Friday, 10 April 2015

Cara Memunculkan File Atau Folder Disembunyikan Oleh Virus

Advertisement
Komputer dan laptop yang terkena infeksi virus dan membuat seluruh data berubah menjadi ekstensi .ico pasti akan membuat kita merasa kehilangan data yang sungguh sangat penting. padahal itu adalah data satu-satunya yang kita miliki. nah, berdasarkan dari pengalaman saya sendiri sebagai admin blog uya sur yang memang suka melakukan perbaikan, file dan folder tersebut tidaklah hilang, namun hanya disembunyikan oleh virus. dan hal ini tidak hanya terjadi pada komputer dan laptop kita, melainkan, juga ada terdapat pada flashdisk kita.

coba kamu pindahkan file atau folder ke dalam flashdisk kamu, biasanya akan langsung berubah jadi .ico atau gambar yang ada di dalam flashdisk kita tersebut, biasanya berubah jadi shorcut atau berubah menjadi gambar file berwarna putih. apabila terjadi seperti itu, biasanya file dan folder original kita masih ada di dalam flashdisk tersebut. bisa dibilang bahwa flashdisk atau komputer dan laptop kita tersebut telah terinfeksi virus yang kita kenal sebagai virus shorcut. jadi untuk mengatasi dan memunculkannya kembali, mari ikuti panduan saya dibawah ini.

baiklah, pertama, pastikan virus sudah di pindai dan dibersihkan menggunakan antivirus. dan kamu juga sudah siap untuk mengembalikan file dan folder yang telah disembunyikan oleh virus. jika ada file yang berubah ekstensinya menjadi .ico yang tidak kamu kenali di dalam flashdisk maupun komputer dan laptop kamu. maka hapus saja terlebih dahulu. itu karena file dan folder yang mempunyai ekstensi .ico adalah jenis tipe shorcut. dan itu berupa file dan folder hasil yang dibuat oleh virus sebagai pengganti untuk menyembunyikan file dan folder asli milik kamu. selanjutnya, kamu buka properti dengan cara klik icon my computer atau start menu, setelah list drive (explorer) terbuka, klik menu "organize" di bagian kiri atas menu taskbar explorer(my computer) yang telah kita buka tadi. terus, pilih menu "folder and search options".

menu organize di bagian kiri atas menu
menu organize di bagian kiri atas menu

setelah opsi folder terbuka, klik tab menu "view" untuk mengatur setting pada file dan folder kita. kemudian hilangkan 1 option dan 2 checklist pada pilihan yang akan saya sebutkan di bawah ini.

Setting dari folder and search options
Setting dari folder and search options

penjelasan opsi Folder Option.
1. Hidden Folder, Show Hidden File.
untuk menampilkan file dan folder yang telah disembunyikan, pilih opsi "show hidden file, folder, and drives". pilihan ini berguna untuk memunculkan file dan folder termasuk drive yang tersembunyi, dan pasti hal tersebut akibat pekerjaan virus.

2. Hide Empty Drives In the computer folders.
checklist ini gunanya untuk menampilkan drives yang kosong jika memang ada.

3. Hide Protected operating system files (Recommended).
checklist ini berguna untuk menyembunyikan file system windows yang sangat penting. jadi berhati-hatilah dalam menampilkan pilihan ini. jika ada kesalahan, kemungkinan windows kamu akan rusak. folder dan file yang penting akan ditampilkan jika kita menghilangkan checklist pada opsi ini. seperti system recycle bin, dan system volume information. karena yang kita hadapi adalah virus, kita mesti hati-hati dalam memilah file dan folder tersebut. biasanya setelah kamu hilangkan checklist dari opsi ini, akan muncul pesan warning yang memberitahukan kita bahwa file yang akan ditampilkan adalah file system. dan kemudian di dalam pesan tersebut kita diberitahu tentang "apakah yakin akan menampilkan file system?". pilih ya untuk menampilkan file system windows yang disembunyikan. setelah itu, klik tombol "ok" untuk menyimpan setting kita.

pesan konfirmasi untuk menampilkan file dan folder
pesan konfirmasi untuk menampilkan file dan folder

setelah selesai, kita lakukan pencarian terhadap file dan folder yang telah disembunyikan oleh virus. baik itu dari flashdisk, komputer dan laptop. langkah terakhir, lihat flashdisk atau komputer dan laptop kamu. apabila sudah terlihat file dan folder yang telah disembunyikan virus tersebut, silahkan klik kanan di salah satu file dan folder tersebut, lalu pilih properti, maka akan terbuka setting dari file dan folder tersebut. hilangkan checklist pada tulisan "hidden". kemudian klik tombol "ok" lagi untuk menyimpan setting. terakhir, silahkan cek kembali flashdisk atau komputer dan laptop kamu. file dan folder kamu sudah muncul kembali.

catatan : apabila flashdisk maupun komputer dan laptop kamu telah terinfeksi virus, biasanya, setelah kamu mengembalikan atau menampilkan kembali file dan folder yang telah kamu munculkan, maka, virus tersebut akan coba melakukan penyembunyian file dan folder kembali. jadi pastikan virus sudah di pindai dan dibersihkan sebelum menggunakan cara yang saya sebutkan di atas.

setelah semua file dan folder kamu kembali normal, silahkan kembalikan lagi setting yang kita ubah sebelumnya di bagian "organize" menjadi semula. hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan yang kita buat seperti ketidak sengajaan melakukan penghapusan file atau folder yang sangat penting.

nah, untuk files dan folder yang telah berubah menjadi ekstensi .file (putih) atau format lain, dan kamu mengenali jenis atau ukuran file dan folder tersebut, saya sarankan jangan dihapus, karena itu biasanya file yang asli. untuk cara mengembalikan file dan folder yang telah berubah, akan saya postingkan di tulisan saya yang lain. karena menurut saya tulisan ini sudah terlalu panjang. hehehe
semoga kamu paham dengan cara yang saya jelaskan diatas. dan semoga ilmu ini benar-benar bermanfaat buat kamu. sampai bertemu lagi dan salam hangat dari admin uya sur.
Recent Posts

    30 comments:

    1. Kak, minta saran untuk cara mengembalikan file dan folder yang telah berubah jadi putih dong...

      ReplyDelete
      Replies
      1. pertama, ukuran dan jenis file yang kamu miliki harus diketahui atau kamu kenali terlebih dahulu, lalu kemudian, gunakan cara diatas untuk menampilkan ekstensi filenya. centang bagian "show extension for known file tipes".

        setelah itu, kamu rename tu file. setahu saya kan nama filenya berubah jadi kayak nomor dan sebagainya, tapi dari ukuran biasanya ketahuan. misal namanya fotoku. ukuran misalnya 222kb. kemudian berubah jadi fotonya. yang semula ekstensinya adalah .jpg telah berubah jadi kosong atau biasanya .file

        nah, kamu rename tu fotonya.file atau hanya fotonya menjadi foto.jpg. maka hasilnya file kamu telah kembali. sudah mengerti? jika kurang dipahami, silahkan bertanya lagi.

        Delete
    2. Filenya tidak berubah nama, tapi icon filenya jadi seperti kertas putih begitu terus type berubah menjadi "File" kemudian saat saya scan secara full menggunakan SmadAV, ada folder baru yang namanya "FOUND. 001" dan "FOUND.000" itu maksudnya gimana ya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Oh, ya nama filenya jadi "namafile.rar" gitu. Mohon solusinya :(

        Delete
      2. oh, kalau begitu kamu pakai yang nama nya "UNCHK". itu buat mengembalikan file mu. kalau tidak salah found. 000 itu disebut file atau folder corrupt(rusak). semoga membantu. nanti saya akan tuliskan tentang yang satu ini. dipilih dengan baik ya. karena bisa saja salah satunya ada virus yang sedang menyamar.

        Delete
      3. kalau "namafile.rar" , kamu buka dengan aplikasi "winzip" atau "7zip". itu file hanya di arsip. bukan berarti rusak. lihat ukuran filenya

        Delete
    3. File saya semua berubah extensi jadi .ccc mohon bimbingannya.. Ini masalah gawatt..

      ReplyDelete
      Replies
      1. wah mas, terlalu gawat itu. file yg mas ardi miliki telah terinfeksi virus yg disebut ransomware. semua file tersebut telah di enkripsi oleh sang pembuat virus tersebut. dan tidak akan bisa di decrypt tanpa kunci. dan kunci tersebut hanya dimiliki oleh sang pembuat virus tersebut. selama ini belum ada aplikasi atau solusi yg bisa mengobati. walaupun file tersebut kita rename kembali ke type xls misalnya. maka pasti akan terjadi corrupt. coba mas ardi cek di dekat file yg telah berubah tersebut. biasanya ada pesan yg memberitahukan bahwa file kita telah di enkrispi. dan silahkan cek di google tentang virus ransomware. semoga membantu.

        Delete
    4. Agan-agan bisa bantu ane
      folder ane di flashdisk tiba tiba berubah jadi type file dengan extensi yg gak jelas :'( bagaimana cara mengembalikannya ??
      udah cari cari di mbah google tetep gak bisa

      mohon pencerahannya :D
      -Terima Kasih-

      ReplyDelete
      Replies
      1. Pencerehannya datang. hehehe.

        saya perlu tahu lebih detail tentang fd mas mario, extensinya berubah jadi apa? apakah jadi .ink? jika benar, saya sebut itu sebagai virus recycler. solusinya adalah seperti ini. file asli yg mas miliki telah disembunyikan. jadi extensi .ink itu hanyalah file shortcut yg dibuat oleh virus dan aslinya telah di sembunyikan. silahkan gunakan cara di atas untuk menampilkan kembali file yg mas mario miliki. lalu pindahkan semua data ke laptop atau komputer. lalu format ulang flashdisk mas mario.

        lalu gunakan aplikasi standar windows yaitu Command Prompt (CMD) untuk menampilkan kembali file yg telah di sembunyikan. atau mas mario juga bisa lewat properties. semoga membantu ^_^

        dan silahkan bertanya kembali. jangan malu. hehehe

        Delete
      2. Filenya tidak berubah nama, tapi icon filenya jadi seperti kertas putih begitu terus type berubah menjadi "File" ekstensinya kurang tahu nihh :( :( :'( ,, sudah dicoba berbagai macam cara namun msh tidak berubah mas kira2 bagaimana ya solusinya?? :'( :( thx

        Delete
      3. sebelumnya berubah jadi putih apakah bang mario tahu file tersebut apa, misalnya file musik atau video dan sebagainya. jika tahu maka ubah kembali ekstensinya. misalnya untuk musik, maka harus di ubah menjadi .mp3, sedangkan untuk video, ada mpeg, mpeg4, 3gp, mkv dan sebagainya. silahkan dicoba dulu. jika tidak ada perubahan pada file. silahkan cek pengaturan di folder option dan pastikan setting ekstensi file di hilangkan centangnya.

        Delete
      4. Begini min, contoh folder namanya "ABC" iconnya warna kuning seperti biasa.. Sekarang "ABC" itu bukan lagi sebuah folder melainkan file.. setelah diliat di properties, type of file : file... attribute tidak read only, tidak hidden, tidak archive jg.. itu gimana y solusinya?

        Delete
      5. buat bang fendy, apa sudah coba hilangkan tulisan .file di data tersebut? coba rename lg lalu hapus extensi tersebut, jika memang folder biasanya akan kembali seperti semula. jika bukan, kemungkinan folder yg asli di hidden oleh virus tersebut. di coba dlu ya. saya tunggu kabarnya, sekalian meneliti data folder saya, sepengetahuan saya folder tidak memiliki extensi dan tidak akan berubah walaupun di tambahkan ekstensi .ext dan sebagainya. jadi kemungkinan di hidden atau dipindahkan. dan lebih parahnya ialah di hapus lalu digantikan dengan file virus. solusinya adalah gunakan aplikasi recovery data yg ampuh. tp coba dlu beberapa solusi yg saya sebutkan sebelumnya. dan saya tunggu kabar selanjutnya sekalian saya coba jg analisa folder saya disini. semoga membantu.

        Delete
    5. yang berubah menjadi ekstensi File" bukan berupa file mz, tapi berupa folder, itu kasusnya sama seperti yang saya alami dan dilihat dari kapasitas FD isinya masih ada namun isi FD na yang tadinya folder-folder berubah menjadi file dengan ekstensi "File"..
      Mohon dibantu :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. bang Thomas, apakah folder yg berubah extensi menjadi file bisa di rename kembali? dan setelah di hilangkan .file, apakah berubah kembali menjadi folder? sepertinya baru saya temukan masalah ini, kalau bang Thomas menemukan 4 file shortcut, atau file exe berupa acak. kemungkinan folder yg mas miliki itu bukan asli.

        apabila benar, maka yg asli biasanya di hidden, disembunyikan. pernah juga saya temukan, ketika kita setting show hidden file and folder, ternyata malah dikembalikan settingnya ke don't show hidden file and folder. solusinya kita bisa coba FD tersebut di komputer atau laptop yg lain yg tidak terinfeksi virus. tapi berhati-hatilah, agar komputer dan laptop lain tidak terinfeksi oleh virus ini, maka kita jangan buka dahulu. scan setelah FD di pasang, jika sudah aman, baru di buka. kalau saran, gunakan antivirus Avast.

        kalau tidak salah, ada seseorang yg waktu itu mencoba untuk memindahkan lagu dari komputer ke FD, setelah dilihat semua ekstensi lagu tersebut berubah menjadi acak. :)

        kalau bang thomas sudah hilangkan ekstensi .file nya lalu foldernya berubah kembali. maka selamat. tapi jika tidak berubah, pastikan system propertiesnya tidak ReadOnly.

        cara yg paling mudah adalah melalui CMD. tapi pastikan dulu virus sudah bersih, baru kita coba untuk mengembalikan datanya ke ekstensi semula.

        kalau folder sebenarnya tidak menggunakan ekstensi (pernah saya coba rename pakai ekstensi, namun tidak berpengaruh), setahu saya jika ada ekstensinya, maka itu bukanlah data asli melainkan sebuah file yg menggunakan nama folder bang thomas. dan yg asli pasti di sembunyikan atau di hidden. semoga membantu ^_^

        Delete
    6. min saya ingin bertanya, saya udah keliling google untuk menemukan solusinya semua cara udah saya coba tapi gk bisa, folder yang ada di FD saya bisa hilang gk tahu kemana sedangkan yang lain muncul tapi hanya satu folder yang hilang. itu gmn solusinya min..?

      ReplyDelete
    7. min tolong saya ingin share mslh FD saya, saya udah keliling mab google tapi tetap tidak bisa untuk di atasi, maslahnya hanya satu folder yang tidak bisa kelihatan yang lain terlihat dan hilang tidak tahu kemana apakah pas scan itu hilang filenya karena terinfeksi virus atau gmn min..? mohon pencerahanya

      ReplyDelete
      Replies
      1. tuan tivis menggunakan antivirus apa? dan waktu scan apakah data yg dimiliki di deteksi sebagai virus? kalau antivirus AVG sebagai pengalaman, data saya juga dihapus karena di anggap virus. sebaiknya untuk melakukan cek, kita gunakan komputer atau laptop yg tidak terinfeksi virus, dan antivirus yg saya gunakan adalah AVAST. alasan saya meminta bang tivis untuk uji di komputer atau laptop lain adalah karena jika kita gunakan cara di atas untuk melihat hidden file, otomatis beberapa tipe virus akan mengembalikan settingnya ke default. sehingga ketika kita mencoba untuk melihat folder yg telah di hidden tidak bisa pasti kembali lagi, kadang bisa kita lihat, tapi hanya sebentar kemudian hilang lagi. menurut saya kemungkinan data yg dimiliki masih di hidden dan digantikan oleh virus, kecuali antivirus telah menghapus data tersebut. semoga dipahami ^_^

        Delete
    8. Tolong bantu saya. Saya habis mendokumentasikan sebuah acara.. setelah memory cardnya di input ke laptop. foto-fotonya tidak ada. Di dalam folder hanya ada sebuah file putih dengan nama "#"(tanda pagar). Tapi size dari tagar tersebut sebesar 1 giga

      ReplyDelete
      Replies
      1. Menurut saya, memory card yg mbak miliki terinfeksi virus. tapi saya belum tahu apakah file yg asli telah di ubah atau hanya disembunyikan. solusi yg saya berikan tidak menjamin bahwa file bisa kembali kecuali file atau folder hanya disembunyikan (hidden) oleh virus. caranya, gunakan laptop yg lain dulu kemudian di cek kembali. jika file tetap sama, gunakan setting yg saya tuliskan di atas untuk melihat apakah ada file atau folder yg di sembunyikan. jika memang ada, cek apakah file/folder tersebut asli atau tidak. apabila asli namun hidden, gunakan CMD (command prompt) kemudian ketik:

        ATTRIB -R -H -S DRIVE MC/FD /S /D

        jika gagal atau ada pesan error, pindahkan dulu data yg hidden tersebut ke dalam laptop mbak. lalu gunakan kembali perintah CMD di atas namun di drive yg berbeda, contohnya D:\new (tanda slash atau backslash). jika berhasil, biasanya ada pesan sukses, tapi ada juga tidak ada pesan apapun. cek langsung ke folder td.

        untuk file yg telah di ubah agak sedikit rumit, caranya adalah di format ulang memory cardnya, kemudian gunakan aplikasi recovery file dan folder. tapi tidak menjamin seluruh file kembali. backup data yg penting sebelum menggunakan cara ini. semoga membantu.

        Delete
    9. halo mas, saya sehabis download file tertentu eh tiba tiba data saya di folder download hilang semua mas, kecuali yang berada di didalem folder folder masih ada. Sisanya yg gk hilang berubah jadi tipe old file. Ini penyebabnya kenapa ya mas saya ingin minta pendapat mas surya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Menurut pendapat saya, data telah mas download berisi virus yg disebut trojan. sebaiknya kita cek dlu apakah benar terkena virus atau tidak. pertama, coba gunakan antivirus yaitu Avast atau Eset. gunakan deep scan atau pilih file yg telah mas dapatkan sebelumnya dan scan.

        sedikit cerita, kemarin saat saya kena virus Hp Android, antivirus yg terakhir dan bisa mendeteksi virus hanyalah eset. lanjut ke topik, setelah virus dibersihkan, barulah kita mulai untuk meneliti apakah data kita hanya di hidden atau di ubah tipe filenya. klo virus tidak dibersihkan, saat kita coba untuk menghilangkan centang hidden file and folder di setting, maka biasanya akan dikembalikan lagi oleh virus sehingga data yg disembunyikan tidak akan terlihat. dlu saya pernah begitu.

        ketika saya hilangkan centang yg ada di setting file and folder, data tetap tidak ada. kemudian ketika saya cek lagi settingnya, ternyata dikembalikan menjadi di centang. untuk tipe old file, cek kapasitasnya, jika hanya sekitar 1kb, maka file tersebut bukan file asli. untuk dokumen kapasitas yg biasa sekitar 100 - 300 kb (jika tidak memiliki gambar). untuk video jika kapasitasnya hanya 900 - 1mb, maka file tersebut bisa dicurigai sebagai virus.

        jika virus tersebut adalah trojan, matikan koneksi internet, berbahaya jika Online, pemilik virus tersebut bisa mengambil data, menghancurkan dan sebagainya (seperti remote control). beruntunglah jika file hanya di hidden.

        lakukan seperti cara diatas setelah virus dibersihkan lalu pastikan data tersebut hanya di sembunyikan (hidden) oleh virus. setelah itu, hapus file yg tidak asli dan set properties agar file kita kembali muncul. semoga membantu dan jangan sungkan bertanya lagi. saya akan coba untuk bantu. ^_^

        Delete
    10. Mlm mas barusan saya rename folder saya dengan nama a lalu saya enter dan saat itu juga folder yg saya rename hilang, mohon pencerahannya dong, isi folder tersebut file penting :'(

      ReplyDelete
      Replies
      1. gunakan setting yg telah saya jelaskan diatas untuk memastikan apakah folder tersebut benar2 hilang atau hanya di sembunyikan. 2 kali cek settingnya ya mbak yuni, jika memang tidak ada juga, cek folder FOUND001 atau LOST.DIR. kadang disitu ada data2 penting kita. jika hilang, mbak bisa recovery data tersebut menggunakan beberapa aplikasi bantuan seperti RECUVA dan sebagainya. tapi biasanya nama file saat kita recover nanti sudah bukan nama aslinya lagi. tidak masalah dan bisa kita rename lagi. semoga membantu.

        Delete
    11. Kak, ini kan saya menyimpan beberapa foto dan musik dalam satu folder (di dalam folder itu ada banyak folder" yang lain). Awalnya masih bentuk folder, tapi gambar dan musiknya nggak bisa dilihat/diputar. Terus saya cari di google langkah"nya agar file saya ke baca. Alhasil sekarang folder saya warnanya putih.Dulunya ukuran filenya sampai 1 gb, sekarang malah jadi 32 kb. Saya pakai cara di atas masih tetap berwarna putih, dan belum kembali :(Itu artinya file saya sudah kehapus atau hanya disembunyikan oleh virus? Mohon solusinya, terima kasih.

      ReplyDelete
      Replies
      1. ukuran 32 kb biasanya adalah virus, dan yg aslinya biasanya di sembunyikan, walaupun kita coba setting, biasanya setting kita akan di kembalikan ke default, jadi file tersebut disembunyikan kembali dengan cepat, cara berikut ini bisa digunakan asalkan flashdisk tersebut belum di format (install ulang).

        jadi solusinya begini, kita pasang flashdisk tersebut ke laptop / komputer yg lain dan masih bersih dari virus. ketika di pasang, jangan open folder (dari autoplay), tapi scan/deteksi dulu dengan antivirus, kalau kita buka dari autoplay maka komputer atau laptop yg kita gunakan akan terinfeksi virus. nah, setelah di deteksi, hasilnya virus akan bersih. baru kita buka flashdisk tersebut, dan hapus sisa2 file yg tersisa (ukuran yg menurut mbak muktiayu 32kb). lalu coba setting agar file asli muncul kembali. apabila kita setting show hidden folder namun file kosong, cek lagi setting nya, jika tidak berubah, maka kemungkinan file tersebut sudah di hapus atau di rusak oleh virus.

        ada juga pengalaman saya, harddisk external bermasalah, file nya berubah jadi putih dan ada urutan 0 1 2 3 di ekstensi file tersebut, namun ukuran file tidak berubah. hanya dengan mengubah kembali ekstensi file tersebut maka masalah sudah bisa di atasi. coba dulu cara yg sudah saya jelaskan di atas. dan semoga flash drive nyonya muktiayu kembali normal.

        Delete
      2. oh ya, sebagai tambahan masalah folder biasanya biar kita tambahkan .txt atau ekstensi apapun tidak akan bisa merubah ekstensi folder. jadi kemungkinan adanya virus yg menyembunyikan file tersebut. kecuali kita tidak sengaja telah menghapusnya dengan menekan tombol delete.

        Delete
    12. mas, kalo file sya berubah putih dan namanya berubah jadi gini -_-__-_--_--_-__-_--_--_-_--_-__-_--_--_-__-_--_----_--_-__-.{7E00E3E0-6D1E-4F31-AA58-53D8E188ED04}
      gimana caranya ya? ukuran file nya tidak berubah

      ReplyDelete
      Replies
      1. gunakan setting diatas untuk mengetahui tipe ekstensi filenya mbak widhita, kemudian rename kembali menjadi nama yg semula. tambahkan juga ekstensi sesuai dengan yg mbak ingat. contoh saya rename namanya menjadi filesaya.txt

        nanti akan muncul dialog pesan yg memberitahukan bahwa jika kita merubah ekstensi nama tersebut maka file tidak akan berfungsi dan sebagainya, pilih saja yes. maka file akan kembali seperti semula. semoga membantu mbak widhita. ^_^

        Delete

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih