Cara Mengatasi Komputer Macet Dan Error

Ada beberapa penyebab komputer kita mulai macet atau lamban, dimulai dari infeksi virus, harddisk penuh atau kerusakan lainnya dan, Random Access Memory yang bekerja terlalu keras. nah ada beberapa cara yang saya gunakan untuk memperbaiki komputer yang macet. jika dibiarkan, akhirnya akan mengakibatkan komputer melakukan restart ulang. sebelum kita mulai cara memperbaiki, mari kita bahas terlebih dahulu tentang apa saja penyebab dari semua itu. dan saya harap kamu paham dengan apa yang saya jelaskan disini.

Penyebab utama komputer yang mulai mengalami kemacetan.
1. Kapasitas Harddisk mulai penuh.
Kapasitas harddisk yang mulai penuh bisa mengakibatkan komputer lamban atau macet. kadang, apabila kapasitas harddisk ternyata tidak penuh atau masih banyak kapasitas yang bebas, kemungkinan penyebab lainnya adalah data yang kacau dan bad sektor
. perlu diperhatikan, memberi nama pada folder haruslah rapi dan tidak terlalu panjang. jika nama terlalu panjang dan tidak rapi maka akan menyebabkan komputer macet. system akan sangat susah untuk membaca nama dari folder tersebut. hindari juga folder yg bertumpuk di dalam komputer. misalnya : folder a, didalamnya ada folder b, dan seterusnya. maka hal ini akan menyebabkan pendataan pada harddisk akan berat dan akhirnya komputer menjadi macet.

2. Infeksi Virus.
Virus juga bisa menyebabkan komputer lamban, namun tidak semua virus melakukan hal seperti itu. biasanya virus tersebut juga akan melakukan blok terhadap setting tugas manager kita yang ada di windows. nah untuk mengatasinya akan saya tuliskan di bawah ini pada bagian cara mengatasinya beserta yang lain.

3. Random Access Memory (RAM).
memori juga bisa jadi penyebab utama komputer mulai lambat. tapi hal ini jarang sekali terjadi, namun juga bisa dijadikan sebagai pengetahuan kamu jika hal-hal yang telah saya tuliskan diatas tidak menyelesaikan masalah. berikutnya, kita akan mulai cara memperbaiki komputer yang mulai mengalami kemacetan tersebut.

Cara Memperbaiki komputer yang mengalami kemacetan.
1. Perbaikan pada Harddisk
untuk melakukan perbaikan pada harddisk, mulai dengan cara masuk ke dalam command prompt windows atau menggunakan menu windows. untuk menu windows, caranya klik kanan pada disk yang mau kita perbaiki, kemudian pilih properti. setelah itu, pilih menu Tool, kemudian pilih "check now" pada bagian error checking. (optional) centang bagian cek bad sektor, ini agar tool tersebut melakukan cek pada bad sektor dan memperbaikinya, tapi proses yang dilakukan untuk cek bad sektor akan sangat lama. jadi saran saya, biarkan saja default terlebih dahulu sebelum memilih bad sektor. untuk cek menggunakan tool command prompt(cmd) sebenarnya sama. jadi untuk yang aman, gunakan saja tool yang telah disediakan windows daripada harus melakukannya secara manual. selanjutnya jika sudah, tunggu hingga proses selesai. apabila proses cek sudah selesai, uji kembali komputer kamu. saya harap langkah ini sudah bisa menyelesaikan permasalahan komputer kamu yang macet.

2. Mengatasi infeksi virus.
biasanya yang paling sering saya temui adalah komputer yang terkena infeksi virus. bukan hanya itu, virus tersebut juga melakukan disable pada task manager kita. jadi akan sangat berat untuk mematikan virus tersebut. cara yang mudah namun sedikit rumit adalah dengan cara memasuki windows safe mode. caranya tekan tombol F8 saat komputer pertama kali dinyalakan. untuk tipe laptop atau komputer dengan mesin yang berbeda biasanya mempunyai tombol yang berbeda, tapi rata-rata tombol yang sering saya tekan adalah F8. apabila tidak berfungsi, cobalah tekan tombol dimulai dari F1 - F12. saran saya, tekan tombol F2, F8, F12. selanjutnya setelah masuk ke dalam safe mode windows, jalankan antivirus yang kita miliki untuk menghapus virus tersebut. kita juga bisa mencari virus tersebut secara manual, tapi akan membutuhkan waktu yang agak sedikit lama untuk bisa menemukannya.

3. Random Access Memory RAM.
cara memperbaiki Random Access Memory sebenarnya sudah pernah saya bahas pada posting saya yang dulu. buat kamu yang ingin memperbaiki Ram, silahkan baca posting saya tentang Cara Perbaiki Komputer Yang Sering Restart. sebenarnya masih banyak penyebab lainnya yang mengakibatkan komputer menjadi lamban atau macet. namun tidak bisa saya sebutkan semua disini karena mungkin akan sangat panjang. jadi saya akan coba tuliskan di posting saya yang lain.

begitulah cara mengatasi komputer yang lamban atau macet. semoga solusi yang saya tuliskan diatas bisa menyelesaikan permasalahan yang kamu alami. dan semoga ilmu ini bermanfaat buat kamu. sampai bertemu lagi di posting saya yang lain dan salam hangat dari saya Muhammad Surya Darmawan.

Comments

  1. Makasih sob untuk informasi artikelnya :)
    http://goo.gl/2y0u43

    ReplyDelete

Post a Comment

Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih