Solusi Memperbaiki Laptop Mati Total

Laptop yang sering kita pakai seperti biasa kadang bisa mengalami kerusakan, apabila hal itu terjadi, maka kita tidak akan bisa bekerja atau pun menggunakan laptop tersebut untuk melakukan aktivitas seperti biasa. karena kita belum mendapatkan pengetahuan yang banyak tentang masalah ini, maka kita pun segera pergi ke service Center laptop yang dekat dengan lokasi kita. namun sebagian dari kita pernah berpikir, apakah kita bisa menangani masalah ini sendiri?

beberapa dari kita ada yang berpikir untuk mencoba memperbaiki masalah kerusakan ini sendiri. yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana?

nah, hari ini saya akan coba pandu kamu cara memperbaiki laptop mati total. tapi saya tidak menjamin laptop yang kita tangani disini bisa diperbaiki, karena setiap kerusakan yang ada pasti berbeda dan tidak selalu sama. jadi saya akan ucapkan selamat kepada kamu jika beberapa cara yang kamu terapkan dari tutorial saya ini bisa memperbaiki masalah yang kamu alami. dan apa yang saya tulis disini berdasarkan pengalaman saya selama memperbaiki laptop. dan tentu saja apa yang saya lakukan dan alami juga tidak semuanya bisa diperbaiki.

1. Laptop mati total akibat suhu di dalam laptop terlalu panas sehingga Rumah listrik dari Charger(DC) laptop  putus, masalah ini sering terjadi dan membutuhkan teknik lambat. jangan tergesa-gesa untuk memperbaiki kerusakan yang ada di dalam komponen laptop. hal pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan cek pada beberapa komponen, dimulai dari charger, kita memerlukan alat cadangan dan melakukan uji apakah charger tersebut rusak atau masih bagus kondisinya. kemudian RAM, Harddisk, CD/DVD (Jika ada) dan terakhir pada bagian Rumah charger. buka Casing laptop dengan hati-hati untuk menghindari Casing patah. untuk laptop jenis  notebook. biasanya kita harus melepas keyboard terlebih dahulu. lalu kemudian melepas semua baut yang terletak di bawah keyboard. jika ada kesalahan, maka Casing Laptop kamu akan patah.

kemudian setelah semua baut dilepas, barulah kita bisa melepas Casing laptop dan memperbaiki komponen Rumah charger yang putus. kalau kamu lihat, Rumah charger tersebut terlihat normal. tapi, biasanya ada retakan di bagian timah yang tidak terlihat oleh mata kita sendiri. solusinya, solder ulang kedua kaki charger tersebut. pasang kembali seluruh komponen, lalu uji laptop kamu. jika kerusakan sudah hilang. berarti kamu sudah berhasil.

2. ada masalah pada processor, solusinya, lepas processor dan bersihkan dengan kain yang lembut. bersihkan juga debu yang ada kipas laptop, tambahkan pasta pendingin pada processor laptop kamu. kegagalan prosesor akan mengakibatkan laptop mati total. lakukan test menggunakan processor yang lain. jika laptop sudah menyala dengan normal. uji lagi dengan processor yang lama. biasanya akan normal kembali.

3. Laptop mati total akibat komponen yang biasa disebut sebagai AC Power (IC) rusak. fungsi dari komponen tersebut adalah untuk menerima respons dari tombol hidup yang kita tekan. jika rusak. maka bisa dipastikan saat kita menekan tombol hidup pada laptop tidak akan ada respons apapun. biasanya di toko resmi laptop ada komponen ini. jadi solusinya, ganti IC Power kamu dengan yang baru.

4. kerusakan pada Mainboard. dan biasanya rusak tersebut di bagian tabung elco. dulu saya pernah temui kerusakan ini. terlihat normal namun ternyata rusak. jadi setelah saya ganti, barulah laptop bisa menyala dengan normal kembali. mungkin akan saya tuliskan di posting saya yang lain karena kita akan butuh gambar agar bisa melihat letak komponen tersebut.

beberapa tambahan : silahkan baca tentang penyebab laptop mati total.

nah, itulah solusi yang bisa saya berikan buat kamu yang mengalami kerusakan laptop mati total. semoga beberapa cara diatas bisa mengatasi permasalahan yang ada. sampai bertemu lagi dan salam hangat dari saya (Uya Sur).

Comments

  1. saya punya laptop Lenovo Z400.
    Bila keadaannya normal (bisa hidup), Charger dicolok maka lampu indikator "MENYALA".
    Namun bila charger dicolok lampu indikator tdk menyala maka laptop tak bisa hidup, baik ada batere maupun tanpa batere.
    HDD pernah saya lepaskan, termasuk membuka + membersihkan Memori RAM dan Processor.
    Pernah saya coba dgn memori RAM 2GB (laptop tsb memori RAM-nya 4GB) tapi tak membawa perubahan apapun. Apa karena dicoba dgn memori yg kapasitasnya tdk sama..???
    Bila kerusakan pada IC Power, apakah lampu indikator tdk menyala bila dicolokin Charger.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika keadaannya seperti itu, biasanya kerusakannya ada di rumah soket charger atau disebut rumah socket jack. ada timah retak. jadi saat charger di colok. maka terjadilah korslet. saran dari saya. cobalah di solder ulang rumah charger tersebut. jika masih error. maka ada kerusakan lain disitu. cobalah gunakan charger yg lain. bisa juga chargernya error. semoga membantu.

      Delete
    2. Saya juga lenovo z400, gak bisa nyala ini om hbs di sleep, tapi kalo nge charger masih nyala indikatornya, katanya ic nya

      Delete
    3. buat bang andy, menurut saya sendiri, kerusakan ada pada charger yg bpk miliki, apakah sudah di uji dengan charger yg lain? kalau normal berarti charger yg rusak (biasanya salah satu komponen rusak hingga high voltege).

      untuk bang ken, bisa jadi memang benar IC nya. tapi kadang hanya timahnya yg bermasalah, solusinya coba di blower dulu IC powernya, jika tidak tahu yg mana, bisa cari di google untuk skema mesin tipe laptop bang ken. masalah ini jika lampu power tidak mau menyala. ada juga hanya dengan lepas baterai dan charger, kemudian diamkan selama beberapa menit terus tekan tombol power dan tahan selama beberapa detik akan membuat laptop kembali normal. penyebabnya listrik yg mengalir masih banyak tersimpan sehingga menyebabkan error. semoga membantu ^_^.

      Delete
  2. kalau saya laptop lenovo G405 mati total,setelah di hidupkan pakai charger lampu indikator power nyala,terus procecor nya panas banget,,mohon solusi nya..

    makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah laptopnya bisa dibuka oleh bang anonymous? jika bisa bersihkan debu yg melekat di kipas prosesor (fan processor) , lalu tambahkan pasta pendingin agar tidak panas lagi. jika punya alat cadangan. cobalah uji laptop tersebut, laptop hanya menyala selama 5 detik lalu mati lagi biasanya karena prosesor melakukan shutdown otomatis karena terlalu panas, bisa juga jalur listrik yg mengalir di laptop terganggu. hal utama yg bisa kita coba adalah menggunakan charger lain yg sama. charger rusak bisa menyebabkan hal tersebut. silahkan dicoba terlebih dahulu.

      Delete
  3. Kalau saya laptop asus x453m itu mati total setelah saya colok modem smart. Saya tidak tau jg tiba modem smart saya rusak. Padahal td siang saya pake modemnya bisa. Setelah itu laptop saya sampe sekarang tidak bisa menyala, di charge jg lampu indikatornya tidak menyala. Oh ia batarei asus ini menyatu tidak bisa dilepas. Mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hal tersebut bisa kita bilang sebagai korslet (short). tp bisa juga karena faktor lain. coba mas anonymous buka baut yg ada di chasing bawah laptop. tapi saya sarankan buka jika garansi sudah habis. lalu kemudian di pasang lagi. terkadang ada baut yg sedikit longgar menyebabkan hal tersebut, (pernah terjadi waktu saya memperbaiki laptop asus). semula tidak bisa di charger juga, dan laptop juga tidak menyala, alhasil setelah semua baut dikencangkan, barulah laptop tersebut mau menyala kembali. oh ya, untuk baterai seingat saya menggunakan kabel di dalam. jadi jika anda bisa membuka chasing laptop tersebut. maka anda bisa melepas dan memasang kembali baterai tersebut. pastikan juga seluruh USB dilepas dan kemudian di coba lagi. semoga membantu.

      Delete
    2. jika semua cara diatas tidak bisa mengatasinya. cobalah solder ulang timah yg ada di home jack (rumah soket charger). akibat listrik yg konslet, maka akan menyebabkan suhu panas di rumah soket tersebut, dan akhirnya timah menjadi sedikit retak dan mengantarkan listrik tidak stabil.

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Bang.. Kok Laptop Saya (Asus X200M) Pada Saat Main Game (Game Nya Nggak Berat Sih) Tiba2 Mati Total, Trus Kalo Mau Di Nyalain Yang Nyala Cuman Lampu Indikator Charge, Power, dan Jaringan, Dan Nggak Ada Tampilan Apa2, Sampai Sekarang Udah Gak Bisa Di Nyalain...

    Tolong Bantuannya Bang...
    Thx Before...

    ReplyDelete
    Replies
    1. logo bios ada tampil bang saat dinyalakan? coba bersihkan dulu RAM dengan penghapus pensil. penyebabnya ada beberapa. pertama, kunci baterai. pastikan terkunci. sebelumnya cabut dulu baterai lalu pasang kembali dan kunci. kemudian di coba lagi.

      kedua, bersihkan RAM atau test dengan RAM yg lain dulu.
      ketiga, cek ventilasi kipas. biasanya banyak debu yg melekat. bersihkan dulu (biasanya harus buka chasing).
      keempat, bios corrupt. restore bios atau update. bisa didapatkan di situs resmi laptop tersebut.
      kelima, masalah VGA, bola timah mencair karena terlalu panas. akhirnya VGA jadi tidak stabil. cara yg saya gunakan beresiko, yaitu gunakan korek api dan panaskan chip VGA tersebut sekitar beberapa menit sambil menekan chip dengan obeng atau benda lainnya. kalau punya blower, bisa digunakan dengan cara yg sama.

      biasanya jika laptop menyala normal tapi tampilan layar blank (tidak respon) biasanya RAM mengalami masalah dan debu yg melekat di ventilasi kipas sehingga panas laptop tidak bisa dikeluarkan. jadi fokus perbaikan ke RAM dulu dan pastikan dengan RAM yg lain, baru kemudian cek debu di laptop. semoga membantu.

      Delete
    2. ada yg lupa. prosesor, coba tambahkan pasta pendingin. kemungkinan sudah habis (atau sisa sedikit).

      Delete
  6. Gan
    Tanya kan Asus x452e amd e1 kondisinya mati Gan... Di Cas ngisi bisaa pnuh battery tpi tombol power di Tekan gk Ada response apa2.. Udh di service 2bln tpi di cancel gk bsa perbaiki ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagaimana dengan led powernya bang ali? apakah mau menyala atau tidak? pertama bang ali lepas baterai laptop tersebut, lalu coba di nyalakan dengan charger saja. jika masih belum mau, coba gunakan charger yg lain. charger merk apapun bisa asal slot (soket), volt dan arus sama. kabari lagi jika belum atau sudah berhasil. nanti kita bahas ke bagian komponen. ^_^

      Delete
    2. Punya saya juga permasalahnnya sama
      Dengan laptop dan type yang sama
      Saat batre di lepas indikator led gak nyala
      Help me

      Delete
    3. cek rumah soket (jack) yg ada di laptop bang, kalau mesinnya menyatu dengan rumah soket, di solder ulang dulu. kadang ada timah retak akibat arus pendek atau terlalu panas. gunakan multi tester untuk cek tegangan dan arus. jika masih bermasalah, maka kemungkinan IC power yg rusak bang. pastikan juga charger masih baik.

      Delete
  7. Siang mas, mau nanya nih, tempo hari aku pake laptop lenovo dikampus sampai batrei tinggal 10%, nah pas sampai dirumah aku cas dan ga aku pakai lagi sekitar 4 hari an, lalu skarang pas dinyalain ga bisa bahkan lampu indikator charge batrei juga ga nyala, itu kerusakannya kira" dimana?
    Terimaksih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, mas iza cabut dulu baterainya dari laptop, kemudian pasang kembali, pastikan lock. kemudian coba lagi. jika tidak mau, coba nyalakan tanpa baterai, pake charger. jika tidak bisa juga, saya ada pengalaman seperti ini, ternyata masalahnya ada pada baut kasing laptop dan mainboard. bisa di putar ulang baut2nya untuk memastikan, kemudian kita coba juga cek dengan melepas komponen satu persatu, mulai dari ram, harddisk, hingga cddvd. jika semua cara sudah digunakan tapi tidak menyala, maka saya kira transistor power rusak, yg ada di maindboard. maaf saya tidak punya contoh gambarnya, letaknya biasanya di dekat tombol power itu sendiri atau di dekat baterai. bentuknya kotak hitam. barangkali jalurnya hanya terputus (semoga saja). gunakan pensil 2B untuk menyambung kembali jalurnya, atau bisa gunakan timah air.

      Delete
  8. Bang mau tanya, laptop asus saya mati total pas lagi maen game. Abis itu ga bisa nyala lagi. Lampu charger juga ga nyala pas dipasang charger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, cek processor. biasanya kalau pas main game tiba2 laptop restart atau mati maka processor penyebabnya, tapi bisa juga komponen kepanasan tu bang, timah jadi meleleh. cek rumah charger. tempat kita pasang soket charger kita. biasanya retak, di solder ulang. ada juga VGA bergeser posisi karena panas yg menyebabkan bola timah meleleh. biasanya sih untuk VGA menggunakan teknik Reball ulang. tapi ada juga yg hanya menggunakan korek api. di panaskan sambil di tekan komponen VGA nya menggunakan pinset. semoga membantu ^_^

      Delete
    2. eh lupa. cek juga bautnya, dulu pengalaman laptop mati total eh ternyata masalahnya ada pada baut laptop tersebut. setelah dikencangkan kembali barulah laptop tersebut normal kembali. sedikit membingungkan sih. tapi semoga berguna. hehehe

      Delete
  9. Kalau saya Laptop Lenovo G840
    Laptop tidak bisa di Nyalakan Tetapi Lampu Indikator Charger nyala
    itu Kerusakan nya di bagian mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama bang rizal bisa pastikan lebih dulu baut yg ada di laptop serta pengunci baterai, jika pengunci lepas bisa mengakibatkan layar laptop tidak menyala. solusinya lepas baterai lalu pasang kembali. kemudian kunci kembali baterai tersebut. untuk baut, pastikan semua rapat. buka lalu pasang kembali seluruh baut (jangan dilakukan jika masih ada garansi) untuk memastikan tekanan kasing pada komponen rapat.

      kedua, gunakan senter, cek layar apakah ada muncul gambar gelap yg tidak kelihatan dengan mata, karena bisa saja led lampu layar rusak sehingga layar laptop tersebut gelap dan tidak bisa dilihat dengan mata biasa. jika semua normal. lanjutkan.

      ketiga, test charger tersebut ke laptop lain. merk laptop apapun jg bisa asal soketnya pas serta tegangan dan arus pas. jika normal saja, maka kita lanjutkan ke laptop yg rusak td. lepas baterai dan coba charger tanpa baterai. jika mau menyala maka di pastikan jalur komponen yg menuju ke baterai konslet (short) atau baterainya telah rusak sehingga tidak bisa di isi ulang lagi. solusi, test dengan baterai lain jika ada.

      keempat, kita lepas satu-persatu komponen dimulai dari yg paling mudah, RAM, Harddisk, CD/DVD (jika ada) lalu coba kembali tanpa komponen tersebut (kecuali RAM, jika ada bisa test dengan RAM yg lain). lepas juga processor (tipe yg bisa dilepas) lalu bersihkan dan pasang kembali. jika masih juga, kita buka habis kasing laptop tersebut dan cek apakah ada elco (elko) yg menggembung, dulu saya pernah temukan elko yg ada di dekat soket jack charger menggembung di mainboard, ada juga yg di dekat tombol power. tidak bocor atau pecah, tapi hanya mengembung (gemuk) saja. biasanya komponen tersebut rusak.

      kelima, cek kabel yg menuju ke layar, lepas lalu pasang kembali, lepas juga batera CMOS untuk reset ulang komponen bios apabila ada, diamkan selama beberapa jam kemudian pasang kembali baterai tersebut. jika mainboard penuh debu, bersihkan menggunakan kuas cat atau gunakan bahan yg mirip air tapi tidak merusak komponen.

      terakhir hal yg bisa dipastikan adalah IC power rusak atau hanya timahnya saja yg retak akibat panas mesin. bentuknya seperti kotak panjang warna hitam atau coklat. seri nomor komponennya berbeda-beda dengan laptop lain jadi tidak bisa disebutkan. cobalah untuk solder ulang terlebih dahulu atau tambahkan sedikit timah gulung. sebelum definisi terakhir ini, pastikan seluruh komponen sudah di cek.

      semoga membantu dan barangkali ada yg lupa saya tuliskan bisa ikut membantu.

      Delete
    2. tambahan, biasanya bila sudah dibersihkan dengan cara ke menyiram komponen tersebut lalu dikeringkan akan membuat komponen berjalan normal kembali, bisa saja jalur plat besi yg ada di komponen terhalang oleh debu atau yg lainnya. tapi hati2 dengan cara ini, karena bisa menyebabkan kerusakan fatal jika salah cara atau salah air. jangan di sikat, miringkan mainboard lalu siram, biarkan kering, biasanya 1 - 1 minggu. jangan di jemur. untuk air, saya masih blm tahu air yg bagus ^_^ semoga membantu.

      Delete
  10. Mau tanya gan ,laptop acer 4250..
    trakhir pakai 3hari yg lalu gk ada masalah..tpi barusan saya nyalain powernya gk mau nyala..padahal lampu indikator chargernya nyala..tp power lptopnya gk mau nyala,lampu indikator laptop juga mati,mati total laptonya gan..itu kira" knapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lepas dulu baterainya gan, trus nyalakan dengan charger, kalau normal berarti baterainya bermasalah sedikit. bisa juga pengunci baterainya tergeser. pasang kembali biasanya sudah bisa membuat laptop normal kembali. tapi jika masih bermasalah. buka kasing belakangnya, lihat apakah ada debu dan sebagainya. kipasnya juga di cek barangkali ada debu. kalau masih juga, lanjutkan ke komponen. di atas komen bang chandra ada saya jelaskan. barangkali bisa membantu. jika ingin dijelaskan lagi. dengan senang hati saya tuliskan di komen ini lagi ^_^ jgn sungkan2.

      Delete
  11. Gan misi mau numpang tanya ini laptop saya tidak mau menyala setelah kena tumpahan air. Padahal baterai dan cash juga sudah di cabut. Bekas tumpahan di bagian luar juga sudah kering. Tapi lampu indikator tetap tidak mau nyala dan laptop nya mati total. Itu kira harus nunggu berapa hari untuk coba dinyalakan? Dan harus diapakan laptopnya? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya 3 hari lebih atau 1 minggu, bagian dalam agak lebih lambat keringnya, tapi biasanya akan ada sebuah tanda seperti air yg kena kertas. kalau bisa buka, bersihkan dengan tisu sebelum menjadi tanda di komponen. jika sudah bertanda. bersihkan tanda tersebut pakai tisu (jika mau hilang) atau menggunakan beberapa bahan air yg bisa menghilangkan tanda tersebut dan tidak memberikan tanda lainnya.

      test di kertas plastik dulu, jika tidak ada tanda setelah air kering maka itu baik untuk mainboard laptop kita. tapi bisa juga komponen sempat konslet sehingga rusak saat kita coba matikan (jarang terjadi).

      Delete
    2. eh lupa, letakkan laptop terbalik, misalnya tumpah di bagian keyboard. letakkan bagian tersebut ke bawah. jangan di jemur di matahari karena bisa mengakibatkan panas yg berlebih.

      Delete
  12. Bang, laptop saya acer, baru beberapa hari nambah ram. Awalnya lancar2 saja, tetapi tiba tiba mati, tidak ada masalah di chargernya, sudah ganti charger tetep saja. Indikator charger tidak menyala. Tombol power kalo ditekan ada indikator biru menyala beberapa saat. Kira kira masalahnya apa ya bang.... mohon bantuan, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika menggunakan 2 Ram, lepas dlu salah satunya, kemudian uji kembali. tapi klo menurut saya, chargernya di uji dlu ke laptop lain. karena lampu indikatornya tidak menyala maka kemungkinan charger yg rusak. dan sebab laptop hanya menyala sebentar bisa dikarenakan baterai yg sudah mau habis dan tidak terisi akibat charger yg rusak. jika di test pada laptop lain dan lampu indikator charger nyala, serta mau mengisi baterai, maka permasalahannya ada pada laptop. silahkan di coba dlu baru setelah itu kabari saya lagi ok.

      Delete
  13. Malam mas, mau nanya. Notebook saya Sony Vaio E Series. Tadi siang keyboardnya kena tumpahan air tapi setelah itu langsung saya lap dan notebooknya masih berjalan normal. Setelah sekitar 2 jam notebook saya tiba-tiba mati. Saya pikir habis baterai jadi langsung saya charge dan bisa menyala untuk beberapa detik. Hal tersebut terus terjadi saat saya coba untuk menyalakan notebooknya lagi. Terakhir saya diamkan beberapa jam lalu saya nyalakan dan mampu bertahan sekitar 30 menit kemudian mati lagi. Saya belum beranu untuk menyalakan lagi karena takut semakin parah. Kira-kira apa yang harus saya lakukan? Apakah ini ada masalah pada overheating? Karena memang selama ini fan notebook saya berisik (karena kotor sepertinya) dan tidak sempat untuk dibersihkan. Mohon solusinya. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi begini mbak risma, saya hanya takut kalau motherboard laptopnya konslet (short), tapi kita coba dlu bersihkan kipas dan prosessornya terlebih dahulu untuk memastikan. jika bisa di buka, silahkan di bersihkan. jika tidak bisa, gunakan blower atau kompressor (uap angin) untuk mengeringkan tumpahan air serta mengeluarkan debu yg menempel di fan laptop.

      menurut saya sendiri, sangat jarang laptop short akibat air karena di keyboard ada plat besi yg menghalangi jalan menuju motherboard laptop. jadi kemungkinan kerusakannya hanyalah masalah overheat pada processor, kerusakan lain biasanya hanya diakibatkan windows error, biasanya akan restart setelah atau saat logo windows dimulai. tpi klo di lihat dari masalah yg mbak tuliskan di atas, maka kita bisa coba bersihkan terlebih dahulu. saya tunggu kabar selanjutnya setelah dibersihkan. kita akan coba lanjut memperbaiki jika masih bermasalah. semoga membantu ^_^

      Delete
  14. malam bang,bang saya punya netbook axioo,lampu indikator kalo dipasang charger menyala,tapi ditekan tombol power tidak hidup,ada solusi buat itu?mohon bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah led power menyala ketika tombol ditekan bang? jika tidak maka yg saya takutkan kerusakannya ada pada IC power. sedangkan jika menyala, kita cek RAM dan Baterai dulu. lepaskan baterai dari laptop, kemudian pasang kembali. lalu kunci dan nyalakan kembali. jika masih blm berhasil, uji dengan ram yg lain. apabila sudah baik, maka kerusakan hanya ada pada Ram. bersihkan plat ram dengan penghapus pensil. kemungkinan hanya terkena debu. sedangkan jika masih mengalami masalah, kita lanjutkan dengan melakukan uji pada layar. caranya, gunakan layar eksternal jika memungkinkan (laptop support soket VGA). HDMI juga bisa. tapi perlu di ingat, terkadang layar eksternal hanya akan mau menyala jika laptop sudah dipasang driver VGA. kadang ada juga langsung bisa menyala.

      jika masih bermasalah, kita test layar internal dengan yg lain, walaupun beda merk tapi kabel dan ukuran layar sama. maka tidak akan menjadi masalah. selanjutnya cek kabel jika masih bermasalah (sebelumnya layar mau menyala ketika kita uji dengan layar yg lain). terakhir chip VGA yg ada di laptop bermasalah, gunakan blower untuk memperbaiki kerusakan ringannya. kalau berat maka komponen tersebut harus diganti.

      nah, kalau dari awal led power tidak menyala, namun led charge menyala. maka yg bermasalah bisa IC power, kapasitor dan sebagainya. saya sarankan cari buku manual sesuai dengan laptop bang martin, bisa disebut sebagai rangkaian sheet mesin laptop untuk mengetahui letak jalur komponen. gunakan multi tester untuk cek tegangan listrik. semoga membantu ^_^

      Delete
  15. kak maaf mau tanya, notebook saya asus x200. waktu itu tiba" mati pada saat lagi dicolok kabel data. tapi lampu indikator masih menyala. setelah saya bawa ke tempat servis ada yg bilang ic powernya rusak tapi ada juga yg bilang jalur ic power rusak. padahal pemakaian baru 1 tahun. solusinya gimana ya kak kira". terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. rata2 permasalahan laptop mati total pasti tertera pada IC power yg rusak, tapi ada juga kemungkinan yg lain yaitu rumah charge terputus, baterai rusak dan kapasitor bermasalah. tapi untuk memastikannya, saat kita colok charger, apakah lampu charger menyala atau tidak. jika lampu charger tidak menyala, maka kemungkinan besar rumah charger terputus, timah retak dan percikan api saat kita colok charger jadi penyebabnya sehingga baterai tidak mengisi. coba juga dengan cara lepas baterai, apabila laptop mau menyala, maka baterai yg bermasalah. untuk timah retak di rumah charger, solder kembali agar normal. jika bisa di bongkar habis, coba nyalakan tanpa sambungan dari USB untuk memastikan tidak ada yg short (konslet). ada cara lain tapi sedikit berbahaya yg kemungkinan bisa memperbaikinya. mesin tersebut dibersihkan dengan air sabun. sikat secara perlahan agar tidak mengikis jalur dan timah solder. saya tidak bisa jamin 100% berhasil diperbaiki tapi hampir sering bisa menyala lagi. keringkan di dalam rumah saja, jangan kena matahari dan gantung seperti jemuran. jika ragu, sebaiknya biarkan ahlinya mengganti IC power tersebut. semoga membantu ^_^

      Delete
  16. Mas minta solusix..laptop sy asus x550z,,ketika d cas lampu indikator tdk nyala dan tdk ada tanda2 hidup,,sy sudah lepas semua perangkat seprti hdd,dvd,ram tp tdk ada respon apapun..Itu masalahx apa mas?? Mohon bantuannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yg bilang IC power bermasalah, tapi untuk solusi yg bisa saya berikan yaitu bongkar seluruh laptop tersebut hingga yg tersisa hanya mainboard, kemudian siram mainboard dengan air sabun, sikat perlahan kemudian jemur, kadang membutuhkan waktu 1 minggu untuk mengeringkannya, gunakan juga blower agar air cepat kering. kemudian coba kembali. dan perlu diperhatikan, cara ini tidak selalu berhasil, kadang setelah saya siram dan keringkan, di charger maka led menyala kembali, namun saat saya tekan tombol power, led power hanya menyala sebentar lalu mati lagi, dan kerusakan tersebut ada pada kapasitor. apabila permasalahan masih sama, maka ganti IC power laptop tersebut. semoga membantu.

      Delete
  17. Permisi gan.saya punya laptop dell inspiron 3000 tiba2 mati total.awalnya mau diinstal windows lai terus gak jadi lalu dikembalikan ke windows lama.setelah itu nyala tetapi lemot tiba tiba mati total mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan hanya berdebu gan. silahkan di buka laptopnya, kemudian di bersihkan seluruh debunya dengan kuas cat dan sebagainya. jika masih tidak menyala, siram dengan air sabun, kemudian keringkan di dalam rumah atau gunakan blower, paling tidak 2 hari sampai 1 minggu, saya sendiri saat membersihkan dan mengeringkannya memerlukan waktu sekitar 3 hari, itupun masih ada air. dan hasilnya laptop berhasil di charge kembali, saat saya coba tekan tombol power, laptop mau menyala sebentar lalu led atau lampu mati lagi. jadi kerusakan berikutnya ada pada kapasitor. untuk mengetahui letak kapasitor, silahkan cari skema laptop masing2. semoga membantu

      Delete
  18. Bang laptop saya Vaio svf142ac.malam nya laptop saya pakai tak ada masalah abia d pakai saya shutfdown kaya biasa tapi pas saya nyalakan besok malamnya dia mati total,lampu indikator mati semua walaupun chas sdhd colokkn pun ttp mati,saya sdh coba lepas batrey dan tekan power 30detik sanpai 5 mnit lalu pasang ulang batrey ttp ga mau nua bang.sdh coba pake cjarger tanpa batrey jg ga bisa.mohon bantuan bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba gerakkan soket chargernya saat terpasang di rumah charger yg ada pada laptop bang gibrant. uji charger dengan multi tester untuk melihat apakah charger kelebihan beban listrik atau tidak. jika masih tidak ada respon, buka kasing laptop. kemudian uji lagi tegangan listrik di rumah charger. gunakan solder jika ada timah yg retak (tidak selalu terlihat namun bisa menyebabkan listrik tidak tersambung). jika masih bermasalah, lepas semua komponen termasuk processor. kemudian siram dan sikat mainboard laptop dengan air sabun. keringkan di dalam rumah atau dengan blower. kadang lama prosesnya sekitar 2 hari sampai 1 minggu. silahkan di coba dan kita berharap masalahnya hanya karena sambungan terputus. jika masih belum mau menyala. kerusakan terakhir ada pada IC power laptop tersebut. semoga membantu ^_^

      Delete
  19. Malam pak bos mohon maaf ganggu ini mau nanya saya baru instal windows 8 k lptop thoshiba saya.. Skitar 1 bln pada destop ada tulisan upgrade windows (saya abaikan) dan lansung saya matikan lptop nya... Setelah mau menghidupkan kembali lptop gak bisa hidup lagi lampu indikator menyala di carger mau... Knp ya pak bos apa kerusakan dari hadware atau sofware yg saya abaikan untuk upgrade windos.. Trimksh mohon masukannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya sudah dibahas melalui email dan pada akhirnya masalah terakhir ada pada hdd laptop. saya doakan pak subhan juga tambah maju dan sukses dalam usahanya. dan semoga informasi yg saya berikan membantu. ^_^

      Delete
  20. Kalo saya laptop asus x435m, siangnya saya sleep laptop nya dalam kondisi batre penuh, lalu saya juga lupa cabut carger nya, sore saya mau nyalain gak bisa, saya carger lagi tapi lampu indikator nya malah gak nyala... terus bagaimana ya solusi nya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba tanpa baterai dulu mbak, kalau msh belum menyala juga, kemungkinan rumah charger atau IC power mati. untuk solusi yg bisa saya berikan memiliki sedikit resiko, namun cara ini hanya digunakan jika laptop benar2 mati total. dan pastikan alternatif lain sudah kita coba.

      pertama, kita pastikan bahwa charger baik2 saja. kita bisa coba dengan charger yg lain atau test dengan multi tester untuk cek tegangan listrik pada charger. kedua adalah memastikan bahwa timah yg ada pada rumah charger tidak retak (jarang terlihat). jadi ada baiknya kita solder ulang. selanjutnya jika masih belum mengatasi masalah barulah kita menggunakan cara terakhir ini.

      cara tersebut ialah dengan membuka kasing laptop tersebut. kemudian lepas semua komponen (termasuk processor jika bisa dilepas). kemudian rendam dan siram mainboard laptop tersebut dengan air sabun, lalu keringkan selama 2 sampai 1 minggu (tergantung berapa cepat air hilang). kemudian pasang kembali seluruh komponen kecuali harddisk dan cd/dvd. uji kembali laptop apakah sudah bisa menyala atau tidak. jika masih belum mau untuk menyala. maka kerusakan akhir ada pada IC power. semoga membantu

      Delete
  21. Gan mau tnya..
    Leptop aku lenovo G405..tdk mau nyala walau sdh d tekan tombol power'y..sdh d lakukan cara mncabut betrei'y,d caz tanpa betrei kemudian d tekan tombol power lama jg sudah..tp tdk ad respon sma sx pada lpotop..tolong bantu jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. uji dengan charger yg lain gan, led atau lampu indikator charger nyala atau tidak? kalau menyala, namun laptop tidak respons, gunakan lampu senter ke arah layar, nyalakan laptop, cek suara windows ada atau tidak, kemudian cek apakah layar ada logo window (gelap), jika ada berarti kerusakan ada pada lampu led layar. tapi jika tidak suara apapun atau respons dari laptop, maka kita cek RAM laptop, jika bisa gunakan RAM yg lain dulu.

      kalau masih belum mengatasi masalah tersebut, cek juga baterai dengan yg lain. kadang ada juga laptop yg tidak akan mau menyala tanpa baterai walaupun di charger. jadi bisa di uji satu persatu. jika sudah semua, maka menurut saya yg rusak adalah IC power atau baterai (IC). semoga membantu

      Delete
  22. Gan , laptop asus saya gabisa dihidupkan meskipun dalam kondisi dicharger, klo dicharger lampu indikator charger di laptop nya mati, solusinya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, coba dulu dengan charger ke laptop yg lain, jika lampu indikator laptop tidak menyala, maka charger bapak moh ridwan rusak. atau bisa juga kita coba charger yg lain ke laptop kita, yg kedua, jika masih belum bisa baik, maka kita buka kasing laptop tersebut, cek di rumah soket charger, solder ulang plat besi dengan timah. kemungkinan ada retak akibat suhu panas yg berlebihan. biasanya hanya 2 itu masalahnya. tapi ada yg lain lagi, tapi kita harus pastikan dulu apakah laptop dalam kondisi yg normal atau tidak.

      Delete
  23. Gan mau tanya ini laptop saya ASUS X453M tiba2 aja abis direstart kok mati total kenapa ya? Tolong kasih info gan😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan short bang, tapi saya perlu informasi lebih detail tentang laptop asus bang alfian, apakah led masih menyala saat di charge atau tidak. kadang baterai juga bisa jadi penyebab masalahnya bang. di coba dlu lepas baterai, pasang lagi dan pastikan pengunci baterai pas. kalau tidak menyala, biarkan charger dulu selama 15 menit. kalau masih ada respons berarti memang short arus listrik. kalau ada laptop lain yg sama. di test baterainya masih terisi atau tidak. silahkan bertanya kembali nanti setelah di uji dan semoga membantu. ^_^

      Delete
  24. Maaf mau tanya,laptop saya pernah matot ,ketika ditanya kerusakannya ternyata ic power nya udah rusak ,kata tukang service ic power rusak gara2 keyboardnya ada yang konslet,apakah itu bener gan terus tolong kasih solusinya dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerusakan laptop mati total banyak penyebabnya bang ade. bisa saja tukang service tersebut benar. ada juga rusaknya pada bagian jack (rumah soket charger yg ada di laptop). karena laptop terlalu panas, timah pada rumah soket charger di laptop jadi retak. akhirnya setelah baterai habis dan kita mau charge kembali. led charger pada laptop tidak menyala. dan hasilnya laptop mati total karena tidak ada energi listrik lagi.

      ada dua hal lainnya yg memungkinkan penyebab laptop mati total, yg pertama adalah IC power (seperti yg dikatakan tukang service laptop tersebut) dan yg kedua adalah kapasitor (indikasi kerusakannya biasanya laptop hanya menyala sebentar lalu mati lagi tapi ada kemungkinan laptop tidak menyala sama sekali).

      jika laptop bang ade pernah kena tumpahan air. mungkin bisa jadi penyebabnya. tapi terkadang air dari keringat tangan kita paling parah masalahnya. dan yg paling umum kerusakannya adalah hawa panas dari laptop. timah jadi meleleh sehingga tersambung ke timah komponen lain, hasilnya terjadi short arus listrik. dan kerusakan umum lainnya hanya karena debu (paling sering terjadi). debu bisa menghambat arus listrik sehingga laptop mati total karena tidak ada arus yg mengalir di komponen. sederhananya jalur listrik yg terputus.

      kalau saran dan solusi yg bisa saya berikan jika memang karena ditutup oleh debu kecil saja yg mungkin tidak terlihat, bersihkan komponen motherboard dengan air sabun. kemudian keringkan dan jangan kena matahari. gunakan blower atau pengering rambut. atau bisa juga di lap dengan tisu dan kain hingga motherboard kering. pastikan saat menguji, sisa air sudah tidak ada lagi untuk menghindari short arus listrik. atau tunggu hingga beberapa hari agar aman.

      nah dari pengalaman saya sendiri, hampir rata2 penyebabnya karena laptop kena debu, atau karena laptop sudah lama tidak dinyalakan dan digunakan. jadi saat menggunakan cara diatas, laptop kembali normal. tapi ada juga laptop hanya menyala sebentar dan bisa dipastikan kerusakan ada pada kapasitor. semoga penjelasan saya ini bisa dipahami dan membantu bang ade ^_^

      Delete
  25. Bang, mw tanya nih, laptop saya Asus X453M, masalah nya Matot, sm pas di cas lampu indikator ny ngga nyala sama skali, masalah ny apa ya mas, ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga penyebabnya adalah charger yg rusak, kita uji dengan charger yg lain dlu. klo sama, maka yg kedua adalah rumah soket charger jack kadang terputus karena terlalu panas. tidak nampak retak timahnya. jadi di solder ulang. yg terakhir cara yg bisa kita lakukan adalah membersihkan mainboard dengan air sabun. pastikan kering sebelum mencoba untuk menyalakan kembali. semoga membantu mbak tomori ^_^

      Delete
  26. Assalamualaikum, laptop saya acer, baru dari januari kemarin, bulan pertama kadang suka mati tiba2 ini laptop terus dinyalain bisa. Kejadiannya sering cuma engga setiap hari. Eh ini saya baru balik hiking kira2 4 hari engga dinyalain jadi mati tiba2 makin paraaah, ini aja barusan udah 3x mati sendiri, ini kenapa yah om? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. permasalahannya biasanya ada pada processor pak. saran dari saya, buka kasing laptop bpk yowes, bersihkan debu yg menghalangi jalan keluar kipas (fan) laptop. biasanya banyak ditemukan di plat besi jalan keluar udara dari kipas. untuk processor. tambahkan pasta pendingin jika ada. kalau tidak ada. coba saja bersihkan debunya. maka hasilnya laptop tidak akan mati2 lagi. (pengalaman sendiri)
      semoga membantu pak yowes ^_^

      Delete
  27. Replies
    1. pakai blower. bisa mas andreas. jangan lupa juga untuk menyiapkan kertas timah agar panasnya tidak keluar dari target komponen kita.

      Delete
  28. Assalamualaikum, saya mau nanya saya kan punya laptop Lenovo g405,saya sedang mendownload file selama 3 jam lalu tiba2 mati itu knpa ya penyebab nya, laptop nya ga paket baterai langsung colok listrik pas di hidup kan kembali tidak muncul apapun tpi lampu indikator menyala mesin berjalan & fan nya muter di awal pas di on doang beberapa detik langsung brhenti,, mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam. Cek Ram nya. karena biasanya laptop hidup tapi di layar hanya gelap itu biasanya RAM nya bermasalah. cek juga pengunci baterai. kadang bisa menyebabkan hal tersebut. dan pastikan charger juga normal. masalah lainnya adalah inverter laptop rusak karena terlalu panas. coba gunakan senter untuk memastikan layar laptop memang gelap. kalau gunakan senter kita bisa melihat ada logo windows atau kita sudah ada di desktop windows. maka bisa dipastikan lampu inverter laptop rusak.

      Delete
  29. Replies
    1. sama2 mas iron man. dan maaf url aktif nya di filter oleh system blog ini. jika ingin menampilkan url nya, tuliskan url nya tanpa tag a ya mas. terima kasih sekali lagi.

      Delete

Post a Comment

Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih