Wednesday, 15 April 2015

3 Masalah Kerusakan Layar Laptop Bergaris

Advertisement
Kita pasti pernah mengalami kerusakan layar laptop bergaris saat pertama kali dinyalakan. berdasarkan dari pengalaman, saya sendiri pernah menghadapi sebuah laptop yang ketika dinyalakan hanya muncul garis-garis merah, kemudian ada juga garis warna-warni tapi laptop tetap menyala dengan baik, dan sebagainya. ada juga yang hanya berdiam sebelum masuk logo windows.
eits, jangan langsung menyebut bahwa layar kamu rusak. kita perlu melakukan uji laptop terlebih dahulu sebelum memastikan bahwa yang rusak adalah layar kamu. mari ikuti langkah pengujian yang saya lakukan.

1. Kegagalan Proses RAM (Random Access Memory).
kita akan melakukan test pada (Random Access Memory) Ram laptop. memang terlihat normal saja, tapi bisa jadi penyebab layar bergaris. waktu itu saya pernah mencoba dengan Ram lain, hasilnya garis-garis yang ada di layar telah hilang. nah tidak semua RAM bisa berjalan dengan mulus. dari hitungan saya kalau tidak salah ingat RAM mempunyai 32 - 36 Pin berwarna kuning yang disebut sebagai kaki Ram. dan tidak semua pin selalu bagus. saya sebut sebagai setengah kegagalan proses Random Access Memory dan setiap pin bekerja masing-masing. jadi, cobalah menggunakan RAM cadangan untuk melakukan test, jika laptop tersebut baik. maka saya ucapkan selamat buat kamu.

2. Cable Connector VGA (Video Graphic).
kabel konektor yang berada di dalam laptop sudah lemah dan bisa mengakibatkan proses yang mengalir ke VGA menjadi tidak sempurna. apalagi kita sering membuka dan menutup layar laptop dengan cepat. bisa saja kabel tersebut tertarik sehingga menyebabkan layar laptop bergaris-garis. saran saya, cobalah lepaskan kabel yang berada di mainboard, lalu pasang kembali kabel tersebut. uji laptop kamu, jika permasalahan sudah hilang, maka kamu telah berhasil. tapi jika belum berhasil test kembali menggunakan kabel VGA laptop yang mempunyai kesamaan tipe. kalau pengalaman saya dulu, saya juga pernah mendapatkan kabel VGA laptop di toko resmi laptop. dan setelah saya ganti akhirnya garis-garis merah pun hilang.

3.  Baterai Cmos dan Inverter layar laptop.
salah satu penyebab layar laptop bergaris adalah baterai Cmos sudah lemah, tapi kalau menurut saya, hal ini sangat jarang terjadi. nah, kalau untuk inverter layar laptop itu pernah juga saya alami. setelah mengganti Inverter layar laptop, barulah laptop tersebut normal kembali. yang saya sebutkan inverter ya, bukan lampu led laptop. hampir berdekatan letaknya, namun berbeda tipe. untuk masalah lampu led laptop, akan saya tuliskan di posting saya yang lain.

itulah 3 Masalah Kerusakan Saat Layar Laptop Bergaris. jika ketiga cara tersebut sudah kamu lakukan, maka bisa dipastikan Motherboard atau layar laptop kamu yang rusak.
Recent Posts

    No comments:

    Post a Comment

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih