Sunday, 5 April 2015

Cara Memperbaiki RAM Komputer Rusak

Advertisement
Kerusakan pada Random Access Memory RAM sering menyebabkan komputer menjadi tidak respons di ikuti dengan suara alarm di dalam komputer. biasanya suara alarm tersebut mempunyai kode masing-masing. namun tidak semua komputer bisa memberikan suara alarm jika ada kerusakan pada Random Access Memory kita. selain itu alat yang rusak ini juga akan mengakibatkan layar pada komputer menjadi tidak respons atau disebut layar hitam gelap.

hal ini karena ada atau tidak adanya alat bernama speaker. ada yang terpasang dan ada juga yang tidak terpasang di dalam komputer kita. jadi, jika tidak ada, maka alarm komputer tidak akan memberikan suara. jika sudah begitu, kita bisa cek dengan cara lain.
yaitu, menggunakan Random Access Memory cadangan. setelah dipastikan bahwa kerusakan komputer adalah Random Access Memory, maka kita bisa mencoba melakukan perbaikan pada alat tersebut. Berikut ini beberapa cara memperbaiki Random Access Memory RAM kita yang rusak. pastikan bahwa saat melepas dan memasang Random Access Memori kita, pastikan listrik ke komputer sudah terputus. hindari melepaskan alat komponen saat listrik masih menyala, ini agar kamu aman dan tidak tersengat listrik. bahaya kan. he...

Langkah Pertama.
1. gunakan penghapus pensil untuk membersihkan debu pada RAM, gosok secara perlahan pada bagian pelat besi berwarna kuning di RAM. dimulai dari flat yang terletak di depan, lalu kemudian pelat besi yang berada di belakang. setelah itu pasang kembali ke dalam komputer. kemudian uji kembali komputermu. apabila komputer sudah normal kembali, maka kita sudah berhasil di tahap ini. jika belum berhasil, lanjutkan ke tahap kedua.

2. gunakan pensil 2B. tuliskan satu per satu di pelat besi Random Access Memori kita seperti seseorang yang sedang mewarnai gambar. lakukan hal yang sama pada belakang RAM kita. lalu kemudian uji kembali komputer.

3. gunakan alat perbaikan bernama tester atau testmeter yg digunakan sebagai alat untuk cek tegangan listrik. setting tester ke volt meter sekitar 12 atau kurang. kamu juga bisa setting ke Ohm meter. kemudian letakkan tester berwarna hitam di bagian kanan pelat besi berwarna kuning RAM kita, lalu geser tester berwarna merah dimulai dari kiri sampai kanan. dan jangan sampai tersambung ke tester berwarna hitam. berhenti saat di dekat tester berwarna hitam yang terletak antara pelat 1 dan 2. lakukan hal yang sama pada pelat bagian belakang Random Access Memory kita. lalu uji kembali komputer.

Langkah Kedua.
cara kedua ini membutuhkan keahlian khusus, jika ada kesalahan, maka akan mengakibatkan Random Access Memory kita rusak fatal. jadi, jangan lakukan jika kamu ragu. mari kita mulai.

1. siapkan bahan bernama thinner tipe A atau B. celupkan pelat besi Random Access Memory kita ke dalam bahan tersebut selama beberapa menit dan pastikan jangan sampai kena komponen RAM, cukup pelat saja yg di rendam. setelah beberapa menit, angkat RAM. lalu bersihkan dengan kain lap atau tisu. kemudian pasang kembali ke dalam komputer. jika belum berhasil, lanjutkan tahap kedua.

2. siapkan baterai kecil dan kabel. kemudian letakkan kabel minus di sebelah kanan pelat besi RAM kita. dan geser kabel plus secara perlahan dari kiri sampai ke kanan pelat, jangan sampai kena kabel minus. lalu kemudian test kembali komputer.

itulah cara perbaiki Random Access Memori atau biasa kita sebut sebagai RAM. dan saya harap RAM yg kamu miliki tidak parah sehingga sampai pada kerusakan komponen. jika rusak, cara diatas tidak akan berlaku. solusinya adalah mengganti dengan Random Access Memori RAM yang baru. semoga cara ini bisa menyelesaikan masalah yang kamu miliki dan saya harap ilmu ini juga bermanfaat bagi kamu untuk bisa memperbaiki kerusakan komputer. sampai bertemu lagi di posting saya yang lain. salam hangat dari saya Uya Sur.
Recent Posts

    2 comments:

    1. Santekno : oh jadi kyk gitu gan. Terimakasih banyak gan :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. mungkin saja ada yg saya lupa untuk tuliskan, jika memang ada tolong diberitahu ya ^_^

        Delete

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih