Sunday, 12 April 2015

Membuat Web Server Offline Pada Komputer Atau Laptop

Advertisement
Waktu itu, saya sering belajar membangun website secara online, sehingga menghabiskan kuota internet yang saya miliki.  kemudian, saya berpikir apakah bisa membangun website secara offline terlebih dahulu sebelum membuatnya online. nah, berdasarkan pengalaman yang saya miliki, ternyata membuat website secara offline itu bisa dilakukan di dalam komputer dan laptop kita. yang semula kita membuatnya pada web server online, sekarang kita bisa membuatnya pada web server offline. hanya 4 bahan yang  kita butuhkan. nah, bagi kamu yang ingin membuat sebuah website secara offline sehingga tidak menghabiskan kuota internet kamu, kita akan membahas tentang cara memasang web server offline di komputer atau laptop, cara yang digunakan sama. jadi, mari ikuti langkah yang saya tuliskan di bawah ini.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat web server offline pada komputer dan laptop.

1. httpd server (Apache)
2. php5
3. mysql
4. PhpMyAdmin

bahan tambahan :
1. filezilla (ftp).

itulah bahan yang kita butuhkan untuk membuat sebuah web server offline. saya akan jelaskan secara satu per satu.

httpd Server (Apache)
aplikasi ini digunakan sebagai penghubung yang disebut Web Server, bukan hanya bisa digunakan secara offline, tapi juga bisa digunakan secara online. dan sebagai contoh, kalian bisa melihat para penyedia hosting menjelaskan tentang web server yang mereka pakai dan sebagainya. itulah web server.

Php5
ini sebenarnya bukanlah aplikasi, melainkan sebuah mesin pemograman yang membantu kita agar bisa membuat sebuah kode PHP. dengan mesin ini, semua kode Php yang telah kamu buat akan diproses dan di terjemahkan ke dalam browser sehingga membentuk sebuah Website atau Blog.

Mysql
kalau dalam versi online, para penyedia hosting sudah menyediakan aplikasi ini untuk menyimpan data yang penting, biasa kita sebut sebagai database. nah karena komputer dan laptop kita belum ada Mysql, maka kita akan membutuhkan aplikasi ini sebagai tambahan untuk melakukan uji coba pada website dan blog. seperti cek login, daftar dan sebagainya. sederhananya, tempat untuk menyimpan data yang diperlukan oleh website dan blog dalam pengisian sebuah login(cek user dan pass). sebenarnya aplikasi ini juga tidak hanya digunakan untuk Pemograman web, tapi untuk seluruh pemograman di dunia internet.

PhpMyAdmin
digunakan untuk menghubungkan database Mysql ke agar bisa dibuka di web server, jadi kamu tidak perlu membuka Mysql melalui aplikasi tersebut atau pun Cmd (Command Prompt). kamu bisa langsung membukanya melalui browser kamu dengan cara mengetikkan localhost/PhpMyAdmin (case sensitive).

untuk cara memasang dan menggunakan ke 4 bahan diatas, mungkin akan saya tuliskan di posting saya yang lain. sementara itu, ada cara lain yang lebih mudah buat kamu dalam memasang web server offline daripada memasang ke empat bahan tersebut. yaitu dengan cara memasang Xampp. ok, saya akan jelaskan tentang bahan yang satu ini.

Xampp
aplikasi ini lengkap dan paling mudah dalam pemasangan web server offline, di dalam paket Xampp, sudah ada httpd-server Apache, php5, mysql dan phpmyadmin. setelah kamu selesai memasang xampp, kamu bisa langsung menggunakannya dengan cara mengetikkan url "localhost" di address bar browser internet yang kamu gunakan. Xampp memang khusus dibuat untuk memudahkan kita yang belum tahu cara memasang ke 4 bahan yang telah disebutkan sebelumnya, bisa dibilang aplikasi ini sangat cocok untuk pemula yang baru mau belajar membuat website. berdasarkan pengalaman saya dalam menggunakan Xampp, saya lega karena tidak mengalami masalah apapun. buat kamu yang ingin mendapatkan aplikasi ini, silahkan kunjungi situs resminya di :

https://www.apachefriends.org/ atau Xampp 1.7

kamu bisa pilih aplikasi ini sesuai dengan jenis yang kamu inginkan, ada untuk windows, linux dan sebagainya. sekarang Xampp juga sudah mendukung versi Php 5.5.19.
nah, itulah cara mudah membuat web server offline dengan mudah pada komputer dan laptop kamu. untuk cara memasang Xampp, ikuti panduan saya dibawah ini.

Cara Memasang Xampp.
pertama, buka file xampp yang telah kita dapatkan sebelumnya, kemudian pilih bahasa aplikasi tersebut (default english).

Memilih bahasa Xampp
Memilih bahasa Xampp

kedua, di bagian halaman selamat datang, klik tombol next untuk melanjutkan proses pemasangan.

Halaman selamat datang
Halaman selamat datang

ketiga, pilih tempat pemasangan, misalnya di direktori C.

Memilih direktori pemasangan Xampp
Memilih direktori pemasangan Xampp

keempat,  biarkan setting default pada Xampp,

Pengaturan setting default Xampp
Pengaturan setting default Xampp

kelima, tunggu hingga proses pemasangan selesai, setelah itu, halaman selamat datang Xampp melalui Cmd akan tampil.

Proses pemasangan Xampp
Proses pemasangan Xampp

Cmd selamat datang
Cmd selamat datang

keenam, klik tombol finish untuk menyelesaikan pemasangan. nah, sekarang kamu sudah bisa menggunakan Xampp.

Xampp selesai dipasang
Xampp selesai dipasang

setelah tombol finish di klik, maka akan muncul pemberitahuan bahwa kamu telah berhasil memasang Xampp dan sebuah pertanyaan tentang apakah kamu mau menjalankan Xampp sekarang atau tidak, klik saja tombol "yes" untuk menjalankan Xampp.

Pemberitahuan bahwa kita telah berhasil memasang Xampp
Pemberitahuan bahwa kita telah berhasil memasang Xampp

begitulah cara memasang Xampp, semoga kamu paham dan mengerti tentang apa yang saya jelaskan, dan sekarang, komputer atau laptop kamu sudah menjadi web server offline. ketik localhost di address bar browser kesayangan kamu. maka akan tampil direktori utama web server kamu. silahkan cari direktori C:\xampp\htdocs untuk mulai membuat website atau memasang cms, disitu kamu bisa tempatkan website kamu. atau kamu bisa membuat folder baru agar tidak terkumpul dengan file index milik xampp.

Tampilan Utama Xampp
Tampilan utama Xampp
untuk menjalankan server apache dan mysql, klik tombol start di control panel Xampp, untuk php5 dan phpmyadmin, sudah ada di dalam kedua server tersebut. setelah dijalankan, kamu sudah bisa membangun website yang kamu suka dan melakukan uji coba pada website hasil kreasimu.

demikian cara membuat web server offline pada komputer dan laptop kita. terima kasih sudah mengunjungi blog sederhana saya ini, dan sampai bertemu lagi di posting saya yang lain. salam hangat dari admin uya sur.
Recent Posts

    6 comments:

    1. xampp tersebutdi peruntukkan untuk membuat website secara offline,yaitu berbasis jommla. sangat bermanfaat artikelnya dan bagus,...

      ReplyDelete
      Replies
      1. sebenarnya bukan hanya untuk joomla, dulu sewaktu masih ada cms wp, juga bisa di pasang ke web server offline, ada juga drupal dan sebagainya. tapi kemarin saya langsung menggunakan kode program PHP tanpa cms. soalnya saya sedang mempelajari kode PHP termasuk javascript waktu itu. membangun dari awal. ^_^

        Delete
    2. oke kalau itu sih bisa, kalau web kita di akses dari kampoter lain apakah bisa gan saya pernah coba yang ini kalo yang di akses komputer lain belum pernah gan

      ReplyDelete
      Replies
      1. aksesnya pake lan atau wifi gan? kalau lan cobain ja akses di browser pake URL 127.0.0.1. atau set dulu IP nya misalnya 192.168.1.1. belum pernah coba juga sih gan pake komputer yg lain.

        Delete
    3. Replies
      1. sama2 gan. semoga kamu bisa membuat website sendiri tanpa masalah. ^_^

        Delete

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih