Memperbaiki Komputer Layar Gelap Saat Prosesor Diganti

Beberapa waktu lalu, banyak orang bertanya kepada saya. permasalahan yang sering mereka tanyakan adalah "kenapa saat kami mengganti prosesor dan kemudian menghidupkan komputer layar menjadi gelap? nah, biar semua bisa di jawab oleh saya, maka pada hari ini, saya akan jelaskan kepada kamu tentang masalah ini. namun apa yang ada disini tidak menjamin bahwa kamu bisa memperbaikinya. jadi solusi terakhir adalah dengan cara mengganti alat tersebut dengan cadangan yang sudah kamu miliki, lalu di uji dengan cara menghidupkan komputer atau, diganti dengan alat yang baru.

Pertama : biasanya layar menjadi gelap karena RAM komputer yang kurang pas saat dipasang di dalam komputer. mungkin saat kita melepas prosesor, kita juga melepaskan RAM atau tangan kita tidak sengaja mengenai RAM sehingga posisi yang ada pada Random Access Memory bergeser. solusinya, lepaskan RAM lalu pasang kembali. atau kamu bisa gunakan penghapus pensil untuk menghilangkan debu yang tidak terlihat di pelat besi kaki RAM.

Kedua : salah meletakkan prosesor akan mengakibatkan kerusakan yang fatal. jadi pastikan kamu tidak salah saat memasang alat tersebut. lihat bagian atas prosesor, ada tanda segitiga berwarna kuning atau hijau yang menunjukkan posisi pas di dalam slot (di ujung slot atau tempat untuk meletakkan prosesor biasanya ada juga tanda itu. jadi harus sama arah dan posisi letak kedua tanda tersebut).

Ketiga : Kipas prosesor Rusak. untuk bagian ini, kamu cek terlebih dahulu, apakah kipas tersebut masih berputar saat komputer dinyalakan? jika tidak, lepas kipas beserta kabel lalu pasang kembali. apabila belum berhasil, uji kipas tersebut di komputer yang lain. terkadang, kipas berputar namun sebenarnya rusak. jadi waktu itu, setelah saya uji dengan kipas prosesor yang lain. hasilnya komputer pun kembali normal. nah, masalah yang ketiga ini yang paling sering saya alami.

Keempat :  Power Supply. kamu pasti tahu dengan yang satu ini. untuk mengetahui kerusakan tersebut, silahkan baca posting saya tentang Permasalahan Power Supply.

Kelima : Papan Utama (Maindboard) komputer telah rusak, biasanya ada bagian yang disebut "Elko" yang rusak. baca permasalahan komputer sering restart.

Nah itulah beberapa permasalahan saat ganti prosesor komputer, sebenarnya bukanlah prosesor yang jadi penyebabnya. dan sangat jarang komponen tersebut mengalami kerusakan. tapi kesalahan dalam meletakkan komponen tersebut lah bisa mengakibatkan komputer blank dan bahkan mati total, ada juga karena kipas prosesor sudah mulai melemah sehingga saat dilepas, kerusakan pun terjadi. kemudian tangan secara tidak sengaja mengenai RAM, dan terakhir. Power Supply yang sudah mulai rusak. semuanya terjadi setelah kita melepaskan kabel-kabel yang ada di dalam komputer kita. semoga ini menjadi solusi dan wawasan baru buat kamu.

Comments