Thursday, 2 April 2015

Cara Perbaiki Komputer Yang Sering Restart

Advertisement
Saat kita sedang asyik bermain komputer, tiba-tiba saja komputer yang kita mainkan tersebut mendadak melakukan restart. kemudian di hati kita muncul perasaan sedih serta di iringi dengan perasaan bertanya-tanya tentang apa yang telah terjadi. begitulah kira-kira ceritanya. he...
hari ini, saya akan coba menjelaskan penyebab kerusakan tersebut dan memandu kamu tentang cara memperbaiki kerusakan tersebut. komputer yang sering restart tanpa sebab apapun akan berakibat fatal jika dibiarkan. mari kita mulai saja panduannya ok.

1. Penyebab Komputer Sering Restart.
penyebab dari komputer sering restart itu ada beberapa macam. mulai dari prosesor kepanasan, virus, RAM, power supply, harddisk, dan terakhir, motherboard. dan kali ini akan coba saya bahas satu per satu.

Komputer restart karena prosesor terlalu panas.
apabila processor terlalu panas, maka komputer akan melakukan system perlindungan sehingga komputer akan restart. tapi ada juga yg langsung shutdown. hal ini dilakukan agar komputer tersebut tidak rusak fatal. contoh yg ditunjukkan oleh komputer sering restart karena prosesor biasanya ditunjukkan saat kita bermain sebuah game, memutar musik, video dan sebagainya.

Virus Membuat Komputer Restart Terus.
komputer diperintahkan oleh virus untuk melakukan restart saat waktunya telah tiba, saat pertama kali kita terinfeksi, biasanya virus tersebut tidak akan langsung memerintahkan komputer untuk melakukan restart. setelah kita mematikan atau  melakukan restart komputer. maka disitulah virus mulai berjalan dan melakukan aksinya. ciri-ciri yang ditunjukkan biasanya saat komputer kita mencoba memasuki OS windows, atau saat proses logo windows berjalan. maka saat itulah komputer melakukan restart.

Kegagalan RAM.
jika ram gagal atau rusak, maka komputer akan melakukan restart. komputer biasanya memberikan pesan peringatan kepada kita (pengguna) dengan cara membunyikan alarm beep jika memang ada kerusakan ram atau kegagalan ram.
untuk kegagalan ram, biasanya hanya sedikit bagian yang tidak terkoneksi dengan baik. dan itu membuat komputer kita restart serta tidak memberikan pesan peringatan. ciri-ciri yang ditunjukkan saat kegagalan ram adalah saat proses menyalakan komputer, dalam beberapa saat atau lebih komputer akan kembali melakukan restart.

Power Supply Rusak.
Penyebab yang sering terjadi adalah kurangnya daya listrik dari power supply ke komputer kita. ciri-ciri yang ditunjukkan komputer biasanya dimulai dari restart yang tidak beraturan. kadang saat baru dinyalakan, komputer sudah melakukan restart.

Komputer Restart karena Harddisk.
harddisk bad sector atau kegagalan pendeteksian harddisk juga bisa mengakibatkan komputer melakukan restart. namun hal seperti ini jarang terjadi. hal yang paling umum terjadi adalah file penting yang ada di dalam drive C windows kita hilang. biasanya akibat shutdown komputer dengan tidak benar, mati lampu, dan sebagainya.

Motherboard rusak.
kerusakan komponen pada motherboard bisa mengakibatkan restart pada komputer, hal tersebut terjadi karena salah satu komponen yang ada di dalam komputer mengalami listrik yang tinggi. dan terkadang, motherboard tersebut terkena air dan sebagainya. mari kita lanjutkan ke bagian cara perbaiki komputer tersebut.

2. Cara Memperbaiki komputer yg sering restart.
untuk memperbaiki komputer yang sering restart, akan saya bagi dalam beberapa cara sesuai dengan kondisi yang telah saya sebutkan sebelumnya. cobalah salah satunya lalu uji komputer kamu, apabila masalah sudah bisa di atasi. maka saya ucapkan selamat.

Prosesor terlalu panas.
cara memperbaiki prosesor terlalu panas sebenarnya cukup mudah. bersihkan debu yg menempel di kipas prosesor menggunakan kuas cat atau sikat yang lembut. setelah bersih, silahkan coba kembali komputer kamu.

Restart karena virus
Solusi yang paling mudah adalah install ulang OS windows kamu. jika kamu merasa bahwa file yang kamu miliki sangat penting, cobalah masuk melalui windows safe mode. namun jika sudah tidak bisa lagi. gunakan tool bantuan seperti hbcd agar bisa masuk ke windows dan backup seluruh file penting milik kamu sendiri. setelah itu, kamu format ulang komputernya.

Kerusakan Ram komputer.
Memperbaiki RAM komputer diperlukan sedikit keahlian khusus. sebuah kesalahan akan membuat kerusakan komputer menjadi lebih parah. hal pertama yg dilakukan adalah dengan melepaskan RAM dari komputer dan pastikan komputer dalam keadaan mati. pastikan juga listrik sudah mati. kemudian gosok metal RAM berwarna kuning dengan penghapus pensil. setelah itu, pasang kembali RAM dan uji lagi komputermu.

Restart Akibat Power Supply.
untuk mengetahui permasalahan power supply, kita harus memiliki power supply cadangan. uji lah komputer kamu dengan power supply cadangan tersebut, jika komputer sudah tidak merestart lagi. maka bisa dipastikan power supply yg bermasalah. untuk hal ini, saya rasa butuh keahlian khusus untuk memperbaiki power supply. jadi, saran dari saya, ganti power supply tersebut dengan yang baru.

Restart karena Harddisk.
cara memperbaiki harddisk sebenarnya susah dan mudah. untuk mengetahui harddisk error atau rusak. kita bisa mencoba masuk ke dalam bios komputer. kemudian lihat info tentang harddisk, apabila harddisk terdeteksi dengan baik, akan terlihat di bios. sedangkan apabila tidak ada sama sekali, maka bisa dipastikan harddisk tersebut rusak atau mungkin hanya kerusakan pada kabel harddisk. jika kamu kurang yakin, lepaskan harddisk dari komputer dalam keadaan mati dan listrik sudah tidak tersambung. kemudian pasang kembali harddisk tersebut. cara ini juga berguna jika harddisk kamu tidak terdeteksi dengan benar.

ada juga harddisk error dan sering restart karena kehilangan system windows. jadi, cara lainnya adalah dengan menggunakan repairs windows atau format ulang windows kamu. dan jika memang benar harddisk tersebut telah kehilangan system windows akibat komputer yg tidak dimatikan dengan benar atau gara2 mati lampu. maka, gunakan cara yg telah saya jelaskan sebelumnya.

Restart karena motherboard rusak.
biasanya kerusakan tersebut terletak di dekat prosesor yang disebut komponen elco atau kondensator. khusus untuk memperbaiki motherboard. mungkin sedikit susah. jadi saran dari saya adalah mengganti motherboard yang telah rusak dengan yang baru. dan pastikan jika kamu membeli yg baru, sesuai dengan spesifikasi hardware milik kamu sendiri. nah itulah penyebab dan cara perbaiki komputer yang sering restart sendiri.
Recent Posts

    1 comment:

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih