Cara Memperbaiki Harddisk Macet Tidak Terdeteksi

Harddisk merupakan komponen yang sangat diperlukan untuk melakukan penyimpanan data yang ada pada komputer dan laptop kita. tanpa hardware bernama Harddisk, maka sebuah komputer dan laptop tidak bisa dikatakan lengkap. karena, hardware ini sangat wajib digunakan sebagai pelengkap untuk menyimpan data-data penting yang kita buat dan simpan. kita tidak bisa menyimpan data yang penting atau menjalankan sebuah program yang dikenal sebagai OS windows dan beberapa OS yang lain serta data dokumen dan sebagainya tanpa harddisk. lalu bagaimana jika harddisk tersebut rusak dan bermasalah seperti macet dan sebagainya?

nah, hari ini saya akan coba bantu kamu berdasarkan pengalaman saya dalam memperbaiki harddisk yang macet. panduan ini akan saya bagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan masalah yang di alami.  jadi mari ikuti panduan saya di bawah ini.

Langkah Pertama.
mungkin sudah pernah saya katakan tentang cara yang satu ini. tapi karena posting ini khusus membahas harddisk, maka saya akan coba bahas lagi disini. mari kita mulai.

Memperbaiki Harddisk error atau macet.
1. jika Harddisk macet saja dan kita masih bisa masuk ke desktop windows, maka kita perbaiki dengan cara membuka menu tools my computer, caranya buka icon "my computer" kemudian klik kanan pada disk yang mau kita perbaiki, misalnya "lokal disk E". kemudian pilih menu properties. sebelumnya karena harddisk macet, jadi kita akan memperbaiki semua disk dengan cara memilih satu per satu dari setiap disk. saat tampilan menu properties disk terbuka, lanjutkan dengan memilih tab tools > Error Checking. kemudian klik tombol check now untuk membuka fitur cek disk. pastikan default pada tulisan "Automatically fix file system errors" sudah di centang, kemudian klik tombol start untuk memulai proses perbaikan cek disk.

catatan : Jika kamu ingin cek bad sector pada harddisk, maka centang juga tulisan "scan for and attempt recovery of bad sector". proses cek bad sector akan memakan waktu yang sangat lama. jadi itu tergantung pilihanmu. dan perlu kamu perhatikan, cara diatas tidak hanya cek harddisk, tapi juga langsung memperbaikinya jika memang ada error.

2. lakukan defragment harddisk, jika belum tahu tentang defragment harddisk, baca posting saya tentang pengertian dan fungsi defragment pada harddisk. disitu kamu akan menemukan cara defragment menggunakan system standar windows (tanpa aplikasi).

3. backup seluruh data yang penting, lalu format ulang harddisk. berikutnya kita akan coba memperbaiki harddisk yang tidak terdeteksi.

jika kita tidak bisa masuk ke windows, maka gunakan beberapa program bantuan seperti HBCD untuk cek harddisk sebelum logo windows. atau kamu bisa coba menu "Safe Mode Windows". caranya tekan tombol F8 setelah tampilan pertama saat komputer atau laptop dihidupkan.

Langkah Kedua untuk Harddisk tidak Terdeteksi.
harddisk tidak terdeteksi biasanya diakibatkan oleh kabel yang tidak terpasang dengan benar, bisa karena sudah usang atau ada juga komponen di harddisk rusak dan penyebab lainnya adalah "bad sector", system komputer error dan motherboard harddisk rusak. apabila komponen atau motherboard harddisk rusak, maka kita harus mengganti harddisk tersebut dengan yang baru. dan apa yg saya maksudkan itu bukan motherboard komputer. tapi harddisk, dan letaknya berada di bawah harddisk. untuk mengganti komponen yang rusak sebenarnya bisa asalkan tipe harddisk sama. sederhananya bukan merk yg sama tapi tipe komponen harus sama. karena saat saya lihat, merk sama tapi berbeda tipe komponen (jalur komponen berbeda). saran saya, backup seluruh data yang ada di dalam harddisk jika memungkinkan. lalu ganti motherboard harddisk tersebut.

ada juga penyebab harddisk tidak terdeteksi karena disebabkan oleh virus. jadi cobalah scan dengan antivirus yang kamu miliki sebelum logo windows dimulai. ada beberapa antivirus yang mendukung pemindaian sebelum logo windows. masalah lainnya adalah system windows error sehingga mengakibatkan harddisk ikut error, cek juga power supply, karena setahu saya, kurangnya daya listrik di power supply bisa mengakibatkan beberapa hardware tidak terdeteksi dan hal tersebut pernah saya hadapi. uji dengan power supply yg lain. untuk penyebab lain biasanya yang sering saya temui adalah kabel yang tidak terpasang dengan benar walaupun terlihat baik-baik saja.

Memperbaiki Masalah Kabel Harddisk Tidak Terpasang Dengan Benar.
1. lepas harddisk dari komputer (pastikan kontak dengan listrik sudah dimatikan),caranya lepaskan kabel dari harddisk lebih dahulu, lalu kemudian komputer. setelah itu pasang kembali kabel tersebut dan hidupkan ulang komputer kamu. jika masih belum bisa menyelesaikan masalah, ganti kabel tersebut dengan kabel yang lain. lalu test kembali komputermu.

2. untuk harddisk terinfeksi virus, scan menggunakan antivirus yang kamu miliki atau format ulang komputer kamu. backup data sebelum format ulang. biasanya cara ini sudah bisa menyelesaikan masalah virus yang ada.

mungkin masih banyak cara lain yang bisa digunakan untuk memperbaiki harddisk kita. namun ada yg lupa ditulis oleh saya. semoga ilmu ini bermanfaat untuk kamu. begitulah cara memperbaiki harddisk macet dan tidak terdeteksi. semoga beberapa cara yang telah saya tuliskan bisa menyelesaikan masalah kamu tentang harddisk. sampai bertemu lagi pada posting saya yang lain. dan salam hangat dari saya.

Comments