Cara Memperbaiki Modem Tidak Terdeteksi di Laptop dan Komputer

saat pertama kali menggunakan modem untuk browsing internet, modem tidak ada masalah apapun. tapi sekarang, ketika kita mencoba browsing internet lagi dan menyalakan modem yang kita miliki, muncul tulisan tidak ada koneksi atau modem tidak terdeteksi di windows 7 pada laptop dan komputer kita. biasanya di ikuti dengan koneksi yang hilang. nah, hari ini, berdasarkan dari pengalaman saya, kita akan coba memperbaiki modem tersebut dan membuatnya kembali normal seperti biasanya. sebelumnya saya akan jelaskan terlebih dahulu penyebab modem tidak terdeteksi.

Penyebab Modem Tidak Terdeteksi.
modem tidak terdeteksi biasanya diakibatkan oleh pelepasan modem secara langsung atau dikarenakan infeksi dari virus. saat kita selesai browsing internet, biasanya kita akan melakukan Disconnect pada modem kita dan meelepasnya
langsung dari USB komputer dan laptop kita tanpa menggunakan mode pelepasan aman di bagian menu kanan bawah windows kita. nah, hal inilah yang menyebabkan modem tersebut error. penyebab lainnya adalah virus. 

sebenarnya modem bisa kita lepas langsung tanpa memakai pelepasan mode aman. tapi setidaknya setelah Disconnect, kita harus menunggu beberapa saat untuk melepas modem tersebut. sebab jika koneksi modem baru saja di dimatikan, ada beberapa program yang masih berjalan. jadi untuk itulah kita harus menunggu beberapa saat untuk memastikan bahwa modem sudah benar-benar sepenuhnya mati. namun ada juga komputer dan laptop yang mempunyai setting yang mengharuskan kita menggunakan mode pelepasan aman. 

ada juga penyebab dari error tersebut dikarenakan kita sering berganti slot USB, misalnya kamu sudah pasang modem kamu di slot USB 1, kemudian setelah selesai kamu lepas dari komputer dan laptop kamu, berikutnya kamu ingin menggunakannya lagi dan memasangnya di slot USB 2. nah, hal seperti ini bisa mengakibatkan modem kamu tidak terdeteksi dengan benar. dan akhirnya menyebabkan error. saya harap kamu sudah mengerti dengan penjelasan saya. sekarang kita lanjut ke bagian cara memperbaiki modem tersebut.

Cara Memperbaiki Modem yang Tidak Terdeteksi.
ada beberapa cara untuk memperbaiki modem tersebut, dan akan kita bahas satu per satu. saya akan mulai dari cara yang mudah dulu.

1. lepas modem dari USB, lalu lakukan uninstall pada program aplikasi modem tersebut. setelah dilepas. matikan komputer atau laptop kamu, setelah itu nyalakan kembali komputer atau laptop kamu. install kembali aplikasi standar bawaan modem tersebut. setelah itu, uji kembali modem kamu, apakah sudah bisa connect ke internet? jika belum kita lanjutkan cara yang kedua.

2. cara kedua ini sedikit rumit, tapi bagi kamu yang sudah tahu dan mahir dalam menggunakan komputer, kemungkinan akan sangat mudah. pertama, klik kanan pada icon my computer yang ada di desktop, atau buka control panel windows kamu, pilih device manager jika membuka setting melalui control panel. untuk icon my computer, pilih properties, di bagian system windows 7 kita, pilih device manager(biasanya ada di menu sebelah kiri properti windows). setelah device manager terbuka, cek nama modem kamu, biasanya ada di bagian hardware modem atau network adapters.
jika sudah ketemu, lihatlah gambar modem tersebut, jika memang ada masalah biasanya akan muncul tanda seru( ! ) di bagian gambar tersebut. itu menandakan kalau modem tersebut tidak terdeteksi atau bermasalah. bisa juga modem tersebut tidak menemukan driver yang tepat sehingga menyebabkan error.

Pilih Device Manager
Pilih Device Manager

cari di bagian modem atau network adapters
Cari di bagian modem atau network adapters

klik kanan pada modems atau network adapter kita, lalu, pilih "scan for hardware changes". jika cara ini sudah bisa memperbaiki permasalahan tersebut. maka kita tidak perlu lagi melanjutkan perbaikan pada tahap selanjutnya. tapi jika modem tersebut masih error, klik kanan lagi pada modem atau network adapter yang masih error. kemudian pilih "Update Driver Software". kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini. Browser my computer for driver software > browse > cari aplikasi modem kamu (biasanya terletak di lokal disk C bagian program Files). sebagai contoh, misalnya : Mobile Connect Modem Huawei (itu nama modem yang saya pakai). 

setelah ditemukan, cari folder Drivers, kemudian cari folder bernama xp, atau jika ada folder wins7, maka pilih folder tersebut. setelah itu, klik tombol ok. kemudian klik tombol next untuk mulai melakukan pemasangan ulang driver modem kita. setelah pemasangan selesai, biasanya modem kamu akan kembali normal. tapi perlu kamu ingat, seperti yang saya katakan sebelumnya, memindahkan letak modem dari USB 1 ke slot USB 2 akan menyebabkan pendeteksian modem menjadi error. jadi saran saya, jangan pindahkan modem kamu ke slot USB yang lain. jika kamu sudah memasangnya di slot USB 1. pasanglah di slot USB 1. jangan pasang di slot USB 2 atau 3. karena akan mengakibatkan error lagi. seperti mesin waktu, terulang lagi dan terulang lagi. hehehe

begitulah cara memperbaiki modem yang error di komputer dan laptop kita. selanjutnya tahap terakhir atau bisa kita bilang, jalan terakhir.

3. cara terakhir ini sebenarnya sangat simple. dan tentu saja ini jalan terakhir yang bisa kita lakukan untuk modem kita. kecuali, kamu paham dengan komponen yang ada di dalam modem tersebut. butuh keahlian khusus untuk memperbaiki komponen modem yang kita miliki. nah, jalan terakhir yang saya sebutkan adalah dengan cara melakukan format ulang (install ulang OS windows). dengan cara ini biasanya seluruh aplikasi termasuk modem yang error akan normal kembali, bahkan jika kita pasang di slot USB yang lain. 
demikian pembahasan kita tentang cara memperbaiki modem yang tidak terdeteksi di laptop dan komputer. cara ini sudah saya uji sendiri, dan sudah banyak laptop yang saya perbaiki mempunyai error seperti ini. jadi saya doakan semoga kamu bisa mengatasi permasalahan error modem tersebut. sampai bertemu lagi pada posting saya yang lain, dan salam hangat dari saya.

Comments

  1. kalau modemya masuk tapi no servis gak da sinyal itu gimana mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita test dengan gsm yg lain bang. kemudian kalau ada modem yg lain dicoba juga. jika yg lain normal, maka baru kita bisa pastikan kerusakan komponen. tapi jika modem dan gsm yg lain sama saja. kemungkinan hanya kerusakan windows atau sistem.

      biasanya untuk modem usb langsung tanpa kabel ada 1 jalur putus di dalam komponen. jika kita lihat dari luar ke dalam bentuk seperti kotak. di ujung modem, ada 4 besi pelat yg menyambungkan antara modem dengan usb. nah di antara itu ada timah yg retak atau sudah tidak tersambung lagi. jadi kita harus buka modem tersebut lalu solder ulang.

      jika masih belum mau. biasanya bagian IC nya rusak atau komponen penerima signalnya seperti pelat besi lempeng. semoga membantu.

      Delete
    2. bang, di laptop ane modem no service,
      tapi dicoba di komputer lain bisa/ lancar.. gonta ganti gsm juga gak ada pencerahan,
      itu gimana?

      Delete
    3. buat bang anonymous, untuk no service biasanya permasalahannya ada 3. jadi mas bisa coba beberapa cara berikut ini. 1. lepas dahulu software modemnya lalu pasang kembali. 2. pastikan usb atau kabel yg ada pada laptop dan modem terhubung dengan baik dan pastikan gsm yg ada terpasang dengan benar. 3. format ulang laptop mas. ada system yg gagal untuk service koneksi. bisa disebut sebagai host. semoga membantu ^_^

      Delete
    4. coba reset modemnya. utk modem prolink caranya buka local disk c > program file > prolink hspa. cari dan klik 2 kali file ResetCDROM. selesai. saya sudah 2 kali ngalami modem tidak mau kedetek, tpi setelah direset langsung bisa kedetek

      Delete
    5. nah terima kasih buat abang yg satu ini, bertambah lagi ilmu pengetahuan saya dan yg lain. ^_^ sekali lagi terima kasih atas bantuannya dalam memperbaiki modem.

      Delete
  2. gan modem saya kalo dicolokin gak kedeteksi di laptop saya,,
    baru bisa kedeteksi kalo udah di Restart dulu,,
    itu kenapa ya gan?// mhm solusinya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama coba lepas dulu driver/aplikasinya. kemudian lepas modem dari USB, setelah itu pasang kembali dan install kembali. jika menggunakan kabel USB, bisa saja kabelnya memiliki koneksi yg sedikit terputus, modem saya juga begitu kemarin gan. kalau di pasang kadang terdeteksi, tapi pas kabelnya tergeser tangan saya, langsung hilang deteksi. tapi paling sering ada masalah pada windowsnya. kalau mau memastikan, cobalah format ulang laptop/CPU yg agan miliki. lalu kemudian pasang kembali aplikasi standar bawaan dari modem tersebut. semoga membantu ^_^. oh ya, jgn lupa juga pastikan di list device driver dan gunakan install manual.

      Delete
  3. Replies
    1. sama2 mas beba. semoga modemnya tidak bermasalah lagi ^_^

      Delete
  4. mas kalo modem q itu prolink, pas dicolokin tidak terdeteksi. padahal udah aku uninstall tapi kok gak mau instal ulang. trus cara menjalankanya gemana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, coba mas karya cek terlebih dahulu, setelah di uninstall, dan kemudian modem di pasang kembali, apakah isi pada modem bisa dibuka? jika bisa, berarti harus di pasang secara manual, sedangkan jika saat modem dipasang tapi tidak ada respons apapun, maka cobalah modem tersebut di komputer atau laptop yg lain. jika kerusakannya sama, maka komponen di dalam modem tersebut ada yg rusak atau hanya mendapatkan kerusakan ringan seperti timah retak pada pelat besi (ada 4 kaki yg disebut penyambung USB dan modem). cobalah di solder terlebih dahulu baru kemudian di coba lagi. semoga membantu.

      Delete
    2. masalah ada pada device manager dah itu aja =_= gak respond masalhnya kadang kebiasaan mematikan modem paksa :3 gua juga gtu tp pas gw install di linux kebaca kok yang bermasalh cma windows7

      Delete
    3. kalau windowsnya di format ulang, masalah itu sudah selesai, ya mungkin saja bang unknown pernah memasang aplikasi modem lain sehingga walaupun di lepas pasti masih ada sisa. ada juga penyebabnya adalah antivirus, program security (policy) windows. nah daripada repot dan prosesnya agak lama, solusinya format ulang. ^_^

      Delete
  5. kalau di drivers nya tidak ada folder xp atau wins7 bgaimna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tidak ada, biasanya ada setup atau autorun yg memiliki ekstensi exe. jalankan saja salah satunya agar bisa di pasang secara otomatis. kadang kedua folder tersebut disimpan di dalam folder DRV. tapi setiap modem kadang berbeda. jadi ada juga yg sudah di paket di dalam setup tadi.

      Delete
  6. Mas mau nanya kalo modemnya udah kedeteksi di komputer tapi gak muncul sinyal kartunya biar bisa dikonekin itu gimana ya
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, mas coba pake kartu gsm/cdma yg lain. kalau sama, coba di pasang ke komputer atau laptop yg lain terlebih dahulu lalu di pasang aplikasinya. kalau di tempat lain ternyata modem tersebut baik. berarti ada beberapa system yg hilang. solusinya musti dilepas lagi aplikasinya terus pasang lagi. dan pastikan juga tidak ada aplikasi modem lain yg serupa. karena bisa berpengaruh pada modem utama kita. ibaratnya saling tarik menarik. tapi kalau sama saja, ada komponennya yg rusak, biasanya komponen penerima signal. karena modem terlalu panas saat digunakan. akhirnya timah jadi meleleh dan kadang komponen jadi rusak karena tidak kuat. kalau ada tulisan out of service, biasanya firmware. upgrade atau downgrade firmware bsa mengatasi masalah ini. tapi harus berhati-hati. kalau salah bisa fatal rusaknya. semoga membantu.

      Delete
  7. Kalo saya modem kedetek tapi prosesnya sagat lelet, itu kenapa ya? di colok di USB yang lain pada laptop yang sama malah sama sekali gak kedetek?? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya jika modem lelet itu, ada auto update (yg biasa saya panggil sebagai microsoft update) telah aktif sehingga menyebabkan koneksi yg mbak anna miliki terbagi menjadi dua. solusinya adalah mematikan seluruh update yg ada pada komputer atau laptop mbak anna novianti. untuk browser juga ada auto update otomatis. antivirus juga ada. jadi pastikan seluruh auto update dimatikan agar koneksi kembali lancar. (pengalaman). semoga membantu ^_^ . untuk masalah modem yg tidak terdeteksi saat dipasang di USB lain sebenarnya memang begitu. kecuali aplikasi modem standar milik mbak anna di lepas. baru bisa dipasang di USB lain agar terdeteksi sebagai hardware baru.

      Delete
  8. Mas, saya mau tanya. Saya kan punya telkomsel flash. Nah, kemarin saya mindahin lagu dari laptop ke memori card (saya masukin memori ke modemnya sebagai card reader). Awalnya sih fine aja semuanya, tapi setelah berapa lama saya pakai, pas tranfering kok modemnya tiba tiba gak kebaca ya mas? Tapi pas saya cabut, terus saya colokin dia kebaca and bisa transfering lagi mas.

    Nah itu kira2 kenapa ya mas? Padahal itu modem baru saya beli kira2 2 bulan mas.

    Kalau modem saya yg lama, flash juga ini mas, dia gak kebaca sama sekali mas.
    Udah saya coba di laptop temen juga gak ke read mas.
    Kira2 kenapa ya mas?

    Tolong bantuannya ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak apa-apa mbak. biasanya slot USB yg kita gunakan terlalu jauh. tiap slot USB yg ada di komp atau laptop di sebut sebagai COM1, COM2 dan sebagainya. cobalah gunakan di nomor 1 atau 2 agar bisa terbaca dengan baik saat transfer. karena menggunakan tenaga yg sedikit besar dan maksimal. hasilnya terjadi error saat letaknya terlalu jauh dari nomor 1 dan 2.

      terkadang, memori card yg kita gunakan sudah mulai penuh juga bisa menyebabkan hal tersebut. dan terlalu banyak usb yg di pasang di komp atau laptop kita juga bisa membuat tenaga yg ada menjadi berkurang. saya juga sering mengalami hal tersebut. ketika mencoba transfer data di hp. sering putus sendiri. akhirnya saya letakkan di tempat utama. barulah normal kembali. semoga membantu ^_^

      Delete
    2. Gan mau tanya, modem saya kan gk bisa conect jadi setiap saya colokin ke usb warna nya ijo terus,klo ijo kan artinya gk bisa conect. Padahal pas saya coba 30 menit sblmnya modem saya masih oke oke ajh gan tpi ini gk tau knp setiap saya colokin ke usb warna nya ijo terus gk pernah biru. Kartu udh masuk ke modem,tpi pas saya colokin modem ke usb di laptop saya ada tulisan "The Sim/Usim card has not been detected or is invalid." Padahal kartu saya udah masuk ke modem nya tetapi masih ajh gk bisa. Mungkin agan punya solusi nya?

      Makasih

      Delete
    3. coba bang indra lepas kartu simnya, terus pasang kembali ke slot modem. sekalian dibenerin letak kartu simnya. kalau masih bermasalah, cobain dengan kartu sim lain. kalau baik2 saja. coba tips yg akan saya berikan ini. bersihkan plat berwarna kuning pada kartu sim bang indra dengan penghapus pensil. lalu kemudian di coba lagi. biasanya sih terhalang debu. tapi jika kartu sim yg lain juga tidak terdeteksi. dipastikan plat yg ada pada modem terangkat, berdebu. atau terputus. silahkan di cek dengan senter untuk melihat slot kartu modem bang indra. semoga membantu.

      Delete
  9. Mas,aq pnya modem huawei e303c mslahnya modem kedip" normal tp gk mau konek kekartunya sllu konek ke wifi terus n ada driver yg gk ke instal,bagaimana solusinya? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bang kempetmania, biasanya modem tersebut memiliki 2 aplikasi, yg pertama adalah standar dari dalam modem tersebut, yg kedua ada di dalam CD modem. kalau tidak salah ingat, aplikasi di dalam modem standar itu yg normal. jadi silahkan pasang salah satunya saja dan dicoba. jika keduanya sama saja, cek modem tersebut. biasanya ada tombol geser seperti on off. yg mungkin adalah setting wifi dan gsm. tapi kalau saya ingat lagi. di aplikasi tersebut ada sebuah setting untuk disable gsm dan wifi. bisa saja wifi di enable dan gsm telah di disable. silahkan dicari terlebih dahulu settingnya. ada juga tanda centang biasanya.

      jika keduanya sama penyebabnya. cobalah untuk menggunakan driver lain yg bisa dicari di google. semoga membantu.

      Delete
  10. mau tanya gans,, ini modem ane pas pertama bisa online trus tiba2 dc dan kartu gsm tidak kebaca,
    ane lepas colok konek bisa lg tp nnti dc lagi dan krtu gsm tdak ke baca lagi,, kira2 knapa gans?? pusing nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba agan hermawan pasang di slot usb lain. kalau normal berarti slot yg awal bermasalah. tapi kalau sama saja, coba lepas dulu kartu simnya, terus dipasang kembali secara perlahan. tarik atau geser sedikit kartu simnya, barangkali tidak mengenai plat/pin yg ada di modem. saya pernah juga mengalami kartu sim tidak terdeteksi, tapi setelah saya lepas dan pasang kembali. kartu sim normal kembali. semoga membantu

      Delete
  11. Gan klo windows 10 gimana gan cara ngatasinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gan, untuk windows 10, saya belum pernah ketemu. disini banyak yg menggunakan windows 7 dan 8. dan terakhir yg saya perbaiki adalah windows 8. abang bisa coba pasang framework net 3.5, kalau masalah masih sama, coba gunakan driver lain. coba info ini

      http://uyasur.blogspot.com/2015/05/mengatasi-modem-tidak-terdeteksi-di.html

      itu win8. semoga membantu ^_^

      Delete
  12. Bang saya punya modem tapi aplikasinya gak bisa dibuka mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. errornya apa bang ren? apakah mau di pasang drivernya atau sudah terpasang tapi ada error. untuk beberapa tipe modem, biasanya ada 2 aplikasi, pertama yg ada di kaset atau cd/dvd modem, kedua ada di dalam modem itu sendiri, yg paling berfungsi biasanya ada di dalam modem itu sendiri. oh ya, pastikan juga tidak ada aplikasi modem yg lain karena juga bisa menyebabkan error. jadi kalau ada, lepas dahulu. silahkan bertanya kembali jika ada pesan errornya ^_^

      Delete
  13. Gan cara yang 1 udah saya coba, tapi kenapa ya kalau dibuat main game online beberapa menit tuh jadinya RTO pas saya liat di Ping . . . Apalagi saya pakek windows XP tersa Lemot gitu . . . mohon pencerahannya gan ^_^ tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. bang dedi masih menggunakan windows xp 2 ya? , browsernya chrome atau mozilla? apakah adobe flash sudah di upgrade? terus modemnya pakai kartu apa? telkomsel atau Indosat? koneksinya 2G(edge) atau 3G(UMTS, HSDPA)? kalau 3G tapi lemot, cobalah matikan auto update pada browser dan juga update windows bang dedi. ada di control panel serta browsernya. kebanyakan penyebab utama dari koneksi yg cepat tapi jalannya slow itu ada pada auto update sehingga koneksi terbagi menjadi beberapa jalan. semoga membantu ^_^

      Delete
  14. Gan modem saya tidak bisa masuk ,kalau saya buka aplikasi modemnya muncul kata " no device or device not ready please retry later " dan lampu pada modemnya hidup tapi tidak bekedip seperti biasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sih begini mbak, pertama kali kita pasang modem, kita memasang usb modem tersebut di slot 1. kemudian di waktu berikutnya, kita memasangnya pada slot 2 (Slot USB lain yg ada di komputer atau laptop). maka hal tersebut bisa menyebabkan modem menjadi tidak terdeteksi. solusinya, cobalah pasang ke slot awal dimana kita memasang modem tersebut. jika masih error, cobalah lepas aplikasinya, lalu restart komputer atau laptop kita serta USB modem kita. lalu kemudian setelah komputer atau laptop menyala kembali, kita pasang modem tersebut sehingga terdeteksi kembali dan melakukan pemasangan (install) driver dan aplikasi. semoga membantu.

      Delete
  15. mas giman ya, kok setiap masukin modem selalu instal ulang mas, gak kaya dulu. install cukup sekali, pas semenjak install windows selalu hnstal ulang modemnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. windows berapa yg mas ahmad install, apakah saat memasang modem slotnya selalu berbeda tempat? jika memang begitu, cobalah memasang modem pada slot USB yg sama. jadi tidak akan terulang kembali. untuk windows 7 biasanya saat kita pasang modem, maka disitu ada setting yg seperti ini "selalu jalankan program ini" tinggal di centang setting tersebut. tapi kalau masih bermasalah juga, coba dulu di komputer atau laptop lain. kalau normal berarti masalah ada pada windows, cobalah format ulang dengan versi windows yg berbeda. semoga membantu.

      Delete
  16. Bang, mau nanya nih. modem ane kan udah lama gak kepake. dulu make os win7. sekarang ganti laptop udah make os win 8. ini nggak terdeteksi sama sekali. gimana solusinya? tapi emang udah aku coba di laptop yg lama tetep gak bisa. mohon pencerahannya bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. di coba di laptop lain tetap tidak terdeteksi ya bang anonymous, apakah modem tersebut menggunakan kabel? kalau iya, kemungkinan kabelnya bermasalah. tapi kalau tidak, kita gunakan senter untuk melihat plat yg ada pada modem. biasanya berkarat atau berdebu karena sudah lama tidak digunakan.

      Delete
  17. mas saya punya masalah sama modem huawei saya yang sama sekali tidak terditeksi oleh windows 7, sudah ikutin cara yang di atas, udan pindah pindah usb, sudah install ulang os tapi tetep tidak terditeksi hanya kedip kedip lampu warna hijau.

    padahal modem d-link saya terditeksi dengan baik dan normal, mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. modem huawei milik pak achmad SA itu apakah menggunakan kabel atau langsung, kalau sudah gunakan cara di atas tapi tetap tidak terdeteksi, apakah sudah di uji di komputer atau laptop lain? kalau sama saja, biasanya kerusakan ada pada plat yg ada di dalam modem, silahkan di cek menggunakan senter, barangkali ada plat besi yg terangkat, tertutup debu. kalau modemnya bisa dibuka, cek timah yg ada pada plat, barangkali ada retak, solder ulang. jika masih, maka biasanya IC modem tersebut rusak, tapi kadang juga ada yg miring jadi tidak mengenai salah satu plat USB. cara cek, gunakan kabel kecil, dan sambungkan satu persatu di tiap plat yg ada pada modem dan slot USB kita. masalah lainnya biasanya firmware rusak (data utama yg ada di IC modem). semoga membantu.

      Delete
    2. oh lupa, kalau menggunakan kabel, bisa juga kabelnya rusak. kalau ada kabel lain bisa di coba.

      Delete
  18. Mas klo saya udah di uninstal software nya kemudian mau instal lg ga bisa karena modemnya ga ke detect, nah gmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, mas gema coba di slot USB lain, kalau masih tidak detect, coba di komputer atau laptop yg lain. apabila normal, maka system atau driver modem yg mas gema miliki masih tersangkut. jadi cobalah lepas driver tersebut menggunakan aplikasi pelepas driver. solusi terakhir adalah format ulang windows.

      tapi jika di komputer atau laptop lain masalah tetap sama, maka bisa dipastikan ada kerusakan pada modem. bisa juga kerusakan firmware saat melepas soket dengan cepat. bisa juga hanya kabel yg rusak (jika menggunakan kabel).

      Delete
  19. Cara 1 sama 2 udh dicoba tp tetep interface modmnya tulisan "no device" antena provider nya pun ga ada malah d device manager ga kedetect an modem, tp usb composite device, itu knapa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah mbak winda sudah coba di komputer atau laptop yg lain. jika sudah tapi masalah sama, berarti masalahnya ada pada modem mbak winda. kalau pakai kabel, coba gunakan kabel yg lain tapi sama walaupun itu adalah kabel HP. pas waktu memasang modem, apakah ada simbol driver terpasang di bawah sebelah kanan dengan gambar bendera (windows 7) ? jika ada coba dipilih, kalau akhirnya gagal berarti masalah umumnya adalah salah satu koneksi modem mati. kalau kabel biasanya salah satu kabel terputus, kalau langsung, salah satu plat mati (biasanya ada yg retak timahnya akibat panas dari modem). semoga membantu.

      Delete
  20. Mas modemku Prolink PHS301, di daerahku cuma ada 3 operator yg udah konek 3G. Indosat slah satunya.
    Pas di android koneksi 3G ngacir banget, kenapa pas pasang di modem cm bisa detek EDGE doang. Kalo di set WCDMA only malah no device.
    Tp kalo 2 oprt selain indosat bisa 3G, kan aneh. Pdhal indosat lebih kenceng wkt pake android.
    Mohon pencerahannya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Bang Hananta, GSM yg digunakan di modem apakah Indosat atau yg lainnya?

      sebaiknya dilihat dulu apakah setting 3G nya preferred atau 3G only, biasanya di setting modem ada 4 pilihan, yaitu sebagai berikut.

      1. GPRS preferred.
      2. GPRS Only.
      3. 3G Preferred.
      4. 3G Only.

      letaknya kalau tidak salah ada di Connection Type. silahkan cek terlebih dahulu. agar 3G tidak beralih ke GPRS maka kita setting 3G Only.

      cara lainnya adalah menggunakan search Network Manual, cek apakah signal 3G terdaftar atau tidak. ada juga permasalahan lainnya kita harus daftarkan terlebih dahulu, untuk Telkomsel biasanya daftar lewat sms ke 6616 (tapi saya rasa jika di HP ada berarti sudah terdaftar, tapi tidak ada salahnya mencoba).

      untuk setting, jika sudah di set tapi modem masih EDGE, biasanya masalahnya ada di signal, terkadang modem kita hanya bisa mencapai jarak tertentu ( untuk modem lama), sedangkan HP android itu sudah terbaru, jadi jarak yg bisa ditempuh bisa melewati modem. kadang permasalahan lainnya adalah signal yg terhalang. kalau modemnya menggunakan kabel coba di angkat dan di arahkan ke lokasi tepat.

      dulu saya pernah pengalaman, waktu itu ketika saya arahkan modem tersebut ke kiri dan kanan (berputar) signal 3G muncul di salah satu arah yg saya tuju. tapi ketika saya tergeser sedikit, signal 3G hilang dan berubah menjadi EDGE (3G Preferred). kalau ke kota signal 3G pasti full. biasanya kalau rumah kita terbuat dari Bata (Batu) maka akan mengurangi signal karena sedikit terhalang. semoga membantu.

      Delete
  21. Mas.
    Knapa ya modem saya klo di colok ke usb laptop kebacanya cuma bebrapa detik, abis itu lngsung kluar sndiri. Trus ada pnbritahuan "aplikation unable to start corretly"

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya modem yg bang unknown miliki tidak kompatibel dengan tipe windowsnya, jika windows 8 biasanya sering terjadi masalah tersebut. tapi kalau windows 7 dan xp biasanya jarang terjadi. kalau ada aplikasi modem yg lain selain modem yg digunakan sebaiknya dilepas dulu, karena aplikasi modem yg lain bisa juga menyebabkan konflik pada aplikasi modem utama(pengalaman, bahkan dulu tidak bisa connect atau langsung disconnect sendiri, ada juga modem tidak terdeteksi sama sekali, dan terakhir, aplikasi modem yg dibuka error sendiri).

      penyebab lainnya adalah komponen pada modem terlalu panas, kemungkinan ada beberapa komponen yg sudah mulai rusak atau timah yg menyambungkan antar komponen retak sehingga menyebabkan aliran listrik terfokus pada satu sisi komponen atau tidak bisa tersambung dengan baik.

      Delete
  22. Bang , Modem saya kalau di laptop lain bisa tetapi di laptop saya tidak sendiri tidak muncul sim card (No Device)

    sudah saya lakukan cara seperti itu penjelasan abang pertama di atas, tetapi ketika saya coba nama modem (driver) tidak muncul di device manager,
    padahal sudah saya instal dan unninstal beberapa kali dan saya restart juga tidak mau.
    Mohon bang solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, merk modemnya apa? untuk beberapa tipe modem biasanya menggunakan nama yg berbeda, ada juga sama. di device driver cek di kategori Modem atau ethernet (network Adapter). coba juga cari di default device and printers. klo modemnya memiliki wifi biasanya harus dilepas juga di kategori network adapter.

      kedua, pastikan bahwa slot USB yg ada di laptop mas safri tidak bermasalah. jika ada modem lain, uji Slot USB tersebut dengan modem lain.

      Terakhir, biasanya system windows bermasalah, solusinya format ulang, terus pasang kembali modem tersebut di windows baru. (pengalaman). kalau pakai kabel, coba gerakkan sedikit kabelnya, atau matikan laptop dahulu, lepas semua yg terpasang di SLOT USB seperti USB mouse dan sebagainya. kemudian pasang modem di slot Lain. dulu pernah pengalaman waktu uninstall modem. di teliti ternyata driver modem tidak ter uninstall dengan baik, akhirnya masih di anggap ada drivernya. jadi auto install dari modem tersebut tidak melakukan install. dan bahkan tidak akan muncul sebagai drive modem baru seperti drive F, G dan sebagainya di my computer. semoga membantu.

      Delete
    2. oops lupa, coba juga cara ini, kalau ada aplikasi modem lain sebaiknya dilepas dulu, bisa menyebabkan aplikasi modem utama error, tidak terdeteksi, alasannya karena sesama aplikasi modem memiliki deteksi otomatis, akhirnya kedua aplikasi saling bertabrakan untuk menarik (mendeteksi) modem yg dipasang.

      Delete
  23. Gini gan modem saya ngk bisa terdeteksi di laptop manapun... sbelum sya nyoba cara yang diatas, kira kira agan taw ngk knapa bisa bgitu., tlong ya gan.....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya komponennya gan, tp klo menggunakan kabel, coba dengan kabel yg lain, pengalaman saya, saya coba dengan kabel sambungan HP yg cocok dengan slot modemnya.

      terus coba juga gunakan aplikasi USB view untuk memastikan apakah modem terdeteksi atau tidak. klo dah pasti benar2 tidak terdeteksi, maka abang bisa buka modemnya. terus lihat 4 plat besi (yaitu tempat menancapkan modem ke komputer atau laptop. coba bersihkan dengan cara menggunakan penghapus pensil. biasanya ada debu atau besi sudah berkarat. klo masih blm bisa, coba solder kembali timah yg ada di plat besi tersebut. bisa saja timah retak karena modem terlalu panas.

      alternatif lain (modem masih terdeteksi tapi tidak ada respons atau dianggap tidak terdeteksi ) adalah modem telah mencapai batas limitnya, biasanya upgrade firmware sudah bisa mengatasi hal tersebut. tapi dari pengalaman saya sendiri firmware (program IC / flash ulang) yg biasanya ada website penyedia modem tersebut sangat sulit di dapatkan dan sangat berbahaya jika salah. semoga membantu gan

      Delete
  24. gan ane mau tnya.knp modem ane data statistik nya g ada ya??
    trs g bisa browser padahal posisi connect modem nya.
    mohon arahan nya gan mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai kartu seluler apa gan? barangkali belum di setting, biasanya untuk beberapa tipe modem ada yg harus di setting dulu. punya saya huawei harus di setting manual dulu,dengan baru bisa jalan.

      contohnya
      dial *99#
      apn Telkomsel atau internet dan sebagainya.

      setahu saya memang gitu gan, kemarin lupa setting tapi pas connect bisa, tapi ya tdk bisa browser. kalau apn yg ada di modem banyak biasanya tidak akan otomatis dipilihkan saat kita pasang modem. pasti tulisannya default. semoga membantu ^_^

      Delete
  25. Mas kalo modem smart tiba tiba simcard nya gak detect, di laptop lain jg gak detect. Itu kenapa ya? Padahal sudah di lepas pasang kartu sim nya udah di bersihin juga. Kira kira ada solusi nya gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, bang anonymous test dulu kartu selulernya di modem yg lain, apakah baik2 saja atau tidak. kalau di modem lain kartunya baik2 saja, berarti masalahnya ada di modem. untuk lebih pasti, pasang kartu yg lain di modem tersebut. barangkali saja kartu expired. biasanya sih kalau modem mengalami limit atau ada short listrik bisa rusak. coba juga cari firmware modem tersebut untuk restore system kembali. rata2 yg saya temukan adalah modem sudah mencapai batas limitnya dan harus di reflash ulang firmwarenya. tapi pastikan juga sambungan antar kabel baik. ada juga yg saya temukan adalah plat besi yg ada di kartu sim tergeser karena di dorong oleh kartu seluler kita. solusinya di perbaiki dengan cara menggunakan jarum. terus di tarik kembali plat besi tersebut. kalau bisa buka, maka akan lebih mudah melihat 4 plat besi kartu seluler yg ada di modem tersebut. kalau kartunya tipe potong. biasanya sering tergeser antara rumah kartu dengan kartu tersebut saat kita insert ke slot kartu modem. semoga membantu.

      Delete
  26. Bang tanya dong saya ada modem uneed um-100 udah di install dan dibuka ada tulisan unknown(dipojok kanan bawah) no usim(pojok kiri bawah). Trus juga pernah tulisan unkown berubah jadi UMTS yg no usim jadi UIm
    Tapi ttp gk bisa konek, kartu indosat dll
    Solusi dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di tempat saya mas, 3G tidak ada. biasanya UMTS itu termasuk dalam jaringan 3G. jadi kemungkinan jaringan 3G yg ada di lokasi mas setia lemah. mas bisa coba dengan kartu seluler yg lain dulu seperti telkomsel (jika support) untuk memastikan. atau bisa ubah settingnya dari 3g ke gprs only. untuk no usim, biasanya kartu dianggap tidak ada. kalau saya biasanya musti cabut dulu kartunya terus dibenarkan arah dan letak posisi kartu. pernah juga sih arah kartu terbalik. perasaan sudah pas. ^_^

      Delete
  27. tanya mas kalau modem nya gk detect sama sekali gimana solusinya,
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek kabelnya bang (jika menggunakan kabel). uji modem tersebut di slot usb yg lain. jika masih belum terdeteksi, uji dengan laptop atau komputer yg lain. jika masalah sama. kemungkinan modem rusak. kalau bisa dibuka, cek 4 pelat besi yg menyambungkan antar USB dan slotnya. bersihkan dengan penghapus pensil dan sebagainya. coba juga solder ulang timahnya, barangkali retak. dan pastikan tidak ada debu yg melekat di komponen. jika masih tidak terdeteksi, berarti ada komponen yg rusak. biasanya akibat modem terlalu panas. cek jalur menggunakan multitester. semoga membantu

      Delete
  28. Replies
    1. buka menu windows, caranya klik gambar bendera di bagian bawah kiri. lalu pilih default program (wins 7). setelah itu di tab bagian kiri tulisan di bawah, pilih program and features. kemudian cari nama aplikasi modem kita, lalu lepaskan. selesai ^_^

      Delete
  29. Kalo File modem nya ke apus gmn?.
    Trus pas mw instal. Ada tulisanya "driver not found"

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, perasaan file yg ada di dalam modem tidak akan bisa dihapus karena systemnya read only. tapi jika ya, maka bang rafi musti browsing ke situs resminya atau kalau ada CD drivernya (hadiah saat beli tapi biasanya untuk modem tipe lama atau sudah jarang), misalnya huawei, maka cari driver filenya di web huawei. semua pasti ada.

      kalau masalah driver not found, bisa juga karena aplikasi tidak cocok dengan modem kita. beberapa versi kadang berbeda. sebagai saran. abang juga bisa cari di drp[dot]su untuk mencari driver modem, tapi musti tahu dengan hardware id. bisa juga menggunakan alternatif lain yaitu dengan mengetik nama modemnya serta seri.

      Delete
  30. mau nanya koq aplikasi modem ku 3hsdpa tidak jalanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, pastikan bahwa tidak ada aplikasi modem yg lain, karena hal tersebut bisa menyebabkan aplikasi utama modem kita menjadi terganggu (saling tarik menarik sebab program auto deteksi). sebagai pengalaman, dulu saya punya 2 modem. dan keduanya memiliki aplikasi berbeda, sebagai contoh, huawei dan flexi. saat saya pasang salah satu modem saya, aplikasi tidak muncul, signal tidak ada, dan modem no device. akhirnya setelah saya lepas salah satu aplikasi, barulah modem kembali normal. masalah tersebut karena kedua aplikasi saling berebut untuk mendeteksi modem yg dipasang sehingga keduanya mengalami kegagalan deteksi. semoga membantu.

      jika modem terdeteksi dan muncul 3G (HSDPA/UMTS) lalu kemudian di connect tidak bisa. maka biasanya paket internet kita habis atau signal kurang. ada juga bisa connect tapi tidak mau buka browser. padahal paket internet baru beli. setelah di cek ternyata auto update windows sudah menghabiskan paket tersebut. silahkan di cek kembali.

      Delete
    2. oh iya, kedua aplikasi tersebut juga pernah membuat saya bingung, ada signal terus coba di connect ternyata gagal, selalu disconnect. semoga menjadi tambahan pengalaman ^_^

      Delete
  31. Modem Saya PROLINK PHS600,kawat plat yg 3 ditempat SIMnya patah Gan.. bisa gk diservice?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dibawa ke tukang service saya kurang tahu gan, tapi kalau mau service sendiri ada beberapa solusi.
      yg pertama abang bisa ganti dengan plat besi dari obat nyamuk (pas beli biasanya ada dikasih besi). potong saja dan di bentuk menyerupai plat besi yg patah, lalu di solder kembali (sedikit kreatif ni ye, tapi gk jamin 100% berhasil). kedua, gunakan kawat biasa, alternatif kawat kembang api(di situ saya kurang tahu namanya). ketiga, cari sisa komponen yg memiliki plat besi (tidak harus berwarna kuning). seperti rumah baterai dan sebagainya. semoga membantu bang.

      Delete
  32. bang kalo usb not organisased itu gimana ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. not organisased atau recognized bang? saya baru temui masalah ini bang. sebaiknya coba dulu di laptop atau komputer lain, kalau normal berarti cuma aplikasinya yg error. bisa kita lepas dulu aplikasi modem tersebut lalu pasang kembali. kalau masalah modem tidak terdeteksi (recoognized) maka bisa gunakan cara yg sudah saya bahas sebelumnya. tapi kalau mau dibahas lagi, maka saya dengan senang hati akan membahasnya lagi ^_^ .

      Delete
  33. Modem sy advan dt-10 telkomsel flash dan masih baru. Modem bisa kedetect dan connect di laptop sm semua hp signalnya juga kuat,cuman kalo buat browsing tidak bisa. Itu kenapa ya mas? Mohon pencerahannya mas terimakasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat mbak tyas, perkiraan saat ini adalah kuota internet habis atau settingnya belum di ubah. untuk beberapa tipe modem diharuskan mengganti settingnya karena otomatis default sim kadang tidak berfungsi. permasalahan yg kedua adalah, auto update pada browser dan windows membuat koneksi menjadi lambat.

      dulu ada yg pernah bawa ke saya, katanya modemnya connect, tapi cuma blank putih di browser, setelah saya matikan auto update browser dan update windows, masalah masih sama, setelah saya cek settingnya, ternyata berbeda, setting tersebut untuk kartu sim XL ada juga indosat.

      pastikan APN nya adalah telkomsel atau internet (jika menggunakan kartu telkomsel).

      kemudian ada juga setting yg sudah benar ternyata saat cek kuota 0. hasilnya bisa connect tapi takkan bisa browsing. semoga membantu ^_^

      Delete
  34. gan,nanya donk..saya punya modem vodafone yang langsung colok(usb stick)...yang mo saya tanya kenapa modem saya kalo mau konek ke jaringan 3g only kok gak bisa dan juga lampunya warna ijo bentar pas mau dikonek kan terus kembali biru,tapi kalo jaringan 2g only dia langsung konek..

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya, masalah ada pada providernya bang, coba abang setting ke 2G/3G kita lihat yg mana berfungsi. selain itu, kita test juga di komputer atau laptop lain. kalau sama saja, dipastikan providernya sedang gangguan atau signal terlalu lemah. semoga jawaban saya benar bang ^_^

      Delete
  35. Kunjung kembali

    Mantab bang tutorialnya sangat bermanfaat

    Bang berapa lama google review blog kita pas daftar adsen?
    kenapa Adsen pertama kali pas di pasang kok Blank? berapa lama biar mucul ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seingat saya sekitar 3 hari sampai 2 minggu, pas sudah ada email yg mengatakan bahwa kita sudah di aktifkan, maka sudah beres. pastikan pemasangan tidak lebih dari 3 dan ukuran yg paling besar hanya boleh 1. jika posisi kurang pas biasanya kita akan di suruh benarkan lalu kemudian di review lagi. abang tenang saja, kalau sudah bisa pasang itu berarti sudah setengah di terima, tinggal memastikan saja bahwa tidak di pasang di konten yg melanggar ok. semoga membantu ^_^

      Delete
  36. saya baru beli paketan 1gb, baru buka fb kok langsung habis ya paketan ya... padahal blum buka fb ya lo..? jelaskan yg tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat bang vernanda, pertama silahkan cek apakah ada aplikasi yg memiliki setting autoupdate seperti antivirus dan sebagainya. matikan setting tersebut. kedua, jika windows 7, cek gambar bendera yg ada di bawah kanan dekat tanggal. disitu ada fitur autoupdate windows. matikan juga settingnya, jika pilihannya on atau cek for update tapi tidak install, maka hal tersebut masih menghabiskan kuota kita. karena setting check for update but dont install masih memerlukan koneksi untuk ke web resmi microsoft untuk melakukan check update terbaru. yg itu saja biasanya bisa menghabiskan 500 MB lebih. solusinya turn off autoupdate.

      selanjutnya, cek juga browser mas vernanda, apakah setting autoupdatenya sudah di matikan. terakhir, cek aplikasi seperti yg sudah saya sebutkan di atas, jika ada aplikasi seperti registry atau driver update. maka hal tersebut juga bisa menghabiskan kuota dengan mudah. cara mengetahuinya, kita bisa buka program task manager yg ada di bawah, klik kanan pada taskbar windows, kemudian pilih task manager. biasanya di bagian tab processes. ada nama update dan sebagainya yg berarti aplikasi tersebut sedang melakukan update (koneksi aktif baru terlihat).

      Delete
  37. Modem saya merek nya iClick beberapa hari yg lalu tiba2 tidak bs mendeteksi sinyal gsm. saya coba uninstal dan kemudian saya instal lagi. tapi pada saat proses instal ulang keluar tulisan bahwa device driver not succesfully instaled, nah setelah saya cek bagian yg tidak terinstal adalah global wireless usb modem nya. Kira2 cara mengatasinya gmana ya karena saya coba instal berkali-kali juga sama aja. tetap ga bs diinstal sempurna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama, coba pasang modemnya ke slot USB yg lain. baru di coba lagi. jika masih gagal. coba pada laptop atau komputer lain. apabila berhasil. maka ada yg error di laptop tersebut. pastikan saat install, tidak ada aplikasi modem yg lain. karena deteksi pada modem bisa saling tarik. jika perlu, hapus dulu seluruh aplikasi modem yg ada pada laptop dan lepaskan modem dari slot USB. lalu kemudian restart laptop. setelah menyala kembali, pasang modem dan coba install lagi. terakhir jika sudah di uji di laptop atau komputer lain dan ternyata baik. maka kita coba gunakan aplikasi modem yg lain dlu. cek device id modem tersebut di properti device manager, lalu cari drivernya. kemungkinan file pada modem telah corrupt atau sambungan antara modem dan laptop kurang bagus. ada juga karena windows error dan virus. semoga membantu

      Delete
  38. Gan, mau tanya, modem saya sering digunakan, tapi tiba2 nggak bisa. maksudnya nggak terbaca. itu kan modem sekaligus card reader, pas saya masukin micro sd juga sama nggak kebaca. pas nggak saya masukin micro sd ataupun kartu sim, sama aja nggak kebaca, padahal biasanya langusng kebaca, ada driver buat instalan modemnya, tapi sekarang nggak. Mohon bantuannya gan :) ini modem punya Ayah saya, jadi harus saya jaga biar nggak rusak.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi begini bang rahman, sebaiknya analisa dan ingat2 terlebih dahulu apakah modem tersebut terlalu panas saat terakhir kali digunakan. yg kedua sebaiknya di test dlu pada komputer atau laptop yg lain. jika ternyata modem tersebut baik, maka komputer atau laptop yg bang rahman miliki hanya error pada system. coba jg pada slot USB yg lain. kita juga harus cek modem tersebut, saat di pasang ada tulisan (terletak di bawah kanan taskbar windows) windows not recognize. atau tidak dikenali, maka coba di slot USB yg lain. kemungkinan hanya kerusakan ringan.

      yg kedua, sikat slot modem tersebut (colokannya) dengan sikat gigi atau yg lebih kecil, untuk membersihkan debu atau hal yg lainnya.

      yg ketiga jika masalahnya sama pada laptop atau komputer yg lain. maka bang rahman buka kasing modem tersebut, biasanya hanya menggunakan kunci pengait. kemudian cek di plat besi (4) jika berkarat, gunakan penghapus pensil dan alternatif lainnya untuk memebrsihkan. di dekat colokan modem tersebut jg ada 4 timah, solder ulang timah tersebut barangkali ada retak karena terlalu panas. semoga membantu.

      Delete
    2. Makasih gan... sangat membantu.
      Tapi untuk saran yg pertama, saya sudah mencoba ke laptop dan usb lain, hasilnya sama. dan ketika dicolokkan sama sekali tidak ada notif nya, tapi lampu di modemnya masih menyala.
      itu ketika saya pasang nomor atau nggak, saya pasang memori atau nggak, sama saja hasilnya nihil.
      Mungkin saya harus coba cara ketiga ya gan ?

      Delete
    3. bisa gan gunakan cara ketiga, jangan lupa kalau ada blower, kita panaskan juga IC yg ada di modem. kemarin saya ada modem merk dan seri nya lupa. mengalami yg lebih parah, yaitu mati total, karena tidak ada blower, saya coba panaskan dengan korek api. hasilnya mau menyala, tapi kemudian mati lagi. hasil akhirnya, lampu led modem hanya menyala redup, mungkin karena terlalu terbakar. apinya saya kenakan ke IC. blower juga mungkin yg bagus. hahaha

      Delete
  39. min mau tanya, modem saya kan bolt nah udah saya unlock. tapi setelah di unlock kok malah wifi nya gak terdeteksi ya? nah saya coba hubungin bolt nya ke laptop pakai kabel data malah bisa. gimana ya min? itu apa nya yang salah ya? mohon bantuannya min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya Untuk Modem Bolt, saya kurang begitu tahu, tp dari pengalaman menggunakan modem tp-link, biasanya ada setting untuk enable dan disable wifi serta gsm, jadi kemungkinan modem bolt yg abang miliki juga memiliki setting tersebut, silahkan di cek dlu. ada juga aplikasi yg ada tdk kompatibel sehingga salah satu koneksi (seperti wifi) error dan tidak bisa aktif. jika ada aplikasi modem yg lain, sebaiknya dilepas dlu beserta aplikasi modem bolt. kemudian pasang kembali aplikasi bolt tersebut (untuk memastikan). alternatif lain, mungkin untuk wifi blm di unlock. jadi bisa juga berpengaruh. dan ada juga tombol yg terletak di sebelah kanan modem (tp-link) yg digunakan untuk mengaktifkan wifi. semoga membantu.

      Delete
  40. gini mas saya pake modem di pc saya itu bisa di instal,ketika di pake di laptop saya si modem nya gak bisa di instal tulisan nya (fatal erorr 1608,window instaler msi.nn)itu kenapa ya mas.. udh di coba saran nya tetep aja gak bisa? tolong dibantu yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. versi windows berapa mas unkown? kalau error biasanya ada masalah di windowsnya, bisa juga antivirus, coba dimatikan dulu antivirusnya baru coba lagi pasang modemnya. maaf baru balas ya ^_^

      Delete
  41. bang modem saya di pake di pc bisa di instal,tp kenapa di laptop acer saya gak bisa di instal ya.fatal erorr windows instalerr msi.nn? kenapa ya dengan modem saya apa laptop nya? tolong di bantu ya bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dengan masalah yg ada di komentar atas bang anonymous, kalau ada antivirus yg aktif, coba di matikan terlebih dahulu, biasanya ada system windows yg error, sehingga menolak untuk di pasang, kalau win 8 hingga 10, biasanya pasti error saat kita coba pasang aplikasi standar modem. semoga membantu ^_^

      Delete
  42. mas merek modem saya Huawai, pas gw colokin muncul aplikasi dari modem tapi kartu tidak terdeteksi itu apanya yang bermasalah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di geser kartunya (kalau tipe slot), atau coba dengan kartu sim yg lain dulu. jika masalahnya sama, coba pasang kartu sim tersebut ke dalam handphone, jika baik2 saja, modemnya di test ke laptop atau komputer yg lain. jika masih belum bisa juga, cek dengan senter slot kartu modem tersebut, apakah ada plat besi yg berbeda dengan yg lain. jika ada, maka itu masalahnya. kerusakan terjadi saat kita insert kartu sim ke dalam modem. semoga membantu ^_^

      Delete
  43. gan, ane mau nanya . kenapa modem ane kalo pake kartu ax*s bisa connect, tp pas diganti telkoms*l malah pas udah connect, modemnya restart. udah connect, mati. gitu terus kalo pake telkoms*l.

    ReplyDelete
    Replies
    1. settingnya gan biasanya. kartu axis dan telkomsel berbeda. biasanya dialnya begini #777, sedangkan untuk telkomsel dialnya #99. ada juga masalahnya paket telkomsel habis atau tidak ada kuota sama sekali. silahkan di cek dulu setting modemnya ya gan. semoga membantu ^_^

      Delete
  44. Help gan, ane baru beli modem huahua, tp driver modem ga ke detek di my komputer ane, itu knp ya gan ? Setingan pc ane yg masalah apa modemnya yg masalah ?
    Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa sudah di uji pada laptop atau komputer lain gan anto? jika sudah dan masalah sama, maka bisa saya bilang kerusakan pabrik. kalau ada garansi langsung saja ke toko tempat agan beli modem tersebut. kalau ternyata baik di komputer atau laptop lain. maka format ulang windows. atau gan anto bisa pastikan dulu apakah modem tersebut memerlukan cd/dvd driver atau tidak. silahkan di uji satu2 ya gan. semoga membantu ^_^

      Delete
  45. min, modem saya klo dicolokin lampunya gk mau hidup, trus juga gk connect. Tapi panas. Itu gimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya IC nya short (konslet) bang miftahul, modem terlalu panas membuat timah yg ada di IC jadi mencair, dan akhirnya mengenai satu sama lain.

      saran saya, coba dulu di komputer atau laptop yg lain, jika normal dan mau menyala, maka penyebabnya bukan modem tersebut. tapi kalau sama saja maka di buka modem tersebut, panaskan seluruh komponen dengan blower, alat tersebut membantu mengembalikan bulatan timah ke bentuk asal dan menyatu dengan pin kaki IC. jika masih belum mau juga, maka kemungkinan salah satu komponennya sudah rusak. semoga membantu ^_^

      Delete
  46. mas saya mau nanya, saya ada modem advance dt 100 lampu indikatornya kelap kelip merah doang, ngga kebaca sama laptop, saya udah uji di 3 laptop lain juga hasilnya sama. tapi setelah beberapa menit kedap kedip hilang dan seperti terdetect, tapi waktu sudah seperti terdetect saya coba jalankan app modem dia stuck di initializing, gimana ya mas? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dilepas dulu aplikasi modemnya bang kenzy, jika ada aplikasi modem yg lain maka harus dilepas juga. restart laptop atau komputer, kemudian pasang kembali. jika masih error maka kemungkinannya USB error, plat yg ada di modem bermasalah atau IC nya rusak. saran saya, coba di solder ulang dulu plat USB modem tersebut. panaskan juga IC dengan blower, barangkali ada timah yg retak hingga sambungan listrik jadi tidak benar dan data modem tidak sampai secara maksimal. semoga membantu.

      Delete
    2. oh saya lupa, coba upgrade dulu firmware modem tersebut, terkadang data yg ada pada IC error sehingga perlu di perbaiki dengan upgrade firmware. setelah itu baru kita cek komponen yg ada pada modem.

      Delete
  47. Modem saya telkomsel flash Dt-10 udah saya coba semua cara tapi tetap gak bisa di deteksi di komputer saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah sudah di uji pada komputer atau laptop yg lain bang farhan?
      jika sudah dan hasilnya sama, buka kasing modem tersebut dan solder ulang 4 plat besi di rumah USB modem tersebut. pastikan juga colokan USB modem tersebut masih normal. ada juga kerusakan pada colokan USB tersebut. sehingga jika kita geser sedikit ke kiri atau kanan, barulah terdeteksi kembali. kerusakan lainnya ada pada kapasitor dan IC.

      sedangkan jika normal saja, maka yg error hanyalah komputer kita, cobalah format ulang komputer atau laptop kita untuk memastikan bahwa modem tersebut baik. semoga membantu

      Delete
  48. kalo modemnya keujanan terus pas mau dipake ga kedetksi di laptop gimana itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buka kasing modem dan pastikan tidak ada air, gunakan blower untuk mengeringkan modem. jika sempat digunakan maka kemungkinan ada komponen yg short sehingga IC rusak. tapi semoga saja itu tidak terjadi. setelah dibersihkan dan dipanaskan, uji kembali modem tersebut. dari pengalaman saya sendiri, setelah modem kena air, selama 3 hari tidak saya gunakan. saat saya buka ternyata masih ada air yg tersisa di dalam modem yg biasa kita sebut lembab. jadi blower membantu kita untuk mengeringkan modem tersebut dengan cepat. semoga membantu.

      Delete
  49. mas mau nanya punya saya smartfren, ketika pertama dicolokin dia kebaca dan bisa conect, tapi setelah 10 mnitan dia sering hilang sendiri, jadi ga conect... stiap kali saya pke sperti itu, jadi ga bisa conect lama, itu kenapa ya mas? tolong pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa hal yg bisa menyebabkan terjadinya disconnect sendiri bang, pertama masalah signal dan error pada isp kita (jarang terjadi). yg kedua ada kesalahan dalam setting. misalnya masalahnya pada apn, kode dial, proxy dan sebagainya, sebaiknya di cek kembali settingnya. mungkin bisa gunakan apn internet dan kode dial *99#. kalau cdma biasanya *777#. dan untuk proxy defaultnya kosong.

      kita juga bisa uji modem dengan kartu yg lain dan dari provider yg lain untuk memastikan apakah modem normal atau tidak. kemudian kita uji pada komputer dan laptop lain. ada juga masalah lainnya ada pada kuota internet kita. kalau saya sendiri saat menggunakan kartu telkomsel, setiap jam 12 malam pasti akan disconnect sendiri karena beralih ke kuota malam. semoga membantu ^_^

      Delete
  50. Mas mau tanya. Modem saya advan dt 10 plus.
    Masih baru 1 minggu.
    Awalnya baik2 saja tetpi terakhir d pakai modem gak bisa terbaca d laptop.
    Udah coba cara 1 & 2 tetep gak bisa.
    Saat d colokan modem hanya mengeluarkan lampu merah.
    Dan gak bisa d apa2kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di uji pada komputer atau laptop yg lain bang, jika baik maka yg bermasalah adalah laptop atau komputer bg dian. tapi jika masalah sama, maka kita coba upgrade firmware modem tersebut. catat semua informasi serta data firmware original kita. kemudian cari data tersebut, setelah itu temukan data upgrade firmware kita. setelah upgrade, kita cek kembali apakah modem tersebut masih bermasalah atau tidak. jika masih, maka kemungkinan kerusakannya ada pada modem. bisa saja slot usb modem tidak pas lagi. coba juga solder ulang 4 plat besi yg ada di belakang slot usb modem. semoga membantu.

      Delete
  51. gan....gimana cara mengatasi modem yang terdeteksi di comp dan operator jg terdeteksi di comp sy....tapi sama sekali tidak ada sinyal ( no service ) ...hal ini berlaku di semua operator....kalau sy ganti modemnya , semua berjalan normal....modem sy yg bermasalah huawei e5573s-606 sudah unlock all operator.....mohon pencerahan nya gan.....terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sewaktu mengganti modem, apakah kartu sim yg digunakan sama?
      jika sama, dan masalah memang pada modem, hal pertama yg harus di lakukan adalah cek versi firmware modem kita, catat semua informasi yg ada, lalu kemudian lakukan upgrade firmware pada modem tersebut. jika sudah di upgrade dan hasil masih sama, maka masalah utama kita ada pada komponen penerima signal modem atau beberapa komponen yg ada di dekat slot USB modem. sebagai saran, kita upgrade firmware dlu, dan jgn gunakan versi yg terlalu tinggi, akibat yg terjadi nanti adalah modem akan cepat panas atau malah terlalu panas jika firmware terlalu tinggi (pengalaman saya sendiri, dan pada akhirnya modem E220 saya rusak. signal full tapi kecepatan rusak, dan bahkan signal tidak turun, hanya tertera 5)

      selanjutnya. cek jika sudah ada signal, kemudian downgrade lg ke firmware yg semula. jika bermasalah lagi, berarti firmware yg lama sudah tidak support lg. kabari saya lagi jika masih terjadi masalah atau modem sudah baik. nanti kita akan analisa lagi bersama-sama ok. ^_^ semoga sukses.

      Delete
  52. permisi mas, modem saya yg merk vodafone 02682 sudah lama tidak terpakai karena laptop rusak, selama hmpir 2 bn laptop rusak dan di perbaiki lg akhirnya saya gunain lg itu modem. signal nya terbaca, modem nya masuk. tapi pas dihubungkan kemudian tulisannya tidak terhubung, aplkasinya sdh saya uinstall lg dan instaal tp hasilnya ttp sama mas, tidak terhubung. itu bagaimana ya mas? ini udah modem kedua yg rusak mas :( help me.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya modem mbak ayu kusuma tidak rusak, biasanya setting modem ada yg salah atau kadang2 kartu sim yg bermasalah. jadi pastikan setting Apn nya internet (semua operator) dan dial nya *99#. pastikan juga kuota ada dan tidak mengalami error pada kartu sim. coba juga dial up melalui komputer langsung (driver sudah di pasang serta aplikasi sudah di install). letaknya ada di kanan bawah bergambar komputer. silahkan di coba dulu. dan semoga membantu.

      Delete
  53. Mas modem saya sudah di colokin di komputer kenapa gak terdeteksi sama sekali ya tolong Mas bantu, Windows XP

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat di pasang apakah led atau lampu modem berkedip dan menyala dengan normal?

      jika ya atau tidak, coba di pasang di slot usb laptop / komputer yg lain dulu bang Anonymous, jika baik, maka ada masalah pada windows XP nya. solusinya perbaiki windows XP nya dengan format ulang atau cek di driver manager.

      cara berikut ini agak susah, yaitu mencari driver manual di internet. kemudian pasang driver tersebut secara manual, lalu coba lagi. kalau tidak berhasil, masalah ada pada modem.

      buka modem tersebut, lalu solder ulang plat yg terpasang (rumah USB). jika masih belum bisa, maka cara kali ini memiliki resiko mati total. kecuali kita memiliki alat untuk solder ulang IC ball di modem. caranya yaitu di bakar dengan api (jangan terlalu lama dan mengenai IC, secukupnya saja dan hanya ujung api). sambil menekan IC tersebut dengan obeng dan sebagainya. kalau berlebihan, maka akan seperti modem saya yg lampu led nya menyala redup. (pengalaman sendiri) semoga membantu ^_^

      Delete
  54. gan saya pake modem hspa+28mbps ,ketika saya plug in modem saya ke laptop ga muncul apa2 tapi masih bisa internetan ketika saya berada di pilihan dial up vpn .tapi saya maunya bukan lewat dial up vpn tapi langsung muncul aplikasi ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. letak dial up vpn nya di kanan bawah layar kah? atau yg ada di internet option?

      kemungkinan setting autoplay komputer / laptop disable , tapi kalau merasa tidak mengubah apapun, saat modem di pasang, klik kanan drive modem nya, lalu pilih autoplay, nanti akan muncul pesan dialog dari autoplay, kemudian pilih run exe. semoga membantu ^_^

      Delete
  55. sama2 tuan nasrullah, semoga masalahnya selesai dan modemnya bisa diperbaiki kembali.

    ReplyDelete
  56. Gan,saya punya masalah sama modem saya tuh kayak gini.....
    Awalnya sih biasa aja.nah,pas saya coba update modem saya(pake software buat update,tapi lupa namanya :'v)dan pc saya di restart,tiba" modemnya gagal instal driver....kira",apa bisa pake cara yang agan post di atas? :'v
    Thank's

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti upgrade firmware ya bang septian? jika memang benar, maka coba cari driver modem tersebut. kalau tidak ada yg pas, coba gunakan versi 64 bit atau windows vista. untuk beberapa tipe modem setelah di upgrade firmware kadang tidak kompatibel lagi dengan driver yg lama. tapi ada juga aplikasi modem tersebut sudah tidak support lagi. jadi jika ada aplikasi modem yg terbaru, bisa di coba. begitu juga dengan driver yg saya sebutkan tadi. semoga membantu.

      Delete
  57. Gan kalo modem pas di colokin muncul tulisan device not reconized itu kenapa yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di coba pada laptop atau komputer yg lain bang, jika masalahnya sama, maka ada 2 kemungkinan penyebabnya. pertama slot usb yg ada di modem. karena sering bergeser saat masih terpasang, plat yg ada di dalam slot usb tersebut tidak mengenai slot usb yg ada di laptop atau komputer lagi. solusinya, coba geser ke kiri dan kanan untuk melihat apakah ada perubahan atau tidak.

      kedua, plat besi di belakang slot usb modem yg menyambungkan mainboard dan slot usb modem terlalu panas sehingga timah retak. solder ulang timah tersebut. terakhir ada masalah pada IC atau kapasitor modem. gunakan blower untuk memperbaiki timah solder yg ada pada IC atau kapasitor modem tersebut. jika masih tidak mau, maka IC kapasitor tersebut rusak. saran dari saya, gunakan multi tester untuk cek jalur listrik pada modem.

      Delete
  58. mas aku punya modem mobile partner,udah sering aku pake tapi entah kenapa pas dipake tiba-tiba mati dan gak bisa terdeteksi di laptop. aku uninstal aplikasinya niatnya siapa tau bisa di reinstal setelah dicolok kembali,tapi ga bisa karna drivernya ga ke baca. aku buka devices and printers bilangnya "data interface driver is not installed". bahkan aku uninstal driver "modem standard" di device manager >> modems. mohon bantuan solusinya mas... makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. led modem menyala atau tidak mbak yuyun saat dipasang? jika masih mau menyala, coba ke laptop atau komputer lain dulu. jika normal saja, maka masalah ada pada laptop/komputer mbak yuyun. sedangkan jika led tidak menyala atau tidak terdeteksi juga di komputer dan laptop yg lain, maka masalahnya ada pada modem.

      jika menggunakan kabel, ganti dengan kabel yg lain. jika hanya usb. maka harus buka kasing, gunakan blower, dan panaskan kembali beberapa IC serta plat besi yg ada pada usb. semoga membantu ^_^

      Delete
  59. gan mo nanya. modem huawei saya kok ga mau keluar sinyalnya ya. kalo modemnya sih kedetect cuma waktu dimasukin sim card ga mau kluar sinyalnya atau jaringannya. udh pake cara di atas sama aja. ganti provider jg sama. tp sempet coba juga di kompi net dan keluar sinyalnya (3g) dan bisa saya connet dan normal2 aja. apa masalah pc saya nih yang harus di instal ulang cuma biar bisa pake modemnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hal pertama yg harus bang anonymous lakukan adalah melepas semua aplikasi modem (jika ada app modem yg lain dilepas juga). terkadang jika ada 2 aplikasi misalnya modem lama dan baru. maka bisa menyebabkan hal tersebut. karena di PC atau laptop yg lain baik2 saja. maka penyebabnya ada di komputer bang anonymous. jika sudah dilepas aplikasinya, restart terlebih dahulu. kemudian pasang kembali aplikasi modem yg abang gunakan (ada atau tidak 2 aplikasi, gunakan cara tersebut). jika sudah namun masih mengalami masalah, barulah kita coba format ulang komputer. semoga membantu.

      Delete
  60. Replies
    1. terima kasih bang. saya harap penjelasan saya bisa dipahami dan mampu mengatasi masalah modem yg sering terjadi. ^_^

      Delete
  61. Kak, modem saya kan agak bermasalah di koneksinya. Lalu saya coba atur & install ulang driver modem. Habis itu modem saya malah nggak bisa terdeteksi sama sekali. Sudah saya coba cara di atas, masih nggak bisa. Mungkinkah modem saya rusak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah bang robert sudah coba di laptop atau komputer yg lain?
      jika masalahnya sama maka kemungkinan modem rusak. tapi menurut saya sendiri, modem bang robert tidak rusak. kemungkinan hanya gagal install driver. sebaiknya di coba dulu lepas aplikasi modem dan pastikan tidak ada aplikasi yg lain. kemudian restart terlebih dahulu laptop atau komputernya. baru coba lagi. untuk window 8 hingga 10 biasanya memang bermasalah. untuk windows 7 juga kadang mengalami hal tersebut. biasanya hal tersebut terjadi saat kita memindahkan modem ke slot usb yg lain di laptop atau komputer kita. semoga membantu.

      Delete
  62. Bang, modem saya vodafone k3765 kalau dicolokin ke slot usb sinyal full tapi tidak bisa internetan (upload download data 0). dicoba pakai laptop lain bisa berfungsi dengan baik. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, pastikan tidak ada aplikasi modem yg lain di laptop bang unknown, karena bisa menyebabkan modem bermasalah. kadang mengalami device not found (tidak terdeteksi).

      kedua, coba dilepas dulu aplikasinya, restart laptop. pasang di slot usb yg lain kemudian coba lagi.

      ketiga, biasanya hal sederhana sering kita lupakan, yaitu setting pada modem. kadang tidak otomatis, jadi kita harus cek kembali dan pastikan setting pada modem benar.

      keempat, ada aplikasi lain yg memblokir jaringan di laptop kita, ada firewall, kadang tgl dan tahun di laptop salah, browser bermasalah, dns dan proxy error dan sebagainya. jadi kita pastikan tgl dan tahun sudah benar, dns dan proxy default (terkadang, di setting hingga koneksi error), firewall memblokir aplikasi modem kita serta device driver kita. versi windows yg tidak kompatibel (biasanya wins 8 sampai 10). dan masalah pada aplikasi lain.

      sebagai pengalaman, saya pernah mencoba untuk mengubah registry seperti ack timeout dan no delay pada registry modem. akhirnya koneksi saya error. jadi silahkan di cek terlebih dahulu mana yg menyebabkan error tersebut. semoga membantu ya bang unknown ^_^

      Delete
  63. Bang mao tanya kok bolt saya sehabis saya autorun malah larinya ke microsoft word ya bukan ke chrome atau yg lainya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu ada pilihan menu di autorunnya apakah bang bonar pilih ms word? jika iya maka untuk selanjutnya pasti akan ke word terus. coba di ulang lagi dengan cara buka my computer, klik kanan pada device modem (kalau tidak ada maka lepas dlu aplikasinya. kemudian di ulang lagi). pilih autorun. dengan begitu, maka menu autorun akan muncul lagi dan pastikan kita tidak salah memilih.

      cara kedua yg bisa saya jelaskan adalah. pilih device modem tersebut, klik kanan dan pilih open with. pastikan arahnya benar ke aplikasi modem bang bonar. semoga membantu ^_^

      Delete
  64. mas modem saya kok ga kedetek terus file drivenya itu gak ada & aplikasi baut install modemnya gk ada
    solusinya dong mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaset cd/dvd installer nya jg tidak ada kah bang unknown? kalau tidak ada. cari driver secara online, ketikkan merk dan tipe modem bang unknown. pasti ada yg sediakan. pastikan juga di device manager modem bang unknown ada muncul walaupun file drivernya tidak ada. atau cek di my computer dan lihat apakah ada drive modem yg muncul. cara lainnya pastikan dulu modem baik dengan cara memasangnya di komputer atau laptop yg lain. jika terdeteksi maka bisa dipastikan hanya komputer atau laptop bang unknown yg bermasalah. alternatif terakhir adalah format ulang windows jika modem tesebut normal di komputer atau laptop yg lain. semoga membantu ^_^

      Delete
  65. Mas kenapa ya modem saya bacaannya unknown not found data not conected

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba pada laptop atau komputer yg lain dlu mas seka. klo nya normal berarti hanya windows error. tapi klo sama saja, kemungkinan komponen modem ada yg rusak. tapi lebih sering adalah jalur yg terputus saja. biasanya letakknya ada di rumah usb modem 4 plat besi bagian belakang. semoga membantu ^_^

      Delete
  66. Mau nanya bang, kalau modem sering disconnect sendiri secara tiba-tiba, apa penyebabnya dan gimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa penyebabnya bang. yg pertama adalah signal yg didapat lemah. yg kedua, jaringan lagi bermasalah. ketiga, kuota hampir habis, tidak ada pulsa dan hanya kuota. terakhir, ada pengaturan yg salah dan aplikasi error.

      ini solusi yg bisa saya berikan untuk bang anonim. pertama, kita lepas aplikasi modem tersebut dan pastikan aplikasi modem lain (jika ada). dilepas juga kalau ada. karena 2 aplikasi modem walaupun berbeda bisa menyebabkan konflik software dan hardware.

      kedua, cek kembali setting modem. pastikan semua sudah benar. biarkan proxy dan lainnya default. cukup isi apn dan dial kode.

      alternatif lain yg bisa saya berikan, coba dengan kartu lain apakah error sama atau tidak. semoga membantu dan silahkan bertanya kembali jika belum mengatasi masalah tersebut.

      Delete
  67. bang modem saya terdeteksi, lampu nyala hidup mati seperti biasa.dibar koneksi jg ada. tapi kok di my computer gk ada terdeteksi ya? trus kemarin saya uninstall app modemnya. jdinya skrng ilank. gmn cara balikinnya ya? soalnya mw setting apnnya gk bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas professor teemo atas reply yg terlambat dari saya. saat uninstall aplikasi standar modem tersebut, terkadang ada device driver yg tidak dilepas secara otomatis. silahkan lihat di bagian device manager. cek apakah ada device modem kita. karena driver tersebut masih terpasang, biasanya tidak akan memunculkan apapun karena masih terdeteksi sebagai modem bukan sebagai USB device. hasilnya di my computer tidak akan ada muncul. semoga membantu.

      Delete
  68. Bang apn nya udah dibuat dan udah disave tapi icon apply nya tidak hidup atau tidak muncul itu solusinya gimana ya bng

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm saya kurang begitu tahu yg satu ini mas. kalau modem yg saya gunakan sih. ada 2 apn standar yg diberikan. jadi 2 apn tersebut tidak bisa di edit. coba buat apn yg baru terus lihat apakah sudah ada tombol apply nya atau belum. dan coba juga edit apn yg abang buat itu. kalau bisa coba sebutkan aplikasi yg digunakan. saya coba bantu lihat aplikasi tersebut. kalau ada contoh gambar lebih bagus untuk saya membantu analisa.

      Delete
  69. Kalau kedap kedip hijau.
    Tapi tidak terdetek autorun atau setup kenapa mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lihat di bagian device manager mas. apabila device atau driver modem masih ada. maka inilah masalahnya. autorun atau setup tidak akan berjalan karena device modem tersebut tidak terdeteksi sebagai USB di komputer atau laptop. tapi ada juga yg melakukan centang saat autorun muncul yg artinya kita meminta agar selalu menjalankan perintah ini. dan hasilnya juga autorun tidak akan muncul lagi. pastikan juga seluruh aplikasi standar modem dilepas karena apabila ada aplikasi lain untuk modem. maka dia akan terdeteksi di aplikasi lain tersebut. dan terjadilah konflik karena aplikasi dan modem tidak support. semoga membantu.

      Delete

Post a Comment

Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih