Cara Agar Konten Artikel Cepat Di index Oleh Google

Bagi yang mempunyai website atau blog, pasti ingin konten miliknya cepat di index oleh Google atau mesin pencari. disini saya akan pandu kamu melalui beberapa cara agar posting atau konten yang kamu miliki secara cepat muncul di halaman pencarian Google. kalau saya hitung waktu tampil, konten yang dimiliki bisa muncul dalam waktu 1 menit atau lebih jika menggunakan cara ini. akan tetapi, konten yang telah muncul di halaman pencarian, tidak bisa dijamin posisinya saat muncul di search engine. karena hanya robot dari mesin pencari yang bisa menentukan apakah konten yang kita miliki pantas untuk berada di posisi pertama di halaman pencarian atau kedua dan seterusnya. mari kita mulai panduan ini.

Sebelumnya saya mau katakan kepada kamu, kalau sebenarnya, konten atau artikel kita sudah bisa di index dengan cepat oleh google hanya dengan menerapkan langkah pertama. akan tetapi, menurut saya, akan lebih baik jika kita melengkapi semua langkah agar konten kita bisa terindex dengan baik dan benar. baiklah, mari kita mulai panduannya.

Langkah Pertama.
siapkan URL konten di dalam notepad, lalu kemudian kunjungi https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url. Selanjutnya isikan URL konten yg sudah disimpan sebelumnya secara satu per satu, setelah itu isi kode captcha. kemudian klik tombol kirim permintaan. setelah terkirim, tunggu hingga beberapa detik atau menit. biasanya kurang lebih dari 1 menit, konten sudah tampil di mesin pencari google.

Langkah Kedua.
Submit sitemap blog atau websitemu, ini agar website atau blog kita terindex dengan baik dan benar. buka alat webmaster kamu, isi URL sitemap, kemudian klik tombol submit sitemap. kalau kamu bingung, saya akan berikan contoh URL untuk dikirim sebagai sitemap di webmaster. lihat contoh di bawah ini.

contoh.blogspot.com/sitemap.xml (contoh sitemap blogger)
contoh.blogspot.com/feeds/posts/default?redirect=false&start-index=1&max-results=500
contoh.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated&start-index=1&max-results=500
contoh.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
contoh.blogspot.com/atom.xml?orderby=updated&start-index=1&max-results=500

nah, dengan melakukan submit sitemap di webmaster. maka konten tulisan kamu akan di index dengan cepat. karena sitemap sendiri berguna sebagai peta situs untuk perayap agar mesin pencari tahu mana konten tulisan dan bukan. kode di atas adalah buatan saya sendiri, hasil dari analisa. semoga membantu. sekarang kita teruskan ke langkah selanjutnya.

Langkah Ketiga.
gunakan "fetch as google". hal ini dilakukan agar website dan blog kita di rayapi ulang oleh perayap google dan juga berguna untuk memperbarui konten lama jika memang di ubah oleh kita. selain itu, kita juga bisa melakukan analisa dan melihat konten kita jika ada masalah atau tidak. apakah di blokir di robots.txt atau tidak. itulah gunanya.

demikian 3 langkah yg harus kita lakukan agar blog dan website kita cepat di index oleh mesin pencari google. sebagai saran, jangan banyak menggunakan script javascript di website atau blog kita. karena akan memperlambat perayap. seperti yg telah saya baca di halaman bantuan, perayap mempunyai sesi untuk merayapi. jika sesi perayap habis, kamu pasti tahu sendiri kan? nah makanya, agar konten artikel kita cepat di index, pastikan kecepatan blog atau website standar. semoga ilmu ini bermanfaat buat kamu. dan maaf sepertinya kata-kata saya terlalu pendek. he....

baca juga penyebab kenapa sitemap sangat lama terindex.
kalau ada kesempatan, saya akan melakukan update pada posting ini dan memperpanjang tulisan lagi. butuh waktu untuk melakukan update, itu karena saya harus mencari informasi yang lebih spesifik dan di uji terlebih dahulu. saya tidak ingin kalian para pembaca merasa tertipu dengan konten yang telah disediakan. maka dari itu semua posting saya ini berdasarkan pada pengalaman dan hasil uji yang saya lakukan sendiri sehingga saya bisa menerbitkan posting ini. nah, terima kasih sudah membaca di blog uya sur. sampai bertemu lagi.

Comments

  1. Sangat bermanfaat sekali artikelnya sob, izin nyimak saja ya :)
    http://goo.gl/m2W7QX

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mbak. terima kasih sudah berkunjung ^_^ hehehe..

      Delete

Post a Comment

Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih