Wednesday, 11 March 2015

Cara Menggunakan Layanan Feedburner Sebagai Feed Blog

Advertisement
kita akan membahas tentang cara membuat feed khusus untuk blogger.  Sebelum saya mulai, saya akan jelaskan kepada kamu tentang feed. Mungkin lebih bagus kalau judulnya cara membuat feed dari layanan feedburner google. Feed atau langganan artikel digunakan agar artikel baru milik kita bisa tersusun rapi dan mudah di baca. dengan adanya feed di blog atau website kita, maka para pembaca akan mudah berlangganan melalui email dan sebagainya. Feed juga akan memberitahukan kepada orang yang berlangganan melalui email jika ada artikel terbaru yang di terbitkan oleh pemilik situs. Maka dari itu feed sangat di perlukan di setiap blog atau website khususnya para blogger.

Feedburner google adalah layanan yang membantu kita untuk melakukan susunan artikel yang rapi. Dan layanan ini juga cocok untuk kita gunakan khusus buat submit sitemap di webmaster. Namun karena blogger sudah meluncurkan sitemap khusus, maka feedburner sudah jarang di gunakan sebagai submit sitemap di webmaster namun tetap bisa digunakan. Selain itu, feedburner masih bermanfaat sebagai penyusun artikel kita  dari update baru sampai artikel yang lama. Dan tentu saja dengan layanan feedburner maka semua orang bisa berlangganan artikel yang mereka sukai di blog atau website kamu menggunakan email mereka sendiri.

Nah sekarang kamu sudah paham tentang feed. Untuk bisa mendapatkan layanan feedburner, kamu harus mempunyai akun google, website atau blog. Jika sudah ada, silahkan ikuti panduan di bawah ini.

Catatan: panduan ini khusus pengguna blogspot atau blogger.  Bagi pengguna lama feedburner , click tombol “claim your feeds now” untuk mengembalikan feed lama. Lihat gambar di bawah ini.

Pertama: kunjungi https://feedburner.google.com

Kedua: jika muncul kotak konfirmasi login akun email, silahkan login dengan akun email kamu.

halaman utama feedburner google
halaman utama feedburner google
Ketiga: masukkan url blog kita pada isian yang bernama “burn a feed right this instant”. Jika kamu seorang podcaster,  centang pilihan “i’m a podcaster” agar orang bisa berlangganan video atau musik yang mereka sukai. Tapi jika kamu hanya seorang penulis artikel bacaan. Maka pilihan ini tidak perlu di centang. Setelah kamu isi. Klik next untuk melanjutkan proses pengambilan feed.

masukkan URL blog kamu
masukkan URL blog kamu

Keempat: untuk para pemilik blogger biasanya sudah mempunyai feed default. Maka feedburner google akan mendeteksi feed tersebut.  Lihat gambar di bawah ini. Kamu akan memilih salah satunya. Pilih saja tipe RSS untuk mengganti url default menjadi url baru dari layanan feedburner google. Setelah itu klik tombol next untuk melanjutkan proses.

URL default feed blogger
URL default feed blogger

Catatan : pilihan Atom yang saya rekomendasikan sebenarnya agar kamu bisa setting tampilan yang terletak di setting blog kamu. misalnya tampilan mode penuh, tersemat, atau sampai batas read more. kalau kamu pilih RSS, maka yang muncul hanya judul dari konten blog kita. silahkan pilih sesuai keinginan kamu.

Kelima: di kotak pertama, silahkan kamu isi sesuka hati kamu sebagai nama pengenal di feedburner google. Pada bagian kotak kedua menunjukkan url feed baru kita. silahkan kamu ganti jika ingin menggunakan nama url lain. Sebagai contoh nama dan url feed milik saya terisi uyasur sesuai dengan url yang saya isikan sebelumnya. Klik next untuk melanjutkan proses selanjutnya.

pengisian info title dan address
pengisian info title dan address

Keenam:  url kamu sudah siap untuk di ambil dan di pasang ke blog kamu.  Jika kamu ingin tambahan enchance stats seperti mengetahui status para pengunjung yang mengklik konten di dalam feed kamu, maka klik tombol next di bagian bawah. Tapi kalau kamu hanya ingin langsung melakukan edit atau management feed kamu. Klik tulisan “skip directly to feed management”.  Untuk url bisa kamu lihat di bagian tengah silahkan kamu copy dan pastekan ke dalam setting URL perubahan arah feed  di akun blogger kamu. Dan sebenarnya url itu sudah bisa digunakan tanpa harus enchance stats atau manajemen feed. Jika kamu klik url tersebut, maka halaman feed utama kamu akan terlihat. Di bawah ini contoh gambar halaman utama feed milik saya dari feedburner google.

berhasil membuat feed dari layanan feedburner google
berhasil membuat feed dari layanan feedburner google

halaman utama feed kita
halaman utama feed kita

Bagi kamu  yang memilih next atau enchance stats akan saya beri penjelasan. Lihat gambar di bawah ini.

enchance stats feed
enchance stats feed

Penjelasan fitur yang ada :
1. clickthroughs
Centang fitur ini jika kamu ingin melihat berapa banyak pengunjung yang mengklik tautan di dalam feed kamu. Maksudnya judul yang mengarah ke halaman blog kamu.

2. menu item enclosure downloads
pengunjung bisa berlangganan video dan musik yang dimiliki oleh kamu sendiri melalui fitur feed ini.

3. i want more atau have feedburner stats also track
Centang fitur ini jika kamu ingin melihat status para pengunjung yang melihat atau membaca feed kamu  termasuk jumlah klik yang mereka lakukan.

setelah memilih dan mengklik tombol next maka kamu akan di arahkan ke halaman utama yang sama dengan  feed management. Bagi kamu yang memilih skip directly to feed management, lihat gambar di bawah ini.

halaman utama setting feed kamu
halaman utama setting feed kamu

Gambar yang kamu lihat seperti logo blogger atau wordpress adalah penjelasan cara memasang feed . di bagian menu atas ada menu yang akan saya jelaskan satu per satu.

fitur menu feed kita
fitur menu feed kita

Penjelasan fitur menu di halaman feed :
 1. edit feed details
Di menu ini kamu bisa mengubah detail seperti perubahan url feed kamu, perubahan nama feed kamu dan sebagainya.

2. delete feed
Di menu ini kamu bisa menghapus feed kamu.  Gunakan fitur ini jika kamu mau menghapus keseluruhan feed kamu. Berhati-hatilah karena jika kamu melakukan penghapusan feed maka para pengunjung yang berlangganan feed kamu akan ikut hilang.

3. transfer feed
Menu ini digunakan jika kamu merubah email kamu atau jika kamu ingin memberikan feed ini kepada orang lain. Cukup masukkan email tujuan untuk mengganti pemilik feed.

 4. analyze
Fitur ini digunakan untuk melakukan check status terhadap feed kamu, misalnya pengunjung yang melihat konten atau mengklik konten yang ada di dalam feed kamu akan masuk di dalam hitungan analyze. Fitur ini sama dengan apa yang kamu centang di penjelasan saya sebelumnya.

 5. optimize
Di menu ini kamu bisa merubah tampilan feed kamu seperti, kamu juga bisa membuat gambar khusus untuk feed kamu disini.

 6. publicize
Menu ini digunakan untuk pengaturan langganan email. Kamu bisa pilih beberapa layanan sumber  yang mau kamu gunakan sebagai penerima langganan pengunjung. 

7. troubleshootize
Menu ini digunakan untuk memperbaiki feed kamu jika ada masalah termasuk melakukan pengecekan dengan cara ping ke feed kita. Misalnya saat di load konten telah hilang, dan sebagainya.  Maka ping feed sangat berguna untuk mengecek koneksi kita ke feed.

Bagi kamu yang belum tahu cara setting atau pasang di blog kamu, ikuti panduan di bawah ini. Jika kamu sudah tahu. Silahkan lewati panduan ini.

1. login ke akun blogger kamu.

2. pilih menu setelan > lainnya.

menu setelan blogger
menu setelan blogger

3. pastekan URL yang telah kamu dapatkan sebelumnya ke dalam setting URL perubahan arah feed.

mengisi setting URL perubahan arah feed
mengisi setting URL perubahan arah feed

4. lihat di blog kamu dan klik tulisan subscribe atau langganan post atom  di bagian bawah artikel kamu.

5. jika arah sudah benar, maka kamu telah berhasil membuat atau menggunakan layanan dari feedburner google.

Demikianlah penjelasan dari saya yang panjang. dan semoga bisa membuat kamu paham cara menggunakan feed dengan benar. sebagai tambahan info, apa yang kamu centang dan tidak kamu centang sebelumnya masih bisa di ubah di bagian feed management feedburner google kamu. sampai disini pembahasan kita tentang cara menggunakan atau membuat feed dari layanan feedburner google.
Recent Posts

    2 comments:

    1. terimakasih banyak udah share... mantab

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sama-sama bang. kalau ada yg kurang dimengerti, silahkan tanya ok.

        Delete

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih