Cara Reset Printer Canon Tipe MP 280 287 Melalui Komputer

Melanjutkan posting saya sebelumnya tentang cara memperbaiki printer Canon MP 280/287. maka hari ini saya akan memandu kamu cara melakukan reset printer menggunakan komputer agar printer Canon yang kamu miliki kembali normal dan bisa digunakan lagi. sebenarnya cara ini tidak hanya berlaku pada komputer, tapi juga pada laptop (bagi kamu yang mempunyai laptop dan menggunakan printer untuk mencetak dokumen). sebelum kita mulai panduan ini, dapatkan terlebih dahulu bahan yang diperlukan untuk komputer atau laptop agar kamu bisa melanjutkan tutorial ini. bahan ini sudah di uji ke dalam komputer milik saya sendiri. jadi sangat aman buat kamu.

mari kita mulai tutorial nya.
pertama, pastikan kamu sudah masuk ke dalam service mode. bagi yang belum, silahkan baca kembali cara masuk ke mode service untuk printer Canon MP 280/287. kemudian dapatkan bahannya.

Resetter Printer

jika sudah, buka bahan yang telah kamu dapatkan sebelumnya dan pindahkan ke folder baru. dan perlu kamu ingat, tunggu hingga proses mode service selesai, setelah itu, barulah kamu jalankan program tersebut di komputermu. setelah itu, lanjutkan ke langkah berikutnya. lihat contoh gambar berikut.

Tampilan utama menu reset printer di komputer atau laptop
Tampilan utama menu reset printer di komputer atau laptop

1. pastikan printer Canonmu sudah hidup(menyala) dan berada di dalam mode service. lalu tekan tombol "EEPROM" untuk mengembalikan setting awal printer kamu. sebagai pengingat, seperti yang sudah saya jelaskan pada posting yang dulu, sensor printer yang kamu miliki terdeteksi penuh atau telah mencapai batas maksimal. maka dari itu kita harus memperbaikinya dengan cara mengembalikan setting awal printers agar kita bisa menggunakannya lagi seperti biasa. dan itu bisa dilakukan melalui komputer maupun laptop kamu. dan cara ini digunakan jika beberapa langkah sebelumnya tidak berhasil memperbaiki printermu.

2. setelah proses selesai, tekan tombol "Set" Pada menu nomor 2 (lihat di gambar diatas).

3. setelah hitungan tinta selesai di proses. lanjutkan dengan langkah ketiga yaitu melakukan reset pada sensor tabung tinta.

4. lanjutkan ke menu "other" untuk tahap terakhir. jika sudah, lakukan proses nomor 5 untuk menyelesaikan perbaikan pada printer canon MP 280 287 kamu.

Setting lanjutan menu reset printer di komputer atau laptop
Setting menu lanjutan menu reset printer di komputer atau laptop

5. tekan tombol "set" lagi pada counter untuk tahap terakhir. setelah itu, matikan printermu, lalu hidupkan kembali. maka kamu sudah berhasil melakukan reset pada printer Canon milikmu melalui komputer atau laptopmu. dan pastinya ini adalah cara yang paling mudah dalam memperbaiki printer canon mp280 atau 287 milikmu sendiri. sekarang kamu sudah bisa menggunakan printer seperti biasa lagi. 

Comments

  1. Mas mau nanya kenapa ya pas saya coba cara di atas
    Ketika ke nomor 5 ada peringatan eror code 002?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya ada error pada printernya bang, coba tahan tombol stop/resume selama 15 detik, jika masih belum mengatasi, coba matikan printernya, pindahkan ke slot USB yg lain, kalau masih belum mau juga, katridgenya bermasalah. pastikan tidak ada yg error pada katridge agar cara diatas berjalan lancar. semoga membantu ^_^

      Delete
    2. oh iya, jangan lupa di tutup dulu aplikasinya, nanti setelah dimatikan, pindahkan ke slot USB yg lain, baru jalankan lagi program di atas.

      Delete

Post a Comment

Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih