati-hatilah dalam mengeditnya, hampir mirip dengan parameter url.

        lihat kode

        User-agent: *
        Disallow: /search
        Allow: /

        nah, disallow berarti tidak boleh dirayapi, sedangkan allow boleh. tanda / itu berarti setiap url awal kita dilengkapi dengan tanda / itu boleh, contoh urlkita.com/disini dirayapi semua.

        untuk membuat pengecualian agar blog atau website kita tidak dirayapi. maka abang bisa tambahkan kode disallow dibawahnya tadi. contoh misalnya abang tidak ingin urlcontoh.com/kategori/contohlagi.html. maka kodenya

        disallow: kategori/contohlagi.html

        catatan saya, url blog tidak perlu dituliskan semuanya, karena sudah di baca dari awal. jadi cukup ditulis setelah tanda / . tapi jika ingin spesifik atau takut ada yg salah, boleh juga ditulis secara penuh.

        nah, ada lagi tanda bintang ( * ). itu berarti semuanya. contoh

        disallow: urlkita.com/kategori/*

        atau

        disallow: urlkita.com/kategori/

        artinya seluruh konten yg ada di tglpost tidak boleh di rayapi. kalau abang tambahkan seperti ini *.html. itu berarti semua url yg ada ekstensi .html nya tidak boleh dirayapi. sedangkan url tanpa ekstensi .html (contoh .php) yg ada di kategori tersebut masih boleh di rayapi. semoga bisa dipahami ya bang. kalau tidak silahkan bertanya lagi. dengan senang hati saya jelaskan sesuai dengan pengalaman saya sendiri. semoga membantu ^_^

        Delete
      4. oh maaf. tglpost maksudnya itu tadi adalah kategori. waktu saya tulis di awal itu menggunakan kata tglpost. semoga membantu.

        Delete
      5. Mantap bang, tapi klo url yg ingin di disallow banyak gmn ? apa url nya ditulis banyak gitu .
        Misal : disallow : urlkita.com/kategori1/contoh1.html
        urlkita.com/kategori2/contoh2.html
        urlkita.com/kategori3/contoh3.html dst
        apa bisa seperti itu bang ?
        misalkan ini untuk kasus tiap kategori yg berbeda. Kalau kategorinya sama kan bisa pakai tanda (*) aja. Tapi klo beda.. apa boleh tumpuk2 gitu ?

        Delete
      6. Ohh iya .. ini kan abang kasi contohnya via blogger ya editnya.. klo via webmaster tools / search console apa sama ya ? karena website sy pakai wp..

        Delete
      7. kalau pakai tanda bintang semua kategori bakal diblok. tapi kalau kategorinya sedikit saja bisa gunakan itu, jadi kategori yg ingin tetap muncul harus menggunakan kode allow. kalau kode yg bang edo tuliskan juga bisa seperti itu. boleh ditulis satu per 1. jangan lupa tiap url harus dibaris baru.

        jadi contoh diatas misalnya menggunakan tanda * tapi ingin tetap menampilkan kategori 2. maka tambahkan kode allow untuk kategori 2.

        disallow: urlkita.com/*/*.html
        allow: urlkita.com/kategori2/contoh2.html

        semoga dipahami dan membantu ya bg edo ^_^

        Delete
      8. di wp coba akses urlkta.com/robots.txt, kalau ada berarti bisa juga di edit pak. kalau via webmaster, saya rasa hanya bisa satu per 1 pak. ada baiknya bpk edo baca halaman bantuan google tentang parameter url untuk lebih detailnya. semoga membantu ^_^

        Delete
      9. Gan, tanya lagi..
        klo sitemap pending lama.. itu kira2 knp ya ? dan solusinya gmn ?

        udah 5 hari dari waktu submit.. msh pending aja statusnya..

        Delete
      10. biasanya 1 minggu lebih bang baru update status sitemapnya. di halaman beranda webmaster, abang buka menu sitemapnya. kemudian lihat infonya. ada tipe, diproses (disini kita bisa lihat tanggal terakhir sitemap kita diproses, jika tgl masih sama berarti belum di update. jadi harus bersabar). kemudian ada info masalah, item, terkirim, terindex.

        kalau saya lihat dan hitung, paling cepat 3 hari. dan paling lama kadang bisa sampai 3 bulan. pastikan sitemap tidak mengalami masalah agar prosesnya cepat. gunakan fitur ambil sebagai google di webmaster untuk memastikan blog atau website baik. semoga membantu ya bang edo. ^_^

        Delete
    27. Saya sudah submit sitemap saya http://urlblog.com/sitemap.xml , tapi sitemap saya tidak terindex.

      Ada solusi tidak??

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalau solusi mungkin tidak secara pasti bisa saya berikan, tapi berdasarkan pengalaman mungkin ini bisa membantu mbak yuni.

        pertama, pastikan bahwa url tidak salah ketika mengisi url. cukup ketik sitemap.xml dan bukan selengkapnya diketik saja di webmaster.

        kedua, pastikan di bagian penyempurnaan html tidak ada masalah seperti duplikat konten dan sebaagainya.

        ketiga, pastikan bahwa robots.txt tidak memblokir akses ke sitemap. kita bisa lihat jika ada kode allow dan ada tulisan sitemap: urlkita.com/sitemap.xml berarti baik2 saja.

        keempat, setelah sitemap di submit. kita harus menunggu hingga beberapa hari. gunakan fitur ambil sebagai google di webmaster agar blog atau website kita mulai di indeks.

        kelima, pastikan tidak ada masalah pada situs blog atau website yg kita miliki seperti kecepatan dan sebagainya. untuk memastikan jika blog atau website benar2 tidak terindeks, biasanya kita tunggu selama 1 sampai 3 bulan lebih.

        jika mbak yuni mengubah template, mengedit kode, menambahkan widget dan pengaturan lainnya di blog. maka proses indeks bisa sangat lambat. jadi sebaiknya ditetapkan setelah di ubah. setelah itu, gunakan fitur ambil sebagai google untuk meminta blog atau website kita di indeks lagi. itulah pengalaman saya, dan untuk blog baru saya buat waktu itu, sempat menunggu 1 minggu lebih. itupun baru kelihatan 1 yg di indeks dari puluhan post saya. beberapa waktu lalu saya sempat juga mengubah template, memperbaiki widget dan kode di blog saya.

        yg paling sering saya temui permasalahannya adalah indeks yg turun, ternyata masalahnya ada pada duplikat konten, dns timeout di sitemap. situs tidak dapat di akses dan sebagainya. yg berat adalah duplikat konten di menu penyempurnaan html pada webmaster. semoga membantu ^_^

        Delete
    28. /sitemap.xml saya selalu pending/tertunda padahal blog pake template premium evo

      ReplyDelete
      Replies
      1. ada baiknya bang indra menggunakan tools ambil sebagai google di webmaster dan tuliskan url sitemap untuk memastikan sitemap baik dan tidak mengalami masalah. jaringan yg kita miliki berbeda. jadi ada kemungkinan sitemap bermasalah atau connection time out.

        dari beberapa orang yg pernah saya dengar, template yg bukan default kadang mengalami masalah. ada kode javascript yg menghalangi proses dan sebagainya.

        untuk memastikan apakah web atau blog kita di index walaupun statusnya masih pending adalah dengan mengetik site:urlkita.com di penelusuran. jika ada. berarti di indeks, jadi hanya status sitemap saja yg belum update.

        pastikan sitemap tidak di blokir juga di robots.txt agar bisa di data oleh webmaster. semoga membantu bang indra ^_^

        Delete
    29. berapa lama sitemap dengan status pending ya gan ?
      website saya http://rentalmobilcirebon.info sudah 3 hari masih pending terus
      mohon pencerahan.
      terimakasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. biasanya 1 minggu lebih bang mahesa, selama kita tidak mengubah template dan melakukan perubahan lainnya di blog, maka akan di indeks. pastikan juga tidak ada masalah di blog. gunakan tools ambil sebagai google dan ketikkan alamat url sitemap kita untuk memastikan apakah ada masalah atau tidak. semoga membantu pak mahesa ^_^

        Delete
      2. maksud saya pendingnya akan hilang. saya malah ngetik di indeks. hehehe. semoga membantu pak

        Delete

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih