Friday, 20 March 2015

Game Pendidikan Untuk Anak kita

Advertisement
Sebuah game yang biasa kita mainkan sehari-hari itu sebenarnya ada juga yang bisa mendidik anak-anak kita. mulai dari anak 3 tahun sampai anak yang berumur 13 tahun bisa memainkan game tersebut.  Game yang mendidik adalah alternatif lain di saat kita sedang sibuk mengurus pekerjaan. tapi tidak semua game bisa dimainkan oleh anak yang berumur 3 sampai 13 tahun. dan kita sebagai orang tua bisa memberikan anak sebuah game yang bisa mendidik mereka.

Game-game yang mendidik tidak hanya bisa mendidik. Namun juga bisa membuat seorang anak belajar sesuatu yang baru. Seperti belajar berhitung, belajar menggambar, belajar mengenal binatang termasuk belajar mengenal buah-buahan.  Saat ini banyak sekali game pendidikan yang tersedia di dalam internet. Kita harus pintar dalam memilih game tersebut. Dan kita sebagai orang tua harus menguji terlebih dahulu game tersebut sebelum memberikannya kepada anak kita. apabila game yang telah di uji ternyata bagus dan bisa mendidik,  maka berikanlah kepada anak kita agar dia bisa belajar dengan baik dan benar.  Sebelumnya saya akan berikan beberapa tips tentang anak.

anak yang keras kepala
Pada dasarnya anak yang keras kepala itu susah untuk di atur. Tapi di dalam hati anak tersebut ada yang namanya kasih sayang. Kelakuan anak seperti itu biasanya turun temurun dari orang tuanya. Apabila orang tuanya keras kepala, biasanya anak tersebut juga keras kepala. Tapi tentu saja  hal itu adalah hal umum yang terjadi di setiap keluarga kita dan sebagian dari kita sebagai orang tua tidak sadar akan hal itu. Namun ada juga anak yang tidak keras kepala.

Tips mendidik anak yang keras kepala
Ada beberapa cara untuk mendidik anak yang keras kepala, namun jangan anda sesali apabila anak anda sudah keras kepala di usia nya yang tua. Asalkan dia masih mendoakan kita dan sayang kepada kita. maka hidup kita pun akan tenang. Terkadang apabila seorang anak ingin bermain malah mendapat  amarah dari para orang tua.  Ada juga saat kita sebagai orang tua yang sedang marah kepada orang lain, anak kita ikut kena amarah. maka dari itu hal seperti ini harus dihindari. Apabila kita marah kepada seseorang, janganlah kita marah kepada anak kita. apabila yang dilakukan anak kita tidak salah, jangan dilarang. Karena pada dasarnya seorang anak itu memang selalu ingin bermain.  Sebelum memberi amarah kepada anak kita ada baiknya jika kita bicara secara baik-baik dulu. Anak kita juga manusia, kalau kita baik sama anak, maka anak baik juga sama kita, tapi kalau pada dasarnya kita tidak baik kepada anak, maka anak kita pun juga tidak akan baik sama kita.

Jangan terlalu memanjakan anak
Kita tahu bahwa kasih sayang kita kepada anak itu besar.  Namun jangan sampai kita terlalu memanjakan keinginan seorang anak. Kalau itu tentang belajar dan sebagainya maka berikanlah, tapi untuk sesuatu hal yang tidak penting seperti hanya untuk bermain semata. Maka jangan diberikan. Itu menurut saya. Tergantung pada kita sebagai orang tua. Tapi seperti yang kita tahu. Memang mudah dalam berbicara namun susah untuk diterapkan. Hehehe...

Berbicara dengan anak dan memberi beberapa nasihat yang baik
Hal seperti ini paling sering kita lupakan untuk anak kita. karena kita terlalu sibuk bekerja, akhirnya kita lupa untuk berbicara dan memberi nasihat kepada anak kita. mungkin kita bertanya-tanya bahwa kita sudah berbicara dan memberi nasihat kepada anak kita, namun yang sering saya lihat selama ini bahwa kita berbicara dan memberi nasihat sambil berjalan. Ada juga yang sambil melakukan sesuatu. Dan yang lebih sering saya lihat adalah memberi nasihat dengan amarah yang akhirnya malah menyakitkan hati seorang anak. Jika ingin memberi nasihat kepada anak kita mulailah dari sebuah cerita yang menghubungkan dengan apa yang ingin kita nasihatkan.
Berbicara dan memberi nasihat yang benar kepada anak itu seperti kita berbicara kepada teman kita dalam bahasa yang baik dan benar.  Yang artinya apabila kita ingin berbicara dan memberi nasihat kepada anak kita, maka kita harus duduk di depan anak kita seperti seorang teman.  Bercerita atau berbicara dengan baik-baik. Lalu terakhir beri nasihat yang baik melalui cerita agar tidak menyakitkan hati seorang anak.

Nasihat Itu Lebih Baik Dan Jangan Pernah Lelah Untuk Memberi Nasihat
Kita semua tahu bahwa semua manusia itu pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya. Sebagai orang tua kita harus sadar akan hal ini. Bukan Cuma anak kita yang pernah melakukan kesalahan. Kita sebagai orang tua pun pasti pernah melakukan kesalahan.  Ada baiknya jika seorang anak yang melakukan kesalahan adalah memberi nasihat terlebih dahulu atau kita bisa mengajari anak kita agar dia bisa belajar dan tidak melakukan kesalahan yang sama. jadi apabila anak melakukan kesalahan, ada baiknya kita sebagai orang tua memberi tahu dan memberi nasihat kepadanya agar di kemudian hari dia tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Nah saya sudah kasih tips tentang mendidik anak-anak kita. sekarang mari kita telusuri game-game apa saja  yang bisa mendidik anak kita.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, game-game yang mendidik anak itu banyak tersebar di dunia internet. Untuk mencarinya cukup ketik game pendidikan di kotak penelusuran seperti google search engine, bing dan sebagainya. Kamu juga bisa mendapatkan game tersebut melalui google playstore, penyedia game android dan situs penyedia game lainnya. Perlu kamu ingat, uji game tersebut sebelum memberikannya kepada anak kita. hal ini dilakukan agar anak kita bisa dipandu dengan baik. Apabila game yang kita uji benar dalam kategori mendidik. Maka silahkan tunjukkan kepada anak kita agar dia bisa belajar sambil bermain. Sebagai tips tambahan, dibawah ini adalah list game yang pernah saya uji dan benar-benar dalam kategori mendidik.

Puzzle animals
Puzzle fruits
Belajar ABC

Di dalam game puzzle animals dan puzzle fruits ini, kita akan disuruh menyusun beberapa rangkaian masing-masing binatang. Apabila sudah tersusun semua, maka akan keluar sebuah balon yang bisa kita tap untuk memecahkan balon tersebut. Lalu kemudian operator pun berbicara mengenai nama binatang dan buah-buahan tersebut.  Dari kesimpulan saya, game tersebut mengajari kita untuk mengenal nama binatang yang terlihat di gambar. untuk game ABC, kamu pasti tahu dengan yang satu ini, jadi tidak perlu saya jelaskan lagi. Game ini termasuk dalam kategori mendidik dan mengajari kita mengenal nama dari binatang dan buah-buahan di dalam gambar yang telah kita susun. Game ini bisa kamu dapatkan di google playstore langsung melalui seluler milik kamu sendiri.

Demikianlah pembahasan kita tentang game yang mendidik anak. Apabila ada salah mohon maaf kepada kalian, karena saya sendiri masih dalam hal belajar dan belajar.
Recent Posts

    No comments:

    Post a Comment

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih