Tuesday, 7 April 2015

Penjelasan Tentang VGA Komputer dan Laptop

Advertisement
VGA adalah kepanjangan dari kata Video Graphic Array (selanjutnya kita panggil Video Graphic saja) yang berupa sebuah komponen untuk menampilkan atau memproses gambar ke dalam layar komputer dan laptop untuk ditampilkan kepada kita sebagai pengguna. tanpa VGA, layar yang ditampilkan hanya akan menjadi gelap. ada kelebihan yang bisa VGA lakukan, mulai dari bermain game dan kecepatan proses dalam menampilkan grafis yang kita lihat sekarang ini. tanpa dukungan dari VGA, game akan terasa berat jika dimainkan, terlalu lamban dan sebagainya. jadi alat ini dibutuhkan sebagai pelengkap di dalam komputer yang wajib. VGA mempunyai 2 jenis. dan kali ini saya akan jelaskan tentang 2 jenis tersebut.

1. Video Graphic (VGA) Internal
hardware jenis ini adalah tipe standar yang sudah ada di dalam komputer dan laptop pengguna. internal berarti hardware yang sudah terpasang dan tidak bisa dilepas di dalam komputer dan laptop kita. dan hardware jenis ini sudah ada pada masing-masing komponen yang ada. (butuh keahlian khusus untuk melepaskan vga internal jika rusak).

2. Video Graphic Eksternal (External)
hardware jenis ini adalah tipe alat tambahan yang dipasang berdasarkan keperluan dan keingingan pengguna. eksternal berarti hardware yang non standar yang bisa dilepas dan dipasang kembali di dalam komputer dan laptop kita (disebut VGA Card). biasanya hardware jenis ini digunakan untuk menambah atau menggantikan hardware internal agar kita, para gamer bisa merasakan kecepatan dalam bermain game atau dalam hal yang lainnya tanpa harus membeli komputer baru maupun laptop karena VGA yang tidak mendukung.

Vga mempunyai variasi kapasitas yang berbeda-beda, sama seperti ram, ada kapasitas 256 MB, 502 MB (tipe lama) hingga sekarang mencapai 1 GB atau lebih. untuk VGA tipe lama, biasanya hanya mendukung game yang berdimensi 2D, namun sebagian ada juga yang mendukung game bertipe 3D. apabila Vga tidak mendukung game tersebut, maka biasanya akan terjadi macet atau hang pada komputer dan laptop kita. namun usahakan driver yang kita miliki sudah up to date (update) untuk mengetahui jenis game yang didukung alat ini.

Vga tidak bekerja sendiri, hardware tersebut harus digabungkan dengan Ram dan processor. jadi, walaupun kapasitas VGA tinggi dan sudah mendukung game bertipe 3D, maka, game tetap mengalami macet. itu karena spesifikasi Random access memory (RAM) dan processor tidak mendukung. maka dari itu, jika kita lihat daftar game yang ada di website-website tertentu, kita bisa melihat tulisan requirement this game atau recommended hardware. banyak jenis vga yang bisa kamu temukan  dan mungkin sebagian tidak bisa saya sebutkan disini karena apa yang saya tuliskan di posting saya hanya berdasarkan pada batas pengetahuan yang ada di kepala saya saja. hehehe.

nah sekarang kamu sudah mengerti dengan VGA. semoga ilmu ini bermanfaat buat kamu. dan sampai berjumpa lagi ya di posting saya yang lain.
Recent Posts

    No comments:

    Post a Comment

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih