Layar Laptop Toshiba Berubah Gelap Saat Dinyalakan

Ketika menghidupkan laptop, tiba-tiba saja layar yang ada di laptop kita berubah gelap. sebelumnya saat kita menghidupkannya terlihat baik-baik saja. sebenarnya permasalahan ini sangat mudah untuk diperbaiki. kecuali kerusakan tersebut memang parah dan berada pada komponen laptop tersebut. dan hari ini, saya akan coba memandu kamu untuk memperbaiki permasalahan layar laptop toshiba yang gelap saat kamu hidupkan.

semula, saat kita bekerja, tidak ada masalah apapun pada laptop kita. kemudian, setelah selesai bekerja, kita pun mematikan laptop tersebut. keesokan harinya, kita pun ingin bekerja lagi. kemudian saat kita menghidupkan laptop tersebut, masalah pun muncul. ketika di hidupkan, tidak ada tampilan apapun, yang ada hanyalah layar gelap. tidak ada respons, bahkan tampilan toshiba pun tak ada. nah ada beberapa cara untuk menganalisa permasalahan tersebut. dan akan kita bahas secara satu per satu.

1. kunci baterai pada laptop toshiba tergeser.
permasalahan yang satu ini sedikit lucu, dan ini juga berdasarkan dari pengalaman sendiri karena saya juga pernah mengalami masalah yang satu ini. pengunci baterai yang ada di laptop tergeser. dan secara tidak sengaja kita telah menggeser benda tersebut. biasanya terjadi saat kita merasa laptop terlalu jauh atau dekat dengan kita. lalu kita pun menarik atau mendorong laptop tersebut agar sesuai dengan mata kita. nah, pada akhirnya, terjadilah pergeseran kunci baterai yang terletak di bawah laptop. untuk mengatasinya, kamu cukup melepaskan baterai dari laptop, lalu kemudian memasangnya lagi. dan pastikan kunci baterai pada laptop sudah terkunci dengan benar. coba sampai beberapa kali atau tunggu beberapa menit setelah melepas baterai, lalu kemudian dipasang lagi. nah, laptopku sempat kena masalah ini, setelah di analisa dan ternyata benar pengunci laptops tersebut tergeser. barulah laptop yang saya miliki tersebut baik.

2. Kerusakan Ram.
untuk masalah yang satu ini sudah pernah saya bahas, silahkan baca posting saya tentang cara memperbaiki ram rusak.

3. harddisk laptop tidak terdeteksi atau error bad sector.
permasalahan yang ini agak sedikit rumit. harddisk yang kena bad sector pasti akan menyebabkan laptop blank saat pertama kali dihidupkan. untuk mengetahuinya, lepaskan harddisk dari laptop. lalu hidupkan laptop tanpa harddisk. jika logo toshiba telah muncul, berarti penyebabnya memang harddisk. sedangkan jika masih gelap, kemungkinan komponen lain yang mengalami kerusakan. untuk masalah tersebut, lepaskan komponen secara satu per satu dan hidupkan saat sudah melepaskan 1 komponen. jika gagal. pasang kembali, lalu lepas lagi komponen yang lain. jika layar laptop sudah normal. berarti komponen tersebut yang rusak.

nah, begitulah cara memperbaiki layar laptop toshiba yang berubah gelap saat di hidupkan. semoga ini menjadi solusi bagi kamu yang mengalami kerusakan seperti yang saya alami. (Uya Sur)

Comments

  1. layar leptop saya emang gitu tapi 5 menitan kembali lagi kira2 kenapa ya ,mas?

    Oh ya buat referensi saja nih mengenai aplikasi moga bermanfaat :)
    Tips Memperbaiki baterai leptop
    Aplikasi baterai android Hp
    Film video Kuliah online
    Video dubmash Flash acer
    game Battlefield4

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa penyebab layar laptop mas berubah gelap setiap 5 menit. pertama, pastikan bahwa tombol yg ada pada keyboard FN + F1 - F9 tidak tertekan sendiri. karena ada tombol yg mematikan layar di keyboard tersebut. kedua, biasanya baterai tidak stabil. jadi coba lepaskan terlebih dahulu lalu kemudian dipasang kembali dan pastikan kunci baterai sudah pas. ketiga, kabel yg menyambungkan mesin (motherboard) dengan layar agak sedikit longgar (tidak terpasang dengan benar atau telah tertarik). biasanya diakibatkan saat membuka dan menutup layar laptop kita. keempat, inverter yg ada di layar sudah mulai rusak. kelima. led atau lampu yg ada di layar sudah mulai rusak, seperti lampu yg ada di rumah kita. jika mulai rusak biasanya akan nyala dan mati. dan terakhir, pastikan system windows, harddisk, cd/dvd dan ram normal serta driver VGA kita sudah terinstall dengan baik. (yah, jika lama biasanya driver akan error atau hilang). dari pengalaman, biasanya driver VGA tidak cocok akhirnya layar gelap. semoga membantu.

      Delete
  2. terimakasih, ternyata benar setelah saya geser kunci baterai lapto kembali normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 bang, sempat pengalaman juga waktu itu. jadi bisa dikategorikan sebagai masalah kerusakan juga tuh ^_^.

      Delete
  3. Replies
    1. silahkan mas. terima kasih sudah mau lewat sini. ^_^

      Delete

Post a Comment

Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih