Pengertian dan Fungsi Defragment Pada Harddisk

Banyak orang bertanya kepada saya tentang apa saja kegunaan dari fungsi defragment ini beserta manfaatnya. nah hari ini, semua pertanyaan kamu akan terjawab. Karena kali ini, saya akan membahas tentang fungsi defragment beserta manfaatnya pada harddisk kita. sebelumnya saya ingin mengatakan kalau fungsi dan manfaat dari defragment ini tidak hanya pada harddisk komputer, namun juga pada harddisk laptop. Mari kita mulai saja ya.

Penjelasan dan Fungsi defragment harddisk.
Sebenarnya fungsi dari defragment harddisk adalah untuk membersihkan sisa-sisa file cache yang ada di komputer maupun laptop kita. biasanya apabila kita melakukan perpindahan data, pembuatan folder baru maupun peletakan file baru termasuk
melakukan search file di system explorer, maka akan membuat sebuah cache yang di proses dan disimpan oleh memori ram kita. cache file dan folder sendiri sebenarnya berguna untuk mempercepat proses perpindahan data dari waktu ke waktu.

Namun apa yang terjadi jika cache dari file dan folder tersebut menumpuk? Pastinya akan membuat komputer atau laptop menjadi sedikit lambat dan akhirnya mempengaruhi system maksimal kinerja komputer dan laptop kita. Nah maka dari itu defragment berfungsi untuk membersihkan hal tersebut dan membuat komputer/laptop kita kembali menjadi lancar. Jadi sebelum kamu mendefenisikan bahwa komputer.laptop kita lambat akibat kerusakan harddisk atau akibat bad sector dan virus, ada baiknya kamu lakukan defragment terlebih dahulu untuk membersihkan proses-proses yang mengakibatkan komputer dan laptop kamu lambat.

Fungsi defragment sendiri tidak hanya pada pembersihan cache file dan folder, jika ada virus, maka file virus pun akan dibersihkan dari komputer dan laptop kita. virus terkadang melakukan pencachean untuk melakukan copy kembali apabila virus telah di hapus oleh kita. namun virus ada juga yang menggunakan system registri windows kita untuk melakukan proses infeksi ke dalam komputer/laptop kita. dan semua itu pasti menggunakan kinerja memori ram kita. selain itu, system defragment harddisk juga berguna untuk memperbaiki file yang kacau. karena itu defragment harddisk juga sangat diperlukan.

Untuk standar windows xp dan windows 7, defragment harddisk biasanya telah di jadwalkan secara otomatis, tapi seperti yang saya ketahui, penjadwalan ini tidak akan berfungsi kecuali kita yang melakukan setting jadwal terlebih dahulu.

Manfaat dari defragment harddisk.
Untuk manfaat, banyak sekali yang dihasilkan oleh system defragment harddisk kita. mulai dari komputer dan laptop menjadi cepat,  proses pemindahan data  file dan  folder menjadi lebih cepat. Dan tentu saja komputer/laptop kita menjadi normal kembali.

Tentang perubahan pada data file dan folder kita.
Saat menggunakan system defragment harddisk, file dan folder tidak ada yang berubah. Untuk file virus, kamu harus menghapusnya secara manual atau menggunakan antivirus. Namun biasanya sudah tidak aktif lagi karena dibersihkan oleh system defragment harddisk. Tapi jika virus terlalu kuat, biasanya system defragment tidak bisa melanjutkan proses analisa maupun proses defragment dan terkadang di blokir oleh virus.  Kemungkinan kita akan butuh antivirus atau mungkin menggunakan cara terakhir, yaitu install ulang OS windows kita.  Selain daripada itu,  Untuk file dan folder kita, tidak akan ada yang berubah, Kecuali manfaat seperti yang saya katakan sebelumnya. nah yang mempengaruhi file dan folder kita bukanlah system yang satu ini, namun system yang lainnya yang biasa di sebut cleanup harddisk. System cleanup tersebut kadang menghapus file dan folder kita yang di anggap tidak terpakai lagi atau sudah usang.

Nah sekarang kamu semua sudah paham dan mengerti dengan defragment harddisk. Diharapkan apabila komputer dan laptop kamu yang semula cepat menjadi lambat bisa menggunakan fitur system standar bawaan windows ini. Jangan mendefenisikan harddisk terkena bad sector sebelum menggunakan ini.  Itulah saran dan tips dari saya. jika kamu belum tahu cara menggunakan system defragment harddisk. Baca artikel saya tentang cara defragment harddisk OS windows 7.

Demikian pembahasan kita tentang defragment harddisk beserta manfaatnya. sampai bertemu lagi pada artikel admin yang lain dan salam hangat dari admin.

Comments