Cara Bermain Game PS1 Di PC Komputer Dengan Emulator ePSXe

Hari ini kita akan membahas tentang cara memainkan games playstation 1 di komputer atau laptop kita. hampir sebagian orang tidak mengetahui bahwa ternyata kita bisa memainkan game playstation secara langsung dari PC komputer atau laptop kita hanya dengan menggunakan aplikasi bernama emulator ePSXe. Bagi kamu yang belum tahu dengan emulator ePSXe, maka akan saya jelaskan disini.

Emulator ePSXe adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk bisa memainkan game playstation 1 secara langsung dari komputer dan laptop kita. untuk bisa menggunakan aplikasi ini, kamu memerlukan sebuah file game tipe iso yang bisa
kamu buat melalui CD game playstation 1 dan kamu juga bisa langsung memainkannya dengan menggunakan cd/dvd game yg kamu miliki.

1. Apabila kamu mempunyai CD/DVD di komputer dan laptop kamu, maka kamu juga bisa memainkan game ini menggunakan CD game playstation 1. Disini file tipe ISO sangat berguna.  bagi kamu yang belum tahu cara membuat file iso, baca artikel saya tentang cara membuat file iso dengan mudah. Untuk mendapatkan aplikasi emulator ePSXe bisa langsung mengunjungi situs resminya di bawah ini.

http://www.epsxe.com Atau Epsxe 1.7 (Semua bahan lengkap)

Cara memasang emulator ePSXe:
1. buka file yang telah kita dapatkan sebelumnya dan letakkan ke dalam folder baru (saran saya diletakkan di Drive C dengan nama folder baru misal : ePSXe).

2. jika kamu meletakkan file tersebut ke folder baru yang ada di desktop komputer atau laptop  atau jika kamu taruh di folder drive C, maka klik kanan file ePSXe.exe kemudian pilih send To > Desktop (Create Shortcut) untuk membuat icon shortcut baru di desktop agar lebih mudah menjalankannya.

3. jika sudah, klik kiri file ePSXe yang ada di desktop komputer dan laptop kita untuk menjalankan aplikasi ini. Maka emulator ePSXe kamu sudah siap untuk digunakan. Di bawah ini adalah cara setting emulator tersebut.

Cara setting emulator ePSXe:
untuk bisa memainkan game yang ada, kamu harus mempunyai CD playstation 1 beserta CD/DVD komputer laptop. Jika kamu tidak punya CD game playstation 1, jangan bersedih. Masih ada cara lain untuk bisa main game playstation 1 di komputer/laptop kamu. Akan saya bahas di artikel saya yang lain beserta file game  yang kamu perlukan (tambah sedih). tentu saja gamenya seru. Pasti pernah dengar game playstation 1 yang berjudul harvest moon. Itu termasuk game yang laris pada masa playstation 1. Ok, mari kita lanjutkan tutorial cara menggunakannya.

1. jalankan program emulator ePSXe kamu.

Tampilan utama emulator ePSXe
Tampilan utama emulator ePSXe

2. jika kamu baru saja memasangnya di PC komputer/laptop kamu, biasanya akan muncul instalasi wizard otomatis untuk setting emulator. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk cara setting wizard emulator ePSXe.

Pertama: pilih config untuk melanjutkan setting wizard di emulator kamu. jika kamu pilih skip config, maka kamu akan langsung di arahkan ke halaman utama emulator tanpa setting terlebih dahulu.

wizard config 1/7
wizard config 1/7

Kedua:  pada bagian “configuring the bios”, pilih Scph1001 – USA(recommended).

wizard config 2/7
wizard config 2/7

Ketiga: pada bagian “configuring the video”, pilih Pete’s OpenGL Driver 1.77. kemudian klik tombol config untuk setting lanjutan.

wizard config 3/7
wizard config 3/7

setting lanjutan pete's open GL
setting lanjutan pete's open GL

Keempat: pada bagian “configuring the sound”, pilih pete’s Dsound Audio Driver 1.15. kemudian klik config untuk konfigurasi lanjutan. Cukup klik tombol nice atau fast untuk setting otomatis agar saat kamu memainkan game tersebut tidak mengalami macet. Silahkan pilih agar sesuai dengan kecepatan komputer dan laptopmu.

wizard config 4/7
wizard config 4/7

Kelima: pada bagian “configuring the Cd”, pilih ePSXe CDR WNT/W2K core 1.7.0.

wizard config 5/7
wizard config 5/7

Keenam: bagian “configuring the pads”, pilih controller 1. Kemudian setting tombol yang ada sesuai dengan yang kamu inginkan. Jika menggunakan keyboard komputer, maka cukup ketikkan tombol pada isian controller agar bisa dimainkan menggunakan keyboard komputer. Jika kamu punya joystick atau stik kontroller, maka hubungkan terlebih dahulu ke USB komputer. Kemudian tekan tombol yang ada pada joystick kamu untuk konfigurasi kontrol stik. Lihat contoh gambar di bawah ini.
wizard config 6/7
wizard config 6/7

setting lanjutan controller 1
setting lanjutan controller 1

ketujuh: setelah selesai melakukan setting kontroller,  klik done untuk menyelesaikan setting wizard emulator ePSXe kita.

wizard config 7/7
wizard config 7/7

3. jika kamu sudah selesai setting wizard emulator nya, lanjutkan dengan memilih game yang ingin kamu mainkan. Caranya :

Kaset CD :  File > RUN CD.
Iso : File > RUN ISO > pilih game yang kamu inginkan dari CD game kamu dalam bentuk iso.

baca juga posting saya tentang games harvest moon back to nature versi bahasa indonesia

Catatan : untuk pembahasan tentang fitur menu yang ada di emulator ePSXe mungkin akan saya bahas di artikel saya yang lain.

Selesai sudah tutorial kali ini tentang cara bermain game playstation 1 di komputer/laptop menggunakan emulator ePSXe. Sampai bertemu lagi di artikel admin yang lain dan salam hangat dari saya.

Comments

  1. gan, kalo PSXC bisa gak mainin game ps1

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau PSXC saya tidak pernah dengar bang, tapi kalo maksud bang randy itu PCSX, maka mungkin itu adalah emulator ps2 yg di sebut sebagai PCSX2, dan setahu saya untuk game PS 1 bisa dimainkan, namun akan lebih baik kita mainkan di EPSXE saja, selain ringan, sangat cocok untuk komputer low end seperti milik saya. dan maaf saya baru reply, koneksi internet saya sedang tidak bagus.

      Delete
  2. Replies
    1. saya doakan semoga blog nya tambah maju dan sukses. dan silahkan bertanya apabila ada yg tidak di pahami. terima kasih ^_^

      Delete
  3. terima kasih sudah berkunjung ke tempat saya. jika ada pertanyaan yg belum di pahami. silahkan untuk bertanya. semoga saya bisa membantu sesuai dengan pengalaman saya sendiri.

    ReplyDelete

Post a Comment

Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih