Friday, 27 March 2015

Cara Memperbaiki Printer Canon MP Error E13 atau 16

Advertisement
Bertemu lagi kita pada hari ini bersama saya admin blog uya sur. Hari ini kita akan membahas tentang cara memperbaiki error E13 dan E16 pada printer canon bertipe Mp yang biasanya sering kita temui setelah mengisi tinta maupun setelah melepas catridge. Nah bagi kamu yang belum tahu apa itu catridge, mungkin akan saya jelaskan di artikel saya yang lain. Pasti kamu sudah tidak sabar cara mengatasinya. he...

Penjelasan Kerusakan:
Sebelumnya, saya akan jelaskan terlebih dahulu kepada kamu penyebab munculnya kode E13 / E16 pada printer canon tersebut.  kode E13 atau E16 muncul di layar printer kita karena ingin memberitahukan kepada kita bahwa catridge yang ada
printer tidak terdeteksi dengan benar atau telah diganti dengan yang baru. jadi jika kita lihat di layar komputer dalam setting fitur maintance printer yang ada di komputer, maka kita bisa melihat isi di dalam pesan tersebut mengatakan kepada kita agar melakukan reset pada catridge. Itu agar katridge bisa berjalan dengan normal kembali. Biasanya kode E13 dan E16 akan terlihat di dalam display printer yang hanya khusus untuk tipe canon Mp. Namun tidak semuanya menunjukkan kode yang sama. Ada juga yang menunjukkan huruf P di ikuti kode error printer.  Jadi selalu lihat setting maintance printer yang ada di komputer kita untuk memastikan kerusakan yang ada. Untuk gambar contoh, saya belum punya. Jadi saya mohon maaf.

Cara Memperbaiki:
Baiklah, mari kita lanjutkan ke bagian cara memperbaiki printer tersebut.  sebenarnya cara memperbaikinya itu sangat mudah. Seperti yang terlihat di layar komputer kita, kita disuruh untuk menekan dan menahan tombol stop/reset  selama 5 detik. Kalau dari pengalaman saya, biasanya saat kita menekan tombol stop/reset, bisa kurang dari 5 detik, bisa juga lebih dari 5 detik. Sebagai saran, tekan dan tahan tombol tersebut sampai ada suara di dalam printer bergerak. Apabila printer sudah bergerak dan bersiap untuk melakukan cleaning. Maka error tersebut akan hilang.

Catatan : apabila kita menekan tombol stop/reset selama 5 detik dan display di dalam printer berkedip, itu berarti kita harus menekan dan menahan tombol stop reset kembali selama 5 detik.

Menekan dan menahan tombol stop/reset kembali selama 5 detik itu sebenarnya dilakukan karena tidak hanya 1 catridge yang meminta reset. Seperti yang kita ketahui, ada 1 catridge berisi 3 warna. Seperti  merah, biru, dan kuning dan warna tersebut berada  didalam 1 catridge. Nah selain itu, didalam printer juga ada 1 catridge berwarna hitam. Jadi totalnya ada 2 catridge. Apabila kita menekan dan menahan tombol stop/reset  selama 5 detik dan printer masih belum bergerak (led display printer hanya berkedip), maka kita harus menekan dan menahan tombol itu lagi. Sebab yang meminta reset catridge ada 2. Begitulah cara memperbaiki printer canon Mp Error E13 atau E16.

Demikian pembahasan kita tentang cara memperbaiki error E13/16 pada printer canon MP kita. semoga kamu paham dan mengerti dengan apa yang saya jelaskan disini. dan semoga ilmu ini bermanfaat untukmu. Terima kasih sudah berkunjung dan salam hangat dari admin blog Uya Sur.
Recent Posts

    No comments:

    Post a Comment

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih