Aplikasi Editor Pemograman Yang Terbaik

bertemu lagi dengan saya admin blog uya sur. Hari ini kita akan membahas tentang software editor yang paling bagus menurut saya dan pernah saya gunakan untuk memprogram PHP. Applikasi ini sebenarnya tidak hanya bisa digunakan untuk menuliskan kode PHP, tapi software ini juga mendukung javascript, html, phyton, flash dan lain-lain. Nama aplikasi ini ialah Notepad++.

Aplikasi ini digunakan untuk menuliskan sebuah kode yang lengkap yang disebut dengan program editor. Aplikasi ini mempunyai  fitur cek kesalahan termasuk mengatur susunan kode yang ada. Warna tulisan pun di sesuaikan dengan kategori pemograman yang ada dari kode tersebut.  Dan bahkan aplikasi ini mendukung pemasangan di USB Flashdisk kita (portable). Kalian bisa lihat contoh PHP yang saya tulis di bawah ini.

kode php yang saya ketik menggunakan notepad plus plus
kode php yang saya ketik menggunakan notepad plus plus

Nah warna yang terlihat di sesuai dengan kategori kode yg ada.  Dan tentu saja aplikasi ini sangat ringan untuk digunakan. Mirip dengan editor notepad biasa standar bawaan windows namun sangat kompleks. Untuk mendapatkan aplikasi ini. Kalian bisa langsung mengunjungi situs resmi nya di

http://notepad-plus-plus.org atau Notepad++

Cara memasang:
1. buka file yang telah kita dapatkan sebelumnya.

2. pilih bahasa yang kamu inginkan. Ada bahasa indonesia juga di aplikasi ini.

pilih bahasa
pilih bahasa

3. klik next untuk melanjutkan proses pemasangan aplikasi.

memulai proses install
memulai proses install

4. di bagian lisensi, pilih “i Agree”. kemudian tentukan direktori tujuan pemasangan aplikasi notepad++.

lisensi software open source
lisensi software open source

tentukan folder tujuan pemasangan notepad plus plus
tentukan folder tujuan pemasangan notepad plus plus

Catatan : untuk melakukan pemasangan ke dalam usb tidak akan saya bahas disini melainkan di artikel saya yang lain.

5. di bagian choose component, biarkan default. tapi kalau kamu mau edit source HTML dari browser IE (Internet Explorer), centang “As default HTML Viewer” agar bisa melakukan edit source kode.

pilih komponen
pilih komponen

6. selanjutnya centang “create shorcut desktop” untuk menampilkan applikasi ini di desktop. Setelah itu klik next untuk menyelesaikan proses install.

setting lanjutan pilih komponen
setting lanjutan pilih komponen

notepad plus plus berhasil di install
notepad plus plus berhasil di install

Demikianlah pembahasan kita tentang aplikasi editor pemograman notepad++ (plus) beserta cara memasang.

Comments